QUOTES KARL MARX

300 Quotes Karl Marx

Pada kesempatan ini kami akan berbagi artikel tentang kumpulan quotes karl marx. Ingin tahu apa saja quotes dari sang legenda Karl Marx? Yuk simak berbagai Quotes di bawah ini

Kumpulan Quotes Karl Marx Yang Wajib Anda Tahu

Jika kita telah memilih posisi dalam hidup di mana kita paling bisa bekerja untuk umat manusia, tidak ada beban yang bisa membuat kita tunduk, karena itu adalah pengorbanan untuk kepentingan semua; maka kita tidak akan mengalami kegembiraan yang kecil, terbatas, egois, tetapi kebahagiaan kita akan menjadi milik jutaan orang, perbuatan kita akan hidup dengan tenang tetapi terus-menerus bekerja, dan di atas abu kita akan ditumpahkan air mata panas orang-orang mulia. Karl Marx, Refleksi Seorang Pemuda (1835)

Sejarah menyebut orang-orang itu sebagai yang terbesar yang telah memuliakan diri mereka sendiri dengan bekerja untuk kebaikan bersama; pengalaman pengakuan sebagai orang yang paling bahagia yang telah membuat banyak orang bahagia. Karl Marx, Refleksi Seorang Pemuda (1835)

Ketika Prometheus, setelah mencuri api dari surga, mulai membangun rumah dan menetap di bumi, demikian pula filsafat, yang diperluas ke seluruh dunia, berbalik melawan dunia penampilan. Sama sekarang dengan filosofi Hegel. Karl Marx, Buku Catatan Filsafat Epicurean, 1839)

Dongeng nyata memiliki keberadaan yang sama dengan yang dimiliki dewa-dewa yang dibayangkan. Apakah seorang pendongeng nyata ada kecuali dalam imajinasi, jika hanya dalam imajinasi umum atau lebih tepatnya umum manusia? Bawa uang kertas ke negara di mana penggunaan kertas ini tidak dikenal, dan semua orang akan menertawakan imajinasi subjektif Anda. Karl Marx, Tesis Doktoral, Lampiran (1841)

Quotes Karl Marx Das Capital

Filsafat Yunani tampaknya telah bertemu dengan sesuatu yang tidak seharusnya dihadapi oleh tragedi yang baik, yaitu, akhir yang membosankan. Karl Marx, Tesis Doktoral, Bab 1 (1841)

Apa yang asli terbukti dalam api, apa yang palsu tidak akan kita lewatkan dalam barisan kita. Lawan harus memberi kita bahwa pemuda belum pernah berbondong-bondong ke warna kita dalam jumlah seperti itu, … pada akhirnya, seseorang akan ditemukan di antara kita yang akan membuktikan bahwa pedang antusiasme sama bagusnya dengan pedang jenius. Engels, Anti-Schelling (1841)

Representasi kepentingan pribadi … menghapus semua perbedaan alami dan spiritual dengan menobatkan sebagai gantinya abstraksi yang tidak bermoral, irasional dan tanpa jiwa dari objek material tertentu dan kesadaran tertentu yang secara budak tunduk pada objek ini Karl Marx, Tentang Pencurian Kayu, di Rheinische Zeitung (1842)

“ateisme” … mengingatkan salah satu anak, meyakinkan semua orang yang siap untuk mendengarkan mereka bahwa mereka tidak takut pada pria bertubuh besar. Karl Marx, Surat untuk 30 November 1842

Pada tahun 1842-43, sebagai editor Rheinische Zeitung , saya pertama kali menemukan diri saya dalam posisi yang memalukan karena harus mendiskusikan apa yang dikenal sebagai kepentingan materi. … perdebatan tentang perdagangan bebas dan tarif protektif menyebabkan saya pada awalnya mengalihkan perhatian saya ke pertanyaan-pertanyaan ekonomi. … Ketika penerbit Rheinische Zeitung membayangkan ilusi bahwa dengan kebijakan yang lebih patuh pada bagian dari kertas itu mungkin untuk mengamankan pencabutan hukuman mati yang dijatuhkan padanya, saya dengan bersemangat mengambil kesempatan untuk menarik diri dari panggung publik untuk studi saya. Marx, Kata Pengantar Kritik Ekonomi Politik (1859)

Ekonomi politik muncul sebagai hasil alami dari ekspansi perdagangan, dan dengan penampilannya yang mendasar, penipuan yang tidak ilmiah digantikan oleh sistem penipuan berlisensi yang dikembangkan, seluruh ilmu pengayaan. Engels, Garis Besar Ekonomi Politik (1844)

Birokrasi adalah lingkaran yang tidak dapat dielakkan oleh siapa pun. Hirarkinya adalah hierarki pengetahuan. Karl Marx, Kritik terhadap Filsafat Hak Hegel (1843)

Untuk revolusi suatu bangsa , dan emansipasi kelas tertentu dari masyarakat sipil bertepatan, untuk satu estate diakui sebagai milik seluruh masyarakat, semua cacat masyarakat sebaliknya harus terkonsentrasi di kelas lain, sebuah estate tertentu. harus menjadi batu sandungan umum, penggabungan pembatasan umum, lingkungan sosial tertentu harus diakui sebagai kejahatan terkenal dari seluruh masyarakat, sehingga pembebasan dari lingkungan itu muncul sebagai pembebasan diri umum. Karl Marx, Kritik terhadap Filsafat Hak Hegel (1843)

Birokrat memiliki dunia sebagai objek tindakannya. Kritik terhadap Filsafat Hegel tentang Hak (1843)

Ini adalah semacam masyarakat rekonsiliasi timbal balik… Ekstrem yang sebenarnya tidak dapat dimediasi satu sama lain justru karena mereka adalah ekstrem yang sebenarnya. Tetapi mereka juga tidak membutuhkan mediasi, karena pada dasarnya mereka bertentangan. Karl Marx, Kritik terhadap Filsafat Hak Hegel (1843)

Semua bentuk negara memiliki demokrasi untuk kebenarannya, dan karena alasan itu salah sejauh mereka bukan demokrasi. Karl Marx, Kritik terhadap Filsafat Hak Hegel (1843)

Kami mengembangkan prinsip-prinsip baru untuk dunia dari prinsip-prinsip dunia sendiri. Kami tidak mengatakan kepada dunia: Hentikan perjuanganmu, mereka bodoh; kami akan memberi Anda slogan perjuangan yang sebenarnya. Kami hanya menunjukkan kepada dunia apa yang sebenarnya diperjuangkan, dan kesadaran adalah sesuatu yang harus diperolehnya, bahkan jika ia tidak menginginkannya. Karl Marx, Surat dari Deutsch-Französische Jahrbücher kepada Ruge (1843)

Akal selalu ada, tetapi tidak selalu dalam bentuk yang masuk akal. Karl Marx, Surat dari Deutsch-Französische Jahrbücher kepada Ruge (1843)

Tetapi, jika membangun masa depan dan menyelesaikan segala sesuatu sepanjang masa bukanlah urusan kita, maka semakin jelaslah apa yang harus kita capai saat ini: Saya mengacu pada kritik kejam terhadap semua yang ada, kejam keduanya dalam arti tidak ada. takut akan hasil yang diperolehnya dan dalam arti sedikit takut akan konflik dengan kekuatan yang ada. Karl Marx, Surat dari Deutsch-Französische Jahrbücher (1843)

Senjata kritik tentu saja tidak dapat menggantikan kritik terhadap senjata, kekuatan material harus digulingkan oleh kekuatan material; tetapi
teori juga menjadi kekuatan material segera setelah ia mencengkeram massa.
Teori mampu mencengkeram massa begitu ia menunjukkan ad hominem , dan ia mendemonstrasikan ad hominem begitu ia menjadi radikal. Menjadi radikal berarti memahami akar masalahnya. Tetapi, bagi manusia, akarnya adalah manusia itu sendiri. Karl Marx, Kritik terhadap Filsafat Hegel tentang Hak. Pendahuluan (1843)

Penderitaan religius, pada saat yang sama, adalah ekspresi dari penderitaan yang nyata dan protes terhadap penderitaan yang nyata. Agama adalah keluh kesah makhluk yang tertindas, hati dunia yang tak berperasaan, dan jiwa dari kondisi tak berjiwa.
Itu adalah candu rakyat. Karl Marx, Kritik terhadap Filsafat Hegel tentang Hak. Pendahuluan (1843)

Negara didasarkan pada kontradiksi ini. Ini didasarkan pada kontradiksi antara kehidupan publik dan pribadi, antara kepentingan universal dan khusus. Untuk alasan ini, negara harus membatasi dirinya pada kegiatan formal, negatif  Karl Marx, Catatan Kritis pada Pasal ‘Raja Prusia dan Reformasi Sosial. Oleh seorang Prusia’ (1844)

Ketika pengrajin komunis bergaul satu sama lain, teori, propaganda, dll., adalah tujuan pertama mereka. Tetapi pada saat yang sama, sebagai hasil dari asosiasi ini, mereka memperoleh kebutuhan baru — kebutuhan masyarakat — dan apa yang tampak sebagai sarana menjadi tujuan. … persaudaraan manusia bukan sekadar ungkapan dengan mereka, tetapi fakta kehidupan, dan kemuliaan manusia menyinari kita dari tubuh mereka yang bekerja keras. Karl Marx, Kebutuhan Manusia & Pembagian Kerja (1844)

Apakah saya mematuhi hukum ekonomi jika saya mengambil uang dengan menawarkan tubuh saya untuk dijual,… — Kemudian ekonom politik menjawab kepada saya: Anda tidak melanggar hukum saya; tapi lihat apa yang dikatakan Etika Sepupu dan Agama Sepupu tentang hal itu. Saya ekonomi politik etika dan agama tidak ada mencela Anda dengan, tetapi – Tapi siapa aku sekarang percaya, ekonomi atau etika politik? — Etika ekonomi politik adalah akuisisi , kerja, hemat, ketenangan — tetapi ekonomi politik berjanji untuk memenuhi kebutuhan saya. … Berasal dari sifat keterasingan bahwa setiap bidang berlaku bagi saya ukuran yang berbeda dan berlawanan — etika satu dan ekonomi politik yang lain; karena masing-masing adalah keterasingan khusus manusia dan memusatkan perhatian pada bidang tertentu dari aktivitas esensial yang terasing, dan masing-masing berdiri dalam hubungan yang terasing satu sama lain. Marx, Kebutuhan Manusia & Pembagian Kerja (1844)

Satu-satunya bahasa yang dapat dipahami di mana kita berkomunikasi satu sama lain terdiri dari objek kita dalam hubungannya satu sama lain. Kami tidak akan mengerti bahasa manusia dan itu akan tetap tanpa efek. Di satu sisi itu akan diakui dan dirasakan sebagai permintaan, permohonan, dan karena itu penghinaan Marx, Komentar tentang James Mill (1844)

Nilai bersama kita adalah bagi kita nilai objek bersama kita.
Oleh karena itu bagi kita manusia itu sendiri tidak bernilai sama sekali. Karl Marx, Komentar tentang James Mill (1844)

Ekonomi Politik menganggap kaum proletar … seperti kuda, ia harus menerima cukup untuk memungkinkannya bekerja. Itu tidak menganggap dia, selama dia tidak bekerja, sebagai manusia. Ini meninggalkan ini untuk hukum pidana, dokter, agama, tabel statistik, politik, dan beadle. Marx, Upah Buruh (1844)

Komunisme adalah teka-teki sejarah yang terpecahkan, dan komunisme tahu dirinya sebagai solusi ini. Marx, Hak Milik Pribadi dan Komunisme (1844)

