Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Shared Hosting

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Shared Hosting – Shared hosting merupakan salah satu pilihan yang populer terutama untuk situs-situs baru, pada dasarnya jenis hosting ini berfungsi untuk menyediakan resource server yang nantinya akan digunakan oleh beberapa website yang memiliki layanan yang sama.

Penjelasan yang lebih luas adalah Shared Hosting ini menyediakan layanan dengan akun hosting yang ditempatkan bersama dengan beberapa akun lain dalam satu server yang sama sehingga dalam kinerjanya akan menggunakan layanan shared.

Ketika seseorang telah memutuskan untuk membuat website sendiri, hal pertama yang harus dilakukan untuk mengelolanya adalah memilih siapa dan tempat mana yang akan dijadikan sebagai penyedia layanan hosting website. Langkah selanjutnya setelah menentukan tempat, pengguna diminta untuk memilih paket hosting yang tersedia pada layanan hosting, secara umum ada 5 yaitu shared hosting, VPS, cloud hosting, wordpress hosting dan dedicated server hosting.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Dalam penggunaan layanan hosting pasti ada kelebihan dan kekurangan di setiap jenis hosting yang ada, untuk melihat beberapa penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan shared hosting di bawah ini.

Keuntungan dari Hosting Bersama

Biaya Murah

Jika dibandingkan dengan jenis layanan web hosting lainnya, layanan dari shared hosting memenangkan harga termurah dari yang lain! Jadi, tidak salah jika layanan ini sangat direkomendasikan untuk para pengelola website yang baru memulai. Misalnya shared hosting adalah perumpamaan ketika seseorang menyewa rumah kontrakan atau apartemen yang akan digunakan bersama agar lebih hemat karena biayanya akan ditanggung bersama.

Secara umum, pengelolaan shared hosting harus sepenuhnya ditangani oleh penyedia layanan hosting, oleh karena itu pengguna tidak perlu lagi khawatir tentang apa pun yang terkait dengan kinerja layanan hosting dan hanya mengelola situs.

Mudah Digunakan

Dalam layanan shared hosting, pengguna akan dimudahkan karena nantinya semua pengoperasian server akan dilakukan oleh ahlinya oleh penyedia layanan sehingga pemula yang belum memiliki pemahaman pemrograman tetap dapat mengelola website atau blognya. Namun ketika web atau blog pengguna layanan shared hosting sudah memiliki jangkauan yang luas dan jumlah pengunjung yang luar biasa, maka perlu dilakukan perubahan layanan hosting menjadi VPS atau dedicated web server.

Alasannya karena kembali menyesuaikan dengan kebutuhan dimana untuk web yang besar dan banyak pengunjung lebih cocok untuk layanan hosting lain, jika pengguna masih menggunakan shared hosting maka situs tersebut akan berdampak pada situs lain pada server yang sama dan efeknya bisa membuat error atau down. waktu. Selanjutnya, jika pengguna telah mengubah layanan hosting, ia harus mempelajari pengetahuan tentang pemrograman.

Administrasi dan Pemeliharaan Server yang Mudah

Sekarang! Mengapa ini merupakan keuntungan dari shared hosting? Seperti yang sudah kami dijelaskan di atas, ketika Anda mengelola website dan server Anda dikelola oleh penyedia layanan web hosting, Anda tidak perlu repot lagi mengelola masalah server.

Anda hanya perlu duduk manis dan mengelola situs web Anda agar menjadi lebih baik dan berkembang tanpa khawatir tentang masalah server. Dengan menggunakan hosting jenis ini, pengguna lebih fokus mempelajari blog atau website yang sedang dibangun. Namun hal ini hanya bersifat sementara karena pengguna harus berganti layanan ketika mengalami traffic pengunjung. 

Ideal untuk Blog atau Situs Web Bisnis Kecil

Hosting web bersama dikatakan ideal untuk pengguna situs blog dan situs web bisnis kecil. Alasan pertama adalah karena pertimbangan budget, hal ini tentunya sering terjadi pada seseorang yang memulai usaha kecil-kecilan dimana untuk mengurangi resiko kerugian yang besar, seseorang akan lebih menghemat uang terkait budget.

Kemudian alasan yang kedua adalah mengenai pemahaman dan kemampuan seseorang dalam mengelola hosting, tentunya bagi yang baru mengenal dunia web hosting akan kesulitan untuk menjalankan sebuah layanan hosting.

Namun pengguna shared hosting tidak perlu khawatir lagi karena semua server akan diambil oleh ahlinya oleh penyedia layanan hosting, untuk itu shared hosting sangat cocok untuk pemula blog atau bisnis web kecil.

Kekurangan Shared Hosting

Area Kontrol Terbatas di Server

Seluruh para Pengguna dalam layanan shared hosting ini hanya mempunyai sedikit ruang terkait dengan akses ke server, sehingga kontrol mereka sangat terbatas. Hal ini terjadi karena dalam layanan hosting ini kepemilikan full access hanya dipunyai oleh administrator penyedia layanan hosting, sehingga pengelolaan semua akun server diambil oleh ahli dan pengguna memiliki sedikit akses.

Memungkinkan Terjadinya Crash

Seperti yang telah dijelaskan bahwa jenis layanan shared hosting ini adalah salah satu yang menggunakan banyak pengguna dalam satu server, sehingga tidak heran jika sewaktu-waktu akan terjadi crash. Adanya beban yang berat terutama saat terjadi traffic akan mempengaruhi kinerja website atau blog pengguna lain dan pada akhirnya akan terjadi gangguan atau crash layanan.

Demikian ulasan tentang Kelebihan Dan Kekurangan Shared Hosting semoga bermanfaat.

 

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Membuat Desain Web Dengan Mudah

Membuat desain web itu tidaklah mudah, karena yang pertama kita harus memperhatikan berbagai hal pada waktu mendesain sebuah website, mulai dari tampilan visual hingga ke

perbedaan sales dan marketing

Perbedaan Sales dan Marketing

Apa perbedaan antara Sales dan Marketing? Marketing menginformasikan dan menarik prospek dan prospek ke perusahaan dan produk atau layanan Anda. Sales, di sisi lain, bekerja