Sekilas Tentang Lenovo Thinkpad X250

ThinkPad X250 merupakan salah satu laptop bisnis yang ultraportable dari perusahaan terkemuka LENOVO, laptop Thinkpad X250 merupakan laptop yang solid pada kategori ini. Penggemar lama Lenovo dapat mengenali kelanjutan dari desain Thinkpad dan penyempurnaan desain lebih solid dinamis dan lebih kecil yang membuat Thinkpad X250 menjadi pesaing baru dari laptop laptop terbaik dan terbaru dari perusahaan lain. Laptop Thinkpad X250 memiliki ketahanan dan daya baterai yang mumpuni. Kinerja dari laptop ini menempati peringkat yang terbaik di kategorinya dan laptop ini dapat menjadi alternative yang terjangkau dibandingkan dengan laptop yang lain dengan penawaran harga yang tinggi.

Desain Thinkpad X250

Thinkpad X250

Lini Lenovo ThinkPad memiliki desain estetik yang sangat khas, dan desain tersebut dibawa ke ThinkPad X250 tanpa banyak perubahan. Sasis dari ThinkPad X250 memiliki profil kotak dan sudut yang persegi dengan ujung sudut yang tidak terlalu lancip dengan desain yang ultraportable. Memiliki ukuran 0,8 kali 12 kali 8,2 inchi (HWD), Thinkpad X250 memiliki berat 2,9 pound menjadikan laptop ini lebih ringan dari Lenovo Thinkpad X1 Carbon Touch (2015) yang ramping. Seperti halnya Lenovo X1 Carbon, Thiknkpad X250 menggunakan serat karbon didalm kontruksinya dan menampilkan lapisan lapisan abu abu kehitaman, bukan hitam matte standar pada kebanyak produk Thinkpad. Seperti Lenovo Thinkpad X240, laptop Thinkpad X250 memiliki desain engsel drop down yang memungkinkan tutup dari layar terbuka hingga 180 derajat.

Laptop ini merupakan laptop yang tangguh dan dibuat untuk ketahanan tinggi, laptop ini juga dapat digunakan untuk laptop-laptop perkantoran. Thinkpad X250 termasuk laptop yang sudah lulus dari pengujian MIL-SPEC untuk daya tahan terhadap tekanan atmosfer yang tinggi maupun rendah, getaran, kelembaban, suhu yang tinggi maupun rendah, perubahan suhu, radiasi matahari, jamur, kabut garam dan debu. Laptop ini juga dilengkapi dengan baterai internal dan external (baterai ganda) sehingga daya tahan baterai akan lebih lama dibandingkan laptop yang lain.

Baterai depan internal merupakan opsi yang dapat anda pilih atau tidak untuk memasangnya. Untuk baterai external tersedia dua versi yaitu baterai standar 3 sel 23 watt dan baterai 6 sel 72 watt yang dapat ditingkatkan dengan tambahan biaya ketika anda ingin mengkonfigurasi system computer anda. Jika anda ingin mengambil baterai yang tahan lama secara terpisah biasanya dijual dengan harga kurang lebih Rp. 985.000,-

Thinkpad X250 memiliki ukuran layar 12,5 inch dengan resolusi 1920 piksel 1080 piksel. Untuk IPS (In Plane Switching) menawarkan warna warna cerah dan visible yang baik jika dilihat dari semua sudut walaupun ada sedikit perubahan warna jika dilihat dari samping tetapi hanya pada sudut yang ekstrim. Lapisan anti reflektif dapat meminimalkan silau. Suara yang dihasilkan sangat jernih dari speaker stereo internal, dengan bantuan perangkat lunak Dolby Advance Audio suara akan menjadi lebih baik dan menyeluruh. Hal ini sangat bagus untuk memutar music dari kamar anda ataupun kantor anda.

Untuk yang terakhir, keyboard dari Thinkpad X250 bergaya chiclet keyboard memiliki jarak yang pas denan lampu latar yang dapat disesuaikan, rasa mengetik yang nyaman dan ada tombol penunjuk yang sudah terintegrasi. Keyboard Thinkpad X250 juga tahan terhadap tumpahan, jadi anda tidak perlu untuk panic terhadap tumpahan maupun percikan kopi. Trackpoint yang berwarna merah terang berada ditengah keyboard.

Fitur Lenovo Thinkpad X250

Thinkpad X250

Pada bagian sisi kana keyboard anda akan menemukan slot case-lock, port Ethernet, slot kartu SD, satu port USB 3.0 (dengan daya untuk mengisi daya perangkat saat laptop tidur), dan jack audio headset. Ada WWAN 3G dan 4G LTE opsional, Anda dapat memilih salah satunya. Di sebelah kiri adalah konektor Daya, keluaran VGA, satu port USB 3.0, dan mini Display Port. Juga di sebelah kiri adalah slot SmartCard opsional. Secara internal, laptop ini memiliki fitur Wi-Fi 802.11ac dual-band dan Bluetooth 4.0.

