cloud hosting

Apa Itu Cloud Hosting?

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian cloud hosting? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang pengertian cloud hosting.

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah jenis web hosting yang menggunakan sumber daya dari beberapa server untuk menyeimbangkan beban, mempercepat kinerja, dan memaksimalkan uptime. Cloud hosting menggunakan server virtual untuk meng-host halaman web. Sementara itu, layanan hosting tradisional biasanya meng-host satu atau lebih situs web di satu server fisik. Akibatnya, hosting tipe cloud biasanya lebih cepat daripada shared hosting.

Ingin tahu tentang cloud hosting dan ingin tahu apakah jenis penyimpanan ini lebih sesuai dengan kebutuhan Anda? Jangan khawatir, dalam panduan ini kami akan membantu Anda menemukan jawabannya.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih detail apa itu cloud hosting, cara kerjanya, dan jenis website yang tepat untuk menggunakannya. Kami juga akan menjelaskan perbandingan cloud hosting versus tipe hosting lainnya. Langsung saja mari kita mulai pembahasannya.

Cara Kerja Cloud Hosting

Cloud hosting pada dasarnya berproses melalui virtualisasi, yaitu teknologi yang membagi server fisik menjadi beberapa mesin virtual yang dikenal sebagai server cloud. Server-server ini kemudian bergabung untuk membentuk satu jaringan untuk meng-host situs web.

Infrastruktur yang mendasari cloud hosting membedakannya dari jenis web hosting tradisional lainnya. Hosting web tradisional sering menggunakan pendekatan terpusat, di mana satu server digunakan untuk beberapa situs web secara bersamaan.

Kelebihannya yang paling utama adalah:

  • Ketersediaan tinggi. Jika salah satu server mati, yang lain menggantikannya dan membuat situs tetap berjalan. Dengan cara ini, cloud hosting lebih dapat diandalkan daripada web hosting tradisional, yang membutuhkan server untuk berjalan sepanjang waktu.
  • Penyeimbangan beban lalu lintas. Ketika sebuah situs web menghadapi lalu lintas yang padat, infrastruktur mendistribusikannya ke semua server cloud sehingga kinerja situs web tetap terjaga meskipun jumlah pengunjung terus meningkat.
  • Adanya tingkat skalabilitas. Dengan cloud hosting, webmaster tidak perlu risi mengenai bandwidth, penyimpanan, atau daya komputasi yang tersedia berdasarkan satu server. Mereka bisa memakai asal daya tambahan pada lingkungan impian buat mendukung pengembangan situs web mereka.
  • Keamanan yang lebih baik. Cloud hosting umumnya lebih tahan terhadap crash dan gangguan fisik karena menggunakan banyak server dalam lingkungan virtual. Selain itu, fitur load balancing dari hosting jenis ini dapat membantu mencegah serangan DDoS.

Cloud Hosting Cocok Untuk Jenis Website Seperti Apa?

Jenis-jenis website yang sering menggunakan cloud hosting adalah toko online, situs berita, mesin pencari atau agregator, media sosial, dan proyek dengan traffic tinggi lainnya. Pada dasarnya, cloud hosting sangat cocok untuk situs web apa pun yang membutuhkan banyak daya pemrosesan, bandwidth, dan ruang disk untuk mengakomodasi jumlah pengunjung dan jumlah file serta data yang disimpannya. Arsitektur penyimpanan cloud

Dengan adanya cloud hosting dapat membantu Anda mengantisipasi peningkatan lalu lintas situs web, yang biasanya terjadi saat ada diskon besar atau saat postingan Anda viral. Fitur load balancing memastikan bahwa lalu lintas tidak membebani sumber daya server virtual. Selain itu, beberapa jenis situs web ini mungkin memerlukan keamanan yang lebih ketat untuk menangani data sensitif, seperti informasi pelanggan dan detail pembayaran.

Dalam hal ini, cloud pribadi mungkin lebih baik daripada cloud publik. Cloud pribadi biasanya dilengkapi dengan infrastruktur cloud khusus, yang dihosting di jaringan pribadi untuk mencegah akses oleh pihak ketiga yang tidak berwenang. Oleh karena itu, harga hosting awan umumnya lebih mahal daripada hosting web bersama atau VPS, yang lebih cocok untuk membangun situs web sederhana hingga menengah.

Perbedaan Cloud Hosting dan Tipe Hosting Lainnya

Sebelum membuat situs web, penting untuk mengetahui opsi hosting mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Layanan yang Anda pilih harus menyediakan sumber daya yang cukup dan kinerja optimal untuk situs web Anda tanpa memengaruhi anggaran Anda.

