Apa itu Page Authority dan Cara Meningkatkannya

Apa itu Page Authority dan Cara Meningkatkannya

Page Authority adalah metric yang digunakan untuk mengestimasi seberapa tinggi ranking halamanmu, dibandingkan dengan halaman lain dengan topic pembahasan yang sama.

Sama dengan domain authority, page authority juga dikembangkan oleh perusahaan pengembang SEO, yaitu Moz.

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat bisnis Anda di Search Engines Results Pages (SERPs), ada beberapa alat dan metrik bisa Anda gunakan, salah satunya adalah Page Authority.

Untuk mencapai Page Authority yang ideal, maka Anda harus meningkatkan kualitas pembuatan tautan dan kreasi konten.

Bagaimana Page Authority Dikalkulasikan?

Sama halnya dengan domain authority, Moz memperhitungkan banyak kriteria untuk meningkatkan Page Authority pada website Anda.

Penilai Page Authority adalah skor 1 – 100, semaking tinggi skornya, maka akan semakin besar kemungkinan lama sebuah website menduduki peringkat teratas.

Dalam perhitungan ini, tautan dan konten adalah yang paling penting, namun terdapat beberapa contoh lain yang juga diperhitungkan: Buat sejumlah besar tautan eksternal dan internal, yang mengarah dengan jangkar yang dioptimalkan untuk halaman

Bertukar dan menjual link di internet adalah hal yang sering dilakukan oleh para blogger untuk mencapai tujuannya

Saat bertukar tautan, tentukan DA situs web yang ingin Anda tautkan, karena jika situs web tersebut memiliki Otoritas Domain yang kuat, halaman tersebut akan memiliki peluang lebih baik untuk meningkatkan PA-nya.

Mempertimbangkan pengalaman pengguna situs web atau halaman yang dilihat oleh pengunjung.

Rasio pentalan dan waktu yang dihabiskan oleh pembaca pada suatu halaman adalah kriteria yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan otoritas halaman website

Kuantitas dan kualitas tautan masuk dan keluar

  • Kualitas penulisan dari Penulis
  • Trafik yang ditautkan ke halaman
  • Sikap pembaca
  • Kepadatan keywords

Mengapa Page Authority menjadi sangat penting dalam pengembangan SEO? Semakin tinggi page authority, semakin tinggi pula domain authority, semakin tinggi peluang website menjadi kredibel bagi Google.

Page Authority: Bagaimana Cara Meningkatkannya pada SEO?

Pada sistem ini, Moz mencoba untuk mereplikasi algoritma Google, maka terdapat dua kriteria yang dianggap penting bagi Moz untuk meningkatkan Page Authority.

1. Konten

Konten dianggap penting sebagai penunjang meningkatkan skor Page Authority dari sebuah website¸ mari simak beberapa langkah membuat konten yang baik.

Hal pertama yang bisa diterapkan sebelum membuat konten, adalah memahami unsur E-A-T terlebih dahulu.

E-A-T adalah singkatan dari Expertise, Authority, dan Trustworthiness. Tujuan dari penerapaan tiga unsur ini, adalah sebagai bukti bahwa website Anda dapat dipercaya.

Banyak orang menyukai konten buatanmu, maka tidak menutup kemungkinan orang-orang akan kembali mengunjungi website milik Anda.

Berikut penjelasan dari E-A-T

  • Espertise

Pengetahuan serta wawasan. Seorang Penulis butuh banyak sekali sumber ilmu, agar tidak pernah kehabisan bahan tulisan.

Rajin membaca adalah kuncinya, selanjutnya jangan pernah malas untuk melakukan research, baik di internet maupun buku.

  • Authority

Sebuah konten jika sudah banyak dibaca orang saja rasanya akan senang sekali, tapi akan lebih memuaskan jika konten kita bisa menjadi sumber inspirasi.

  • Trustworthyness

Berasal dari kata “trust”, dalam Bahasa Inggris yang artinya percaya, artinya Anda harus bisa membangun kepercayaan para audiens.

