Bagaimana transformasi digital dapat membantu bisnis Anda?

Transformasi digital, itu menjadi istilah umum untuk berbagai jenis perubahan bisnis, tetapi apa artinya? Bagaimana transformasi digital dapat membantu bisnis dan bagaimana Anda bisa mendapatkan keuntungan darinya?

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari mengapa transformasi digital itu penting, faktor-faktor yang mendorong kebutuhan akan perubahan, dan cara merencanakan strategi transformasi digital Anda secara efektif.

 

Apa itu transformasi digital?

Transformasi digital adalah yang terbaru dari jajaran gerakan berbasis teknologi yang memengaruhi cara Anda berbisnis. Ini mempengaruhi bagaimana bisnis berhubungan dengan pelanggan dan melakukan proses.

Transformasi digital mengacu pada pergeseran dalam budaya, strategi, dan operasi organisasi dalam upaya untuk berkorelasi dengan lingkungan bisnis dan perilaku konsumen yang terus berkembang. Hal ini dimungkinkan melalui integrasi teknologi, proses, dan budaya perusahaan baru.

Seperti yang dinyatakan Hukum Pengembalian Akselerasi Kurzweil lebih dari 20 tahun yang lalu, teknologi berskala secara eksponensial. Meskipun dulunya hanya relevan dengan industri tertentu, transformasi digital sekarang menjadi diterima secara universal sebagai kenyataan untuk semua bisnis. Pasar dan peluang baru tampaknya muncul dalam semalam. Katalis untuk pergeseran ini adalah teknologi, dan bisnis akses serta konsumen sekarang harus melakukannya.

Perusahaan yang beradaptasi dengan perubahan harus berinovasi dan berinvestasi dalam strategi untuk mendapatkan keuntungan dari dampak kemajuan teknologi. Salah satu industri yang terkena dampak berat adalah ritel. Lanskap ritel telah terbalik dengan kemunculan dan pertumbuhan eCommerce yang, tentu saja, baru-baru ini dipercepat oleh penguncian di seluruh dunia.

ECommerce sekarang diperlakukan sebagai industri dalam dirinya sendiri tetapi sebenarnya merupakan hasil dari transformasi digital. Kasus transformasi dari ritel menjadi eCommerce paling sering terjadi ketika toko batu bata dan mortir yang mapan menyadari potensi pertumbuhan aliran pendapatan baru, kemitraan, dan eksposur kepada pelanggan dapat memberikan bisnis mereka. Namun, merek apa pun dari batu bata dan mortir hingga mereka yang memiliki fokus eCommerce juga dapat melalui transformasi digital. Salah satu contohnya adalah merek eCommerce yang menyesuaikan strategi mereka dari pendekatan yang berfokus pada penjualan menjadi fokus layanan pelanggan.

transformasi digital untuk bisnis

Penyebab utama transformasi digital

Industri eCommerce telah melihat masuknya pengikut pasar baru yang dapat membangun bisnis mereka di sekitar lanskap modern dan memanfaatkan posisi mereka. Lalu apa yang mempengaruhi keputusan untuk berkembang dan bagaimana perusahaan besar dapat mempertahankan kekinian dan kompetitif?

Para profesional ritel dengan cepat menerima bahwa transformasi digital menjadi pertanyaan, bukan jika. Kesadaran bahwa sesuatu perlu diubah dapat datang dari mana saja, mungkin datang sebagai akibat dari penurunan laba baru-baru ini atau mungkin bahkan membaca bagian ini Anda mungkin berpikir “haruskah kami berbuat lebih banyak?”. Berikut ini adalah dua faktor terbesar yang mempengaruhi transformasi digital yang harus Anda waspadai.

1. Persaingan pasar atau perubahan strategi pesaing yang ada

Munculnya pesaing baru yang mengganggu atau pengenalan teknologi baru dapat menggerogoti pendapatan bisnis Anda. Hilangnya pangsa pasar karena persaingan sering menyebabkan manajemen mengakses situasi bisnis dan bertindak sesuai dengan itu. Mereka yang memilih untuk tidak bertindak pada akhirnya akan tertinggal seperti yang terlihat dalam kasus Blockbuster yang sayangnya tidak asing lagi.

