protokol internet

Apa itu IP Address?

Protokol Internet (IP Address) adalah nomor identitas yang dimiliki oleh semua website di internet, ibaratnya sebuah rumah, IP Address tersebut adalah nomor rumah dari sebuah website.

Terdiri atas rangkaian kata panjang yang pertama kali merupakan cetusan ide dari Tim The Benners-Lee pada tahun 1991, dimana saat itu merupakan munculnya worldwide web pertama kali.

Protokol Internet dianggap sulit untuk diingat, oleh karena itu di era modern ini, IP Address menggunakan nama-nama yang lebih jelas.

Tetap saja, setiap website pasti memiliki nomor IP Address masing-masing. Panjang rangkai angka bisa seperti 0.0.0.0 sampai 255.255.255.255.

IP Address adalah angka yang juga nantinya akan mengidentifikasi perangkat pengguna yang terhubung pada internet.

teks request protokol HTTP
Photo by Remotar Jobs on Unsplash

Fungsi Alamat Protokol Internet

Bentuknya memang serangkaian angka yang kemudian ditetapkan di computer, router, termasuk situs web yang semua terhubung pada internet.

Fungsi utama Protokol Internet tentu saja untuk menunjukkan dengan tepat lokasi perangkat atau system apapun di jaringan seluruh dunia.

Dengan Protokol Internet,  bisa membantu server berkomunikasi dengan perangkat pengguna, kemudian memproses data untuk menampilkan halaman web.

Protokol Internet ini akan sulit untuk diingat, sehingga rangkaian kata ini akan ditutupi oleh URL domain yang lebih jelas nama alamatnya.

IPv4 dan IPv6

Semua perangkat dan system internet memiliki IP Address IPv4. Bentuk rangkaian katanya terdiri dari empat kelompok angka yang dipisahkan oleh titik, disebut juga  “dotted-decimal notation”.

Protokol Internet 4 terlihat seperti ini:

85.108.148.86

Sekitar 4 milyar IPv4 yang semuanya masih aktif di internet. Beberapa tahun lalu, antara 2011 dan 2018, IP Addressv4 mulai berkurang developernya.

Protokol internet memperkenalkan IPv6 untuk menambahkan triliunan alamat baru, dengan menyertakan huruf bersama angka, dan bukan titik sebagai pemisah keduanya.

Protokol Internet 6 akan terlihat seperti ini:

FE80:CD00:0000:0CDE:12570000:211E:729C

Transisi dari IPv4 ke IPv6 masih dalam proses dan akan memakan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan.

Tidak semua jaringan mendukung IPv6 , sebagian besar perangkat masih menggunakan IPv4.

Beberapa penyedia jaringan besar dan ISP telah mengadopsi IPv6 sambil mempertahankan IPv4 alternatif.

Tidak ada tanggal penutupan resmi untuk IPv4, maka akan tetap ada karena semakin banyak ISP dan situs web besar mengadopsi IPv6.

Tipe Protokol Internet

Ternyata IP Address juga memiliki 4 tipe Protokol Internet secara umum, seperti diantaranya:

  • Dynamic
  • Static
  • Public
  • Private

1. Dynamic

IP Address dynamic merupakan alamat yang ditetapkan oleh Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP).

Alamat ini bisa berubah dari waktu ke waktu. Router rumah biasa dan jaringan kecil biasa menggunakan IP Address dinamis.

Sederhananya, alamat ini merupakan bentuk default umum yang disediakan oleh Penyedia Layanan Internet secara bebas.

Maksudnya bagaimana? Jadi, jumlah IP Address yang semakin menipis, karena semakin banyaknya web di internet, maka penggunaannya pun bergantian. Penyedia Layanan Internet lah yang mengaturnya.

2. Static

Kebalikan dari alamat dinamis, alamat statis tidak akan berubah setelah sekali ditetapkan. Alamat ini akan selalu sama sampai perangkat jaringan dinonaktifkan.

Jenis IP Address ini ditetapkan oleh ISP dan dapat dikenakan biaya yang lebih tinggi daripada alamat dinamis biasa.

Alamat ini juga bisa ditetapkan pada perangkat tertentu, tetapi dapat memiliki resiko keamanan jika tidak dikonfigurasi dengan benar atau didukung oleh protokol keamanan.

Untuk memiliki alamat statis pada komputer dan perangkat Anda, Anda harus menghubungi Penyedia Layanan Internet Anda dan menanyakan opsi apa yang mereka tawarkan sebagai layanan.

Pengguna yang melakukan reservasi terhadap satu atau lebih IP Address termasuk penyedia layanan web hosting, virtual private network (VPN), dan server file transfer protocol (FTP)

3. Alamat Publik dan Private

IP Address publik terkadang disebut juga IP eksternal. Alamat ini bisa diberikan ke router atau jaringan untuk digunakan komunikasi eksternal di luar jaringannya sendiri.

