redirect page

Cara Redirect Page Website

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang apa itu redirect page dan cara melakukannya? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang pengertian redirect page dan cara melakukannya.

Mungkin ada saatnya Anda perlu mengubah domain karena menurut Anda itu akan lebih mewakili bisnis Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengarahkan ulang domain dengan mengarahkan ulang nama domain atau URL situs web.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu redirect URL, cara meneruskan URL, dan kapan Anda harus melakukannya. Saya berharap Anda sukses dan semoga berhasil!

Apa Itu Redirect Page

Redirect page adalah teknik yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke domain Anda ke URL lain. Anda dapat mentransfer nama domain ke situs web mana pun yang tersedia secara online. Ketika seseorang mengetik atau mengklik URL asli, mereka akan diarahkan ke halaman atau situs web baru.

Cara Redirect Page URL

redirect page

Untuk mengalihkan dari halaman HTML, Anda dapat menggunakan tag META. Dengan ini, gunakan atribut http-equiv untuk menyediakan header HTTP untuk nilai atribut konten. Nilai konten adalah jumlah detik; Anda ingin halaman itu dialihkan.

Setel atribut konten ke 1 jika Anda ingin halaman segera memuat URL baru.

Berikut adalah contoh redirect page saat ke suatu situs untuk dialihkan ke situs lain dalam waktu 1 detik:

Tipe dan Kode Redirect Page URL

redirect page

1. Redirect 301

Redirect 301 adalah redirect permanen. Jenis redirect ini sering digunakan ketika Anda tidak ingin menggunakan URL asli sebelumnya. Redirect ini terlihat, yang berarti pengunjung akan melihat URL yang diubah di browser mereka.

Tipe redirect ini sangat bagus untuk SEO karena Anda dapat mempertahankan peringkat pencarian domain lama. Redirect 301 memberi tahu search engine bahwa kedua domain digunakan untuk situs yang sama, tetapi aktivitas telah dipindahkan ke domain baru.

2. Redirect 302

Pengalihan 302 bersifat sementara. Redirect jenis ini juga ditampilkan untuk pengunjung situs web Anda untuk melihat URL yang diubah. Anda dapat menggunakan pengalihan ini saat situs sedang dalam pemeliharaan serius. Dalam situasi lain, Anda dapat menerapkan pengalihan 302 selama pengujian A/B.

3. URL Frame

Berbeda dengan dua kode sebelumnya, bingkai URL adalah pengalihan tersembunyi. Ini berarti bahwa pengunjung akan melihat URL yang sama persis dengan yang mereka masukkan ke dalam browser, meskipun mereka sebenarnya membuka URL yang berbeda.

Tidak hanya itu, seperti namanya, bingkai URL tidak mengarahkan ke halaman web tertentu tetapi menampilkan bingkai dari sana. Menyembunyikan domain root biasanya digunakan oleh pengguna layanan hosting gratis. Hosting gratis mengharuskan Anda menggunakan subdomain kecuali Anda meningkatkan ke paket premium.

Namun, jika Anda menggunakan hosting berbayar dan mengutamakan SEO, sebaiknya hindari cara ini. Konten yang sama pada dua URL terpisah dapat menyebabkan duplikat konten. Search engine akan memilih salah satu URL, yang mungkin bukan pilihan Anda.

Ingatlah bahwa tidak semua server mengizinkan jenis redirect ini. Jadi, jika Anda mengalami masalah dalam menerapkan redirect URL kerangka kerja, harap hubungi dukungan pelanggan penyedia hosting Anda untuk informasi lebih lanjut.

4. Meta Refresh

Meta refresh mungkin merupakan metode yang tidak sering digunakan. Namun, Anda mungkin masih sering menemui jenis redirect ini pada saat memuat suatu page website. Merupakan jenis redirect yang dilakukan pada level halaman dan bukan pada level server.