Tenang, di bawah ini kami akan membantu Anda memahami perbedaan antara cloud hosting dan web hosting lainnya yaitu VPS dan shared hosting, sehingga Anda dapat membuat pilihan yang tepat pada kebutuhan Anda.

Cloud Hosting vs VPS Hosting

cloud hosting

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, sebenarnya mirip dengan shared hosting karena server digunakan oleh banyak pengguna. Bedanya VPS menggunakan teknologi virtualisasi, teknologi ini juga mendukung cloud storage untuk membuat partisi server tersendiri. Dengan cara ini, setiap pengguna mendapatkan sumber daya khusus untuk situs web mereka tanpa harus membaginya dengan webmaster lain.

Oleh karena itu, VPS seringkali menjadi pilihan pertama untuk melakukan upgrade jika paket shared hosting tidak lagi memenuhi kebutuhan website. Selain itu, VPS setara dengan cloud hosting dalam hal kinerja. Pengguna juga akan memiliki akses root penuh ke server mereka sendiri sehingga mereka dapat menyesuaikan lingkungan hosting sesuai dengan kebutuhan mereka. Biasanya, fitur ini tidak tersedia di cloud terkelola atau layanan shared hosting.

Lebih lengkapnya, berikut kelebihan dan kekurangan web hosting VPS:

Kelebihan

  • Performa yang andal. Dengan ruang server khusus, situs web lain tidak akan terpengaruh jika terjadi kesalahan dengan salah satu situs web di server yang sama.
  • Akses root penuh. Fitur ini berguna untuk pengguna tingkat lanjut yang mungkin perlu menginstal sistem operasi atau perangkat lunak tertentu untuk proyek mereka.
  • Alamat IP khusus. Sebagian besar penyedia hosting web menyertakan fitur ini dalam paket VPS mereka. Dibandingkan dengan alamat IP bersama, opsi ini jauh lebih aman karena juga akan melindungi reputasi email Anda, sehingga situs web Anda tidak akan ditautkan ke situs spam.

Kelemahan

  • Memerlukan keahlian teknis. Sebagian besar hosting VPS tidak dikelola, jadi Anda memerlukan beberapa keterampilan manajemen server agar proyek Anda dihosting dengan benar. Akibatnya, VPS umumnya kurang ramah pengguna dibandingkan cloud hosting.

Cloud Hosting vs Shared Hosting

cloud hosting

Pada umumnya, tipe shared hosting tidak seoptimal dan sebaik tipe hosting tipe cloud. Meski begitu, shared web hosting adalah solusi yang tepat jika Anda memiliki website pribadi atau toko online kecil. Dalam jenis hosting ini, satu server akan meng-host beberapa situs web, yang semuanya berbagi sumber daya satu sama lain.

Sebab jika digunakan bersama, hosting bersama hanya dapat menangani lalu lintas terbatas, dari 10 hingga 100.000 pengunjung bulanan. Jumlah pastinya tergantung pada bandwidth, penyimpanan, dan kekuatan pemrosesan yang tersedia. Namun, cobalah untuk tidak menggunakan sumber daya hingga batasnya untuk menghindari masalah kinerja atau keamanan.

Kelebihan dan kekurangan dari shared hosting meliputi:

Kelebihan

  • Tarif terjangkau. Harga shared hosting biasanya mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu, sedangkan cloud hosting mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
  • Mudah untuk pemula. Webmaster tidak perlu memiliki pengetahuan teknis untuk dapat mengelola hosting mereka. Plus, proses penyiapan, dari checkout hingga pendaftaran, biasanya hanya membutuhkan beberapa klik.
  • Perawatan yang mudah. Dengan shared hosting, host biasanya menangani masalah back-end untuk mengoptimalkan kinerja dan keamanan.

Kelemahan

  • Kurang dapat diandalkan. Kinerja situs web akan bergantung pada lalu lintas, ukuran situs web, dan langkah-langkah keamanan pengguna lain yang membagikannya. Jika salah satu situs web disusupi oleh penjahat, situs web lain yang menggunakannya juga dapat menjadi korban.
  • Skalabilitas rendah. Tidak seperti cloud hosting, webmaster hanya dapat menggunakan kekuatan pemrosesan, bandwidth, dan ruang disk yang dialokasikan oleh penyedia hosting. Jika mereka membutuhkan lebih banyak sumber daya, mereka harus meningkatkan ke paket yang lebih tinggi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cloud hosting adalah, semoga informasi yang kami sampaikan tentang cloud hosting adalah, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.