2. Pergeseran perilaku dan permintaan konsumen

Ada berbagai penyebab perubahan perilaku konsumen, mulai dari pengenalan teknologi baru oleh pesaing hingga perubahan sosial. Contoh terbaru adalah pergeseran sosial yang diakibatkan oleh lockdown di seluruh dunia untuk industri eCommerce. Akibatnya, merek batu bata dan mortir yang sudah mapan terpaksa berinvestasi di cabang eCommerce mereka untuk mempertahankan keuntungan.

Inovasi teknologi dari pesaing adalah katalisator yang konsisten untuk transformasi, namun penting untuk diingat bahwa perubahan dalam perilaku konsumen dan bagaimana Anda bereaksi terhadap mereka adalah yang terpenting.

SOCIAL MEDIA

Cara mengatur strategi transformasi digital Anda

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa transformasi digital adalah jumlah perubahan dalam teknologi perusahaan. Faktanya, transformasi membutuhkan pendekatan yang berfokus pada pelanggan dan gesit yang didukung oleh pola pikir oportunistik.

Sayangnya, transformasi berbeda untuk setiap perusahaan, bergantung pada posisi perusahaan Anda saat ini dan pasar tempat Anda beroperasi. Poin-poin berikut merinci bagaimana memengaruhi perubahan positif saat mendekati transformasi digital.

Akses status digital Anda saat ini

Untuk mengakses persyaratan perubahan, Anda harus terlebih dahulu memahami kedewasaan digital bisnis Anda saat ini. Ini melibatkan perincian di mana perusahaan Anda berada di sepanjang skala kemampuan teknologi. Melalui beberapa pekerjaan detektif pada pesaing Anda, Anda dapat mengukur di mana area masalah bisnis Anda mungkin.

Saat meneliti pesaing, fokuslah pada hasil strategi mereka daripada jalan menuju mereka. Bisakah mereka memberikan pengalaman pelanggan yang unik? Apakah mereka meningkatkan nilai umur pelanggan mereka? Dengan terlebih dahulu berfokus pada hasil untuk pelanggan, Anda menanamkan pola pikir yang didorong oleh hasil.

Memahami dan merinci bisnis Anda kematangan digital saat ini membantu menentukan titik awal dari mana Anda dapat mulai membuat peta jalan. Apakah infrastruktur Anda saat ini memungkinkan Anda menawarkan pengalaman pelanggan yang Anda tuju?

Kenali implikasi dari perubahan dan uraikan tujuan Anda

Diberdayakan dengan pemahaman tentang kelebihan dan kekurangan bisnis Anda, sekarang Anda dapat membuat daftar apa yang ingin Anda capai, sasaran dan target Anda. Pada tahap ini dalam proses itu membantu untuk menjadi fokus pada hasil dan tidak hanya mulai mengadopsi teknologi dan proses baru demi itu. Alih-alih tata letak area masalah Anda dan buat keputusan yang diperhitungkan tentang metode untuk menyelesaikannya.

Tujuan transformasi harus untuk menyederhanakan tim, proses, dan operasi Anda sehingga menghasilkan kemampuan untuk menyediakan layanan luar biasa kepada pelanggan Anda yang akan membedakan Anda dari pesaing. Dengan tujuan Anda dipadatkan, Anda dapat mempertimbangkan apa yang perlu diubah untuk mencapai tujuan ini.

Pada tahap ini Anda sekarang dapat memprediksi dan meramalkan implikasi transformasi. Apakah mengganggu semua area bisnis Anda merupakan penggunaan waktu dan sumber daya yang paling efektif atau mungkin beberapa perubahan lebih mudah dicapai dan memiliki dampak yang lebih besar? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda memahami di mana Anda harus memfokuskan upaya Anda jika Anda memiliki keterbatasan dalam anggaran dan waktu?