Seluruh gerakan sejarah, hanya sebagai tindakan asal-usul komunisme yang sebenarnya – tindakan kelahiran dari keberadaan empirisnya -, oleh karena itu, bagi kesadaran berpikirnya adalah proses yang dipahami dan diketahui dari pembentukannya . Karl Marx, Hak Milik Pribadi dan Komunisme (1844)

Tetapi juga ketika saya aktif secara ilmiah, dll – aktivitas yang jarang saya lakukan dalam komunitas langsung dengan orang lain – maka aktivitas saya adalah sosial, karena saya melakukannya sebagai laki-laki. Tidak hanya materi aktivitas saya yang diberikan kepada saya sebagai produk sosial (bahkan bahasa di mana pemikir aktif): keberadaan saya sendiri adalah aktivitas sosial, dan oleh karena itu apa yang saya buat dari diri saya, saya buat dari diri saya untuk masyarakat dan dengan kesadaran diri saya sebagai makhluk sosial. Milik Pribadi dan Komunisme (1844)

Ilmu pengetahuan alam pada waktunya akan memasukkan ke dalam dirinya sendiri ilmu tentang manusia, sama seperti ilmu tentang manusia akan memasukkan ke dalam dirinya sendiri ilmu alam: akan ada satu ilmu. Karl Marx, Hak Milik Pribadi dan Komunisme (1844)

Ilmu pengetahuan alam telah menyerbu dan mengubah kehidupan manusia secara lebih praktis melalui media industri; dan telah mempersiapkan emansipasi manusia, meskipun efek langsungnya harus berlanjutnya dehumanisasi manusia. Industri adalah hubungan alam yang aktual dan historis, …. <Sifat yang berkembang dalam sejarah manusia — asal-usul masyarakat manusia — adalah sifat manusia yang sebenarnya; maka alam yang berkembang melalui industri, meskipun dalam bentuk yang terasing , adalah sifat antropologis sejati .  Marx, Hak Milik Pribadi dan Komunisme (1844)

Subjektivitas dan objektivitas, spiritualitas dan materialitas, aktivitas [Tätigkeit] dan penderitaan, kehilangan karakter antitesisnya, dan – dengan demikian keberadaan mereka sebagai antitesis semacam itu hanya dalam kerangka masyarakat; kita melihat bagaimana penyelesaian antitesis teoretis hanya mungkin dilakukan dengan cara praktis , berdasarkan energi praktis manusia. Oleh karena itu resolusi mereka tidak berarti hanya masalah pemahaman, tapi nyata masalah hidup, yang filsafat tidak bisa memecahkan justru karena dikandung masalah ini sebagai hanya satu teoritis. Karl Marx, Hak Milik Pribadi dan Komunisme (1844)

Quotes Karl Marx Terbaik

Secara umum, selalu pengusaha empiris yang kita bicarakan ketika kita merujuk pada ekonom politik, (yang mewakili) keyakinan ilmiah dan bentuk keberadaan mereka. Marx, Persyaratan Manusia dan Pembagian Kerja (1844)

Di bawah kepemilikan pribadi … Masing-masing mencoba untuk membangun di atas yang lain kekuatan asing, sehingga dengan demikian menemukan kepuasan kebutuhan egoisnya sendiri. Peningkatan kuantitas objek karena itu disertai dengan perluasan wilayah kekuatan asing yang menjadi sasaran manusia, dan setiap produk baru mewakili potensi baru saling menipu dan saling menjarah. Karl Marx, Persyaratan Manusia dan Pembagian Kerja (1844)

Manusia secara langsung adalah makhluk alami . Sebagai makhluk alami dan sebagai makhluk alami yang hidup, dia di satu sisi diberkahi dengan kekuatan alami, kekuatan vital — dia adalah makhluk alami yang aktif . Kekuatan ini ada dalam dirinya sebagai kecenderungan dan kemampuan — sebagai naluri . Di sisi lain, sebagai makhluk tujuan alami, jasmani, indriawi, ia adalah makhluk yang menderita , terkondisi, dan terbatas, seperti hewan dan tumbuhan. … Makhluk yang tidak memiliki sifat di luar dirinya bukanlah makhluk alami , dan tidak berperan dalam sistem alam. Makhluk yang tidak memiliki objek di luar dirinya bukanlah makhluk objektif. Karl Marx, Kritik Filsafat Hegel Secara Umum (1844)

Beberapa hari di pabrik orang tua saya sudah cukup untuk membawa saya berhadapan langsung dengan kekejaman ini, yang agaknya saya abaikan. …, tidak mungkin melakukan propaganda komunis dalam skala besar dan pada saat yang sama terlibat dalam huckstering dan industri. Engels, Surat untuk Marx. (20 Januari 1845)

Komunisme bagi kita bukanlah suatu keadaan yang harus ditegakkan, suatu cita – cita di mana realitas [akan] harus menyesuaikan diri. Kami menyebut komunisme sebagai gerakan nyata yang menghapuskan keadaan saat ini. Kondisi-kondisi gerakan ini dihasilkan dari premis-premis yang ada sekarang. Marx, Ideologi Jerman (1845)

Premis dari mana kita mulai bukanlah premis yang arbitrer, bukan dogma, tetapi premis nyata dari mana abstraksi hanya dapat dibuat dalam imajinasi. Mereka adalah individu yang nyata, aktivitas mereka dan kondisi material di mana mereka hidup, baik yang mereka temukan sudah ada maupun yang dihasilkan oleh aktivitas mereka. Premis-premis ini dengan demikian dapat diverifikasi dengan cara yang murni empiris. Marx, Ideologi Jerman (1845)

Moralitas, agama, metafisika, semua ideologi lainnya dan bentuk kesadarannya yang sesuai, dengan demikian tidak lagi mempertahankan kemiripan kemerdekaan. Mereka tidak memiliki sejarah, tidak ada perkembangan; tetapi manusia, yang mengembangkan produksi material mereka dan hubungan material mereka, bersama dengan ini mengubah keberadaan nyata mereka, pemikiran mereka dan produk pemikiran mereka. Karl Marx, Ideologi Jerman (1845)

Kita hanya mengetahui satu ilmu, yaitu ilmu sejarah. Seseorang dapat melihat sejarah dari dua sisi dan membaginya menjadi sejarah alam dan sejarah manusia. Namun, kedua belah pihak tidak dapat dipisahkan; sejarah alam dan sejarah manusia saling bergantung satu sama lain selama manusia ada. Sejarah alam, yang disebut ilmu alam, tidak menjadi perhatian kita di sini; tetapi kita harus memeriksa sejarah manusia, karena hampir seluruh ideologi merupakan konsepsi yang terdistorsi tentang sejarah ini atau abstraksi lengkap darinya. Ideologi itu sendiri hanyalah salah satu aspek dari sejarah ini. Karl Marx, Ideologi Jerman (1845)

Dalam masyarakat komunis, di mana tak seorang pun memiliki satu bidang kegiatan eksklusif tetapi masing-masing dapat dicapai di cabang mana pun yang diinginkannya, masyarakat mengatur produksi umum dan dengan demikian memungkinkan saya melakukan satu hal hari ini dan hal lain besok, berburu di pagi hari, ikan di sore hari, beternak di malam hari, mengkritik setelah makan malam, seperti yang saya pikirkan, tanpa pernah menjadi pemburu, nelayan, gembala atau kritikus. Karl Marx, Ideologi Jerman (1845)

Ide-ide kelas penguasa di setiap zaman ide-ide yang berkuasa, yaitu kelas yang merupakan kekuatan material penguasa masyarakat, pada saat yang sama adalah kekuatan intelektual yang berkuasa. Kelas yang memiliki alat-alat produksi material yang dimilikinya, pada saat yang sama memiliki kendali atas alat-alat produksi mental, sehingga dengan demikian, secara umum, ide-ide mereka yang tidak memiliki alat-alat produksi mental tunduk padanya. Ide-ide yang berkuasa tidak lebih dari ekspresi ideal dari hubungan material yang dominan, hubungan material yang dominan dipahami sebagai ide. Karl Marx, Ideologi Jerman (1845)

Karena setiap kelas baru yang menempatkan dirinya di tempat satu penguasa di depannya, dipaksa, hanya untuk menjalankan tujuannya, untuk mewakili kepentingannya sebagai kepentingan bersama semua anggota masyarakat, yaitu, dinyatakan dalam bentuk ideal. : ia harus memberikan ide-idenya bentuk universalitas, dan mewakili mereka sebagai satu-satunya yang rasional, valid secara universal. Karl Marx, Ideologi Jerman (1845)

Sejauh Feuerbach adalah seorang materialis ia tidak berurusan dengan sejarah, dan sejauh ia menganggap sejarah ia bukan seorang materialis. Marx, Ideologi Jerman (1845)

Baik untuk produksi kesadaran komunis dalam skala massal, dan … perubahan manusia dalam skala massal, perlu, … sebuah revolusi; revolusi ini diperlukan, oleh karena itu, bukan hanya karena kelas penguasa tidak dapat digulingkan dengan cara lain, tetapi juga karena kelas yang menggulingkannya hanya dapat dalam sebuah revolusi berhasil membersihkan dirinya dari semua kotoran zaman dan menjadi cocok untuk mendirikan masyarakat baru. . Karl Marx, Ideologi Jerman (1845)

Premis pertama dari semua sejarah manusia adalah, tentu saja, keberadaan individu manusia yang hidup. Jadi, fakta pertama yang harus ditetapkan adalah organisasi fisik individu-individu ini dan hubungan konsekuen mereka dengan alam lainnya…. Manusia dapat dibedakan dari hewan melalui kesadaran, agama, atau apa pun yang Anda suka. Mereka sendiri mulai membedakan diri mereka dari hewan segera setelah mereka mulai memproduksi alat penghidupan mereka, sebuah langkah yang dikondisikan oleh organisasi fisik mereka. Dengan memproduksi alat penghidupan mereka, manusia secara tidak langsung memproduksi kehidupan material mereka yang sebenarnya Karl Marx, German Ideology (1845)

Pertanyaan apakah kebenaran objektif dapat dikaitkan dengan pemikiran manusia bukanlah pertanyaan teori tetapi merupakan pertanyaan praktis . Marx, Tesis Tentang Feuerbach: Tesis 2 (1845)

Doktrin materialis tentang perubahan keadaan dan pendidikan melupakan bahwa keadaan diubah oleh manusia dan bahwa penting untuk mendidik pendidik itu sendiri. Oleh karena itu, doktrin ini harus membagi masyarakat menjadi dua bagian, salah satunya lebih tinggi dari masyarakat. Marx, Tesis Tentang Feuerbach: Tesis 3 (1845)

Para filsuf hanya menafsirkan dunia, dalam berbagai cara; intinya mau ganti. Karl Marx, Tesis Tentang Feuerbach: Tesis 11 (1845)

Salah satu tugas tersulit yang dihadapi para filsuf adalah turun dari dunia pemikiran ke dunia nyata. Bahasa adalah aktualitas langsung dari pikiran. Sama seperti para filsuf telah memberikan pemikiran sebuah keberadaan yang independen, demikian pula mereka terikat untuk membuat bahasa menjadi sebuah alam yang independen. Marx, Ideologi Jerman, Bab 3 (1846)

Sejarah tidak melakukan apa – apa , ia ‘ tidak memiliki kekayaan yang sangat besar’, ia ‘ tidak berperang’. Adalah manusia , manusia sejati, yang hidup yang melakukan semua itu, yang memiliki dan berjuang; ‘sejarah’ bukanlah, seolah-olah, seseorang yang terpisah, menggunakan manusia sebagai sarana untuk mencapai tujuannya sendiri ; sejarah tidak lain adalah aktivitas manusia mengejar tujuannya.. Karl Marx, Keluarga Kudus, Bab 6 (1846)