Berikan mereka ilmu, sumber informasi yang kredibel dan terpercaya, sehingga mereka akan selalu mengunjungi website Anda untuk mencari informasi lainnya.

Setelah membuat konten, Anda bisa mulai mempromosikan kontenmu di berbagai Media Sosial, seperti Facebook, Twitter, maupun media chatting seperti WhatsApp atau Line.

2. Tautan

Tautan dalam sebuah konten, bisa berupa internal link maupun external link. Keduanya bsia berpengaruh pada peningkatan Page Authority.

perbedaan efek dari link dofollow dan nofollow. sumber seopressor

Internal link merupakan tautan yang mengarah kepada satu halaman, kemudian ditempelkan kepada konten halaman lain di satu website yang sama.

Sedangkan external link, merupakan tautan untuk satu halaman, kemudian ditempelkan kepada satu konten di halaman lain yang berasal dari website berbeda.

Penempelan internal link ini bertujuan untuk menggiring audiens mengunjungi konten lain di website yang sama, jika kedua halaman tersebut memiliki topik yang berhubungan.

Sedangkan penempelan external link, bertujuan untuk meningkatkan visibilitas konten halaman website yang seakan mengikuti external link tersebut.

Jadi pastikan external link memiliki Page Authority dan Domain Authority yang tinggi.

Dengan internal link, visibilitas konten bisa lebih meningkat serta mengurangi tingkat bounce rate website. Itulah alasan kenapa internal link dapat mempengaruhi skor Domain Authority dan Page Authority website Anda.

Perhatikan 3 hal berikut ketika membuat internal link:

  • Buat internal link ke halaman yang saling berkaitan.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan internal link dalam sebuah artikel.
  • Gunakan jenis anchor text yang tepat.

Page Authority: Cara Mengoptimalkannya pada SEO

Mulai membuat sejumlah besar tautan eksternal dan internal, tempelkan tautan-tautan tersebut pada konten di halaman website.

Bertukar dan menjual link di internet adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh para untuk mencapai tujuannya

Saat bertukar tautan, tentukan Domain Authority website yang ingin Anda tautkan, website dengan Domain Authority yang kuat akan membantu website Anda.

Jika website tersebut memiliki Domain Authority yang kuat, maka bisa meningkatkan Page Authority halaman dari website Anda.

Pertimbangkan pula user’s experience dari website. Jika audiens menikmati website Anda, dan berlama-lama menjelajahinya, maka dapat meningkatkan Page Authority.

Penutup

Setelah membaca artikel ini, pastikan Anda memeriksa skor domain authority dan page authority di website Anda.

Lakukan tips di atas, cara untuk meningkatkan skor page authority serta cara menerapkannya pada konten-konten SEO.

Jasa Pembuatan Website Jogja, Matob Creative Studio, bisa membantu Anda mengembangkan website Anda.

Menyediakan berbagai jasa, mulai dari SEO, pembuatan company profilewebsite toko online, jasa penulis konten, hinga jasa Elementor pro.

Sumber foto: Foto oleh Pixabay

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

Bagaimana cara membuat logo yang baik

Bagaimana cara membuat logo yang baik?

Beberapa pengusaha berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan logo. Namun. Ada banyak tugas penting lainnya. Anda dapat mendesain logo di generator logo Turbologo. Apa itu logo?

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Upaya mempercantik website perusahaan, pastinya adalah dengan desain website semenarik mungkin, harus memuat audiens senang scrolling website perusahaan. Banyak upaya yang bisa dilakukan web developer

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business bisa membantu banyak perusahaan  yang ingin memasarkan usahanya secara digital. Kehadian Google My Business bisa memudahkan perusahaan untuk menarik pelanggan baru.

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

SEO atau AdWords, merupakan strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan trafik website di halaman hasil pencarian Google. Setelah peringkat website naik, Anda akan memperoleh