kabel data internet lintas benua

Bagaimana cara Internet terhubung antar benua?

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana Internet terkoneksi antar benua seperti dari asia eropa ke amerika? Artikel ini menjelaskannya.

Bagaimana Internet terkoneksi lintas benua?

Jawaban: Internet terhubung melalui kabel transatlantik komunikasi bawah laut , kabel yang diletakkan di dasar laut antara stasiun darat untuk membawa sinyal telekomunikasi melintasi hamparan lautan. Kabel digunakan untuk berbagai jenis lalu lintas telekomunikasi, termasuk Internet.

Bagaimana Internet bisa melintasi lautan?

Sebagian besar dari apa yang Anda lihat dan temukan di internet dikirimkan ke Anda dari kabel bawah air. 99% dari semua data internasional ditransfer melalui kabel yang membentang di dasar samudra dunia.

Satelit yang mengorbit planet juga membantu melengkapi komunikasi, menyampaikan sinyal jarak jauh atau sebagai cadangan jika terjadi kegagalan komunikasi. Kabel lebih disukai daripada satelit karena latensi yang jauh lebih rendah dan bandwidth yang lebih tinggi yang dicapai.

Bagaimana data dikirim dan diterima melalui Internet?

Transmisi data melalui Internet ditransmisikan oleh protokol TCP / IP dalam “paket”. Jumlah paket tergantung pada ukuran datanya. Semakin besar file, semakin banyak paket yang dibutuhkan untuk mengirimkan file tersebut.

Setiap paket seperti amplop yang dikirim melalui surat pos, dengan data aktual, bagian dari file asli, di dalam amplop. Di luar, kami memiliki informasi yang memungkinkan TCP / IP untuk memproses paket yang mengekstrak dan menggabungkan data di dalam dengan data dari paket lain dari file yang sama, dalam urutan yang benar, untuk membangun kembali file dari paketnya.

Kabel komunikasi bawah laut lintas benua pertama

Komunikasi pertama terjadi pada 16 Agustus 1858, mengurangi waktu komunikasi antara Amerika Utara dan Eropa dari sepuluh hari – waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan pesan dengan kapal – menjadi hitungan menit. Kabel telegraf transatlantik telah digantikan oleh kabel telekomunikasi transatlantik .

Bahan kabel bawah laut lintas benua pertama

Kabel itu terdiri dari tujuh kawat tembaga, masing-masing seberat 26 kg / km (107 pon per mil laut ), ditutupi dengan tiga lapis gutta-percha , beratnya 64 kg / km (261 pon per mil laut), dan dibungkus dengan terer rami , di mana selubung 18 helai, masing-masing dari tujuh kabel besi, diletakkan dalam spiral yang rapat. Beratnya hampir 550 kg / km.

Berikut adalah video langka tentang pekerja yang meletakkan kabel bawah air:

Kabel data bawah laut era modern

Kabel modern menggunakan teknologi serat optik untuk membawa muatan digital, yang membawa lalu lintas telepon, Internet, dan data pribadi. Mereka biasanya berdiameter 69 milimeter (2,7 in) dan beratnya sekitar 10 kilogram per meter (7 lb / ft), meskipun kabel yang lebih tipis dan ringan digunakan untuk bagian perairan dalam.

Pada 2010, kabel bawah laut menghubungkan semua benua di dunia kecuali Antartika.

Peta Dunia Kabel Bawah Laut dari Internet

Perahu digunakan untuk memasang kabel

Lapisan kabel atau kapal kabel adalah kapal laut dalam yang dirancang dan digunakan untuk meletakkan kabel bawah air untuk telekomunikasi, transmisi tenaga listrik, atau keperluan lainnya. Kapal kabel dibedakan oleh berkas kabel besar untuk kabel pemandu di atas haluan atau buritan atau keduanya.

Diagram kabel internet bawah laut

Contents of cable
1. Polythin cover of “Sabec”
2. Mylar tape
3. Anti-rust iron
4. Aluminum protector from water infiltration
5. Cover of poly carbon
6. Compact copper
7. Glotein petrochemical
8. Fiber optics

underseainternetcable3 - How does the Internet connect between continents?

underseainternetcable4 - How does the Internet connect between continents?
Submarine cable repeater
underseainternetcable5 - How does the Internet connect between continents?
Undersea Internet Cabling