Tenaga-tenaga produktif adalah hasil tenaga praktis manusia, tetapi tenaga itu pada gilirannya dibatasi oleh kondisi-kondisi di mana manusia ditempatkan oleh tenaga-tenaga produktif yang sudah diperoleh, oleh bentuk masyarakat yang ada sebelum dia, yang tidak dia ciptakan, yang merupakan produk dari generasi sebelumnya. Marx, 1846 Surat untuk Annenkov (1846)

Penggilingan tangan memberi Anda masyarakat dengan tuan feodal; masyarakat pabrik uap dengan kapitalis industri. Karl Marx, Kemiskinan Filsafat (1847)

Para ekonom menjelaskan bagaimana produksi terjadi dalam hubungan-hubungan yang disebutkan di atas, tetapi yang tidak mereka jelaskan adalah bagaimana hubungan-hubungan itu sendiri diproduksi, yaitu gerakan sejarah yang melahirkannya. M. Proudhon, dengan menganggap hubungan-hubungan ini sebagai prinsip-prinsip, kategori-kategori, hanya perlu menertibkan pikiran-pikiran ini. Karl Marx, Kemiskinan Filsafat (1847)

Mesin, dapat dikatakan, adalah senjata yang digunakan oleh kapitalis untuk memadamkan pemberontakan tenaga kerja khusus. Marx, Kemiskinan Filsafat (1847)

Kelas pekerja, dalam perkembangannya, akan menggantikan masyarakat sipil lama sebuah asosiasi yang akan mengecualikan kelas dan antagonisme mereka, dan tidak akan ada lagi kekuatan politik yang disebut dengan tepat, karena kekuatan politik justru merupakan ekspresi resmi dari antagonisme dalam masyarakat sipil. Karl Marx, Kemiskinan Filsafat (1847)

Tetapi dalam ukuran bahwa sejarah bergerak maju, dan dengan itu perjuangan kaum proletar mengambil garis-garis yang lebih jelas, mereka tidak perlu lagi mencari ilmu pengetahuan dalam pikiran mereka; mereka hanya perlu memperhatikan apa yang terjadi di depan mata mereka dan menjadi corongnya. Selama mereka mencari ilmu pengetahuan dan hanya membuat sistem, selama mereka berada di awal perjuangan, mereka melihat dalam kemiskinan hanyalah kemiskinan, tanpa melihat di dalamnya sisi revolusioner, subversif, yang akan menggulingkan masyarakat lama. Sejak saat ini, sains, yang merupakan produk dari gerakan sejarah, secara sadar telah mengasosiasikan dirinya dengannya, tidak lagi bersifat doktriner dan telah menjadi revolusioner. Karl Marx, Kemiskinan Filsafat (1847)

Budak membebaskan dirinya sendiri ketika, dari semua hubungan kepemilikan pribadi, ia hanya menghapuskan hubungan perbudakan dan dengan demikian menjadi seorang proletar; kaum proletar dapat membebaskan dirinya hanya dengan menghapuskan kepemilikan pribadi secara umum . Engels, Prinsip-Prinsip Komunisme (1847)

Apa itu Komunisme? Komunisme adalah doktrin tentang kondisi pembebasan proletariat. Apa itu proletariat? Proletariat adalah kelas dalam masyarakat yang hidup sepenuhnya dari penjualan tenaga kerjanya dan tidak mengambil keuntungan dari kapital jenis apa pun; yang suka dan dukanya, yang hidup dan matinya, yang keberadaannya satu-satunya bergantung pada permintaan akan tenaga kerja…. Engels, Principles of Communism (1847)

Suatu bangsa tidak bisa menjadi bebas dan pada saat yang sama terus menindas bangsa lain. Oleh karena itu, pembebasan Jerman tidak dapat terjadi tanpa pembebasan Polandia dari penindasan Jerman. Engels, Pidato di Polandia (1847)

Di bawah kebebasan perdagangan, seluruh kerasnya hukum ekonomi politik akan diterapkan pada kelas pekerja. Apakah itu untuk mengatakan bahwa kita menentang Perdagangan Bebas? Tidak, kami mendukung Perdagangan Bebas, karena dengan Perdagangan Bebas semua hukum ekonomi, dengan kontradiksinya yang paling mengejutkan, akan bertindak dalam skala yang lebih besar, pada wilayah yang lebih luas, di wilayah seluruh bumi; dan karena dari penyatuan semua kontradiksi ini menjadi satu kelompok, di mana mereka berhadap-hadapan, akan menghasilkan perjuangan yang dengan sendirinya akan berujung pada emansipasi kaum proletar. Engels, Untuk Kongres Perdagangan Bebas di Brussel (1847)

Dan aktivitas hidup ini [pekerja] menjual kepada orang lain untuk mengamankan sarana hidup yang diperlukan. … Dia bekerja agar dia tetap hidup. Dia tidak menganggap kerja itu sendiri sebagai bagian dari hidupnya; itu lebih merupakan pengorbanan hidupnya. Ini adalah komoditas yang dia lelang ke orang lain. Marx, Upah Buruh dan Modal (1847)

Apa itu budak Negro? Seorang pria dari ras kulit hitam. … Seorang Negro adalah seorang Negro. Hanya dalam kondisi tertentu dia menjadi budak. Mesin pemintal kapas adalah mesin pemintal kapas. Hanya dalam kondisi tertentu ia menjadi kapital. Dicabut dari kondisi-kondisi ini, ia adalah kapital kecil seperti emas adalah uang itu sendiri, atau gula adalah harga gula Marx, Upah Buruh dan Kapital (1847)

Sebuah rumah mungkin besar atau kecil; selama rumah tetangga juga kecil, memenuhi semua persyaratan sosial untuk tempat tinggal. Tetapi biarlah di sebelah rumah kecil itu timbul sebuah istana, dan rumah kecil itu menyusut menjadi sebuah gubuk. Rumah kecil itu sekarang memperjelas bahwa penghuninya tidak memiliki posisi sosial sama sekali untuk dipertahankan. Marx, Upah Buruh dan Modal (1847)

Apa itu perdagangan bebas, apa itu perdagangan bebas di bawah kondisi masyarakat saat ini? Ini adalah kebebasan modal. Ketika Anda telah meruntuhkan beberapa hambatan nasional yang masih membatasi kemajuan kapital, Anda hanya akan memberinya kebebasan penuh untuk bertindak. …

Tetapi, secara umum, sistem perlindungan saat ini bersifat konservatif, sedangkan sistem perdagangan bebas bersifat destruktif. Ia menghancurkan kebangsaan-kebangsaan lama dan mendorong antagonisme proletariat dan borjuasi ke titik ekstrim. Singkatnya, sistem perdagangan bebas mempercepat revolusi sosial. Dalam pengertian revolusioner ini saja, Tuan-tuan, saya memilih mendukung perdagangan bebas. Marx & Engels, Tentang Perdagangan Bebas (1848)

Sebuah hantu menghantui Eropa – hantu komunisme. Marx & Engels, Manifesto Komunis (1848)

Semua hubungan yang tetap dan membeku dengan cepat, dengan rangkaian prasangka dan opini kuno dan terhormat mereka, tersapu, semua yang baru terbentuk menjadi kuno sebelum mereka dapat mengeras. Semua yang padat melebur ke udara, semua yang suci dicemarkan … Marx & Engels, Manifesto Komunis (1848)

Oleh karena itu, dalam masyarakat borjuis, masa lalu mendominasi masa kini; dalam masyarakat Komunis, masa kini mendominasi masa lalu. Dalam masyarakat borjuis, modal adalah independen dan memiliki individualitas, sedangkan orang yang hidup bergantung dan tidak memiliki individualitas. Marx & Engels, Manifesto Komunis (1848)

Sebagai ganti masyarakat borjuis lama, dengan kelas dan antagonisme kelasnya, kita akan memiliki asosiasi di mana perkembangan bebas masing-masing adalah kondisi bagi perkembangan bebas semua. Marx & Engels, Manifesto Komunis (1848)

Komunis tidak suka menyembunyikan pandangan dan tujuan mereka. Mereka secara terbuka menyatakan bahwa tujuan mereka hanya dapat dicapai dengan penggulingan paksa semua kondisi sosial yang ada.
Biarkan kelas penguasa gemetar pada revolusi komunis.
Kaum proletar tidak akan rugi apa-apa selain rantai mereka . Mereka memiliki dunia untuk dimenangkan.
Pria Pekerja dari Semua Negara, Bersatu!  Marx & Engels, Manifesto Komunis (1848)

Kami tidak memiliki belas kasihan dan kami tidak meminta belas kasihan dari Anda. Ketika giliran kami tiba, kami tidak akan membuat alasan untuk teror. Tetapi teroris kerajaan, teroris atas karunia Tuhan dan hukum, dalam praktiknya brutal, menghina, dan kejam, secara teori pengecut, penuh rahasia, dan penipu, dan dalam kedua hal itu tidak terpuji. Marx, Editorial in Final edition of Neue Rheinische Zeitung (1849)

Ini akan menjadi pekerja, dengan keberanian, resolusi dan pengorbanan diri mereka, yang akan bertanggung jawab terutama untuk mencapai kemenangan. Borjuasi kecil akan ragu-ragu selama mungkin dan tetap takut, tidak tegas dan tidak aktif; tetapi ketika kemenangan sudah pasti, ia akan mengklaimnya untuk dirinya sendiri dan akan meminta para pekerja untuk berperilaku secara teratur, dan ia akan mengecualikan proletariat dari buah-buah kemenangan. … pemerintahan demokrat borjuis, sejak awal, akan membawa benih kehancurannya sendiri, dan pemindahan selanjutnya oleh proletariat akan menjadi jauh lebih mudah.. Marx, Pidato Komite Sentral kepada Komunis Liga (1850)

Revolusi membuat kemajuan, bukan dengan pencapaian tragisnya yang langsung tetapi dengan penciptaan kontra-revolusi yang kuat dan bersatu, lawan dalam pertempuran yang dengannya partai penggulingan matang menjadi partai yang benar-benar revolusioner. Marx, Perjuangan Kelas di Prancis (1850)

Revolusi adalah lokomotif sejarah. Perjuangan Kelas di Prancis (1850)

Hal terburuk yang dapat menimpa seorang pemimpin partai ekstrem adalah dipaksa untuk mengambil alih pemerintahan di suatu zaman ketika gerakan itu belum matang untuk dominasi kelas yang diwakilinya dan untuk realisasi langkah-langkah yang dilakukan dominasi itu. akan menyiratkan … Engels, Perang Tani di Jerman (1850)

Borjuis kecil yang demokratis, jauh dari keinginan untuk mengubah seluruh masyarakat demi kepentingan kaum proletar revolusioner, hanya bercita-cita untuk membuat masyarakat yang ada sedapat mungkin ditoleransi bagi diri mereka sendiri. … Aturan kapital harus dilawan lebih jauh, sebagian dengan pembatasan hak warisan, dan sebagian lagi dengan pengalihan sebanyak mungkin pekerjaan kepada negara. Sejauh menyangkut pekerja, satu hal, di atas segalanya, pasti: mereka harus tetap menjadi pekerja upahan seperti sebelumnya. Namun, borjuis kecil yang demokratis menginginkan upah dan keamanan yang lebih baik bagi para pekerja; singkatnya, mereka berharap untuk menyuap para pekerja … Marx & Engels, Pidato kepada Komite Sentral Liga Komunis (1850)

Hegel berkomentar di suatu tempat bahwa semua fakta dan tokoh sejarah dunia yang hebat muncul, bisa dikatakan, dua kali. Dia lupa menambahkan: pertama kali sebagai tragedi , kedua kalinya sebagai lelucon . Marx, Brumaire Kedelapan Belas dari Louis Bonaparte (1852)

