Ecobricks, Cara Tepat Daur Ulang Limbah Plastik

Ecobricks, Cara Tepat Daur Ulang Limbah Plastik

Ecobricks masih sedikit asing di telinga masyarakat. Lalu apa yang dimaksud dengan ecobricks tersebut? Ecobricks ini terdiri dari kata eco dan bricks yang jika digabungkan memiliki arti bata ramah lingkungan.

Ecobricks ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furniture. Ecobricks merupakan metode pengisian botol plastik dengan limbah plastik untuk membuat blok bangunan yang kemudian bisa digunakan kembali.

Metode ini menjadi solusi pengelolaan limbah padat tanpa memakan banyak biaya, dan dikhususkan untuk individu, rumah tangga, sekolah maupun masyarakat.

Saat ini masih banyak masyarakat yang mengkonsumsi makanan atau produk apapun yang dikemas dalam plastik. Sebenarnya masyarakat sudah bertindak kreatif dengan mengurangi plastik namun kenyataannya bahan yang digunakan masih menggunakan plastik.  

Jika reuse dan reduce ini sulit maka ecobricks ini menjadi solusi karena terbukti mampu memberikan kehidupan baru bagi limbah plastik tersebut.

Penemu Ecobrick

Ada banyak fakta dari ecobricks ini yang belum banyak diketahui masyarakat salah satunya adalah sang penemu. Penemu ecobrick adalah pria asal Kanada bernama Russel Maier dan istrinya bernama Ani Himawati Maier asal Indonesia. Pasangan suami istri ini menyadari jika sampah plastik sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga memiliki dampak buruk terhadap lingkungan.

Titik balik pasangan ini berawal saat tinggal di Filipina. Keduanya mulai serius mencari metode bagaimana cara terbaik mengurangi sampah tanpa harus memicu masalah lainnya seperti polusi karena sampah yang dibakar dan bebas tanpa racun.

Dengan keyakinan dan kepedulian tinggi akhirnya pasangan ini berhasil menemukan metode paling efektif dan aman untuk mengurangi sampah plastik yaitu metode ecobrick ini.

Manfaat Ecobricks

Manfaat ecobricks dalam konteks penyelamatan lingkungan antara lain sampah plastik yang menggunung dapat diolah jadi sesuatu yang bermanfaat untuk bahan bangunan. Sehingga sampah plastik yang tersimpan dan terjaga di dalam botol ini tidak perlu dibakar, menggunung atau tertimbun.

READ  Membuat Lubang Resapan Biopori

Teknologi ecobrick memungkinkan Anda untuk tidak menjadikan plastik ini sebagai industrial recycle system dimana dengan hal ini akan menjauhi biosfer dan lebih hemat energi.

Ecobrick mampu menjaga bahan plastik agar tidak melepaskan CO2 dan menyumbang pemanasan global. Bahan tersebut kemudian dijadikan sebagai furniture modular, perabotan indoor, ruang kebun, ruang hijau, dan juga dinding berstruktur.

Ecobricks juga bisa dijadikan untuk membuat bangunan seperti sekolah dan juga rumah. Penggunaan ecobrick ini akan menambah nilai seni dari furniture maupun bangunan tersebut. Uniknya lagi adalah bank sampah mau menerima ecobrick sehingga Anda bisa menukarnya dengan uang sehingga sampah tersebut justru menghasilkan.

Cara Membuat Ecobricks

Cara membuat ecobricks ini pun sangat mudah sekali karena semua barang yang dibutuhkan sudah ada di rumah. Barang yang digunakan adalah botol plastik dengan ukuran 500 ml.

Selain botol Anda bisa menyiapkan sampah organik dan juga non biologi, gunting dan kayu untuk memadatkan. Jika semua bahan telah tersedia, silahkan Anda bisa mencuci dan juga mengeringkan botol yang akan Anda gunakan ini sampai benar-benar kering dan bersih.

Anda bisa mengumpulkan sachet plastik dan kresek, kemudian cuci dan keringkan. Akan lebih baik lagi isi dari ecobrick ini merupakan kemasan dengan aneka warna seperti bekas sachet minuman rasa buah dan bekas sachet minuman lainnya. Dengan kombinasi warna yang menarik mampu menghasilkan ecobrick yang keren.

Langkah selanjutnya adalah isi botol dengan bahan yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan pula jika botol yang akan Anda isi ini sudah benar-benar bersih dan kering.

Masukan plastik kresek terlebih dahulu baru Anda bisa memasukan sachet kemasan yang telah di potong-potong.

READ  Green Data Center: Kunci Efisiensi Energi di Dunia Digital

Selanjutnya Anda bisa memadatkan isi di dalam botol dengan kayu, jangan sampai ada rongga udara di dalamnya, jika ada Anda perlu memadatkannya lagi. Langkah terakhir adalah penimbangan. Untuk botol 500 sampai 600 ml berat standar adalah 200 gram.

Simak video dibawah ini untuk penjelasan visual yg lebih detal

Demikianlah beberapa informasi tentang ecobricks yang menarik untuk disimak, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.


Baca Juga :