pengertian iklan online

Mengupas Tuntas Tentang Pengertian Iklan Online dan 8 Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian iklan online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang pengertian iklan online. Sekarang dunia berada pada era yang berbeda dan lebih maju dari sebelumnya. Era ini lebih ramai dan becakupan luas, era ini dinamakan era digital.

Sadar atau tidak sadar, era digital terus memberikan pengaruh bagi gaya hidup manusia, seperti berbelanja dan menentukan hiburan. Jika anda mengambil langkah cerdas, pengaruh-pengaruh itu dapat menjadi peluang tersendiri. Misalnya pada segi bisnis, anda bisa memancing perhatian khalayak umum di era digital ini untuk mempromosikan produk ataupun jasa.

Dahulu, iklan yang hanya sering ditemukan di siaran tv, radio, koran, dan brosur. Tapi pada era digital ini, ditemukan berseliweran di internet, iklan inilah yang disebut iklan online.

Pengertian Iklan Online

pengertian iklan online

Pengertian iklan online adalah bentuk pemasaran produk atau jasa melalui internet di platform-platform online. Contoh iklan online yang kerap dijumpai, adalah iklan di layanan streaming, iklan di situs website, iklan di media sosial, iklan di aplikasi, dan masih banyak lagi.

Banyak orang kini beralih dari iklan konvensional ke iklan online karena faedah yang disuguhkan tidak terbatas. Keunggulan iklan online adalah hemat biaya, lebih fleksibel, mudah dioptimasikan bekerja lebih efektif dan efisien.

Dunia maya yang ramai menghasilkan keberadaan iklan online yang makin menjamur. Jangkauan internet yang sangat luas memungkinkan pengguna dari berbagai belahan dunia berkesempatan melihat iklan, hal itu tentu menjadi kesempatan emas bagi pemasang iklan.

Jenis Iklan Online

pengertian iklan online

Iklan-iklan online yang bertebaran di dunia maya memiliki keunikannya masing-masing. Terdapat beberapa perbedaan dalam bentuk dan cara penyampaiannya. Berikut ini adalah 8 jenis iklan online:

1. Self-Service Advertising

Sesuai namanya, Self-Service Advertising adalah jenis iklan online yang dijalankan langsung dan diatur sesuai kehendak pengiklan.

Pengiklan bebas mengatur ide, desain, informasi,  hingga penempatan iklan sesuai strategi pemasaran dan budget yang tersedia. Alhasil, target akan dapat dijangkau secara maksimal. Jenis iklan ini memiliki beberapa kekurangan yaitu banyak pesaing yang menawarkan iklan serupa dan perlu meluangkan waktu untuk pengawasan iklan

Contoh layanan self-service advertising yang cukup terkenal adalah Google Ads, Facebook Ads, Twitter Ads, Tiktok Ads.

2. Sponsorship Advertising

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis iklan ini, pikiran anda mungkin sudah tertuju pada public figure yang sedang mempromosikan produk atau jasa tertentu.

Pengertian iklan online jenis Sponsorship advertising adalah jenis iklan yang berbentuk kerjasama antara pemilik bisnis dengan orang atau platform tertentu. Umumnya, pengiklan akan bekerja sama dengan pihak yang menaruh pengaruh besar ke audiens, seperti artis, selebgram, yotuber, influencer media sosial, public figure, ataupun website dengan traffic kunjungan tinggi.

Kelebihan jenis iklan ini adalah bisa menjangkau khalayak ramai, lebih efektif bila media iklan berkaitan dengan produk, mendapatkan sorotan, sebagai pembeda dari competitor, dan menemukan konsumen potensial.

Sponsorship advertising memiliki kekurangan berupa biaya yang besar, penggambaran produk yang tidak sesuai atau terlalu berlebihan

3. Contextual Advertising

Contextual advertising adalah jenis iklan yang ditampilkan berdasarkan konteks atau topik yang dicari dari target. Perumpamaannya, ketika pengguna sedang mengunjungi website yang membahas review laptop, maka akan ditampilkan iklan yang berkaitan dengan laptop

Contextual advertising bersifat relevan tentang hal yang dinikmati pengguna. Sehingga jenis iklan ini bekerja lebih efektif, besar kemungkinan pengguna tertarik terhadap iklan dan membeli produk tersebut. Namun, terdapat banyak cukup orang risih dan senitif terhadap jenis iklan ini. Mereka beranggapan bahwa hal tersebut melanggar privasi karena penggunaan data untuk iklan

4. Search Engine Marketing

Pengertian iklan online jenis Search Engine Marketing atau bisa disebut sebagai Paid Search adalah jenis iklan yang muncul di hasil pencarian Google ketika mencari informasi mengenai suatu topik.