Pria membuat sejarah mereka sendiri, tetapi mereka tidak membuatnya sesuka mereka; mereka tidak membuatnya dalam keadaan yang dipilih sendiri, tetapi dalam keadaan yang sudah ada, diberikan dan ditransmisikan dari masa lalu.
Tradisi dari semua generasi yang mati membebani seperti mimpi buruk di otak orang yang hidup. Marx, Brumaire Kedelapan Belas dari Louis Bonaparte (1852)

massa besar bangsa Prancis dibentuk oleh penambahan sederhana dari besaran homolog, seperti kentang dalam karung membentuk karung kentang. Marx, Brumaire Kedelapan Belas dari Louis Bonaparte (1852)

Tapi revolusi sedang berlangsung. Itu masih berjalan melalui api penyucian. Ia melakukan pekerjaannya secara metodis. … Dan ketika telah menyelesaikan paruh kedua dari pekerjaan pendahuluannya ini, Eropa akan melompat dari tempat duduknya dan bergembira: Terkubur dengan baik, tikus tua! Marx, Brumaire Kedelapan Belas dari Louis Bonaparte (1852)

Dan sekarang untuk diri saya sendiri, tidak ada penghargaan bagi saya untuk menemukan keberadaan kelas-kelas dalam masyarakat modern atau perjuangan di antara mereka. Jauh sebelum saya, para sejarawan borjuis telah menggambarkan perkembangan historis perjuangan kelas ini dan para ekonom borjuis, anatomi ekonomi kelas-kelas. Apa yang baru saya lakukan adalah untuk membuktikan:
(1) bahwa keberadaan kelas hanya terkait dengan fase-fase historis tertentu dalam perkembangan produksi,
(2) bahwa perjuangan kelas pasti mengarah pada kediktatoran proletariat,
(3) bahwa kediktatoran itu sendiri hanya merupakan transisi menuju penghapusan semua kelas dan menuju masyarakat tanpa kelas. Marx, Surat untuk Weydemeyer (1852)

Sejarah adalah hakimnya — algojonya, kaum proletar. Karl Marx, Pidato pada Hari Jadi The People’s Paper (1856)

Orang Afghanistan adalah ras yang berani, tangguh, dan mandiri; mereka hanya mengikuti pekerjaan penggembalaan atau pertanian … Dengan mereka, perang adalah kegembiraan dan kelegaan dari pekerjaan monoton dari pengejaran industri. Engels, Di Afghanistan (1857)

Manusia dalam arti yang paling literal adalah hewan politik bukan hanya hewan yang suka berteman, tetapi juga hewan yang dapat mengindividualisasikan dirinya hanya di tengah-tengah masyarakat. Produksi oleh individu yang terisolasi di luar masyarakat … sama absurdnya dengan perkembangan bahasa tanpa individu yang hidup bersama dan berbicara satu sama lain. Marx, The Grundrisse (1857)

Tampaknya benar untuk memulai dengan yang nyata dan yang konkret, dengan prakondisi yang nyata, dengan demikian memulai, dalam ilmu ekonomi, dengan misalnya populasi, yang merupakan fondasi dan subjek dari seluruh tindakan sosial produksi. Namun, pada pemeriksaan lebih dekat ini terbukti salah. Populasi adalah sebuah abstraksi jika saya meninggalkan, misalnya, kelas-kelas yang menyusunnya. … jika saya mulai dengan populasi, ini akan menjadi konsepsi keseluruhan yang kacau, dan saya kemudian, dengan tekad lebih lanjut, bergerak secara analitis menuju konsep yang lebih sederhana, dari konkret yang dibayangkan menuju abstraksi yang semakin tipis sampai Saya telah sampai pada tekad yang paling sederhana. Dari sana perjalanan harus ditelusuri kembali sampai saya akhirnya tiba di populasi lagi, tetapi kali ini bukan sebagai konsepsi yang kacau tentang keseluruhan, tetapi sebagai totalitas yang kaya dari banyak penentuan dan hubungan. Marx, The Grundrisse (1857)

Anatomi manusia berisi kunci anatomi kera. Marx, The Grundrisse (1857)

Dalam semua bentuk masyarakat ada satu jenis produksi khusus yang mendominasi yang lain, … penerangan umum yang memandikan semua warna lain dan memodifikasi kekhususan mereka. Marx, The Grundrisse (1857)

Hubungan ketergantungan pribadi adalah bentuk sosial pertama di mana kapasitas produktif manusia berkembang hanya sampai batas tertentu dan pada titik-titik yang terisolasi. Kemandirian pribadi yang didasarkan pada ketergantungan objektif adalah bentuk besar kedua, di mana sistem metabolisme sosial umum, hubungan universal, kebutuhan serba dan kapasitas universal dibentuk untuk pertama kalinya. Individualitas bebas, berdasarkan perkembangan universal individu dan subordinasi mereka terhadap produktivitas sosial komunal mereka sebagai kekayaan sosial mereka, adalah tahap ketiga. Marx, The Grundrisse (1857)

Masyarakat tidak terdiri dari individu-individu, tetapi mengungkapkan jumlah keterkaitan, hubungan di mana individu-individu ini berdiri. Marx, The Grundrisse (1857)

Kapital dan tenaga kerja saling berhubungan di sini seperti uang dan barang-dagangan; yang pertama adalah bentuk umum kekayaan, yang lain hanya substansi yang ditujukan untuk konsumsi langsung. Perjuangan tak henti-hentinya kapital menuju bentuk umum kekayaan mendorong kerja melampaui batas-batas keremehan alaminya, dan dengan demikian menciptakan unsur-unsur material untuk pengembangan individualitas kaya yang sama-sama berpihak dalam produksinya seperti dalam konsumsinya, dan yang kerjanya juga oleh karena itu muncul tidak lagi sebagai kerja, tetapi sebagai perkembangan penuh dari aktivitas itu sendiri, di mana kebutuhan alami dalam bentuk langsungnya telah menghilang; karena kebutuhan alami telah digantikan oleh kebutuhan yang diproduksi secara historis. Inilah sebabnya mengapa modal itu produktif; yaitu suatu hubungan esensial bagi perkembangan kekuatan-kekuatan produktif sosial. Ia tidak lagi ada hanya jika perkembangan kekuatan-kekuatan produktif ini sendiri menghadapi penghalangnya dalam kapital itu sendiri. Marx, 1The Grundrisse (1857)

Gaji prajurit biasa juga dikurangi seminimal mungkin — ditentukan murni oleh biaya produksi yang diperlukan untuk mendapatkannya. Tetapi dia menukar kinerja jasanya bukan dengan modal , tetapi dengan pendapatan negara.
Dalam masyarakat borjuis itu sendiri, semua pertukaran layanan pribadi untuk pendapatan — termasuk tenaga kerja untuk konsumsi pribadi, memasak, menjahit dll., pekerjaan kebun dll., hingga dan termasuk semua kelas tidak produktif, pegawai negeri, dokter, pengacara, sarjana dll. — termasuk dalam rubrik ini, dalam kategori ini. Semua pegawai kasar dll Dengan cara layanan mereka – sering dipaksa – semua pekerja ini, dari yang kecil sampai yang tertinggi, memperoleh bagi diri mereka sendiri bagian dari produk surplus, dari kapitalis pendapatan .
Tetapi tidak terpikir oleh siapa pun untuk berpikir bahwa melalui pertukaran pendapatannya untuk layanan seperti itu, yaitu melalui konsumsi pribadi, si kapitalis memposisikan dirinya sebagai kapitalis. Sebaliknya, ia dengan demikian menghabiskan buah dari modalnya. Itu tidak mengubah sifat hubungan bahwa proporsi di mana pendapatan dipertukarkan untuk jenis kerja hidup ini sendiri ditentukan oleh hukum umum produksi. Marx, The Grundrisse (1857)

Misalnya, ketika petani membawa penjahit pengembara, dari jenis yang ada di masa lalu, ke rumahnya, dan memberinya bahan untuk membuat pakaian. … Orang yang mengambil kain yang saya berikan kepadanya dan membuatkan saya barang dari pakaian itu memberi saya nilai guna. Namun alih-alih memberikannya secara langsung dalam bentuk objektif, ia memberikannya dalam bentuk aktivitas. Saya memberinya nilai penggunaan yang lengkap; dia melengkapi yang lain untukku. Perbedaan antara kerja sebelumnya, yang diobjektifikasi dan kerja yang masih hidup, di sini muncul sebagai perbedaan formal belaka antara bentuk – bentuk kerja yang berbeda , pada satu waktu dalam kesempurnaan dan pada waktu lain di masa sekarang. Marx, The Grundrisse (1857)

Pemisahan pekerjaan-pekerjaan umum dari negara, dan migrasinya ke dalam ranah pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh kapital itu sendiri, menunjukkan sejauh mana komunitas yang sebenarnya telah membentuk dirinya dalam bentuk kapital. Marx, The Grundrisse (1857)

Dalam produksi sosial dari keberadaan mereka, manusia mau tidak mau masuk ke dalam hubungan-hubungan tertentu, yang tidak bergantung pada kehendak mereka, yaitu hubungan-hubungan produksi yang sesuai dengan tahap tertentu dalam perkembangan kekuatan-kekuatan produksi material mereka. Totalitas hubungan-hubungan produksi ini merupakan struktur ekonomi masyarakat, fondasi yang nyata, yang di atasnya muncul suatu suprastruktur hukum dan politik dan yang dengannya bentuk-bentuk kesadaran sosial tertentu yang sesuai. Marx, Kata Pengantar Kritik Ekonomi Politik (1859)

Cara produksi kehidupan material mengkondisikan proses kehidupan sosial, politik dan intelektual secara umum. Bukan kesadaran manusia yang menentukan keberadaan mereka, tetapi sebaliknya, keberadaan sosial mereka yang menentukan kesadaran mereka . Marx, Kata Pengantar Kritik Ekonomi Politik (1859)

Pada tahap perkembangan tertentu, kekuatan produksi material masyarakat berkonflik dengan hubungan produksi yang ada atau – ini hanya mengungkapkan hal yang sama dalam istilah hukum – dengan hubungan properti di dalam kerangka di mana mereka telah beroperasi sampai sekarang. Dari bentuk-bentuk perkembangan tenaga-tenaga produktif hubungan-hubungan ini berubah menjadi belenggu-belenggunya. Kemudian dimulailah era revolusi sosial. Perubahan dalam fondasi ekonomi cepat atau lambat mengarah pada transformasi seluruh suprastruktur yang sangat besar. Marx, Kata Pengantar Kritik Ekonomi Politik (1859)

Dalam mempelajari transformasi semacam itu selalu perlu untuk membedakan antara transformasi material dari kondisi ekonomi produksi, yang dapat ditentukan dengan ketepatan ilmu pengetahuan alam, dan hukum, politik, agama, seni atau filosofis – singkatnya, bentuk-bentuk ideologis di dalamnya. dimana manusia menjadi sadar akan konflik ini dan melawannya. Marx, Kata Pengantar Kritik Ekonomi Politik (1859)

Tidak ada tatanan sosial yang pernah dihancurkan sebelum semua kekuatan produksi yang cukup untuk itu telah dikembangkan, dan hubungan-hubungan produksi baru yang lebih unggul tidak pernah menggantikan hubungan-hubungan yang lebih tua sebelum kondisi-kondisi material untuk keberadaannya telah matang dalam kerangka masyarakat lama. Dengan demikian, manusia secara tak terelakkan menetapkan dirinya hanya tugas-tugas yang dapat diselesaikannya, karena pemeriksaan lebih dekat akan selalu menunjukkan bahwa masalah itu sendiri muncul hanya ketika kondisi material untuk penyelesaiannya sudah ada atau setidaknya dalam proses pembentukan. Marx, Kata Pengantar Kritik Ekonomi Politik (1859)

