Payment Gateway

Payment gateway Terbaik Untuk Website Toko Online

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang payment gateway? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab Matob Jasa Pembuatan Website Jogja akan memberikan informasi tentang payment gateway.

Kegiatan transaksi merupakan salah satu poin penting untuk setiap bisnis. Selain itu, untuk toko online, transaksi harus lebih sederhana, lebih aman, lebih cepat, dan lebih akurat. Untuk itu, setiap toko online biasanya membutuhkan payment gateway. Sebelum kita masuk ke pembahasan marilah kita mengenal sedikit tentang payment gateway.

Payment Gateway Adalah

Payment gateway adalah layanan pembayaran yang mendukung pemrosesan transaksi online. Dengan layanan ini, Anda dapat menawarkan berbagai metode pembayaran online kepada pelanggan Anda. Misalnya, transfer bank, kartu kredit, akun virtual, dll.

Payment gateway bertanggung jawab untuk menghubungkan toko online dengan lembaga keuangan seperti bank. Saat pelanggan melakukan pembayaran di situs web Anda, data pembelian dikirimkan ke payment gateway.

Setelah itu, payment gateway akan terus melakukan pembayaran ke bank dan transaksi akan diproses. Ketika transaksi berhasil, payment gateway akan mengirimkan notifikasi ke toko online. Terakhir, bank akan mentransfer pembayaran ke toko online.

Kriteria Payment Gateway Terbaik

Ketika kita akan merekomendasikan suatu payment gateway, alangkah baiknya kita mengerti dulu tentang kriteria baik tidaknya suatu payment gateway. Hal yang paling penting adalah adanya keamanan data dari segala kebocoran yang mungkin akan terjadi, kebocoran data menjadi hal yang sangat mengganggu bagi kebanyakan orang. Sebab data yang bocor dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, dan juga membuat proses suatu transaksi berjalan cepat, nyaman, dan pastinya tepat.

Berikut beberapa kriteria payment gateway terbaik:

1. Biaya Transaksi

Biaya transaksi atau biaya transaksi adalah biaya tambahan yang dikeluarkan oleh konsumen selama transaksi. Ini seperti, ya, seperti biaya resor. Biaya bervariasi tergantung pada layanan yang digunakan. Seperti transaksi kartu kredit, transfer bank, online banking, dll. Jadi pastikan untuk memilih gateway pembayaran dengan biaya transaksi yang wajar. Di Indonesia sendiri, wajarnya berada di kisaran 2000 hingga 5000 rupiah per transaksi.

2. Tersedia dan Dapat Digunakan di Indonesia

Jika target pasar Anda mayoritas orang Indonesia, maka tentunya payoutnya harus bisa mencakup seluruh Indonesia bukan? Dalam hal ini, gateway pembayaran lokal mungkin menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika toko online Anda juga memasarkan ke luar negeri, pilihlah layanan internasional yang bertransaksi antar negara dan memiliki layanan di Indonesia.

3. Fitur Lengkap

Setiap layanan pembayaran memiliki berbagai fitur dengan manfaat yang sesuai. Semua itu bisa Anda bandingkan dan pilih yang paling menguntungkan. Tapi yang paling penting adalah biaya transaksi rendah, keamanan berlapis-lapis, pilihan metode pembayaran lengkap, customer care yang mudah diakses, dan adanya laporan transaksi. Jika Anda mendapatkan lebih dari berbagai fitur tersebut, maka hal tersebut lebih baik.

4. Integrasi Mudah

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah kemudahan integrasi. Ini sangat penting, terutama jika Anda baru mengenal coding. Pertama, cari tahu apakah memasang gateway pembayaran memerlukan pengaturan atau pengkodean khusus. Kedua, periksa untuk melihat apakah ada dokumentasi atau panduan lengkap yang tersedia untuk membantu Anda melalui proses instalasi.

5. Keamanan Terjamin

Keamanan menjadi kriteria terakhir dan yang paling penting, sebab inti dari suatu pembayaran selalu berhubungan dengan perputaran uang. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kebocoran, pencurian, dan penyalahgunaan data. Jadi sebaiknya gunakan payment gateway yang memberikan keamanan terjamin.

Rekomendasi Payment Gateway Terbaik

Berikut beberapa rekomendasi kami tentang payment gateway terbaik:

1. Paypal

PayPal adalah salah satu sistem pembayaran paling populer di dunia. Seperti dikutip Statista, pada 2020 pengguna PayPal mencapai hampir 400 juta pengguna di seluruh dunia. Selain bisa digunakan di Indonesia, PayPal juga mendukung transaksi global. Khususnya dengan konversi 25 mata uang di 202 negara. Sangat berguna jika Anda ingin mengembangkan bisnis online Anda secara internasional.

2. DOKU

Jika ditanya, siapa pelopor payment gateway di Indonesia? Maka jawabannya adalah DOKU, layanan pembayaran online yang didirikan pada tahun 2007 dengan lebih dari 13 juta pengguna. Selain itu, DOKU juga hanya mengenakan biaya untuk transaksi yang berhasil. Ini bervariasi tergantung pada metode pembayaran, dari sekitar Rp 2.500 hingga Rp 7.000. Bagi pemilik toko online, DOKU tidak memungut biaya setup atau biaya bulanan.

3. iPay88

Payment gateway dengan konsep sederhana, cepat dan aman ini mulai populer di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pelanggan korporasi besar yang menggunakan layanan iPay88. Dengan nilai transaksi lebih dari 771 miliar, iPay88 memiliki fitur-fitur hebat seperti integrasi yang fleksibel dan keramahan seluler.

4. Midtrans

Midtrans merupakan bagian dari Gojek, perusahaan yang berhasil menciptakan sistem pembayaran online, Gopay. Di dunia fintech, Gojek membangun Midtrans dengan mengimplementasikan tiga layanan utama, yakni pembayaran online, pembayaran di toko, dan transfer antar bank.

5. iPaymu

Dengan slogan e-commerce, iPaymu memungkinkan transaksi yang mudah dengan 26 saluran pembayaran. iPaymu sangat tepat dianggap sebagai gateway pembayaran utama. Selain itu, biaya transaksi pada layanan iPaymu tetap dalam batas wajar Rp 3.500 per transaksi yang berhasil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang payment, semoga informasi yang kami sampaikan tentang payment, bermanfaat bagi Anda.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

Bagaimana cara membuat logo yang baik

Bagaimana cara membuat logo yang baik?

Beberapa pengusaha berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan logo. Namun. Ada banyak tugas penting lainnya. Anda dapat mendesain logo di generator logo Turbologo. Apa itu logo?

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Upaya mempercantik website perusahaan, pastinya adalah dengan desain website semenarik mungkin, harus memuat audiens senang scrolling website perusahaan. Banyak upaya yang bisa dilakukan web developer

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business bisa membantu banyak perusahaan  yang ingin memasarkan usahanya secara digital. Kehadian Google My Business bisa memudahkan perusahaan untuk menarik pelanggan baru.

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

SEO atau AdWords, merupakan strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan trafik website di halaman hasil pencarian Google. Setelah peringkat website naik, Anda akan memperoleh