Mereka umumnya lebih lambat dan bukan teknik SEO yang direkomendasikan. Pernahkah Anda mengunjungi halaman dan disambut dengan pesan yang mengatakan: “URL asli telah dipindahkan, Anda sedang diarahkan”. Kemudian Anda memiliki penyegaran meta.

Alasan Perlunya Redirect Page

redirect page

1. Menghindari Nama Domain yang Serupa.

Misalnya gini ketika seorang user mengetikkan nama matbo.web.id yang seharusnya matob.web.id, maka user yang sering salah mengetikkan url tersebut akan tetap dialihkan ke URL matob yang tepat.

Selain itu URL lain misalnya matob.com dan matob.net dapat dialihkan ke domain lain atau halaman web lain, seperti matob.web.id. Teknik ini juga biasa digunakan untuk “mencadangkan” domain tingkat atas (TLD) lainnya dengan nama yang sama, atau untuk membantu mengarahkan ulang “.com” atau “.net” dengan benar ke “web.id”.

2. Logging Link Eksternal

Log akses dari sebagian besar host web menyimpan informasi terperinci tentang dari mana pengunjung berasal dan bagaimana mereka menavigasi halaman web yang dihosting. Namun, mereka tidak mendaftarkan mereka yang mengunjungi tautan yang ditinggalkan. Ini karena browser pengunjung tidak perlu berkomunikasi dengan server asal ketika pengunjung mengklik link keluar.

Tautan di halaman web dapat mengarahkan ulang ke URL di domain situs asli, yang secara otomatis akan mengarahkan ulang ke target sebenarnya. Teknik ini memiliki kelemahan yaitu menyebabkan delay karena adanya request tambahan ke web server asal. Karena permintaan tambahan ini akan meninggalkan jejak di log server, mengungkapkan tautan mana yang telah dilacak, sehingga menimbulkan masalah privasi.

3. Pemindahan Page Ke Domain Baru

Pada umumnya redirect page atau website menuju domain baru terdapat berbagai alasan, antara lain:

  • Pemilik website ingin memindahkan semua halamannya ke domain yang baru
  • Website memerlukan atau diharuskan untuk mengubah nama domainnya agar tetap dapat beroperasi
  • Penggabungan dua website yang berbeda sekaligus

Dengan mengarahkan ulang situs web, tautan ke situs web dengan URL kedaluwarsa dapat dikirim ke lokasi yang benar. Tautan ini mungkin berasal dari halaman lain yang tidak melihat perubahan, atau dari bookmark/favorit yang disimpan pengguna di browser mereka.

Tentunya hal yang sama akan berlaku terhadap Search engine juga. Mereka sering memiliki domain dan tautan lama/kedaluwarsa di database mereka dan akan membawa pengguna pencarian ke URL lama ini. Dengan menggunakan pengalihan “pindah secara permanen” ke URL baru, pengunjung pasti akan tetap berada di halaman yang tepat.

4. Penargetan Perangkat dan Geografis

Pengalihan dapat digunakan secara efektif untuk tujuan penargetan seperti penargetan perangkat atau penargetan geografis. Penargetan perangkat menjadi hal yang sangat penting dengan merebaknya klien seluler saat ini. Ada dua pendekatan untuk melayani pengguna seluler: buat situs web responsif atau beralih ke versi seluler situs.

Jika versi seluler situs disediakan, pengguna dengan klien seluler akan secara otomatis dialihkan ke konten seluler yang sesuai. Untuk penargetan perangkat, pengalihan sisi klien atau sisi server yang tidak dihosting digunakan.

Penargetan geografis bertujuan untuk menyediakan konten yang dilokalkan dan secara otomatis mengarahkan pengguna ke versi lokal dari URL yang diminta. Ini berguna untuk situs web yang menargetkan pemirsa di berbagai negara atau bahasa. Biasanya, pengalihan sisi server digunakan untuk geolokasi, tetapi pengalihan sisi klien juga dapat menjadi opsi, tergantung pada kebutuhan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang pengertian redirect page dan cara melakukannya, semoga informasi yang kami sampaikan tentang pengertian redirect page dan cara melakukannya, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.