Dalam setiap formasi sosial ada suatu cabang produksi tertentu yang menentukan posisi dan pentingnya semua yang lain, dan hubungan-hubungan yang diperoleh di cabang ini dengan demikian menentukan hubungan-hubungan semua cabang lainnya juga. Seolah-olah cahaya rona tertentu dilemparkan ke atas segalanya, mewarnai semua warna lain dan memodifikasi fitur spesifiknya. Marx, Kata Pengantar Kritik Ekonomi Politik (1859)

Saya telah mencoba untuk menghilangkan kesalahpahaman yang timbul dari kesan bahwa dengan ‘partai’ yang saya maksud adalah ‘Liga’ yang berakhir delapan tahun yang lalu, atau dewan redaksi yang dibubarkan dua belas tahun yang lalu. Yang saya maksud dengan partai adalah partai dalam pengertian sejarah yang luas. Marx, Surat kepada Freiligrath, 29 Februari 1860 (1860)

Seorang filosof menghasilkan ide, seorang penyair puisi, seorang pendeta khotbah, seorang profesor compendia dan sebagainya. Seorang penjahat menghasilkan kejahatan. Jika kita melihat lebih dekat pada hubungan antara cabang produksi yang terakhir ini dan masyarakat secara keseluruhan, kita akan menyingkirkan banyak prasangka. Penjahat tidak hanya menghasilkan kejahatan tetapi juga hukum pidana, dan dengan ini juga profesor yang memberikan kuliah tentang hukum pidana dan di samping itu ringkasan yang tak terhindarkan di mana profesor yang sama ini melemparkan kuliahnya ke pasar umum sebagai “komoditas”. Marx, Teori Nilai Surplus (1861)

Semua ekonom berbagi kesalahan dalam memeriksa nilai-lebih tidak seperti itu, dalam bentuknya yang murni, tetapi dalam bentuk-bentuk tertentu dari laba dan sewa. Marx, Teori Nilai Surplus (1863)

Hanya filistin Jerman Anda yang berpikiran picik yang mengukur sejarah dunia dengan apa yang dia anggap sebagai ‘berita menarik’, yang dapat menganggap 20 tahun lebih dari satu hari di mana perkembangan besar semacam ini diperhatikan, meskipun ini mungkin terjadi. lagi-lagi digantikan oleh hari-hari di mana 20 tahun dipadatkan. Marx, Marx Kepada Engels (9 April 1863)

Saya rasa saya tidak akan dapat mengirimkan naskah jilid pertama ke Hamburg sebelum Oktober. … Saya tidak bisa pergi ke Jenewa. Saya menganggap bahwa apa yang saya lakukan melalui pekerjaan ini jauh lebih penting bagi kelas pekerja daripada apa pun yang dapat saya lakukan secara pribadi di Kongres mana pun. Marx, Surat untuk Kugelmann (1866)

Kekayaan masyarakat di mana cara produksi kapitalis berlaku, menampilkan dirinya sebagai “akumulasi komoditas yang sangat besar,” unitnya menjadi komoditas tunggal. Oleh karena itu, penyelidikan kita harus dimulai dengan analisis suatu komoditas. Marx, Kapital, Volume I, Bab Satu (1867)

Proporsi yang berbeda di mana jenis kerja yang berbeda direduksi menjadi kerja tidak terampil sebagai standar mereka, ditetapkan oleh proses sosial yang berlangsung di belakang punggung produsen, dan, akibatnya, tampaknya ditetapkan oleh kebiasaan. Marx, Kapital, Volume I, Bab Satu (1867)

Tenaga kerja adalah … bukan satu-satunya sumber kekayaan materi, yaitu nilai guna yang dihasilkannya. Seperti yang dikatakan William Petty, tenaga kerja adalah bapak kekayaan materi, bumi adalah ibunya. Marx, Kapital, Volume I, Bab Satu (1867)

Rahasia ekspresi nilai, yaitu, bahwa semua jenis kerja adalah sama dan setara, karena, dan sejauh mereka adalah kerja manusia pada umumnya, tidak dapat diuraikan, sampai gagasan tentang kesetaraan manusia telah memperoleh kepastian suatu prasangka populer. Namun, ini hanya mungkin dalam masyarakat di mana massa besar dari hasil kerja mengambil bentuk barang-dagangan, di mana, akibatnya, hubungan dominan antara manusia dan manusia, adalah hubungan pemilik barang-dagangan. Marx, Kapital, Volume I, Bab Satu (1867)

Komoditas tampak, pada pandangan pertama, hal yang sangat sepele, dan mudah dipahami. Analisisnya menunjukkan bahwa itu, pada kenyataannya, adalah hal yang sangat aneh, penuh dengan kehalusan metafisik dan kehalusan teologis. Marx, Kapital, Volume I, Bab Satu (1867)

keberadaan barang-dagangan qua, dan hubungan nilai antara produk-produk kerja yang mencapnya sebagai barang-dagangan, sama sekali tidak ada hubungannya dengan sifat-sifat fisiknya dan dengan hubungan-hubungan material yang timbul darinya. Di sana ada hubungan sosial yang pasti antara manusia, yang di mata mereka mengasumsikan bentuk fantastis dari hubungan antara hal-hal . … Ini saya sebut Fetishisme … komoditas. Marx, Kapital, Volume I, Bab Satu (1867)

Refleksi manusia tentang bentuk-bentuk kehidupan sosial, dan akibatnya, juga, analisis ilmiahnya tentang bentuk-bentuk itu, mengambil arah yang secara langsung berlawanan dengan perkembangan historis mereka yang sebenarnya. Dia memulai, post festum , dengan hasil proses pembangunan yang siap di hadapannya. Marx, Kapital, Volume I, Bab Satu (1867)

Kategori-kategori ekonomi borjuis terdiri dari bentuk-bentuk yang serupa. Mereka adalah bentuk-bentuk pemikiran yang mengungkapkan dengan validitas sosial kondisi dan hubungan dari cara produksi yang pasti dan ditentukan secara historis, yaitu produksi barang-dagangan. Seluruh misteri barang-dagangan, semua keajaiban dan necromancy yang mengelilingi produk-produk kerja selama mereka mengambil bentuk barang-dagangan, karena itu lenyap, begitu kita sampai pada bentuk-bentuk produksi lain. Marx, Kapital, Volume I, Bab Satu (1867)

Ekonomi Politik memang telah menganalisis, betapapun tidak lengkapnya, nilai dan besarnya, dan telah menemukan apa yang ada di balik bentuk-bentuk ini. Tetapi tidak pernah sekalipun mengajukan pertanyaan mengapa kerja diwakili oleh nilai produknya dan waktu-kerja diwakili oleh besarnya nilai itu. Formula-formula ini, yang mencantumkannya di atas mereka dalam huruf-huruf yang tidak salah lagi bahwa mereka termasuk dalam suatu keadaan masyarakat, di mana proses produksi menguasai manusia, bukannya dikendalikan olehnya, formula-formula seperti itu bagi intelek borjuis tampak sebagai banyak kebutuhan yang terbukti dengan sendirinya yang dipaksakan oleh Alam sebagai kerja produktif itu sendiri. Marx, Kapital, Volume I, Bab Satu (1867)

Hal ini dengan manusia seperti dengan komoditas. Karena dia datang ke dunia bukan dengan kaca di tangannya, atau sebagai seorang filsuf Fichtean, yang kepadanya ‘aku adalah aku’ sudah cukup, manusia pertama-tama melihat dan mengenali dirinya sendiri dalam diri manusia lain. Petrus hanya menetapkan identitasnya sendiri sebagai seorang pria dengan terlebih dahulu membandingkan dirinya dengan Paulus sebagai orang yang sejenis. Dan dengan demikian Paul, sebagaimana dia berdiri dalam kepribadian Pauline-nya, menjadi bagi Peter tipe genus homo . Marx, Kapital, Volume I, Bab Satu (1867)

Harga atau bentuk uang dari barang-dagangan, seperti bentuk nilainya pada umumnya, suatu bentuk yang sangat berbeda dari bentuk jasmaninya yang gamblang; oleh karena itu, ini adalah bentuk ideal atau mental murni Marx, Capital, Volume I, Chapter 3 (1867)

Masyarakat modern, yang, segera setelah kelahirannya, mencabut rambut kepalanya dari perut bumi, menyambut emas sebagai Cawan Sucinya, sebagai inkarnasi berkilauan dari prinsip hidupnya sendiri. Marx, Kapital, Volume I, Bab 3 (1867)

Sementara si kikir hanyalah seorang kapitalis yang menjadi gila, si kapitalis adalah seorang kikir yang rasional. Marx, Kapital, Volume I, Bab 4 (1867)

Kapital adalah uang: Kapital adalah komoditas. … Karena itu adalah nilai, ia telah memperoleh kualitas gaib untuk dapat menambah nilai pada dirinya sendiri. Ini menghasilkan keturunan yang hidup, atau, setidaknya, bertelur emas. Marx, Kapital, Volume I, Bab 4 (1867)

Kerja adalah, pertama-tama, sebuah proses di mana manusia dan Alam berpartisipasi, dan di mana manusia dengan kemauannya sendiri memulai, mengatur, dan mengendalikan reaksi material antara dirinya dan Alam. Dia menentang dirinya sendiri dengan Alam sebagai salah satu kekuatannya sendiri, …. Marx, Capital, Volume I, Chapter 7 (1867)

Sebagai kapitalis, dia hanya dipersonifikasikan sebagai kapital. Jiwanya adalah jiwa modal. Tetapi kapital memiliki satu dorongan hidup tunggal, kecenderungan untuk menciptakan nilai dan nilai-lebih, untuk membuat faktor konstannya, alat-alat produksi, menyerap kerja surplus sebanyak mungkin. Kapital adalah kerja mati, yang, seperti vampir, hanya hidup dengan menghisap kerja hidup, dan semakin hidup, semakin banyak kerja yang dihisapnya. Marx, Kapital, Volume I, Bab 10 (1867)

Kapital adalah kerja mati, yang, seperti vampir, hanya hidup dengan menghisap kerja hidup, dan semakin hidup, semakin banyak kerja yang dihisapnya. Waktu selama si pekerja bekerja, adalah waktu di mana si kapitalis mengkonsumsi tenaga-kerja yang telah dia beli darinya. Marx, Kapital, Volume I, Bab 10 (1867)

Di Amerika Serikat, setiap gerakan independen para pekerja dilumpuhkan selama perbudakan merusak sebagian dari Republik. Buruh tidak bisa membebaskan dirinya di kulit putih di mana di kulit hitam itu dicap. Marx, Kapital, Volume I, Bab 10 (1867)

Dalam setiap penipuan penimbunan, setiap orang tahu bahwa suatu saat kejatuhan pasti akan datang, tetapi setiap orang berharap bahwa itu akan menimpa kepala tetangganya, setelah dia sendiri menangkap pancuran emas dan meletakkannya di tempat yang aman. Aprs moi le déluge! adalah semboyan setiap kapitalis dan setiap negara kapitalis. Karenanya Kapital sembrono terhadap kesehatan atau panjang umur pekerja, kecuali di bawah paksaan dari masyarakat. Marx, Capital, Volume I, Bab 10 (1867)

mesin telah sangat meningkatkan jumlah pemalas yang kaya. Marx, Kapital, Volume I, Bab 15 (1867)