Cara kerjanya berupa iklan ini akan muncul di bagian atas jika pengguna mengetikkan kata kunci yang relevan dan terkait dengan iklan. Misalnya, kata kunci produk, jasa, ataupun nama bisnis.

Sistem pembayaran iklan SEM bernama PPC atau Pay Per Click yang artinya pengiklan harus membayar tiap kali ada yang mengklik iklan tersebut.

5. Social Media Marketing

Pengertian iklan online jenis Social media marketing atau bisa disebut Paid Social adalah iklan yang memanfaatkan media sosial sebagai platform-nya. Contoh social media marketing yang populer adalah Instagram Ads, Facebook Ads, dan Twitter Ads.

Jenis iklan ini juga sudah banyak digunakan oleh bisnis dari berbagai industri. Anda tentunya pernah melihat iklan di beranda media sosial, itulah salah satu contoh dari Paid Social.

Iklan di media sosial ini cukup terkenal karena kemudahan dan luasnya opsi pengaturan. Anda dapat mengatur iklan kepada pengguna tertentu atau target konsumen, berdasarkan usia, lokasi, hobi, tingkat pendidikan, gender, dan sebagainya.

6. Email Marketing

Pengertian iklan online jenis Email marketing adalah jenis iklan online yang mepromosikan produk atau jasa melalui email. Umumnya, iklan atau promosi dikirimkan melalui email yang nanti akan masuk ke inbox penerima.

Dengan email marketing akan menghubungkan pemilik bisnis dan pelanggan secara langsung sehingga dapat saling berinteraksi, memberi informasi produk maupun memberi feedback. Kelebihan dari jenis iklan ini adalah biayanya murah, sasaran target konsumen sudah jelas, praktis, dan jangkauan yang luas. Kelemahan email marketing yakni tidak semua pelanggan memiliki atau menggunakan email secara sering, email seringkali masuk ke dalam kotak spam, dan kadangkala butuh waktu yang agak lama supaya email masuk ke kotak masuk pelanggan.

Jenis iklan online ini memang sudah eksis sejak lama bahkan sebelum merebaknya smartphone. Setelah smartphone merajalela, pengguna email kian terus meningkat. Email marketing tingkat efektivitasnya cukup tinggi. Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan email-marketing:

  1. Pertama, siapkan email bisnis terlebih dahulu agar email marketing menjadi optimal. Dengan email bisnis akan membuat email Anda tampak lebih profesional dan disediakannya fitur untuk mengirim banyak email sekaligus.
  2. Kemudian, buatlah email list yang berisi himpunan alamat email dari target konsumen potensial.
  3. Gunakan tools untuk membuat tampilan email terkesan lebih menarik. Contohnya adalah dengan menambahkan gambar, link, video, dan lain-lain. Contoh toolsnya adalah ConvertKit, Optin Monster, Sumo, Benchmark Email, atau Mailchimp
  4. Langkah terakhir, Anda tinggal mengirim email yang berisi iklan online tersebut. Upayakan untuk menggunakan subjek yang menarik dan jangan lupa lampirkan link produk atau jasa di email tersebut.

7. In-Text Advertising

Pengertian iklan online jenis In-Text Advertising adalah jenis iklan yang ditampilkan atau dipasangkan dalam kata tertentu pada konten website. Kata-kata tertentu akan disorot dengan pemberian warna yang berbeda. Kemudian, jika pengguna mengarahkan kursornya ke teksnya akan muncul sebuah kotak yang berisi iklan yang terkait itu.

Keunggulan In-text advertising adalah dapat dilihat oleh khalayak luas dna cenderung memancing perhatian audiens. Namun, kelemahan jenis iklan ini adalah sasaran pasar yang tidak dapat diprediksi dan mengeluarkan biaya yang lebih besar.

In-text advertising dapat menampilkan berbagai macam hal seperti produk, jasa, hingga berita sesuai kata kunci tersebut.

8. Video Advertising

Pengertian iklan online jenis video advertising adalah jenis iklan yang berformat video. Video advertising memamng cukup populer, jadi anda mungkin sering menemukan jenis iklan ini di berbagai platform. Saat ini terdapat banyak platform yang mengutamakan konten video seperti YouTube, Instagram, TikTok, dan sebagainya

Jenis iklan ini diprediksi mampu menjadi format iklan di masa depan karena sebagian besar pengguna senang menonton video iklan

Video advertising membebaskan kreativitas untuk menciptakan beragam jenis iklan seperti iklan video yang langsung mempromosikan produk, iklan dengan bentuk cerita, iklan video animasi, dan lain-lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang pengertian iklan online, semoga informasi yang kami sampaikan tentang pengertian iklan online, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja