aplikasi website

5 Aplikasi Website Creator Gratis Terbaik

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang tempat yang menyediakan aplikasi website? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang tempat yang menyediakan aplikasi website. Membuat situs web bukanlah pekerjaan sederhana. Pembuatan situs web hanya dapat dilakukan oleh orang-orang dengan keahlian coding.

Para ahli tersebut memiliki beberapa aturan dasar dan beberapa pemahaman, sehingga mereka dapat membuat sebuah website. Namun, saat ini setiap orang dapat membuat website sendiri dengan menggunakan suatu aplikasi website. Hal tersebut juga bergantung pada masing-masing kemampuan aplikasi yang digunakan.

Aplikasi website yang tersedia dan dapat Anda pilih antara lain software yang diinstal pada komputer, text editor, hingga berbagai aplikasi yang berbasis CMS online. Sebelum menyimak apa saja sih aplikasi website yang direkomendasikan, mari kita pahami terlebih dahulu tentang aplikasi berbasis text editor dan CMS berikut ini.

Perbandingan Aplikasi Website Text Editor dan CMS

Aplikasi pembuatan website pada dasarnya dirancang untuk memudahkan pengguna membuat situs web milik mereka pribadi. Lalu bagi mereka yang paham akan bahasa pemrogaman, membuat suatu website dapat menggunakan text editor. Text editor adalah suatu software yang digunakan untuk membuka, melihat, hingga mengedit suatu text biasa dalam kegiatan coding.

Proses pembuatan website menggunakan aplikasi website berbasis text editor, mengharuskan pembuat setidak-tidaknya paham akan bahasa pemrogaman yang ada. Contohnya, HTML dalam pembuatan struktur web, penentuan CSS agar mendapatkan tampilan yang diharapkan, hingga JavaScript agar website yang dibuat lebih interaktif dengan para pengunjung.

Selain aplikasi berbasis text editor, ada juga aplikasi berbasis CMS. Opsi ini menjadi pilihan favorit bagi mereka yang tidak terbiasa dengan pengkodean, sebab aplikasi ini didasarkan pada Sistem Manajemen Konten seperti namanya, misalnya seperti menggunakan WordPress dan Weebly.

CMS sendiri merupakan sistem yang digunakan untuk mengelola sebuah website sebagai profil bisnis, e-commerce, blog atau forum. Pengguna aplikasi website berbasis CMS tidak perlu mahir membangun website dari awal. Sebab saat ini, tidak hanya blogger yang membutuhkan CMS, tetapi banyak pemilik bisnis besar juga telah menggunakan CMS untuk membuat situs web untuk organisasi dan bisnis. CMS sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu dan uang untuk membangun website dari awal.

Aplikasi Pembuat Website Terbaik

Jika saat ini Anda sedang mencari aplikasi dalam pembuatan website, berikut beberapa rekomendasi aplikasi website yang bisa Anda gunakan. Simak ulasan lengkapnya, agar Anda tidak salah memilih.

1. WordPress

aplikasi website

WordPress adalah aplikasi website gratis yang berbasis CMS yang termasuk cukup populer, terutama di kalangan blogger. Pada lingkup seluruh dunia, diperkirakan terdapat kurang lebih 30% situs web populer dibuat dengan WordPress. Contoh situs web populer yang dibangun dengan WordPress termasuk Walt Disney, BBC America, Sony Music, dan LinkedIn Blog.

Aplikasi website ini dikenal mudah digunakan, ketersediaan ratusan template dan banyak tutorial yang ada sehingga banyak orang dengan mudah menguasainya. WordPress sendiri menjadi aplikasi website yang dapat digunakan oleh siapa saja, entah orang itu pemula atau orang yang sudah mahir. Selain website bisnis, aplikasi ini juga mendukung pembuatan website pribadi, e-commerce, komunitas dan e-learning.

WordPress memiliki banyak keunggulan, di antaranya proses instalasi yang sangat sederhana dan cepat serta banyak tersedia plugin yang mudah diunduh dan diinstal. Namun, beberapa plugin dan template ini dibuat oleh pengembang pihak ketiga, sehingga Anda mungkin mengalami kesalahan. Jadi, sebelum memasang plugin atau template baru, baca ulasan pengguna lain terlebih dahulu.

2. Weebly

Weebly adalah aplikasi pembuat website yang cukup mudah digunakan. Aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan bahasa, termasuk bahasa Indonesia, jadi Anda tidak perlu menggunakan aplikasi penerjemah untuk menggunakannya. Membangun tampilan dan nuansa situs web menggunakan Weebly dapat dilakukan tanpa pengetahuan pemrograman yang mendalam. Dengan menyeret dan menjatuhkan elemen, pembuatan situs web menjadi lebih cepat dan menghemat waktu.

Situs yang dibuat dengan Weebly termasuk situs e-niaga Box Bros dan Ryan Jewelers dan situs perjalanan Taste and Travel Italy dan Arrowhead. Manfaat Weebly termasuk dukungan aplikasi seluler, tema yang lebih modern, dan fitur e-niaga. Kelemahannya adalah Weebly tidak terlalu populer dan kurang SEO friendly, serta tidak otomatis terindeks di mesin pencari, termasuk Google. Selain itu, pengguna juga harus menggunakan subdomain default Weebly dan tidak dapat menggunakan domain pribadi.

3. Wix

cms terbaik 2019 wix

Baru-baru ini, perusahaan yang berbasis di Israel ini dikenal oleh netizen Indonesia berkat kampanye iklannya yang tiada henti. Wix sendiri baru didirikan pada tahun 2006 namun sudah memiliki hampir 60 juta pengguna di seluruh dunia dan terus berkembang hingga saat ini. Sebelumnya Wix menggunakan aplikasi berbasis Flash untuk website builder mereka, kini telah menggunakan website berbasis HTML5 yang tentunya telah dilengkapi dengan teknologi terkini.

Ketika menggunakan Wix, Anda dapat membuat halaman web dengan banyak efek dan animasi keren tanpa pemahaman dasar tentang pemrograman. Tidak hanya itu, website Anda juga akan dapat diakses dengan baik melalui smartphone dan tablet seperti iPad. Ada lebih dari 100 template yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda, baik itu bisnis, fotografi, musik, seni kreatif, toko online atau restoran. Jika itu tidak cukup, Anda dapat menambahkan aplikasi yang berbeda di Wix App Store. Anda dapat mengakses informasi.

4. Zyro

aplikasi website

Selain itu, Zyro.com adalah proyek kolaborasi antara Profis Group dan Hostinger Group. Nama kedua adalah merek global yang terlibat dalam berbagai bidang seperti Hostinger. Perusahaan ini memiliki lebih dari 10 juta pengguna online di seluruh dunia dan saat ini tersedia dalam 20 bahasa.

Zyro sendiri sejauh ini telah digunakan oleh hampir 2 juta orang di seluruh dunia. Web builder Zyro ini menggunakan sistem drag and drop agar lebih mudah dan ringkas dalam mengelola konten website Anda. Meskipun gratis, Anda dapat memilih lebih dari 160 template yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Plus, jika Anda menggunakan Zyro, Anda mendapatkan situs web yang dioptimalkan untuk SEO dengan penyimpanan tidak terbatas dan fitur multibahasa bebas iklan.

Anda bisa mendapatkan semua ini tanpa registrasi yang rumit. Yang perlu Anda lakukan adalah masuk, buat situs web menggunakan pembuat seret dan lepas, lalu situs web Anda siap digunakan.

5. Atom Text Editor

aplikasi website

Atom Text Editor adalah aplikasi untuk membuat editor teks web open source. Aplikasi buatan Github ini diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2018. Atom antara lain cukup kaya fitur, mudah dipasang, dan gratis. Untuk menginstalnya, cukup buka situs web Atom lalu unduh. Hal yang perlu diperhatikan tentang aplikasi ini adalah lebih berat daripada editor teks lainnya karena banyak fitur.

Untuk mendukung kinerjanya, Atom dilengkapi dengan berbagai pilihan ekstensi atau plugin seperti syntax highlighting untuk bahasa dan format, built-in debugger dan pemutar video dan musik. Jika Anda mahir dengan CSS, Anda dapat membuat tema sendiri di Atom menggunakan fitur Tema Sintaks Atom di menu Paket. Dengan cara ini Anda dapat membuat situs web dengan gaya Anda sendiri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tempat yang menyediakan aplikasi website, semoga informasi yang kami sampaikan tentang tempat yang menyediakan aplikasi website, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja