Apa itu Gantt Chart? Penjelasan Singkat

Bagan Gantt adalah jenis bagan batang yang mengilustrasikan jadwal proyek, dinamai menurut nama populernya, Henry Gantt, yang merancang bagan semacam itu sekitar tahun 1910–1915.

Apa itu Gantt Chart?

Gantt Chart dirancang sebagai alat kontrol produk pada tahun 1917 oleh Henry Gantt, bagan Gantt adalah representasi grafis dari jadwal berbagai elemen proyek, seperti awal, akhir, sumber daya, dan dependensi.

Ini populer sebagai alat manajemen proyek untuk merencanakan proyek dan serangkaian tugas terkait. Biasanya, bagan terdiri dari grafik batang horizontal yang mewakili tugas yang berbeda dan tugas proyek yang diwakili dengan sumbu vertikal. Untuk berbagai tugas proyek, bilah horizontal diatur dalam urutan dan dependensi. Panjang batang menggambarkan waktu penyelesaian yang diberikan bersama dengan tanggal mulai dan berakhir. Itu juga dapat mencakup detail lain seperti dependensi dan urutan tugas.

Gantt Chart
Gantt Chart

Cara Menggunakan  Gantt Chart 

Gantt Chart tidak hanya berguna untuk menjadwalkan dan melacak berbagai tugas dan sumber daya proyek; itu terdiri dari tanggal mulai dan akhir dari setiap tugas yang ditentukan yang dijadwalkan untuk diselesaikan selama durasi proyek. Batang grafik bisa paralel, mewakili tugas yang harus dilakukan atau berurutan yang menunjukkan saling ketergantungan.

Biasanya diandalkan oleh manajer proyek untuk melacak pabrik dan mempresentasikan proyek, ini membantu memastikan bahwa proyek tetap pada jalurnya. Bagan ini juga membantu mengungkap kemacetan proyek dan tugas, sehingga jika perlu, bagan ini dikeluarkan dari garis waktu proyek. Ini juga dapat membantu dalam mengevaluasi efek penundaan pada proyek dan aktivitas non-kritis apa pun yang mungkin menuntut pelaksanaan segera. Contohnya adalah proyek perancangan dan instalasi perangkat lunak yang diharapkan selesai dalam 40 hari.

Proyek seperti itu dibagi menjadi beberapa bagian yang dapat mencakup; mengumpulkan kebutuhan pengguna, merancang perangkat lunak itu sendiri, mengujinya, dan menginstalnya. Semua itu adalah tonggak sejarah, dan masing-masing muncul di sumbu vertikal bagan Gantt. Sekarang, seandainya setiap tugas membutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk diselesaikan dan masing-masing tergantung pada tugas sebelumnya, menentukan tanggal mulai dan berakhir akan dimungkinkan. Detail ini akan digambarkan sebagai batang horizontal dengan tanggal mulai dan berakhir setiap pencapaian. Persentase penyelesaian tonggak pencapaian ditunjukkan pada bagan pemantauan saat proyek berlanjut.

Kapan menggunakan Gantt Chart

Gantt chart adalah alat manajemen proyek yang berharga untuk semua jenis proyek seperti konstruksi, pengembangan perangkat lunak, pembangunan jembatan, dan produk serta layanan lainnya. Selain itu, ada alat manajemen proyek lain yang dapat Anda desain dengan bagan Gantt dan seperti Microsoft SharePoint, Visio, dan Excel.