freelance online

10+ Rekomendasi Situs Freelance Online Terbaik

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang freelance online untuk mendapatkan cuan? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang freelance online yang cuan.

Saat ini ada banyak website freelance online yang berasal dari Indonesia dan asing yang bisa Anda coba untuk membantu Anda menemukan pekerjaan sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Tentu saja, sebagai seorang freelancer, Anda terkadang harus terus-menerus mencari penawaran, dan tentu saja itu bisa sangat melelahkan.

Pada artikel ini kami telah menyiapkan daftar situs web freelance online terbaik untuk Anda coba dalam menawarkan layanan Anda, terkhusus kepada mereka yang membutuhkannya atau jika Anda sedang membutuhkan layanan freelancer. Simak artikel ini dan semoga berhasil!

Situs Freelance Online Terbaik

Berikut beberapa situs freelance online yang berasal dari Indonesia dan internasional.

1. Fiverr

freelance online

Freelance online saat berada di situs ini dapat memposting proyek yang telah selesai kepada publik sehingga calon pengguna layanan dapat dengan mudah memilih siapa saja yang mereka minati. Fitur ini merupakan alternatif dari cara biasa untuk menghubungi freelancer satu per satu. Selain itu, Fiverr menawarkan pelatihan gratis untuk membangun keterampilan Anda dan mengajari Anda cara menarik pelanggan.

  • Kelebihan Fiverr: kategori jasa yang beragam, biaya pendaftaran gratis, hingga ketersediaan kursus online.
  • Kekurangan Fiverr: tingkat proses pembayaran dan withdraw cenderung lama dan biaya komisi tiap projeknya tergolong tinggi.

2. Upwork

Upwork menawarkan berbagai alat untuk mendukung perjalanan karir freelance Anda, seperti ruang kolaboratif, pembayaran terintegrasi, dan proses perekrutan yang transparan. Anda juga dapat bekerja untuk berbagai klien terkenal seperti Microsoft, Airbnb, Dropbox, dan lainnya. Bagi siapa pun yang mencari fleksibilitas dalam pekerjaan mereka, pasti harus mencoba situs freelance online satu ini.

  • Kelebihan Upwork: pihak-pihak yang terlibat dan klien banyak yang kredibel, terdapat perlindungan pembayaran yang membuat semakin nyaman ketika bertransaksi, serta dapat membuat suatu proyek berdasarkan anggaran yang ada.
  • Kekurangan Upwork: bagi freelance yang baru proses seleksi masuk Upwork termasuk lama serta biaya layanan bagi projek yang berhasil termasuk tinggi.

3. Dribbble

Dribbble adalah salah satu platform paling populer bagi pengiklan untuk bertemu, terhubung, dan berinteraksi satu sama lain. Desainer dan seniman menggunakan situs ini untuk membuat portofolio dan mempromosikan merek mereka.

Untuk mencari lowongan, Anda bisa membuka tabel lowongan di browser. Website ini menyediakan berbagai jenis pekerjaan, antara lain desain UI/UX dan pembuatan konten. Namun, akses ke posting pekerjaan terbatas untuk pengguna versi premium dengan biaya $5-$15/bulan, yang kemudian akan menempatkan Anda pada daftar prioritas pekerja lepas.

  • Kelebihan Dribbble: komunitas freelance dan klien yang global, banyaknya inspirasi desain.
  • Kekurangan Dribbble: tidak dapat melihat daftar pekerjaan apabila belum masuk pada versi pro.

4. Behance

  • Kelebihan Behance: personalisasi konten yang maksimal, jangkauan audiens dan relasi yang besar serta luas.
  • Kekurangan Behance: terbatasnya ukuran gambar dan situs yang sangatlah kompetitif.

Tidak seperti situs freelancer sebelumnya, Behance adalah jejaring sosial untuk materi iklan. Behance menyediakan tempat untuk mencari calon pemberi kerja. Semakin banyak profil yang Anda ikuti, semakin banyak pos yang muncul di umpan Anda.

Behance juga menyediakan lowongan pekerjaan. Setiap pekerja akan menerima rekomendasi pekerjaan berdasarkan keahlian dan kategorinya, sehingga lebih mudah untuk menemukan pekerjaan lepas yang sesuai dengan keahlian Anda.