Seringkali kesadaran bahwa ada kebutuhan untuk transformasi akan secara langsung mempengaruhi perubahan yang diperlukan. Namun, akan bermanfaat pada tahap ini untuk mengambil langkah mundur dan mengakses peluang lain yang Anda miliki. Anda mungkin menemukan bahwa berinvestasi dalam satu sumber daya adalah penggunaan anggaran yang tidak efisien dan alih-alih mengkonsolidasikan tumpukan teknologi Anda mungkin memiliki biaya yang sama tetapi menguntungkan area bisnis tambahan.

layanan buat website jogja

Kuncinya ada pada kepemimpinan

Selama penerapan rencana transformasi Anda yang disusun dengan hati-hati, penting bagi perubahan untuk diterapkan melalui kepemimpinan. Hal ini terutama berlaku untuk perusahaan besar di mana komunikasi dapat dengan mudah menjadi berbelit-belit.

Transformasi berubah lebih dari sekedar teknologi, itu mempengaruhi proses dan budaya perusahaan. Agar implementasi berjalan lancar, dukungan otoritas diperlukan untuk menerapkan perubahan. Oleh karena itu, bekerja sama dengan C-suite untuk memastikan seluruh perusahaan sejalan dengan strategi yang memungkinkan Anda memberikan adopsi perubahan yang mulus.

Visi cadangan dengan justifikasi logis

Seperti yang disebutkan, perubahan signifikan pada bisnis membutuhkan dukungan dari semua level dan tim. Kepemimpinan perlu menjabarkan secara praktis bagaimana transformasi akan memengaruhi dan menguntungkan individu dan pekerjaan mereka, bersama dengan mengapa itu penting.

Anda dapat melangkah lebih jauh dengan mendorong budaya eksperimen di seluruh perusahaan. Tentu saja, ini tidak berarti menindaklanjuti setiap ide tetapi malah memberdayakan karyawan untuk menghasilkan, berbagi, dan mengambil risiko yang diperhitungkan untuk memicu inovasi di seluruh perusahaan. Pendekatan ini memungkinkan para spesialis untuk melakukan apa yang mereka lakukan dengan sebaik-baiknya dan memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi kemungkinan penolakan apa pun untuk berubah dari karyawan.

Transformasi tidak pernah berakhir

Teknologi terus berkembang; entri pasar baru akan terus mengganggu dan pesaing akan terus meningkat. Oleh karena itu, menguntungkan bagi investasi di bidang teknologi untuk memiliki ruang untuk ekspansi. Anda tidak ingin menginvestasikan modal hasil kerja keras pada teknologi inovatif untuk menyadari dalam setahun Anda harus bermigrasi ke sistem baru. Carilah teknologi yang tidak memiliki batas atas dan dapat berkembang seiring bisnis Anda.

Terakhir, menyadari bahwa transformasi adalah proses yang berkelanjutan akan memastikan merek Anda tetap kontemporer. Dengan perilaku konsumen yang terus berubah, sebaiknya terapkan sistem untuk mengumpulkan umpan balik dari pelanggan Anda. Apa yang ingin mereka lihat dari perusahaan Anda?

 

Kesimpulan

Di era digital baru, transformasi telah menjadi kebutuhan, bukan kesenangan. Kesadaran akan implikasinya bagi bisnis kecil dan perusahaan sangat penting. Bisnis perlu memahami area apa yang membutuhkan perhatian dan bagaimana menerapkan perubahan ketika saatnya tiba. Ini adalah kunci untuk tetap kompetitif dalam lanskap yang didorong teknologi dan pelanggan saat ini.

Jika Anda ingin melampaui pesaing, kesediaan untuk berinovasi dan bereksperimen diperlukan. Hasil dari transformasi digital yang efektif adalah pelanggan dengan layanan yang lebih baik, efisiensi organisasi yang lebih baik, dan budaya keunggulan. Bisnis yang sepenuhnya merangkul transformasi digital akan gesit dan mampu menghadapi apa yang akan datang.