Oleh karena itu, produksi kapitalis mengembangkan teknologi, dan menggabungkan bersama-sama berbagai proses menjadi satu keseluruhan sosial, hanya dengan menyedot sumber-sumber asli dari semua kekayaan-tanah dan buruh. Marx, Kapital, Volume I, Bab 15 (1867)

seorang kepala sekolah adalah seorang buruh yang produktif ketika, selain bekerja dengan kepala ulamanya, ia bekerja seperti kuda untuk memperkaya pemilik sekolah. Bahwa yang terakhir telah meletakkan modalnya di pabrik pengajaran, bukan di pabrik sosis, tidak mengubah hubungan. Marx, Kapital, Volume I, Bab 16 (1867)

Pada dataran datar, gundukan sederhana terlihat seperti bukit; dan ketidakpedulian borjuasi saat ini harus diukur dengan ketinggian inteleknya yang agung.. Marx, Capital, Volume I, Chapter 16 (1867)

Yang berhadapan langsung dengan pemilik uang di pasar, sebenarnya bukanlah buruh, melainkan buruh. Apa yang terakhir dijual adalah tenaga kerjanya. Segera setelah pekerjaannya benar-benar dimulai, itu sudah berhenti menjadi miliknya; karena itu tidak bisa lagi dijual olehnya. Kerja adalah substansi, dan ukuran nilai yang tetap, tetapi ia sendiri tidak memiliki nilai. … Bahwa dalam penampilan mereka hal-hal sering mewakili diri mereka sendiri dalam bentuk terbalik cukup terkenal di setiap ilmu kecuali Ekonomi Politik Marx, Capital, Volume I, Bab 19 (1867)

Kenaikan harga kerja, sebagai akibat dari akumulasi kapital, pada kenyataannya hanya berarti bahwa panjang dan berat rantai emas yang telah ditempa oleh pekerja-upahan untuk dirinya sendiri, memungkinkan terjadinya relaksasi ketegangannya. . Marx, Kapital, Volume I, Bab 25 (1867)

Akumulasi primitif kapital, yaitu asal-usul historisnya, diselesaikan menjadi apa? … pembubaran milik pribadi berdasarkan kerja pemiliknya. Marx, Kapital, Volume I, Bab 32 (1867)

Sentralisasi alat-alat produksi dan sosialisasi kerja akhirnya mencapai titik di mana mereka menjadi tidak sesuai dengan integumen kapitalis mereka. Dengan demikian integumen pecah. Lonceng kepemilikan pribadi kapitalis berbunyi.
Para ekspropriator diambil alih . Karl Marx, Kapital, Volume I, Bab 32 (1867)

di sini individu hanya dibahas sejauh mereka merupakan personifikasi dari kategori ekonomi, perwujudan dari hubungan kelas tertentu dan kepentingan kelas. Sudut pandang saya, dari mana evolusi pembentukan ekonomi masyarakat dipandang sebagai proses sejarah alam, tidak dapat membuat individu bertanggung jawab atas hubungan yang makhluk sosialnya tetap ada, betapapun ia mungkin secara subyektif mengangkat dirinya di atas mereka. Karl Marx, Kata Pengantar Edisi Pertama Kapital Jerman (1867)

Negara yang lebih maju secara industri hanya menunjukkan, kepada yang kurang berkembang, citra masa depannya sendiri. Marx, Kata Pengantar Edisi Pertama Kapital Jerman (1867)

Apakah istri Anda juga aktif dalam kampanye emansipasi wanita Jerman yang hebat? Saya pikir wanita Jerman harus mulai dengan mengarahkan suami mereka ke emansipasi diri. Marx, Surat untuk Kugelmann (1868)

Setiap orang yang mengetahui apa pun tentang sejarah juga tahu bahwa revolusi sosial yang besar tidak mungkin terjadi tanpa fermentasi feminin. Kemajuan sosial dapat diukur secara tepat dengan posisi sosial dari jenis kelamin yang adil (termasuk yang biasa). Karl Marx, Surat untuk Kugelmann (1868)

Inggris memiliki semua prasyarat material yang diperlukan untuk revolusi sosial. Yang kurang dari mereka adalah semangat generalisasi dan semangat revolusioner. Hanya Dewan Umum [Internasional] yang dapat memberikan ini kepada mereka, dan dengan demikian mempercepat gerakan yang benar-benar revolusioner di sini dan, sebagai akibatnya, di mana-mana . Marx, Komunikasi Rahasia tentang Bakunin (1870)

Tetapi kelas pekerja tidak bisa begitu saja menguasai mesin negara yang sudah jadi, dan menggunakannya untuk tujuannya sendiri. Karl Marx, Komune Paris (1871)

Alih-alih memutuskan sekali dalam tiga atau enam tahun anggota kelas penguasa mana yang salah mewakili rakyat di Parlemen, hak pilih universal adalah untuk melayani rakyat, …. Marx, Komune Paris (1871)

Dalam bahasa Jerman: ‘Statt einmal in drei oder sechs Jahren zu entscheiden, welches Mitglied der herrschenden Klasse das Volk im Parlament ver- und zertreten soll … Terjemahan bahasa Jerman Engels (1891)

Secara umum, nasib ciptaan-ciptaan sejarah yang benar-benar baru disalahartikan sebagai bentuk-bentuk kehidupan sosial yang lebih tua, dan bahkan sudah mati, yang mungkin memiliki kemiripan tertentu dengan mereka Karl Marx, Komune Paris (1871)

Sebuah revolusi tentu saja merupakan hal yang paling otoriter; itu adalah tindakan dimana satu bagian dari populasi memaksakan kehendaknya pada bagian lain dengan menggunakan senapan, bayonet dan meriam — cara otoriter, jika memang ada; dan jika pihak yang menang tidak ingin berjuang dengan sia-sia, ia harus mempertahankan aturan ini melalui teror yang diilhami oleh senjatanya kepada kaum reaksionis. Apakah Komune Paris akan bertahan satu hari jika tidak menggunakan otoritas rakyat bersenjata ini untuk melawan borjuis? Bukankah seharusnya kita, sebaliknya, mencelanya karena tidak menggunakannya dengan cukup bebas? Engels, Tentang Otoritas, (1872)

Tentu saja cara penyajiannya harus berbeda dalam bentuk dengan inkuiri. Yang terakhir harus menyesuaikan materi secara rinci, untuk menganalisis berbagai bentuk perkembangannya, untuk melacak hubungan batin mereka. Hanya setelah pekerjaan ini selesai, gerakan yang sebenarnya dapat dijelaskan secara memadai. Jika ini berhasil dilakukan, jika kehidupan materi pelajaran secara ideal direfleksikan seperti dalam cermin, maka hal itu mungkin tampak seolah-olah kita memiliki konstruksi apriori belaka di hadapan kita. Marx, Penutup Kapital Edisi Jerman Kedua (1873)

Metode dialektika saya tidak hanya berbeda dari Hegelian, tetapi juga kebalikannya. …. Dengan dia itu berdiri di atas kepalanya. Itu harus diputar ke kanan lagi, jika Anda ingin menemukan inti rasional di dalam cangkang mistik. Marx, Penutup Kapital Edisi Jerman Kedua (1873)

Ekonomi Politik dapat tetap menjadi ilmu pengetahuan hanya selama perjuangan kelas bersifat laten atau memanifestasikan dirinya hanya dalam fenomena yang terisolasi dan sporadis. … Di Prancis dan di Inggris kaum borjuasi telah menaklukkan kekuasaan politik. Sejak saat itu, perjuangan kelas, baik secara praktis maupun teoretis, mengambil bentuk yang semakin blak-blakan dan mengancam. Itu membunyikan lonceng ekonomi borjuis ilmiah. Sejak saat itu tidak lagi menjadi pertanyaan, apakah teorema ini atau itu benar, tetapi apakah itu berguna untuk modal atau berbahaya, bijaksana atau tidak, berbahaya secara politik atau tidak. Di tempat penanya yang tidak tertarik, ada pejuang hadiah yang disewa; di tempat penelitian ilmiah yang asli, hati nurani yang buruk dan niat jahat dari permintaan maaf. Karl Marx, Penutup Kapital Edisi Jerman Kedua (1873)

Tentu saja cara penyajiannya harus berbeda dalam bentuk dengan inkuiri. Yang terakhir harus menyesuaikan materi secara rinci, untuk menganalisis berbagai bentuk perkembangannya, untuk melacak hubungan batin mereka. Hanya setelah pekerjaan ini selesai, gerakan yang sebenarnya dapat dijelaskan secara memadai. Jika ini berhasil dilakukan, jika kehidupan materi pelajaran secara ideal direfleksikan seperti dalam cermin, maka hal itu mungkin tampak seolah-olah kita memiliki konstruksi apriori belaka di hadapan kita. Karl Marx, Penutup Kapital Edisi Jerman Kedua (1873)

Borjuasi adalah prasyarat bagi revolusi sosialis seperti halnya proletariat itu sendiri. Karl Marx, Tentang Hubungan Sosial di Rusia (1874)

… cacat tidak dapat dielakkan dalam fase pertama masyarakat komunis seperti ketika baru saja muncul setelah penderitaan kelahiran yang berkepanjangan dari masyarakat kapitalis. Hak tidak pernah bisa lebih tinggi dari struktur ekonomi masyarakat dan perkembangan budayanya dikondisikan karenanya . Karl Marx, Kritik Program Gotha (1875)

Dalam fase yang lebih tinggi dari masyarakat komunis, … — hanya dengan demikian cakrawala sempit hak borjuis dapat dilintasi secara keseluruhan dan masyarakat menuliskan pada panji-panjinya: Dari masing-masing sesuai dengan kemampuannya, untuk masing-masing sesuai dengan kebutuhannya! Karl Marx, Kritik Program Gotha (1875)

Jelas dengan sendirinya bahwa, untuk dapat berjuang sama sekali, kelas pekerja harus mengorganisir dirinya sendiri di dalam negeri sebagai sebuah kelas dan bahwa negaranya sendiri adalah arena langsung perjuangannya – sejauh perjuangan kelasnya bersifat nasional, bukan di substansi, tetapi, seperti yang dikatakan Manifesto Komunis , ‘dalam bentuk’. Karl Marx, Kritik Program Gotha (1875)

Antara masyarakat kapitalis dan komunis terdapat periode transformasi revolusioner dari yang satu ke yang lain. Sejalan dengan ini juga merupakan masa transisi politik di mana negara tidak lain adalah kediktatoran revolusioner proletariat . Karl Marx, Kritik Program Gotha (1875)

Setiap langkah gerakan nyata lebih penting daripada selusin program. Karl Marx, Surat untuk Bracke (1875)

Seluruh teori Darwinian tentang perjuangan untuk eksistensi hanyalah pemindahan dari masyarakat ke sifat hidup teori Hobbes tentang perang setiap orang melawan setiap orang dan teori persaingan ekonomi borjuis, bersama dengan teori populasi Malthus. Prestasi ini telah dicapai – (seperti yang ditunjukkan di bawah (1) Saya membantah pembenarannya yang tidak memenuhi syarat, terutama di mana teori Malthusian terkait) – teori yang sama selanjutnya ditransfer kembali dari alam organik ke sejarah dan validitasnya sebagai hukum abadi masyarakat manusia dinyatakan telah terbukti.. Karl Marx, Engels ke Lavrov (1875)

