model pemasaran

Model Pemasaran Apa yang Benar-Benar Dapat Bekerja Untuk Anda

Untuk menciptakan strategi pemasaran atau strategi komunikasi pemasaran yang unik, beberapa model pemasaran dapat digunakan. Meskipun demikian, banyak perusahaan menggunakan pendekatan yang sama. Orang menghabiskan banyak waktu dan uang untuk memastikan media sosial mereka aktif dan berjalan, dan kemudian mereka dikecewakan oleh hasilnya.

Mereka bingung dan kecewa karena upaya mereka tidak menghasilkan laba atas investasi (ROI) atau penjualan yang baik dengan autopilot. Setelah sedikit jeda untuk meredakan frustrasi mereka, siklus pemasaran yang gagal berlanjut.

Bahkan jika Anda menggunakan strategi pemasaran yang paling mutakhir, itu tidak menjamin kesuksesan bisnis Anda. Strategi dan teknik pemasaran tidak ada dalam ruang hampa. Agar efektif, mereka HARUS menjadi bagian dari rencana yang lebih besar.

Kabar baiknya adalah Anda tidak harus bergantung pada sihir untuk mengembangkan strategi yang terorganisir dengan baik dan sangat sukses yang siap untuk ekspansi. Di sini, kita akan membahas 5 model pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan rencana pemasaran yang berorientasi pada pertumbuhan. Juga, lihat Model Bisnis Berbasis Media Sosial yang mungkin cocok untuk Anda.

5 Model Pemasaran untuk Membangun Kehadiran Bisnis yang Berkelanjutan

1. Analisis SWOT & TOWS

TOWS & SWOT adalah singkatan dari Threats, Opportunities, Weaknesses, and Strengths. SWOT berfokus pada lingkungan internal, sedangkan TOWS berfokus pada lingkungan eksternal. Kedua metode menggunakan prinsip dasar yang sama.

Untuk menghindari bahaya dan memanfaatkan peluang, model ini membantu Anda membayangkan pilihan strategis, memutar kekuatan Anda, dan meminimalkan kelemahan Anda. Buat daftar kekuatan dan kelemahan Anda pada sumbu y dan peluang dan ancaman pada sumbu x matriks Anda.

Keempat kuadran ini akan menunjukkan kekuatan dan kekurangan Anda, serta potensi sumber pendapatan dan bahaya. Kategori-kategori ini dapat digunakan untuk memunculkan taktik defensif untuk menghadapi masalah, serta untuk menunjukkan kemungkinan jalan menuju kesuksesan.

2. Bauran Pemasaran 7Ps

Pemasar menggunakan bauran pemasaran 7P untuk membangun model pemasaran yang menggambarkan kombinasi barang dan jasa mereka. Berikut adalah panduan cara membangun model pemasaran

Bauran pemasaran adalah paradigma pemasaran terkenal yang membantu pengorganisasian strategi perusahaan di setiap langkah, mulai dari konsepsi hingga penilaian.

Dengan menggunakan perincian 7P, Anda dapat memeriksa setiap area bisnis Anda untuk menemukan metode untuk meningkatkan strategi dan mencapai tujuan Anda. Setiap P mewakili sesuatu yang berbeda.

  • Istilah “produk” mengacu pada hal yang dijual.
  • Harga menunjukkan biaya barang atau jasa.
  • Tidak masalah apakah itu online, di gudang, atau di toko fisik.
  • Teknik yang Anda gunakan untuk menyampaikan manfaat produk Anda kepada audiens target Anda disebut sebagai promosi.
  • Orang-orang adalah orang-orang yang bekerja pada pengembangan, manufaktur, pemasaran, dan distribusi produk Anda.
  • Proses mengacu pada prosedur yang Anda gunakan untuk menyediakan produk atau layanan Anda kepada pelanggan.
  • Untuk meyakinkan konsumen Anda bahwa perusahaan Anda ada, Anda memerlukan bukti nyata (mis., Produk fisik, kuitansi, informasi pelacakan, dll.).

Pemasar menyebarkan bauran pemasaran 7P untuk memecah dan menemukan metode untuk meningkatkan strategi promosi mereka, mempertahankan pekerja, memuaskan konsumen, dan mengembangkan organisasi mereka dengan memanfaatkan fakta dan data dari rincian tersebut.

3. Lima Kekuatan Porter

Ancaman pendatang baru dan pengganti adalah dua dari lima faktor yang diidentifikasi oleh Porter. Daripada berkonsentrasi pada produk atau audiens, pendekatan ini mengukur profitabilitas dengan mempertimbangkan faktor eksternal dan persaingan.

