Software Desain Rumah

7 Software Desain Rumah Terbaik Tahun 2022

Pada kesempatan kali ini Matob akan berbagi informasi mengenai Software Desain Rumah yang mungkin dapat bermanfaat bagi anda jika seorang arsitek ataupun jika anda sedang ingin membangun rumah.

Apakah anda sedang merencanakan pembangunan rumah, dapur ataupun kamar mandi baru? atau juga mungkin menata taman? maka anda perlu rencana untuk memulai proyek renovasi rumah. Anda bisa melakukan renovasi rumah sendiri maupun dengan menggunakan profesional seperti arsitek. Jika anda ingin membuat desain rumah sendiri ada banyak software desain rumah yang bisa anda gunakan dan banyak tersedia, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis.

Daftar 7 Aplikasi Untuk Desain Rumah Terbaik

Kita melihat lebih dari 15 opsi software desain rumah untuk mendapatkan 7 aplikasi desain rumah terbaik. Dalam memilih yang terbaik, kami mempertimbangkan lebih dari sekedar biaya. Kami ingin memastikan opsi mudah digunakan, memiliki rendering realistis, dan dapat mengambil ruang nyata, menambahkan gambar yang diunggah, dan membuat desain yang nyata. Berikut ini adalah 7 software desain rumah terbaik yang sudah kami rangkum untuk anda.

1. SketchUp Pro

software desain rumah

Aplikasi Desain Rumah pertama yaitu SketchUp Pro. SketchUp Pro dilengkapi dengan rangkaian fitur yang luas, alat pemodelan 3D canggih, dan forum online yang memiliki segalanya mulai dari tutorial hingga diskusi, SketchUp Pro tidak diragukan lagi merupakan Software desain rumah terbaik saat ini.

SketchUp Pro memungkinkan anda dengan mudah merancang model rumah 3D yang sangat akurat. anda dapat dengan mudah memilih dari salah satu dari banyak template yang dimuat sebelumnya, pilih tampilan dan anda sudah siap untuk mendesainnya. Selain model 3D, anda juga dapat membuat denah, elevasi, detail, blok dan banyak lagi dengan menggunakan tools “LayOut”. SketchUp Pro juga bagus untuk membuat dokumen presentasi, mendukung semuanya mulai dari menggambar hingga ilustrasi vektor. Program ini memudahkan untuk mengubah model menjadi walkthrough animasi dan jalan layang yang jelas setiap detailnya.

Anda juga dapat menambahkan elemen seperti garis, tekstur, dan bayangan ke dokumen 2D. Lalu ada tools dimension, yang menempel ke tepi model dan memungkinkan anda mengatur format, skala, dan tingkat presisi pengukuran yang ditampilkan dengan cepat. Dari arsitek dan pembangun hingga insinyur dan perencana kota, SketchUp dapat digunakan oleh semua orang. Dokumen desain yang dibuat dapat diekspor sebagai PDF, gambar, dan file CAD.

Salah satu fitur paling mengesankan dari SketchUp Pro adalah 3D Warehouse, library model 3D gratis. Anda dapat memilih dari beragam objek 3D dan menggunakannya dalam desain rumah anda.

READ  Perintah Dasar Linux / Unix dan Contohnya

2. Home Designer Pro

software desain rumah

Tidak ingin repot menyewa arsitek dan lebih suka mendesain sendiri rumah anda? anda bisa menggunakan Home Designer Pro yang merupakan software terbaik untuk penggemar rumah DIY. Berasal dari pabrikan Chief Architect, Home Designer Pro menawarkan satu box penuh tools untuk desain interior, renovasi, kehidupan di luar ruangan, dan estimasi biaya. Home Designer Pro memiliki default yang diterima secara umum untuk sebagian besar praktik pembangunan dan dengan demikian membuat proyek anda sendiri menjadi lebih mudah. Baik anda ingin membuat satu ruangan atau seluruh rumah, Home Designer Pro dapat melakukan semuanya. Home Designer Pro juga memungkinkan anda menambahkan lemari, menempatkan furnitur, dan bahkan mengecat dinding.

