Apa itu WooCommerce

Apa itu WooCommerce?

Ribuan bisnis e-commerce baru diluncurkan setiap tahun dan penjual online baru tidak kekurangan pilihan dalam memilih platform untuk berjualan. Haruskah Anda memilih platform e-commerce yang dihosting seperti Shopify atau aplikasi yang dihosting sendiri seperti Magento atau WooCommerce ? Haruskah Anda memilih solusi yang paling sederhana atau yang mampu berkembang bersama bisnis Anda?

Digunakan di sekitar 2,3 juta toko e-commerce di seluruh dunia, WooCommerce sangat ramah bagi pedagang e-commercebaru karena menggabungkan kemudahan penggunaan dengan kekuatan, fleksibilitas, dan fitur yang luar biasa.

Kerangka pembahasan artikel ini:

  • Apa itu WooCommerce?
  • Apa yang dilakukan WooCommerce?
  • Mengapa menggunakan WooCommerce?
  • Manfaat WooCommerce
  • Cara kerja WooCommerce
  • 10 keuntungan dari WooCommerce

Apa itu WooCommerce?

Pertama, apa itu WooCommerce? WooCommerce adalah plugin e-commerce untuk WordPress . Woocommerce dipakai untuk membuat pembuatan dan pengelolaan toko online menjadi sederhana, dengan tingkat fleksibilitas yang wajar dan beberapa fitur penting seperti inventaris dan manajemen pajak, pembayaran yang aman, dan integrasi pengiriman.

Mengapa Menggunakan WooCommerce?

WooCommerce menawarkan banyak fitur bermanfaat, seperti pelacakan pesanan, keterlibatan pelanggan, pembaruan status pengiriman, manajemen inventaris, dan banyak lagi. Dengan lebih dari 27 juta unduhan hingga saat ini, WooCommerce mendukung 99% dari semua toko WordPress. WooCommerce memiliki tingkat kesulitan yang rendah. Sangat mudah digunakan untuk pemilik situs pemula.

WooCommerce adalah plugin e-commerce paling populer dan bisa dibilang terbaik untuk WordPress, dan integrasinya memungkinkan Anda memasukkan nilai SEO dan kemampuan e-commerce yang hebat. Di bawah ini Anda akan menemukan 10 manfaat WooCommerce dan kelebihannya dibandingkan platform e-commerce lainnya.

woocommerce merupakan plugin gratis

Sejarah WooCommerce

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu WooCommerce, mari kita lihat kembali asal-usulnya. Pada tahun 2011, dua pengembang Mike Jolley dan James Koster merilis WooCommerce setelah mengerjakan replika plugin e-commerce Jigoshop. Pada tahun 2015, WooCommerce dan plugin saudaranya WooThemes keduanya diakuisisi oleh Automattic, perusahaan induk WordPress.

Ketika WordPress dan WooCommerce bergabung, ini semakin mendorong pertumbuhan WooCommerce. Hari ini, Automattic terus menjadi pengembang aktif untuk WooCommerce dan membawa plugin ke tingkat yang lebih tinggi.

Bagaimana Cara Kerja WooCommerce ?

WooCommerce adalah plugin gratis. Ini memungkinkan Anda mengubah situs web WordPress menjadi toko e-commerce. WooCommerce sepenuhnya kompatibel dengan fungsi di situs WordPress Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan produk, keranjang belanja, dan opsi checkout.

Sekarang kita telah membahas cara kerja WooCommerce, mari kita lihat proses instalasinya.

Cara Mengatur Toko WooCommerce

Kemudahan instalasi WooCommerce mungkin adalah hal yang membuat banyak pemilik situs bertanya, “apa itu WooCommerce?” Proses empat langkahnya sederhana: buka dasbor WordPress Anda, pilih “Opsi Plugin,” cari WooCommerce, dan unduh plugin ke situs WordPress Anda. Kemudian, Setup Wizard akan memandu Anda melalui proses cepat dan mudah untuk membuat toko online Anda.

Mengapa Memilih WooCommerce untuk Toko Online Anda?

Ada banyak plugin e-commerce untuk dipilih, jadi mengapa memilih WooCommerce? Sederhananya, WooCommerce menawarkan kepada pemilik situs WordPress kompatibilitas, fleksibilitas, dan kemudahan penggunaan yang tak tertandingi. Tapi mari selami lebih dalam manfaat WooCommerce. Berikut adalah 10 alasan untuk menggunakan WooCommerce untuk toko online Anda.