5. Freelancer Indonesia

freelance online

Situs penghasilan freelancer ini adalah pasar crowdsourced terbesar dengan 32 juta pengguna terdaftar. Untuk menyamai angka yang tinggi itu, ada ribuan pekerjaan yang bisa Anda pilih sebagai freelancer. Anda dapat mendaftar di sini secara gratis dengan ratusan pekerjaan yang diposting setiap hari.

  • Kelebihan Freelancer Indonesia: banyak opsi pekerjaan yang sesuai dengan keahlian Anda, sebab situs ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.

6. Sribulancer

Lalu ada Sribulancer. Di website freelance Indonesia ini Anda bisa menemukan berbagai jenis pekerjaan. Seperti Freelancer Indonesia, Sribulancer juga merupakan salah satu situs freelance terbesar di Indonesia. Karena situs ini lebih relevan dengan pasar Indonesia, Anda juga dapat menemukan pekerjaan yang mungkin lebih sesuai dengan keahlian Anda.

Selain itu, mereka juga menyediakan sistem pembayaran transfer bank untuk mempermudah, karena kartu kredit tidak banyak digunakan di Indonesia.

  • Kelebihan Sribulancer: kategori jasa yang beragam dan sesuai dengan pasar klien di Indonesia.

7. Projects

Projects merupakan salah satu situs freelancer terbesar di Indonesia. Terkait layanan yang ditawarkan Project, utamanya mencakup konten teknologi, antara lain pemodelan dan animasi 3D, penambangan data dan entri data, pemasaran dan komunikasi, media sosial, dan lain sebagainya. Ada juga sejumlah tawaran pekerjaan untuk menjadi guru, asisten pribadi, dan banyak lagi.

  • Kelebihan Projects: banyaknya lapangan pekerjaan bagi freelance, sebab salah satu yang terbesar di Indonesia.

8. Fastwork

Situs kerja freelance online ini didirikan di New York pada tahun 2015 dan berfokus pada pasar Asia Tenggara. Fastwork bergabung di Indonesia pada tahun 2018 dan hanya setahun kemudian mereka menjangkau lebih dari 50.000 pengguna terdaftar dengan ribuan transaksi per bulan. Tak heran Fastwork kini menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

Anda bisa menemukan berbagai pekerjaan yang sering berhubungan dengan bidang teknologi digital, mulai dari desain grafis hingga gaya hidup, seperti menulis caption untuk akun media sosial dan merencanakan itinerary perjalanan.

  • Kelebihan Fastwork: user interface simpel sehingga memudahkan penggunaan website freelance ini.

9. LinkedIn

freelance online

LinkedIn semakin populer sebagai situs pencari kerja di Indonesia sejak merebaknya COVID-19, memaksa banyak orang untuk mencari pekerjaan, baik karena terkena wabah ini maupun karena harus mencari orang lain. Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan lepas, baik pekerjaan jarak jauh maupun lepas di dekat Anda. Cukup sesuaikan area dan jenis pekerjaan yang Anda inginkan di bagian filter.

  • Kelebihan LinkedIn: tingkat kredibilitas yang tinggi, sebab website yang telah besar dan banyak dipercaya.

10. OLX

freelance online

Anda mungkin mengenal OLX sebagai situs belanja barang bekas, atau tempat jual beli barang dan kendaraan. Jangan salah paham, ternyata mereka juga menawarkan tempat untuk merekomendasikan pekerjaan, lho! Ada banyak jenis pekerjaan lepas yang ditawarkan di OLX, mulai dari guru, penulis, hingga pemimpin Arya. Sangat unik bukan?

Namun, Anda harus berhati-hati ketika mencari pekerjaan freelance di OLX karena mereka belum memiliki sistem yang terintegrasi, sehingga transaksi harus dilakukan di luar lokasi.

  • Kelebihan OLX: penggunaan yang mudah, sebab telah banyak digunakan oleh orang-orang.

11. Guru

freelance online

Setelah mendaftar di platform ini, Anda akan menjadi salah satu dari 3 juta pekerja lepas di seluruh dunia yang mencari berbagai pekerjaan seperti pengembangan web, penulisan, arsitektur, dan lainnya.

  • Kelebihan Guru: membership gratis, tingkat keamanan pembayaran yang terjamin, serta dapat menyesuaikan dengan daftar pekerjaan yang ada.
  • Kekurangan Guru: tingkat kredibilitas rendah, sehingga ada potensi mendapatkan klien yang bodong.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang freelance online, semoga informasi yang kami sampaikan tentang freelance online, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.