Cara Setup Goals Google Analytics

Cara Setup Goals Google Analytics

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara setup goals Google Analytics? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab Matob Jasa Pembuatan Website Jogja akan memberikan informasi tentang cara setup goals Google Analytics. Sebelum kita masuk ke pembahasan marilah kita mengenal sedikit tentang Google Analytics.

Google Analytics adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan di dunia pemasaran digital. Google Analytics biasanya digunakan untuk melacak aktivitas situs web dan untuk mengukur saluran pemasaran atau saluran mana yang mendorong lalu lintas atau konversi ke situs web Anda.

Cara Kerja Goals Google Analytics

Goals biasanya dikonfigurasi pada tingkat tampilan tertentu. Sehingga Goals dapat diterapkan ke halaman atau layar tertentu yang dikunjungi pengguna Anda, jumlah halaman/layar yang mereka lihat dalam satu sesi, berapa lama mereka berada di situs atau aplikasi Anda, dan peristiwa yang dipicu saat mereka berada di sana. Setiap Goals dapat memiliki nilai uang, sehingga Anda dapat melihat berapa nilai konversi tersebut bagi bisnis Anda. Menggunakan nilai untuk Goals memungkinkan Anda untuk fokus pada konversi yang paling menguntungkan, seperti transaksi dengan pembelian minimal.

Ketika pengunjung situs web Anda atau apengguna aplikasi Anda mengambil tindakan yang diidentifikasi sebagai Goals, Analytics mencatat tindakan tersebut sebagai konversi. Data transformasi ini kemudian disajikan dalam sejumlah laporan khusus.

Manfaat Setup Goals Google Analytics

Untuk dapat mengukur konversi yang terjadi di situs web kita, kita perlu memastikan bahwa aktivitas dilacak oleh Google Analytics sebagai tujuan. Contoh aktivitas yang biasanya ingin kami lacak sebagai konversi di situs web kami termasuk mengklik tombol, mengunjungi halaman tertentu, mengisi formulir kontak, dan banyak lagi.

Dalam hal ini aktivitas situs web yang perlu kita tetapkan sebagai tujuan di Google Analytics. Jika kegiatan tersebut tidak terlacak, kita tidak dapat mengetahui apakah kegiatan pemasaran yang kita lakukan berhasil mencapai tujuan yang kita inginkan. Misalnya, kami ingin mengetahui berapa banyak orang yang telah mengunjungi situs web dan mengklik tombol obrolan langsung, tetapi kami belum menetapkan tujuan apa pun. Jadi ketika kita membuka Google Analytics, akan sulit bagi kita untuk mengetahui berapa banyak orang yang mengklik tombol tersebut.

Manfaat lainnya, jika kita mengimpor Goals tersebut ke dalam dasbor Google Ads, kita dapat melacak konversi Google Ads tanpa perlu memasang skrip terpisah. Dengan penyiapan konversi ini, sistem pembelajaran mesin iklan Google juga memungkinkan untuk menayangkan iklan ke audiens target yang tepat, berdasarkan Goals yang ingin kami capai.

Cara Setup Goals Google Analytics

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara klik pada menu Admin kemudian pilih Goals. Kemudian, klik New Goals untuk menambahkan New Goals. Akan ada 3 langkah yang harus diselesaikan. Yang pertama adalah mengkonfigurasi jenis Target. Sesuaikan konversi yang ingin Anda lacak, seperti Hubungi Kami, Obrolan Langsung, atau Berlangganan. Atau Anda juga bisa memilih Custom jika konversinya berbeda dengan opsi yang tersedia.

Tahapan kedua dan ketiga yaitu dengan cara menentukan bagaimana Anda akan melakukan tracking terhadap goals Anda, terdapat 4 pilihan antara lain:

  • Destination: Jika Anda ingin menargetkan pelacakan berdasarkan kunjungan ke URL tertentu di situs web. Umumnya banyak digunakan karena paling sederhana dan paling akurat. Misalnya, lacak halaman terima kasih setelah pengguna menyelesaikan transaksi.
  • Duration: jika Anda ingin melacak Goals berdasarkan waktu yang dihabiskan di suatu situs web.
  • Pages Per Sessions: Jika Anda ingin melacak Goals berdasarkan jumlah halaman yang dibuka dalam 1 sesi situs web.
  • Event: Jika Anda ingin melacak Goals berdasarkan acara yang diatur di situs web. Biasanya digunakan untuk melacak klik tombol atau aktivitas lain yang tidak didasarkan pada pelacakan URL. Untuk mengonfigurasi tujuan acara ini, skrip perlu diterapkan di situs web terlebih dahulu.

Setelah ketiga tahapan yang Anda lakukan telah berhasil dan selesai, maka klik Save dan Goals Anda tersebut telah berhasil di setup.

Limit Maksimal Suatu Goals

  • Goals dibatasi hingga 20 per tampilan dalam suatu pelaporan. Artinya ketika lebih dari 20 goals, maka dibutuhkan tambahan untuk properti tersebut.
  • Goals hanya berlaku untuk data yang Anda kumpulan selepas goals tadi dibuat. Jadi sebaiknya Anda telah menyiapkan akun Analytics sebelum data muncul di laporan goals dan berbagai laporan lain yang biasanya menyediakan data tentang goals dan konversi dari goals tersebut.
  • Goals tidak dapat dihapus, namun Anda dapat berhenti merekam berbagai data yang tepat untuk goals tersebut.
  • Data goals biasanya diproses secara berbeda dari data analytics biasa.
  • ID goals dan kumpulan goals tidak dapat diubah selepas Anda membuat akun tersebut, namun Anda dapat mengedit nama dan jenis goals yang lain. Hal tersebut berlaku jika Anda ingin menggunakannya kembali dalam goals tertentu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara setup goals Google Analytics, semoga informasi yang kami sampaikan tentang cara setup goals Google Analytics, bermanfaat bagi Anda.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.