1. Harga WooCommerce

Ketika penjual online baru memilih platform, harga kemungkinan menjadi faktor utama. Aplikasi e-commerce berkisar dari yang gratis hingga ribuan dolar per tahun, tetapi perbedaan harga tersebut tidak selalu terkait dengan kemampuan aplikasi tersebut. Jadi, alasan pertama memilih WooCommerce yang kami soroti adalah karena gratis untuk digunakan.

WooCommerce kompetitif dengan aplikasi e-commerce perusahaan terkemuka, tetapi karena gratis, setiap bisnis atau pengusaha dapat memanfaatkan kemampuannya tanpa harus berkomitmen pada kontrak dukungan yang mahal atau lisensi perangkat lunak berpemilik.

Anda harus memperhatikan bahwa aplikasi pihak ketiga tertentu untuk pembayaran dengan WooCommerce dan ekstensi lainnya mungkin memerlukan biaya, tetapi ini tidak akan diarahkan ke WooCommerce itu sendiri.

plugin wooocommerce

2. WooCommerce Bersifat Modular

Untuk benar-benar memahami apa itu WooCommerce, kita harus memeriksa kerangka modularnya. Sama seperti WordPress, WooCommerce menyertakan serangkaian fitur yang kaya yang dapat diperluas dengan penambahan plugin. penjual online yang menggunakan WooCommerce mendapat manfaat dua kali lipat dari modularitas ini: mereka memiliki akses ke ribuan plugin dan tema WordPress serta ratusan ekstensi khusus e-commerce yang dibuat hanya untuk WooCommerce.

Kejeniusan sistem modular adalah membantu menumbuhkan komunitas pengembang yang membangun ekstensi untuk menambahkan fungsionalitas tertentu, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan dengan aplikasi monolitik. Dengan plugin yang tepat, menyiapkan toko WooCommerce bisa menjadi platform e-commerce yang sempurna untuk setiap penjual online.

Plugin tersebut dapat memperluas fungsionalitas dalam hal pengiriman, pembayaran, bagaimana produk ditangani, dan banyak lagi. WooCommerce sendiri telah mengembangkan dan merekomendasikan beberapa plugin tambahan saat menggunakan toko mereka.

mudah dipakai

3. WooCommerce Adalah WordPress

“Tapi bukankah WooCommerce hanya WordPress?”
Implikasinya adalah karena WooCommerce dibatasi oleh aplikasi induknya, itu tidak bisa sebagus aplikasi e-commerce yang dibuat khusus.

Pada kenyataannya, tautan antara plugin WordPress dan WooCommerce sebenarnya adalah manfaat dari WooCommerce. WordPress sangat populer karena sangat fleksibel dan fungsional. Jutaan bisnis memilih untuk menggunakan WordPress karena menyediakan fondasi terbaik untuk situs mereka. Ini cepat, aman, dan mudah digunakan. Kompatibilitas antara tema WordPress Anda yang ada dan tema WooCommerce akan menghasilkan integrasi yang sangat mulus.

WooCommerce mewarisi semua kekuatan dan keandalan WordPress dan menggunakannya untuk membangun pengalaman e-commerce kelas dunia bagi penjual online dan pelanggan mereka.

4. WooCommerce Dapat Digunakan Untuk Menjual Apa Saja

Cara lain yang menyenangkan untuk menjawab seseorang yang bertanya, “Apa itu WooCommerce?”— Ini adalah cara untuk menjual apa pun.

WooCommerce sangat fleksibel. Jika Anda ingin menjual sesuatu, Anda dapat menjualnya dengan WooCommerce. Itu termasuk produk fisik, produk digital, langganan, janji temu, dan banyak lagi. Baik Anda berniat untuk menjual satu produk digital atau berbagai macam produk fisik, WooCommerce adalah aplikasi e-commerce Swiss Army Knife.

5. WooCommerce Memiliki Komunitas Pengembang yang Hidup

Baik WooCommerce dan WordPress adalah open source, yang berarti penjual online bebas untuk mengubah atau menambahkan fitur inti, membuat ekstensi baru, dan membuat tema khusus. Untuk beberapa aplikasi e-commerce yang kurang populer, sulit untuk menemukan pengembang yang mampu melakukan pekerjaan itu dan jika Anda dapat menemukan pengembang, mereka mahal untuk disewa.