Metode sederhana namun efektif untuk menilai daya saing perusahaan Anda adalah dengan melakukan studi ini. Rincian dari lima kekuatan adalah sebagai berikut:

  • Kuantitas dan skala penyedia lain, orisinalitas layanan, dan biaya penggunaan produk pengganti Anda sendiri merupakan faktor kekuatan pemasok.
  • Kapasitas pelanggan untuk memengaruhi pilihan dalam Model Bisnis dikenal sebagai “kekuatan pembeli”.
  • Ini menjelaskan bagaimana produk Anda dibandingkan dengan pengganti yang mungkin.
  • Hambatan apa pun yang Anda hadapi saat bergabung dengan pasar dijelaskan dalam Ancaman Masuk Baru.
  • Persaingan membandingkan kinerja produk Anda dengan pasar yang lebih luas dengan melihat semua faktor lain yang berperan.

4. AIDA

Hampir semua strategi pemasaran AIDA berpusat pada klien. Seperti namanya, itu berarti empat hal: pengetahuan, minat, keinginan, dan tindakan. Ini adalah empat langkah yang diambil pelanggan saat membeli produk atau layanan.

Retensi adalah langkah yang dilakukan beberapa model untuk mengatasi keputusan pembeli untuk melakukan pembelian ulang dan mengembangkan loyalitas merek. Dalam pendekatan ini, dampak media sosial pada interaksi pembeli-penjual diakui dan dimasukkan ke dalam taktik penjualan.

Pengguna media sosial sekarang dapat berkomentar dan berbagi di pos perusahaan, tidak hanya mereka yang menjual barang. Akibatnya, konsumen lain dapat bertukar konten dan membangun komunitas online yang berdampak pada perilaku pembelian.

5. Matriks Pangsa Pertumbuhan

Ada empat kuadran dalam matriks pertumbuhan-saham untuk membantu perusahaan memprioritaskan berbagai inisiatif mereka. Sumbu y menggambarkan pertumbuhan rendah hingga tinggi, sedangkan sumbu x menggambarkan pangsa pasar tinggi dan rendah dalam strategi pemasaran ini. Simbol berikut mewakili empat kuadran matriks:

  • Bintang: Peluang dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi serta pangsa pasar yang besar ditandai dengan bintang dalam matriks pangsa pertumbuhan. Kemungkinan investasi dengan kemungkinan sukses dan stabilitas yang tinggi sering dilambangkan dengan bintang di kuadran kanan atas.
  • Sapi: Tanda ini menunjukkan kemungkinan dengan pertumbuhan sedang dan pangsa pasar yang besar di kuadran kanan bawah. Meskipun sapi memiliki pengembalian investasi awal yang tinggi, mereka tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk pertumbuhan jangka panjang.
  • Tanda Tanya: Tanda tanya digunakan di kuadran kanan atas, dengan pangsa pasar rendah tetapi berkembang pesat. Ikon tanda tanya menunjukkan peluang dengan ketidakpastian tinggi karena kondisi pasar saat ini.
  • Hewan peliharaan: Hewan peliharaan dapat ditemukan di kuadran kanan bawah bersama dengan kemungkinan pertumbuhan rendah dan pangsa pasar rendah lainnya. Gunakan lambang hewan, seperti anjing, untuk menonjolkan kemungkinan bisnis harus menolak atau memposisikan ulang.

Kesimpulan

Dalam hal strategi pemasaran perusahaan Anda, sama pentingnya untuk menggunakan model yang sesuai. Namun, dengan begitu banyak informasi yang tersedia, sangat mudah untuk tersesat.

Namun, Anda harus memiliki ide yang jelas dan tujuan yang dipikirkan dengan matang sebelum memilih strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda. Dengan hanya memilih pendekatan yang tepat, Anda dapat menghemat banyak sumber daya dan waktu dalam membangun strategi pemasaran yang sukses.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
On Key

Related Posts

Membuat Desain Web Dengan Mudah

Membuat desain web itu tidaklah mudah, karena yang pertama kita harus memperhatikan berbagai hal pada waktu mendesain sebuah website, mulai dari tampilan visual hingga ke

perbedaan sales dan marketing

Perbedaan Sales dan Marketing

Apa perbedaan antara Sales dan Marketing? Marketing menginformasikan dan menarik prospek dan prospek ke perusahaan dan produk atau layanan Anda. Sales, di sisi lain, bekerja