Penjelasan Lengkap tentang Web Hosting I/O Usage, IOPS Limit dan Entry Processes Limit

Penjelasan Lengkap I/O Usage, IOPS Limit dan Entry Processes Limit pada Web Hosting

  • by

Saat mencari solusi hosting web yang sesuai untuk situs web Anda, Anda akan menemukan berbagai paket hosting web yang menawarkan berbagai konfigurasi ruang penyimpanan, bandwidth bulanan, memori, dan CPU. Namun, terlepas dari faktor standar, ada faktor penting lain yang perlu Anda pertimbangkan saat mendaftar paket hosting web, yang disebutkan di bawah ini:

  • apa itu I/O usage pada hosting?
  • apa itu IOPS ?
  • Apa itu Entry Processes Limit?
  • Apa itu Number Of Processes?

Faktor-faktor yang disebutkan di atas adalah pertimbangan yang sangat penting dan biasanya tidak disebutkan oleh perusahaan web hosting kepada pengguna akhir. Anda hanya dapat mengetahui tentang faktor-faktor ini saat membeli paket hosting web. Anda akan dapat melihat I/O usage, IOPS, entry processes and number of processes di CPanel hosting web Anda hanya jika host web Anda mengizinkan spesifikasi ini ditampilkan.

Terkadang, Anda dapat bertanya tentang spesifikasi teknis ini selama obrolan pra-penjualan atau pertanyaan email; namun, hanya sedikit staf penjualan yang mengetahui tentang mereka.

Beberapa penyedia web hosting menyertakan faktor-faktor ini dalam informasi teknis yang disebutkan dalam cetakan kecil di ‘Syarat dan Ketentuan’, ‘Kebijakan Penggunaan Wajar’ atau di bagian ‘Syarat Penggunaan’.

Mari kita lihat lebih dalam faktor-faktor ini sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang memilih solusi hosting web yang tepat.

Apa arti dari  I/O Usage pada Web Hosting?

I/O usage web hosting mengacu pada input dan output disk (I/O). Kecepatan I/O disk menentukan seberapa cepat situs web atau skrip diizinkan untuk melakukan operasi masukan dan keluaran per detik di server hosting Anda. Oleh karena itu, jika menyangkut rentang I/O, semakin banyak semakin baik. Ketika seseorang mengunjungi situs web Anda atau ketika Anda mengirim atau menerima email, server hosting Anda sedang melakukan operasi I/O.

Jika server Anda disetel pada kecepatan I/O rendah, situs web dan skrip Anda akan selalu bekerja dengan kecepatan lambat; terlepas dari ruang penyimpanan, bandwidth, CPU dan RAM yang ditawarkan dalam paket hosting web Anda. Platform hosting yang lambat akan membuat website Anda lambat sehingga merusak reputasi online, dapat mengakibatkan hilangnya data dan komunikasi email yang buruk.

Menawarkan I/O usage yang lebih tinggi menjadikan mahal bagi penyedia web hosting, itulah sebabnya mereka kebanyakan menawarkan 1 MB/s kecepatan I/O disk pada shared hosting.

Manfaat memiliki  I/O limit yang lebih tinggi:

  • Lebih banyak read/write data yang dapat dieksekusi pada disk.
  • Sangat berguna untuk hosting video dan streaming pada website.
  • Memungkinkan skrip besar berjalan lebih cepat.
  • Membantu dalam eksekusi kueri dan operasi database besar.
  • Mencegah situs web berhenti atau lambat memuat situs web dengan skrip berat.

Apa Arti IOPS?

Mirip dengan kecepatan I / O, IOPS mengacu pada Inputs Outputs Per Second. IOPS pada hosting menentukan kecepatan hard drive membaca data dari dan menulis data ke hard drive. IOPS digunakan untuk hard drive pemintalan tradisional dan drive SSD. Misalnya drive 7.2k SATA berisi sekitar 80 IOPS. Ketika datang ke server hosting, meskipun beberapa penyedia web hosting menyediakan hosting SSD, tetapi pada kenyataannya mereka membatasi IOPS untuk setiap akun ke nilai tertentu. Fakta terpenting untuk Anda ketahui adalah bahwa semakin tinggi IOPS, semakin cepat situs web Anda.

Apa itu Entry Processes Limit pada Hosting?

Sebuah ‘Entry Processes’ menunjukkan jumlah skrip PHP yang berjalan pada satu waktu. Entry Processes biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 detik untuk menyelesaikannya, inilah alasan mengapa sebagian besar orang bingung membedakan Entry Processes dengan jumlah pengunjung yang dapat mereka miliki di situs web mereka. Jika batas Entry Processes adalah 30, bukan berarti hanya 30 orang yang dapat mengunjungi situs web Anda sekaligus karena kemungkinan semua orang mengakses situs web Anda pada detik yang sama tidak akan terjadi kecuali Anda memiliki situs web yang sangat sibuk.

Proses seperti cron job, skrip shell, dan perintah lain juga menggunakan satu Entry Processes selama durasi waktu saat dijalankan.

Jika Anda berencana untuk meng-host beberapa situs web di satu server hosting, batas proses entri yang lebih tinggi pasti akan banyak membantu.

Manfaat memiliki  Entry Processes limit yang lebih tinggi:

  • Membantu dalam melayani lalu lintas situs web yang besar.
  • Memiliki kemampuan untuk menjalankan lebih banyak skrip pada satu waktu.
  • Mempercepat situs web, terutama dalam kasus situs web e-niaga yang memiliki banyak skrip PHP yang berjalan untuk kueri basis data.
  • Mencegah situs web Anda ditangguhkan dengan lonjakan lalu lintas yang tinggi.
  • Penting untuk pembuatan multi-situs WordPress atau untuk menjalankan beberapa aplikasi web dalam satu akun hosting.

Apa itu Number Of Processes?

Server bersama standar dibatasi hingga 25 proses simultan per cPanel. Sebagian besar situs web berfungsi sempurna dengan 25 batas proses bersamaan. Proses situs web buka dan tutup begitu cepat sehingga hampir tidak bisa tumpang tindih. Proses bersamaan ini terdiri dari IMAP, koneksi SSH, dan proses lain yang berjalan di akun yang sama.

Proses ini sama dengan proses entri; satu-satunya perbedaan adalah bahwa proses ini mencakup semua proses yang dihasilkan oleh akun atau situs web selain halaman tertentu, SSH, atau tugas cron. Jika jumlah proses telah dilintasi, kesalahan 500 atau kesalahan 503 akan ditampilkan saat situs web diakses.

Ini bermanfaat jika Anda memiliki banyak pengguna bersamaan yang terhubung ke server yang sama pada titik waktu tertentu untuk menjalankan berbagai proses seperti contoh untuk mengakses email melalui IMAP, FTP, dll.

Kesimpulan:

Informasi yang disebutkan di atas akan memberi Anda pengetahuan yang lebih baik tentang aspek penting yang harus Anda cari dalam paket hosting web selain dari atribut standar. Jangan tertipu untuk penyimpanan dan bandwidth tidak terbatas kecuali Anda mengetahui faktor teknis penting ini. Jika Anda dijanjikan ruang tak terbatas tetapi pada kenyataannya jika situs web Anda semakin terbatas, maka tidak ada gunanya memilih paket hosting web seperti itu.