Laptop ini sudah dilengkapi dengan Solid State Drive (SSD) intel 180 GB, anda juga dapat mengubah SSD tersebut dengan memori yang lebih besar agar speed dari laptop sendiri dapat menjadi lebih cepat. Thinkpad X250 juga dapat dikonfigurasi dengan SSD 256 Gygabite dengan beberapa biaya tambahan. Mesik kapasitasnya lebih kecil, disk ini juga sudah sesuai dengan Opal yang artinya anda dapat menggunakan enkripsi AES-256 berbasi perangkat keras yang bersertifikat FIPS untuk mengamankan informasi bisnis anda.

baca juga spesifikasi Laptop Microsoft Surface Pro 5

Kinerja Thinkpad X250

Thinkpad X250

Thinkpad X250 menggunakan template dasar yang sama dengan Laptop Ultraportable bisnis pesaing dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-5200U, RAM 8 GB dan resolusi grafis terintegrasi Inte, HD Graphics 5500. Maka kinerja dari Laptop ini sudah termasuk kinerja yang bagus dan baik untuk desain, perkantoran dan laptop kerja.

Pada PCMark 8 Work Conventional, ThinkPad X250 mencetak 2.638 poin, sangat sedikit di belakang Dell E7450 (2.681 poin) dan Lenovo X1 Carbon Touch (2.646 poin). Meskipun berada di belakang keduanya, perbedaan 50 poin atau kurang tidak benar-benar diartikan ke dalam perbedaan kinerja yang nyata. Menempatkan ketiga sistem ini pada tingkat yang sama. HP EliteBook Folio 1020 yang dilengkapi Core-M jauh lebih rendah (1.464 poin), perbedaan yang pasti akan terasa bahkan dalam tugas-tugas dasar. Lenovo X240 tahun lalu tidak diuji dengan PCMark 8, jadi tidak ada perbandingan langsung yang dapat dibuat.

Meski demikian anda akan melihat beberapa perbedaan dalam multimedia seperti Photoshop yang diselesaikan menggunakan Thinkpad X250 dalam 5 menit 17 detik, lebih cepat dari Dell E7450 dalam 5 menit 22 detik, dan Lenovo Thinkpad X240 dalam 5 menit 54 detik akan tetapi lebih mahal Lenovo X1 Carbon Touch yang dapat menyelesaikan tugas multimedia photoshop secara signifikan dalam waktu 4 menit 14 detik.

Performa grafis tidak terlalu buruk, berkat solusi grafis terintegrasi Intel. Dalam 3DMark CloudGate, sistem mencetak 4.385 poin, dan di Fire Strike Extreme yang lebih menuntut, sistem ini mencetak 289 poin. Ini sekali lagi sama  dengan Dell E7450, yang masing-masing mencetak 4.396 poin dan 281 poin. Hanya Lenovo X1 Carbon Touch yang lebih baik, mencetak 4.915 poin dan 309 poin, memberikan keunggulan lebih sedikit, namun nyata pada keduanya. Hasil permainan tidak mendekati apa pun seperti frekuensi gambar yang dapat dimainkan, tetapi ultraportabel bisnis tidak dimaksudkan untuk menjadi pembangkit tenaga grafis, dan itu harus mendukung sebagian besar penggunaan bisnis selain rendering perencanaan arsitektur.

Dengan menggunakan baterai internal saja, laptop Thinkpad X250 dapat bertahan 4 jam 10 menit pada pengujian. Hal ini tidak buruk sama sekali, mengingat batterai interlan dirancang untuk selalu digunakan bersama dengan baterai ekternal, hanya menyediakan tenaga tunggal saat menukar baterai eksternal. Menambahkan baterai standar 3-sel, 23-watt lebih dari dua kali lipat masa pakai baterai menjadi 8 jam 35 menit, sementara meningkatkan masa pakai baterai 6-sel, 72-watt lagi lebih dari dua kali lipatnya, hingga 17 jam 53 memit . Sebagai perbandingan, HP EliteBook Folio 1020 hanya menghasilkan 7:20, tetapi Dell E7450 bertahan 10:12 tanpa memerlukan baterai sekunder. Konon, 17:53 yang ditawarkan oleh baterai masa pakai yang diperpanjang melampaui kombinasi yang sama (baterai internal + baterai masa pakai yang diperpanjang) pada Lenovo X240 (15:16).

Kesimpulan

Lenovo ThinkPad X250 adalah lapto yang solid dalam jajaran Laptop ThinkPad, dan penerus kompeten dari Lenovo ThinkPad X240. Desain ultraportable ringan dan tahan lama, dengan gaya ThinkPad klasik dan koleksi fitur yang mumpuni. Ini sedikit ringan pada penyimpanan, tetapi peringkat kinerja di merupakan  pilihan teratas dalam kategori, dan sistem baterai yang dapat ditukar adalah suatu keharusan bagi siapa saja yang mungkin memerlukan untuk menggunakan laptop secara terus menerus selama berhari-hari, seperti pameran dagang.


Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: