8 Tips Memilih Biro Jasa Umroh Agar Tidak Tertipu

Tips memilih biro jasa umroh agar tidak tertipu akan sangat membantu Anda dalam menghindari penipuan yang bisa saja dilakukan oleh penyedia jasa umroh nakal. Kasus First Travel yang menimbulkan kerugian para calon jamaah umroh akhirnya membuka mata kita bahwa dunia industri umroh itu sangat beresiko.

Hal ini tak terlepas dari perputaran uang yang jumlahnya begitu banyak bahkan hingga mencapai ratusan milyar rupiah per tahunnya. Karena itulah, Anda harus mencari tahu bagaimana cara agar Anda tidak sampai tertipu dengan biro jasa umroh yang nakal.

1.      Pilih Jasa Umroh yang Berizin Resmi

Pastikan jasa umroh yang Anda gunakan merupakan jasa umroh yang telah mengantongi izin resmi dari Kementrian Agama. Anda dapat mengeceknya di website resmi Kementrian Agama atau datang langsung ke kantor Kementrian Agamadi kota/kabupten setempat.

Apabila Anda belum yakin, Anda dapat mengecek apakah biro umroh tersebut sudah terdaftar di salah satu asosiasi penyelenggara travel haji dan umroh, seperti Himpunan Penyelenggara Umroh dan Haji (Himpuh), Kesatuan Tour Travel Haji dan Umroh Republik Indonesia (Kesthuri), Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (AMPHURI), serta Asosiasi Penyelenggara Haji Umroh dan Inbound Indonesia (Asphurindo).

2.      Periksa Reputasi Biro Umroh

Tips memilih biro jasa umroh agar tidak tertipu yang selanjutnya adalah pilih biro umroh yang memiliki reputasi yang baik. Untuk melihat rekam jejak dari biro umroh yang akan Anda gunakan, sebaiknya Anda mencari tahu informasi dari kerabat, teman, kenalan, atau dari testimoni dari orang-orang yang bukan endorser. Testimoni dari mereka biasanya akan lebih jujur dan apa adanya sehingga Anda akan lebih yakin terhadap reputasi biro umroh tersebut.

3.      Jangan Mudah Tergiur Harga yang Murah

Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah dan terkesan tidak masuk akal. Biasanya biro umroh nakal akan memberikan penawaran harga yang kelewat murah dan akhirnya membuat para calon jamaah gagal berangkat ke Tanah Suci. Karena itu, para calon jamaah harus mencari biro umroh yang menawarkan harga yang mendekati atau sama dengan harga referensi.

4.      Memperoleh Nomor Registrasi

Para calon jamaah harus mendapatkan nomor registrasi saat mendaftar di sebuah biro perjalanan umroh. Nomor tersebut digunakan untuk mengecek proses pemberangkatan jamaah ke Tanah Suci pada Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umroh dan Haji Khusus. Dengan demikian, calon jamaah umroh memiliki jaminan untuk bisa diberangkatkan ke Baitullah.

5.      Pastikan Biro Umroh Memiliki Standar Pelayanan Minimal

Pastikan biro umroh yang akan Anda gunakan telah memiliki standar fasilitas minimal bagi para jamaah umroh. Pelayanan minimal antara lain bimbingan ibadah, transportasi, akomodasi, kesehatan, makanan, serta perlindungan para jamaah umroh. Dengan adanya standar pelayanan minimal tersebut, kenyamanan serta keamanan jamaah pun dapat terjamin. Salah satu biro perjalanan umroh jogja yang telah memiliki standar pelayanan minimal bagi para jamaah adalah Hasuna Tour.

6.      Pastikan Fasilitas Sudah Tercover dalam Biaya

Biro perjalanan umroh yang baik akan menjelaskan secara detail apa yang tercover dan tidak tercover dari uang yang harus dibayarkan oleh calon jamaah. Untuk itu, pastikan hotel menjadi fasilitas yang tercover dalam biaya.

7.      Pastikan Tanggal Keberangkatan ke Tanah Suci

Biro perjalanan umroh yang telah berpengalaman memberangkatkan para jamaah umroh ke Tanah Suci biasanya sudah memiliki jadwal yang teratur. Para jamaah dapat memilih tanggal keberangkatannya. Pastikan biro travel umroh memberikan tanggal kepastian keberangkatan ke Tanah Suci.

Agar Anda semakin yakin pada biro umroh yang akan Anda gunakan, pastikan biro umroh tersebut menjanjikan tanggal keberangkatan yang tidak terlalu lama. Bahkan pada biro perjalanan umroh yang telah terpercaya dan memiliki jadwal keberangkatan yang teratur, para calon jamaahnya dapat berangkat asal sudah mendaftar maksimum satu bulan sebelum keberangkatan kloter selanjutnya.

8.      Segera Lapor Bila Ada Masalah

Jika terdapat masalah yang cukup mengkhawatirkan dan membuat Anda merasa khawatir akan ditipu oleh agen perjalanan umroh, Anda dapat melaporkannya pada Kementrian Agama.

Itulah 8 tips memilih biro jasa umroh agar tidak tertipu yang dapat Anda coba. Bagi Anda yang sedang mencari biro perjalanan umroh, Anda dapat mempercayakannya pada Hasuna Tour. Biro umroh Jogja yang satu ini telah terjamin legalitasnya dan juga bersertifikat Komite Akreditasi Nasional. Bersama Hasuna Tour agen umroh jogja, perjalanan umroh dan haji akan semakin nyaman dan aman.

Artikel ini dapat terwujud berkat kerjasama dengan Iframe Multimedia. Iframe Multimedia adalah pusat sewa kamera jogja. jika anda membutuhkan kamera untuk dokumentasi sesaat, daripada beli mending sewa saja karena lebih hemat.

demikian artikel dari kami, semoga bermanfaat bagi sobat semua.


Baca Juga :


Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: