Cara Memilih Nama Domain

Cara Memilih Nama Domain Yang Bagus Untuk Website

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara memilih nama domain? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab Matob Jasa Pembuatan Website Jogja akan memberikan informasi tentang cara memilih nama domain. Sebelum kita masuk ke pembahasan marilah kita mengenal sedikit tentang domain.

Apa Itu Domain

Domain adalah nama alamat sebuah website. Sebuah website dapat diakses jika alamat lokasi server dimana website tersebut dihosting (hosted) diketahui. Alamat host yang dimaksud adalah alamat IP atau alamat Internet Protocol, yang merupakan urutan angka unik seperti identitas komputer/server dalam suatu jaringan, misalnya 123.654.789.321. Namun, akan cukup sulit untuk mengingat bagaimana mengatur angka seperti ini jika kita ingin mengunjungi suatu halaman web. Ini termasuk peran domain, yaitu mewakili alamat IP sebelumnya dengan nama yang lebih mudah dibaca dan diingat.

Sama seperti tujugan utama dari sebuah nama domain adalah untuk membuatnya mudah diakses dan mudah diingat namanya, hal ini terjadi ketika kita ingin membuat sebuah website dan memilih nama domain. Sementara nama domain itu sendiri ada untuk kemudahan akses, memilih nama domain yang salah justru akan mengalahkan tujugan utama dari nama domain itu sendiri.

Cara Memilih Nama Domain Bagus

Banyak hal yang wajib kita pertimbangkan ketika menentukan nama domain. Untuk itu, silakan ikuti beberapa cara memilih nama domain:

Gunakan Kata Kunci Terkait Tema Website

Kumpulkan sebanyak-banyaknya istilah kunci yang berkorelasi dengan tema websitemu, sehingga menjadi bahan buat menentukan nama domain. Selain lantaran supaya orang akan lebih gampang menebak isi website-mu menggunakan melihat nama domainnya, cara memilih nama domain haruslah menghasilkan nama domain yang sinkron menggunakan tema website akan membantu menaikkan nilai prioritas pada mesin pencari.

Misalnya, apabila tema website-mu merupakan juga beli motor bekas, maka gunakanlah istilah kunci yang berkaitan menggunakan tema tadi, misalnya motor bekas, merk, kondisi, dan lain sebagainya. Jika website-mu bertema online shop, maka pakai istilah kunci misalnya, jugal beli online, toko online, online shop, e-commerce, dan lain sebagainya.

Gunakan Nama Ringkas dan Gampang Diingat

Semakin pendek nama akan semakin gampang diingat. Akan namun pendek saja tidak relatif. Kamu wajib mengkombinasikan alfabet konsonan dan alfabet vokal sedemikian rupa agar nama domain Kamu bisa dibaca menggunakan gampang.

Contoh domain yang harus dihindari mtrbks.com atau mtrmtr.com akan sulit diingat sekalipun pendek, unik dan sinkron menggunakan tema website. Kamu juga sebenarnya bisa menciptakan nama domain berdasarkan nama merk-mu sendiri. Beberapa domain populer misalnya google.com, yahoo.com, facebook.com atau twitter.com, tidak terdapat hubungan secara pribadi menggunakan konten mereka.

Memang dalam dasarnya tidak mesti. Tapi berarti nama merk ini juga wajib Kamu pikirkan pemilihan namanya. Jangan hingga ternyata nama brandmu udah dipakai sang orang lain dan bahkan telah didaftarkan menjadi brand dagang yang sah/trademark. Contohnya, meskipun domain facebook.id masih bisa kamu beli, kamu tidak boleh memakai nama tadi menjadi nama merk bisnismu.

Ciptakan Kolaborasi Mencari Nama Domain

Cara memilih nama domain selanjutnya yaitu dengan kolaborasi. Adakalanya kamu wajib meminta pendapat menurut orang lain, temanmu, keluargamu, atau orang asing. Orang-orang yang bahkan tidak mempunyai wawasan bagaimana menentukan nama domain yang baik misalnya yang telah dijelaskan pada atas, terkadang akan melihat menurut sudut pandang yang tidak sinkron dan memunculkan nama-nama yang sanggup Kamu kembangkan lagi. Dua ketua lebih cantik buat brainstorming daripada satu ketua.

Manfaatkan Atribut Lain

Atribut lokasi juga bisa Kamu pakai menjadi bagian berdasarkan nama domain. Misalnya, apabila domain motorbekas.com telah dipakai, Kamu bisa mencoba menambahkan nama kota misalnya motorbekassolo.com atau motorbekassoloraya.com. Kamu juga bisa memakai istilah kunci yang sebagai nilai tambah (value) berdasarkan bisnismu.

Misalnya apabila Kamu menekankan dalam penjugalan properti menggunakan harga yang jauh lebih murah daripada kompetitormu, atau Kamu hanya memasarkan properti menggunakan harga yang murah, maka Kamu bisa menambahkan istilah murah misalnya propertimurah.com atau rumahmurah.com.

Kombinasikan Beberapa Istilah Kunci

Saat ini relatif sulit buat menerima domain yang pendek menggunakan istilah kunci yang umum. Umumnya domain demikian telah banyak dibeli orang, kendati demikian domain tadi tidak/belum dipakai buat website. Banyak orang yang senang membeli nama domain yang mengagumkan buat lalu dijual lagi menggunakan harga yang lebih mahal.

Jika Kamu sangat memerlukan domain misalnya itu dan punya porto yang relatif, maka silakan. Tetapi apabila tidak, selanjutnya dalam cara memilih nama domain lain menggunakan beberapa penambahan istilah bantu. Misalnya, apabila domain motorbekasmurah.com telah tidak tersedia, maka engkau mampu mencoba menambahkan istilah kunci tambahan lain misalnya jualmotorbekasmurah.com atau jualbekasmotor.com. Gunakan istilah kunci tambahan misalnya beli, jual, dan lain sebagainya buat menciptakan variasi domain.

Kamu juga bisa mencoba menggabungkan 2 atau lebih istilah kunci sebagai satu istilah baru. Contohnya naikmotorkemanasaja.com. Secara bahasa Kamu tidak akan menemukan istilah ini pada kamus manapun. Ini telah sebagai nama atau istilah kunci baru yang juga sebagai nama merk bisnis.

Gunakan Ekstensi yang Jarang Dipakai

Tips terakhir merupakan pemanfaatan top level domain (TLD) yang sporadis dipakai orang. TLD merupakan akhiran atau perluasan domain misalnya .com, .net, .co.id, .id dan sebagainya. Jika Kamu ingin nama domain `motorbekassolo’ akan tetapi motorbekassolo.com telah terdapat yang pakai, Kamu sanggup pakai perluasan lain misalnya motorbekassolo.id, motorbekassolo.org atau motorbekassolo.net. Setiap perluasan punya harga yang tidak sinkron-beda, akan tetapi peluang ketersediaannya pun besar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara memilih nama domain, semoga informasi yang kami sampaikan tentang cara memilih nama domain, bermanfaat bagi Anda.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

Bagaimana cara membuat logo yang baik

Bagaimana cara membuat logo yang baik?

Beberapa pengusaha berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan logo. Namun. Ada banyak tugas penting lainnya. Anda dapat mendesain logo di generator logo Turbologo. Apa itu logo?

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Upaya mempercantik website perusahaan, pastinya adalah dengan desain website semenarik mungkin, harus memuat audiens senang scrolling website perusahaan. Banyak upaya yang bisa dilakukan web developer

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business bisa membantu banyak perusahaan  yang ingin memasarkan usahanya secara digital. Kehadian Google My Business bisa memudahkan perusahaan untuk menarik pelanggan baru.

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

SEO atau AdWords, merupakan strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan trafik website di halaman hasil pencarian Google. Setelah peringkat website naik, Anda akan memperoleh