Software desain rumah ini memiliki library objek arsitektur 3D yang luas yang dapat ditambahkan ke desain. Anda dapat memutar simbol di bidang yang berbeda, dan memilih agar blok CAD disegarkan secara otomatis saat objek dimodifikasi. Memungkinkan untuk mengatur ketinggian berdasarkan posisi absolut atau relatif, dan software ini memungkinkan Anda mereferensikan lantai yang berdekatan untuk merancang dek bertingkat.

Anda dapat menyesuaikan label ruangan, mengedit beberapa elemen (misalnya semua lemari) secara bersama-sama dengan satu perintah, serta membuat blok arsitektur yang dapat dipindahkan sebagai satu dan disimpan di library. Fitur lain termasuk kemampuan untuk memutar dan membalikkan rencana, tanda air khusus, tampilan tata letak langsung, dan pemanggilan berlabel.

Home Designer Pro memungkinkan Anda mencadangkan seluruh paket untuk berbagi dengan mudah, mengatur cahaya matahari dan bayangan, merekam penelusuran, dan banyak lagi. Ada banyak fungsi CAD yang dimasukkan ke dalamnya juga.

3. Sweet Home 3D

software desain rumah

Sebagian besar software desain rumah cukup rumit dan memiliki sedikit waktu untuk dipelajari. Konon, ada beberapa yang cukup mudah digunakan seperti Sweet Home 3D dan pastinya gratis.

Dengan Sweet Home 3D, Anda dapat membuat dinding lurus, bulat, atau miring dengan dimensi yang presisi, hanya dengan mouse dan keyboard. Software ini memungkinkan Anda memasukkan pintu dan jendela ke dinding hanya dengan menyeretnya ke dalam denah. Anda dapat menambahkan furnitur ke model Anda menggunakan katalog ekstensif yang dapat dicari, yang diatur menurut kategori seperti dapur, ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi. Untuk setiap elemen yang ditambahkan (misalnya dinding, lantai), dimungkinkan untuk mengubah warna, tekstur, ukuran, ketebalan, lokasi, dan orientasi.

Saat mendesain rumah dalam 3D, Anda dapat melihatnya secara bersamaan dalam 3D dari sudut pandang udara, atau menavigasi dari sudut pandang pengunjung virtual. Sweet Home 3D memungkinkan Anda membubuhi keterangan rencana dengan area ruangan, garis dimensi, teks, dan panah. Program ini bahkan dapat membuat gambar dan video fotorealistik dengan kemampuannya untuk menyesuaikan lampu. Anda dapat mengimpor cetak biru rumah yang ada untuk ditambahkan, dan mengekspor desain yang dibuat sebagai PDF dan gambar vektor.

READ  Apa Pengertian Garis Vertikal dan Garis Horizontal?

Fitur Sweet Home 3D dapat ditingkatkan menggunakan berbagai plug-in. Software ini dapat berjalan di Windows, macOS, Linux dan Solaris.

4. Total 3D Home, Landscape & Deck Premium Suite

software desain rumah

Penuh dengan pilihan, Software Total 3D Home, Landscape & Deck Premium Suite dari Total 3D menawarkan ruang kreativitas yang hampir tak terbatas saat mendesain kamar dan taman. Anda dapat mengunggah sketsa rumah impian Anda sendiri atau memilih dari 14.000 sampel untuk memulai perencanaan Anda.

Untuk melihat bagaimana furnitur Anda sendiri akan terlihat dalam desain yang berbeda, Anda dapat mengimpor gambar digital dari potongan dan tekstil Anda saat ini atau menggunakan katalog 20.000 produk bermerek.

Visualisasinya hampir semua kemungkinan dengan jendela, pintu, lantai, karpet, atap, peralatan, warna cat, dan wallpaper khusus. Pustaka video petunjuk menawarkan petunjuk langkah demi langkah untuk menavigasi Software, dan lebih dari 2.500 foto rumah dan lanskap dapat memberikan inspirasi atau panduan. Dibandingkan dengan program lain yang dapat menghabiskan biaya jutaan.

5. Space Designer 3D

software desain rumah

Jika Anda berpikir hanya software desktop yang bagus untuk desain rumah, Anda salah besar. Space Designer 3D adalah software desain rumah berbasis web yang memungkinkan Anda merencanakan dan memvisualisasikan rumah ideal Anda, hanya dengan menggunakan browser Web Anda.