Namun, janganlah kita terlalu menyanjung diri sendiri karena kemenangan manusiawi kita atas alam. Untuk setiap kemenangan seperti itu, alam membalas dendam pada kita. Setiap kemenangan, memang benar, di tempat pertama membawa hasil yang kami harapkan, tetapi di tempat kedua dan ketiga memiliki efek yang sangat berbeda, tak terduga yang hanya terlalu sering membatalkan yang pertama. Orang-orang yang, di Mesopotamia, Yunani, Asia Kecil dan di tempat lain, menghancurkan hutan untuk mendapatkan tanah yang dapat ditanami, tidak pernah bermimpi bahwa dengan membuang bersama dengan hutan pusat pengumpulan dan reservoir kelembaban, mereka meletakkan dasar bagi keadaan menyedihkan mereka saat ini. negara. Ketika orang-orang Italia di Pegunungan Alpen menggunakan hutan pinus di lereng selatan, yang sangat disayangi di lereng utara, mereka tidak memiliki firasat bahwa dengan melakukan itu mereka memotong akar industri susu di wilayah mereka; mereka masih kurang firasat bahwa dengan demikian mereka menghilangkan mata air pegunungan mereka untuk sebagian besar tahun, dan memungkinkan mereka untuk menuangkan lebih banyak lagi aliran deras di dataran selama musim hujan. Mereka yang menyebarkan kentang di Eropa tidak menyadari bahwa dengan umbi-umbian ini mereka juga menyebarkan skrofula. Jadi pada setiap langkah kita diingatkan bahwa kita sama sekali tidak menguasai alam seperti seorang penakluk atas orang asing, seperti seseorang yang berdiri di luar alam – tetapi bahwa kita, dengan daging, darah dan otak, adalah milik alam, dan ada di tengah-tengahnya, Engels, Peran yang Dimainkan oleh Buruh dalam Transisi dari Kera ke Manusia (1876)

Tenaga kerja adalah sumber dari semua kekayaan, para ekonom politik menegaskan. Dan itu benar-benar sumbernya — di samping alam, yang memasoknya dengan materi yang diubahnya menjadi kekayaan. Tapi itu bahkan jauh lebih dari ini. Ini adalah kondisi dasar utama untuk semua keberadaan manusia, dan ini sedemikian rupa sehingga, dalam arti tertentu, kita harus mengatakan bahwa kerja menciptakan manusia itu sendiri . Engels, Peran yang Dimainkan oleh Buruh dalam Transisi dari Kera ke Manusia (1876)

Ketika kita mempertimbangkan dan merenungkan alam pada umumnya atau sejarah umat manusia atau aktivitas intelektual kita sendiri, pertama-tama kita melihat gambaran tentang keterjeratan hubungan dan reaksi yang tak berujung di mana tidak ada yang tersisa apa, di mana dan sebagaimana adanya, tetapi semuanya bergerak, berubah, menjadi ada dan lenyap. Konsepsi dunia yang primitif, naif, tetapi secara intrinsik benar ini adalah filsafat Yunani kuno, dan pertama kali dirumuskan dengan jelas oleh Heraclitus: segala sesuatu ada dan tidak ada, karena segala sesuatunya cair, terus berubah, terus-menerus muncul dan lenyap.

Tetapi konsepsi ini, dengan tepat karena mengungkapkan karakter umum dari gambaran penampakan secara keseluruhan, tidak cukup untuk menjelaskan detail dari mana gambar ini dibuat, dan selama kita tidak memahaminya, kita tidak memiliki gambaran yang jelas. ide dari keseluruhan gambar. Untuk memahami perincian ini, kita harus melepaskannya dari hubungan alami atau historisnya dan memeriksa masing-masing secara terpisah, sifatnya, sebab khusus, akibat, dll. Engels, Anti-Dühring (1877)

Hanya akal sehat yang masuk akal, orang terhormat bahwa dia, di alam sederhana dari empat dindingnya sendiri, memiliki petualangan yang sangat indah secara langsung dia menjelajah ke dunia penelitian yang luas. Engels, Anti-Dühring (1877)

Alam adalah bukti dialektika, dan harus dikatakan untuk ilmu pengetahuan modern bahwa ia telah melengkapi bukti ini dengan bahan-bahan yang sangat kaya yang meningkat setiap hari. Engels, Anti-Dühring (1877)

semua sejarah masa lalu adalah sejarah perjuangan kelas; bahwa kelas-kelas masyarakat yang bertikai ini selalu merupakan produk dari cara-cara produksi dan pertukaran. Engels, Anti-Dühring (1877)

prinsip bukanlah titik awal penyelidikan, tetapi hasil akhirnya; mereka tidak diterapkan pada alam dan sejarah manusia, tetapi disarikan darinya, bukan alam dan alam manusia yang sesuai dengan prinsip-prinsip ini, tetapi prinsip-prinsip itu hanya berlaku sejauh mereka sesuai dengan alam dan sejarah. Itulah satu-satunya konsepsi materialis tentang masalah ini. Engels, Anti-Dühring (1877)

Kebebasan tidak terdiri dari mimpi-kemerdekaan dari hukum alam, tetapi dalam pengetahuan tentang hukum-hukum ini, dan dalam kemungkinan ini memberikan secara sistematis membuat mereka bekerja menuju tujuan yang pasti. Engels, Anti-Dühring (1877)

Gagasan bahwa tindakan politik, pertunjukan besar negara, sangat menentukan dalam sejarah sama tuanya dengan sejarah tertulis itu sendiri, dan merupakan alasan utama mengapa begitu sedikit materi yang telah dilestarikan bagi kita sehubungan dengan evolusi yang benar-benar progresif dari orang-orang yang telah mengambil tempatkan dengan tenang, di latar belakang, di belakang adegan bising ini di atas panggung. Engels, Teori Kekuatan (1877)

Tak satu pun dari kami yang peduli dengan popularitas. Izinkan saya mengutip satu buktinya: begitulah keengganan saya terhadap kultus kepribadian sehingga pada saat Internasional, ketika diganggu oleh banyak gerakan – yang berasal dari berbagai negara – untuk memberi saya kehormatan publik, saya tidak pernah mengizinkan salah satu dari ini masuk domain publisitas, saya juga tidak pernah membalas mereka, kecuali dengan penghinaan sesekali. Ketika Engels dan saya pertama kali bergabung dengan perkumpulan rahasia komunis, kami melakukannya hanya dengan syarat bahwa segala sesuatu yang mendukung kepercayaan takhayul pada otoritas dihilangkan dari Aturan. Karl Marx, Surat untuk Blos (1877)

Menjadi sama pentingnya untuk membawa bidang pengetahuan individu ke dalam hubungan yang benar satu sama lain. Dalam melakukannya, bagaimanapun, ilmu alam memasuki bidang teori dan di sini metode empirisme tidak akan bekerja, di sini hanya pemikiran teoretis yang dapat membantu. Tetapi pemikiran teoretis adalah kualitas bawaan hanya dalam hal kapasitas alami. Kemampuan alami ini harus dikembangkan, ditingkatkan, dan untuk peningkatannya belum ada cara lain selain mempelajari filsafat sebelumnya. Engels, Tentang Dialektika (1878)

Dialektika merupakan bentuk pemikiran yang paling penting bagi ilmu pengetahuan alam masa kini, karena ia sendiri menawarkan analogi, dan dengan demikian metode untuk menjelaskan, proses evolusi yang terjadi di alam, interkoneksi secara umum, dan transisi dari satu bidang penyelidikan. ke yang lainnya. Engels, Tentang Dialektika (1878)

Orang Yunani belum cukup maju untuk membedah, menganalisis alam — alam masih dipandang secara keseluruhan, secara umum. Hubungan universal fenomena alam tidak terbukti dalam hal tertentu; bagi orang Yunani itu adalah hasil dari perenungan langsung. Di sinilah letak kekurangan filsafat Yunani, … Tetapi di sinilah letak keunggulannya atas semua lawan metafisik berikutnya. Jika dalam hal metafisika Yunani benar secara khusus, dalam hal metafisika orang Yunani secara umum benar. Engels, Tentang Dialektika (1878)

Selama hampir 40 tahun kami telah mengangkat gagasan perjuangan kelas sebagai kekuatan pendorong langsung sejarah, dan khususnya perjuangan kelas antara borjuis dan proletariat sebagai tuas besar revolusi sosial modern; … Pada pendirian Internasional, kami dengan tegas merumuskan seruan perang: Emansipasi kelas pekerja harus menjadi pekerjaan kelas pekerja itu sendiri . Karl Marx dan Engels, Strategi dan Taktik Perjuangan Kelas (1879)

Alam adalah bukti dialektika, dan harus dikatakan untuk ilmu pengetahuan modern bahwa ia telah melengkapi bukti ini dengan bahan-bahan yang sangat kaya semakin hari, dan dengan demikian telah menunjukkan, pada upaya terakhir, Alam bekerja secara dialektis dan bukan secara metafisik; bahwa dia tidak bergerak dalam kesatuan abadi dari lingkaran yang terus berulang, tetapi melalui evolusi sejarah yang nyata. Engels, Sosialisme: Utopian & Ilmiah (1880)

Konsepsi materialis tentang sejarah dimulai dari proposisi bahwa produksi alat-alat untuk mendukung kehidupan manusia dan, di samping produksi, pertukaran barang-barang yang dihasilkan, adalah dasar dari semua struktur sosial; bahwa dalam setiap masyarakat yang muncul dalam sejarah, cara kekayaan didistribusikan dan masyarakat dibagi ke dalam kelas-kelas atau tatanan bergantung pada apa yang diproduksi, bagaimana ia diproduksi, dan bagaimana produk-produk tersebut dipertukarkan. Dari sudut pandang ini, penyebab akhir dari semua perubahan sosial dan revolusi politik harus dicari, bukan pada otak manusia, bukan pada pemahaman manusia yang lebih baik tentang kebenaran dan keadilan abadi, tetapi pada perubahan cara produksi dan pertukaran. Engels, Sosialisme: Utopian & Ilmiah (1880)

Untuk menyelamatkan komune Rusia, diperlukan revolusi Rusia. Karl Marx, Surat Untuk Vera Zasulich (1881)

Sejarah kemunduran komunitas primitif (akan keliru menempatkan mereka semua pada level yang sama; seperti dalam formasi geologis, bentuk-bentuk historis ini mengandung seluruh rangkaian tipe primer, sekunder, tersier, dll.) masih harus tertulis. Semua yang telah kita lihat sejauh ini adalah beberapa garis besar yang agak sedikit. Tetapi bagaimanapun juga, penelitian telah berkembang cukup jauh untuk menetapkan bahwa: (1) vitalitas komunitas primitif jauh lebih besar daripada vitalitas masyarakat Semit, Yunani, Romawi, dll., dan, a fortiori , masyarakat kapitalis modern; (2) penyebab kemerosotan mereka berasal dari fakta ekonomi yang mencegah mereka melewati tahap perkembangan tertentu. Engels, Letter To Vera Zasulich (1881)

Kita tidak hanya dapat mengelola dengan sangat baik tanpa campur tangan kelas kapitalis dalam industri-industri besar negeri ini, tetapi campur tangan mereka menjadi semakin mengganggu. Engels, Kelas Sosial – Perlu dan Berlebihan (1881)

Saya tidak melanjutkan dari “konsep”, karenanya tidak juga dari “konsep nilai”, dan karena itu sama sekali tidak peduli untuk “membagi” itu. Apa yang saya lanjutkan dari adalah bentuk sosial paling sederhana di mana produk kerja menampilkan dirinya dalam masyarakat kontemporer, dan ini adalah ” komoditas .” Ini saya analisis, awalnya dalam bentuk yang muncul . Karl Marx, Catatan tentang “Lehrbuch der politischen konomie” karya Adolph Wagner (1881)