Saat Anda menggunakan alat seperti What is My IP Address, maka akan ditunjukkan alamat public Anda.

Alamat publik hanya akan digunakan oleh satu router atau jaringan pada satu waktu.

4. IP Pribadi

Disebut juga sebagai alamat local atau internal, ditetapkan secara independen ke semua perangkat dalam jaringan.

Kumpulan angka ini sama di dalam jaringan manapun dan ditetapkan ke setiap perangkat dalam urutan yang terhubung ke router/modem atau server.

Bagian yang membingungkan adalah  router, meskipun memiliki IP Address publik namun juga memiliki alamat pribadi.

Alamat pribadi router juga akan sama untuk setiap router di seluruh dunia.

Tipe IP Address untuk Website

Untuk website sendiri, dibagi lagi menjadi 2 tipe IP Address. Diantaranya sebagai berikut.

1. Shared IP

Alamat Shared IP digunakan oleh situs web bisnis kecil yang belum mendapatkan banyak pengunjung atau memiliki banyak file atau halaman di situs mereka. IP Address tidak khusus dan dibagikan dengan situs web lain.

2. Dedicated IP

IP Address khusus diberikan secara khusus untuk setiap situs web. IP Address khusus membantu Anda menghindari adanya potensi backlists karena perilaku buruk dari orang lain di server Anda.

IP Address khusus juga memberi Anda pilihan untuk membuka situs web Anda menggunakan IP Address saja, bukan nama domain Anda. Ini juga membantu Anda mengakses situs web saat Anda menunggu transfer domain.

Cara Mengetahui IP Address

Cara paling mudah untuk periksa IP Address dengan router public adalah dengan mengetik “apa IP Address web ?” di Google.

Website yang Anda kunjungi bisa memberikan informasi tentang IP Address website tersebut karena dengan mengunjungi web, router perangkat Anda telah request informasi tersebut.

Umumnya, Anda akan menerima lokasi IP Address tersebut, tapi bukan benar-benar lokasi perangkat. Kalau Anda melakukan teknik di atas, pastikan Anda sudah log out VPN.

windows protokol internet
Photo by Clint Patterson on Unsplash

Cara cari tahun alamat IP berdasar OS yang digunakan:

Windows:

  • Gunakan command prompt
  • Ketika “cmd” di pencarian Windows
  • Hasilnya aka nada pop up box, ketik “upconfig” untuk memperoleh informasi

MacOS:

  • Pergi ke System Preferences
  • Pilih Network dan informasi harus pada mode visible

iPhone:

  • Pergi ke Setting
  • Pilih Wi-Fi. Pada halaman Wi-Fi, akan ada icon “i” dalam bundaran, klik icon tersebut. Selanjutnya akan dibukakan halaman informasi mengenai IP Address.
VPN proteksi internet
Photo by Privecstasy on Unsplash

Bagaimana Melindungi IP Address dan Keamanan

Menyembunyikan IP Address adalah cara untuk melindungi informasi pribadi dan identitas online Anda. Dua cara utama untuk menyembunyikan IP Address Anda adalah:

  1. Menggunakan server proxy
  2.  Menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN)

Server proxy adalah server perantara yang digunakan untuk mengarahkan lalu lintas Anda:

Server internet yang Anda kunjungi hanya melihat IP Address dari server proxy tersebut dan bukan IP Address Anda.

Ketika server tersebut mengirimkan informasi kembali kepada Anda, maka akan ditujukan ke server proxy, yang kemudian merutekannya kepada Anda.

Kelemahan dari server proxy, beberapa layanan masih dapat mengintai Anda, jadi Anda harus berhati-hati. Mereka juga dapat menyisipkan iklan ke browser Anda.

VPN Memberi Solusi Lebih Baik

Saat Anda menghubungkan compute, smartphone, atau tablet ke VPN, maka perangkat akan tampak seolah-olah berada di jaringan lokal yang sama dengan VPN.

Semua lalu lintas jaringan Anda dikirim melalui koneksi aman ke VPN.

Karena komputer Anda berperilaku seolah-olah berada di jaringan, Anda dapat mengakses sumber daya jaringan lokal dengan aman bahkan saat Anda berada di negara lain.

Kesimpulan

Protokol Internet sebagai nomor identitas pada web. Ibaratnya web merupakan sebuah rumah, maka IP Address merupakan nomor rumah tersebut.

Protokol Internet memang tidak selalu tampak saat diakses oleh pengguna, tertutup oleh URL domain yang memudahkan pengguna untuk berkunjung ke web dengan IP Address tersebut.

Nomor-nomor ini lebih sulit untuk diingat karena bentuknya berupa rangkaian angka yang panjang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang identifikasi dan pencegahan email spoofing, semoga informasi yang kami sampaikan tentang jenis website, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.