Untuk memulai menggunakan Space Designer 3D dan yang Anda butuhkan hanyalah sebuah akun. Aplikasi ini memungkinkan Anda menggambar denah lantai dari ruang bawah tanah ke atap, dan Anda dapat menyesuaikan desain interior Anda dengan lebih dari 5.000 furnitur dan bahan yang berbeda, cocok untuk penggunaan perumahan dan komersial. Aplikasi Web memudahkan untuk memvisualisasikan proyek yang Anda buat secara real-time, baik dalam 2D ​​maupun 3D.

Space Designer 3D dapat mensimulasikan pencahayaan alami secara realistis, tergantung pada koordinat GPS dan waktu. Mesin renderingnya dapat mengubah objek 3D menjadi gambar fotorealistik hanya dengan satu klik, dan level dapat diedit secara independen melalui visualisasi denah lantai 2D. Dimungkinkan untuk memiliki beberapa opsi untuk desain denah lantai atau interior, itulah sebabnya Space Designer 3D menyertakan versi berbeda dari satu proyek,

READ  Bagaimana cara mengecilkan ukuran file PDF?

6. Homestyler

software desain rumah

Ingin menyelesaikan perencanaan rumah saat Anda bepergian? Tidak perlu membawa-bawa laptop, karena smartphone anda bisa digunakan untuk desain rumah. Cukup instal Homestyler, dan mulai untuk menggambar desin.

Sebuah aplikasi desain rumah yang bagus, Homestyler menawarkan segudang fitur. Cukup ambil foto ruangan Anda, dan cobalah beberapa warna dinding, item dekorasi, dan produk furnitur dari merek yang sebenarnya. Anda tidak hanya dapat menempatkan model 3D berkualitas tinggi dari berbagai item di ruang virtual, tetapi bahkan menggantung perlengkapan lampu dari langit-langit.

Aplikasi ini membuatnya sangat mudah untuk memvisualisasikan kombinasi produk yang berbeda, dan memungkinkan Anda melihat bagaimana model realistis dari permadani bermerek, lukisan, cermin, dan lainnya akan terlihat di ruang Anda. Karena Homestyler adalah aplikasi berbasis komunitas, Anda dapat menelusuri desain yang dikirimkan oleh pengguna lain untuk mendapatkan inspirasi. Tentu saja, Anda juga dapat memposting kreasi Anda sendiri dan membagikannya melalui email dan Facebook.

7. Chief Architect Premier

software desain rumah

Chief Architect Premier disarankan untuk arsitek profesional dan perencana rumah, Chief Architect Premier bisa dibilang merupakan Software desain rumah paling komprehensif yang akan Anda temui.

Chief Architect Premier sepenuhnya mampu menangani semua jenis proyek desain perumahan dan komersial ringan. Saat Anda menggambar elemen (misalnya dinding), Software secara otomatis membuat model 3D. Itu dapat menghasilkan daftar bahan dan menggunakan alat bangunan yang kuat untuk menghasilkan dokumen konstruksi, lengkap dengan rencana lokasi dan pembingkaian, detail bagian dan ketinggian.

Fitur rendering dan visualisasi 3D Chief Architect Premier memungkinkan Anda melihat model yang dibuat dari sudut yang berbeda. Anda juga dapat menjelajahi tampilan bulat 360 derajat secara lokal dan di cloud, serta menyematkannya di situs web untuk navigasi interaktif. Untuk penampang dan elevasi, Software dapat menambahkan label otomatis dan mengisi info kamera dengan informasi tata letak.

Software ini memiliki katalog objek 3D yang luas dan memungkinkan Anda mengekspor/mengekspor data dalam berbagai format. Chief Architect Premier tersedia untuk PC dan Mac.

Itulah 7 Software Desain Rumah Terbaik yang mungkin dapat membantu anda untuk memulai dan menyelesaikan desain bangunan rumah anda. Dengan menggunakan software desain rumah anda dapat dengan mudah mengatur dan membuatnya sesuai dengan keinginan anda.


Baca Juga :