Apa yang dikenal sebagai ‘Marxisme’ di Prancis, memang, merupakan produk yang sama sekali aneh — sedemikian rupa sehingga Marx pernah berkata kepada Lafargue: ‘ Ce qu’il ya de tertentu c’est que moi, je ne suis pas Marxiste .’ [Jika ada yang pasti, itu adalah bahwa saya sendiri bukan seorang Marxis] Engels, Surat kepada Eduard Bernstein (1882)

Sama seperti Darwin menemukan hukum perkembangan atau alam organik, demikian pula Marx menemukan hukum perkembangan sejarah manusia: fakta sederhana, yang sampai sekarang disembunyikan oleh pertumbuhan ideologi yang berlebihan, bahwa umat manusia pertama-tama harus makan, minum, memiliki tempat tinggal dan pakaian, sebelum dapat mengejar politik, sains, seni, agama, dll.; bahwa oleh karena itu produksi alat-alat material langsung, dan akibatnya tingkat perkembangan ekonomi yang dicapai oleh orang-orang tertentu atau selama suatu zaman tertentu, membentuk fondasi di mana lembaga-lembaga negara, konsep-konsep hukum, seni, dan bahkan ide-ide tentang agama, orang-orang yang bersangkutan telah berevolusi, dan oleh karena itu mereka harus dijelaskan, bukan sebaliknya, seperti yang terjadi sampai sekarang. Engels, Pidato di Kuburan Karl Marx (1883)

Justru perubahan alam oleh manusia, bukan hanya alam seperti itu, yang merupakan dasar pemikiran manusia yang paling esensial dan langsung. Engels, Dialektika Alam (1883)

Oleh karena itu, dari sejarah alam dan masyarakat manusia hukum-hukum dialektika diabstraksikan. Karena mereka tidak lain adalah hukum paling umum dari dua aspek perkembangan sejarah ini, serta pemikiran itu sendiri.
Dan memang mereka dapat direduksi menjadi tiga yang utama:
Hukum transformasi kuantitas menjadi kualitas dan sebaliknya;
Hukum interpenetrasi yang berlawanan;
Hukum negasi dari negasi. Engels, Dialektika Alam (1883)

Akan tetapi, setiap kapital individu membentuk, tetapi suatu fraksi individual, suatu fraksi yang diberkahi dengan kehidupan individual, seolah-olah, dari kapital sosial agregat, sama seperti setiap kapitalis individual hanyalah sebuah elemen individual dari kelas kapitalis. Karl Marx, Kapital Volume II (1885)

Marx-lah yang pertama kali menemukan hukum gerak sejarah yang hebat, hukum yang menurutnya semua perjuangan sejarah, baik yang berlangsung dalam ranah politik, agama, filosofis atau ideologis lainnya, pada kenyataannya hanyalah ekspresi yang kurang lebih jelas. perjuangan kelas-kelas sosial, dan bahwa keberadaan dan dengan demikian juga benturan-benturan antara kelas-kelas ini pada gilirannya dikondisikan oleh tingkat perkembangan posisi ekonomi mereka, oleh cara produksi mereka dan pertukaran mereka ditentukan olehnya. Hukum ini, yang memiliki signifikansi yang sama bagi sejarah seperti hukum transformasi energi bagi ilmu pengetahuan alam. Engels, Kata Pengantar Brumaire Kedelapan Belas dari Louis Bonaparte (1885)

Fakta-fakta ekonomi, yang sejauh ini tidak memainkan peran atau hanya satu yang hina dalam penulisan sejarah, setidaknya di dunia modern, merupakan kekuatan sejarah yang menentukan; bahwa mereka membentuk dasar dari asal mula antagonisme kelas masa kini; bahwa antagonisme kelas ini, di negara-negara di mana mereka telah berkembang sepenuhnya, berkat industri skala besar, karenanya terutama di Inggris, pada gilirannya menjadi dasar pembentukan partai politik dan perjuangan partai, dan dengan demikian dari semua sejarah politik . Marx tidak hanya sampai pada pandangan yang sama, tetapi sudah, dalam Deutsche-Französische Jahrbücher (1844), menggeneralisasikannya sehingga, secara umum, bukanlah negara yang mengkondisikan dan mengatur masyarakat sipil sama sekali, tetapi masyarakat sipil yang mengkondisikan dan mengatur negara, dan, akibatnya, kebijakan dan sejarahnya harus dijelaskan dari hubungan ekonomi dan perkembangannya, dan bukan sebaliknya. Engels, Tentang Sejarah Liga Komunis (1885)

Komunisme sekarang tidak lagi berarti racikan, melalui imajinasi, masyarakat ideal yang sesempurna mungkin, tetapi wawasan tentang sifat, kondisi, dan tujuan umum dari perjuangan yang dilakukan oleh proletariat. Engels, Tentang Sejarah Liga Komunis (1885)

Doktrin Hegel, secara keseluruhan, meninggalkan banyak ruang untuk memberikan perlindungan bagi pandangan partai praktis yang paling beragam. Dan di Jerman teoretis pada waktu itu, dua hal di atas segalanya adalah praktis: agama dan politik. Siapapun yang menempatkan penekanan utama pada sistem Hegelian bisa menjadi cukup konservatif di kedua bidang; siapa pun yang menganggap metode dialektika sebagai hal utama dapat menjadi oposisi paling ekstrem, baik dalam politik maupun agama. Engels, Ludwig Feuerbach & Akhir Filsafat Jerman Klasik (1886)

Pertanyaan mendasar yang besar dari semua filsafat, terutama filsafat yang lebih baru, adalah tentang hubungan pemikiran dan keberadaan. …
Jawaban yang diberikan para filsuf untuk pertanyaan ini membagi mereka menjadi dua kubu besar. Mereka yang menegaskan keunggulan roh terhadap alam dan, oleh karena itu, dalam contoh terakhir, mengasumsikan penciptaan dunia dalam beberapa bentuk atau lainnya — dan di antara para filsuf, Hegel, misalnya, penciptaan ini sering kali menjadi lebih rumit dan tidak mungkin daripada dalam Kekristenan — terdiri dari kubu idealisme . Yang lain, yang menganggap alam sebagai yang utama, termasuk dalam berbagai aliran materialisme . Engels, Ludwig Feuerbach & Akhir Filsafat Jerman Klasik (1886)

Apa yang diinginkan terjadi tetapi jarang; dalam kebanyakan kasus, banyak tujuan yang diinginkan bersilangan dan bertentangan satu sama lain, atau tujuan-tujuan ini sendiri sejak awal tidak mampu direalisasikan, atau sarana untuk mencapainya tidak mencukupi. dengan demikian konflik kehendak individu yang tak terhitung banyaknya dan tindakan individu dalam domain sejarah menghasilkan keadaan yang sepenuhnya analog dengan yang berlaku di alam alam bawah sadar. Engels, Ludwig Feuerbach & Akhir Filsafat Jerman Klasik (1886)

Satu-satunya perang yang tersisa bagi Prusia-Jerman untuk dilancarkan adalah perang dunia, perang dunia, apalagi kekerasan yang sampai sekarang tidak terbayangkan. Delapan sampai sepuluh juta tentara akan saling menyerang dan dalam prosesnya mereka akan menelanjangi Eropa lebih dari segerombolan belalang. Penghancuran Perang Tahunan dipadatkan menjadi tiga sampai empat tahun dan meluas ke seluruh benua; kelaparan, penyakit, penyimpangan universal ke dalam barbarisme. Engels, Pengantar Borkheim (1887)

Menurut konsepsi materialis tentang sejarah, elemen yang paling menentukan dalam sejarah adalah produksi dan reproduksi kehidupan nyata. Selain ini baik Marx maupun saya tidak pernah menegaskan. Karenanya, jika seseorang memutarbalikkan ini dengan mengatakan bahwa elemen ekonomi adalah satu – satunya yang menentukan, ia mengubah proposisi itu menjadi frasa yang tidak berarti, abstrak, dan tidak masuk akal. Engels, Surat untuk J Bloch (1890)

Menurut saya, apa yang disebut ‘masyarakat sosialis’ bukanlah sesuatu yang tidak dapat diubah. Seperti semua formasi sosial lainnya, ia harus dipahami dalam keadaan yang terus berubah dan berubah. Perbedaan krusial dari tatanan sekarang secara alami terdiri dari produksi yang diorganisir atas dasar kepemilikan bersama oleh bangsa atas semua alat produksi. Untuk memulai reorganisasi ini besok, tetapi melakukannya secara bertahap, menurut saya cukup layak. Bahwa para pekerja kita mampu melakukannya dibuktikan oleh banyak koperasi produsen dan konsumen mereka yang, kapan pun mereka tidak sengaja dirusak oleh polisi, sama-sama dijalankan dengan baik dan jauh lebih jujur ​​daripada perusahaan-perusahaan saham borjuis. Engels, Surat untuk Otto Von Boenigk (1890)

Hari ketika kita menjadi mayoritas, apa yang dilakukan tentara Prancis secara naluriah untuk tidak menembaki rakyat akan terulang di negara kita secara sadar. Ya, apa pun yang dikatakan borjuis yang ketakutan, kita dapat menghitung saat ketika mayoritas rakyat kita akan berada di belakang kita; ide-ide kami membuat kemajuan di mana-mana, baik di kalangan guru, dokter, pengacara, dll. maupun di antara para pekerja. Jika kita harus mulai menggunakan kekuatan besok, kita harus membutuhkan insinyur, ahli kimia, ahli agronomi. Yah, itu adalah keyakinan saya bahwa kita akan memiliki banyak dari mereka di belakang kita. Dalam lima atau sepuluh tahun kita akan memiliki lebih banyak dari yang kita butuhkan. Engels, Wawancara dengan Le Figaro (1893)

Semua ilmu pengetahuan akan menjadi berlebihan jika penampilan luar dan esensi hal-hal secara langsung bertepatan. Marx, diterbitkan oleh Engels Capital, Volume III (1894)

Sama seperti orang biadab harus bergulat dengan Alam untuk memuaskan keinginannya, untuk mempertahankan dan mereproduksi kehidupan, demikian pula manusia yang beradab, dan ia harus melakukannya dalam semua formasi sosial dan di bawah semua cara produksi yang mungkin. Dengan perkembangannya, ranah kebutuhan fisik ini berkembang sebagai akibat dari keinginannya; tetapi, pada saat yang sama, kekuatan-kekuatan produksi yang memuaskan keinginan-keinginan ini juga meningkat. Kebebasan di bidang ini hanya dapat terdiri dari manusia yang disosialisasikan, para produsen yang terkait, secara rasional mengatur pertukaran mereka dengan Alam, membawanya di bawah kendali bersama mereka, alih-alih diperintah olehnya sebagai kekuatan buta Alam; dan mencapai ini dengan pengeluaran energi paling sedikit dan dalam kondisi yang paling menguntungkan, dan layak untuk, sifat manusia mereka. Tapi tetap saja itu tetap menjadi ranah kebutuhan. Di luar itu dimulai perkembangan energi manusia yang merupakan tujuan itu sendiri, alam kebebasan sejati, yang, bagaimanapun, dapat berkembang hanya dengan alam kebutuhan ini sebagai dasarnya. Memperpendek hari kerja adalah prasyarat dasarnya. Marx, diterbitkan oleh Engels Capital, Volume III (1894)

Apa yang kita pahami dengan kondisi ekonomi yang kita anggap sebagai dasar penentu sejarah masyarakat adalah metode yang dengannya manusia dalam masyarakat tertentu menghasilkan alat penghidupan mereka dan menukar produk di antara mereka sendiri (sejauh ada pembagian kerja. ). Jadi seluruh teknik produksi dan transportasi di sini disertakan. Menurut konsepsi kami, teknik ini juga menentukan metode pertukaran dan, lebih lanjut, pembagian produk, … Engels, Letter to Starkenburg (1894)