Keuntungan WooCommerce di sini adalah penjual online mendapat manfaat dari sejumlah besar pengembang dan profesional WooCommerce. Jika Anda perlu membuat perubahan pada toko WooCommerce Anda, tidak akan sulit untuk menemukan seseorang yang melakukan pekerjaan untuk Anda. Dan selanjutnya, penggunaan dan jaringan pengembangnya yang luas membuat pencapaian keamanan WooCommerce yang optimal menjadi lebih mudah.

alasan memilih woocommerce

6. Fitur Analytic yang Canggih

Cara lain untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana cara kerja WooCommerce?” adalah melalui analitik. Analitik bawaan adalah keunggulan WooCommerce lainnya, karena semakin banyak Anda mengetahui tentang pelanggan Anda dan cara mereka berinteraksi dengan toko Anda dan produknya, semakin baik.

Di luar kotak, WooCommerce menyediakan serangkaian analitik ekstensif yang ditampilkan dalam antarmuka yang jelas dan intuitif. Selain itu, sangat mudah untuk mengintegrasikan WooCommerce dengan layanan analitik eksternal seperti Google Analytics dengan ekstensi.

7. WooCommerce Tumbuh Bersama Bisnis Anda

Saat memilih aplikasi e-commerce, ada baiknya memikirkan masa depan bisnis Anda. Ini mungkin kecil sekarang, tetapi dalam waktu itu akan tumbuh dan Anda harus memilih aplikasi yang mampu mendukung toko yang sibuk tanpa memaksakan terlalu banyak kerumitan di hari-hari awal.

Salah satu manfaat WooCommerce adalah mendukung toko mulai dari yang kecil hingga yang besar . Ini dapat menskala dari beberapa produk hingga ribuan, dan dari segelintir pembeli per hari hingga ratusan pembeli per detik. Seiring pertumbuhan situs web WooCommerce Anda, begitu juga fungsionalitas toko online Anda.

8. WooCommerce Menyediakan Manajemen Konten Kelas Dunia

Seperti yang mungkin Anda harapkan dari aplikasi e-commerce berdasarkan sistem manajemen konten (CMS) paling populer di dunia, WooCommerce tidak bungkuk dalam hal konten.

Konten adalah komponen penting dari pemasaran e-commerce, pengoptimalan penjualan, dan pengoptimalan mesin telusur. Bersama-sama WordPress dan WooCommerce menawarkan berbagai pilihan manajemen konten, termasuk blogging, halaman arahan, pemasaran email, dan deskripsi produk. Plugin SEO yang kompatibel dengan WooCommerce seperti Yoast WooCommerce SEO memudahkan penjual online untuk mengoptimalkan konten mereka untuk pencarian google.

9. WooCommerce Cepat

WordPress dan WooCommerce dapat memberikan pengalaman e-commerce yang cepat dan responsif untuk toko online dari semua ukuran. Ini adalah manfaat utama WooCommerce.

Anda juga dapat mempercepat toko WooCommerce Anda dengan menggabungkannya dengan hosting WooCommerce yang dioptimalkan kinerja yang dirancang khusus untuk memaksimalkan kinerja. Hosting web standar mampu mendukung WooCommerce, tetapi tidak dapat menyediakan lingkungan PHP, MySQL, server, dan jaringan yang sangat dioptimalkan yang diperlukan untuk pengalaman e-commerce latensi rendah yang responsif.

10. WooCommerce Dibuat Untuk Dijual

Keuntungan WooCommerce lainnya adalah dirancang untuk dijual. Ini mencakup semua yang dibutuhkan penjual online e-commerce baru untuk memulai dan menjalankan:

  • Lebih dari 100 gateway pembayaran yang dapat dengan mudah diintegrasikan dengan toko Anda.
  • Beberapa metode pengiriman WooCommerce dengan zona pengiriman dan kelas pengiriman yang dapat dikonfigurasi .
  • Backend intuitif untuk manajemen stok, pengembalian dana, manajemen pesanan, manajemen email, dan semua hal lain yang Anda perlukan untuk mengelola toko e-commerce Anda secara efisien.
  • Pilih dari ribuan tema WooCommerce gratis dan premium yang dapat dikonfigurasi dan ramah seluler atau buat tema khusus untuk memberikan tampilan unik pada toko Anda.
  • Dokumentasi kelas dunia yang memberikan panduan bagi retailer e-commerce baru yang perlu memulai dan menjalankannya.

Mengapa Memilih WooCommerce?

Singkatnya, karena WooCommerce menyediakan solusi ecommerce lengkap yang cepat, mudah digunakan, dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis ecommerce Anda.

Jadi, apa itu WooCommerce? Ini adalah cara terbaik untuk mengembangkan situs e-commerce Anda sebagai pengguna WordPress.