jenis jenis domain

Jenis Jenis Domain yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang jenis jenis domain? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang jenis jenis domain. Langsung saja mari kita mulai.

Apa itu Domain?

Domain adalah alamat website yang Anda masukkan ketika Anda mencari sesuatu di internet. Sederhananya, jika web hosting adalah rumah Anda, maka nama domain adalah alamat rumah Anda.

Jadi domain akan mengarahkan orang atau pengunjung ke rumah Anda atau website yang Anda miliki. Pada dasarnya, domain adalah bentuk sederhana dari alamat IP, yang merupakan kombinasi angka yang sangat kompleks.

Menghafal alamat IP dengan kombinasi angka tentu lebih sulit dan lebih mudah daripada menggunakan domain. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa keberadaan domain memudahkan segala sesuatu di Internet dibandingkan dengan menggunakan alamat IP.

Jenis Jenis Domain

Nama domain sekarang tersedia dalam ekstensi yang berbeda, jadi ada berbagai jenis yang dapat Anda gunakan tergantung pada preferensi Anda. Contoh domain yang paling populer dan sepertinya tidak asing lagi bagi kebanyakan orang adalah .com.

Meski begitu, masih banyak domain lain seperti .org, .net, .tv, .info, .in dan lain-lain. Selain itu, kebanyakan orang sebenarnya menggunakan nama domain .com sehingga mudah diingat dan dipahami banyak orang. Berikut adalah beberapa jenis jenis domain yang harus Anda ketahui:

1. TLD atau Top Level Domain

TLD atau Top Level Domain adalah ekstensi nama domain yang sangat populer saat ini. Ada ratusan TLD, tetapi yang paling umum adalah .com, .org, .gov, dan .net.

Ada beberapa TLD lain yang kurang dikenal yang tidak direkomendasikan, seperti .biz, .club, .info, .agency dan banyak lainnya. Banyak orang menggunakan TLD karena berbagai alasan, salah satu yang paling umum adalah karena lebih mudah dan lebih mudah diingat bagi banyak orang.

Dengan kelebihan tersebut, top level domain membuatnya biasa digunakan oleh website yang sifatnya lebih personal dan tidak berhubungan dengan organisasi. Dengan TLD, Anda dapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google karena mudah diingat.

2. CCTLD atau Country Code Top-Level Domain

CCTLD adalah domain berdasarkan nama geografis suatu negara seperti .id untuk Indonesia, .sg untuk Singapore dan .jp untuk Jepang. Domain CCTLD dapat didaftarkan oleh siapa saja, bahkan jika mereka bukan warga negara dari negara yang bersangkutan.

Misalnya, jika Anda tinggal di Indonesia, tetapi Anda dapat membuat domain website dengan ekstensi .au sebagai CCTLD untuk Australia.  Di Indonesia sendiri, ada banyak variasi domain yang dapat digunakan perusahaan untuk melengkapi URL website mereka, misalnya:

  • .ac.id: digunakan untuk lingkungan universitas atau akademik
  • .web.id: digunakan oleh perorangan dan organisasi Indonesia.
  • .co.id: digunakan untuk organisasi komersial untuk tujuan bisnis saja.

3. STLD atau Sponsored Top Level Domain

Sponsored Top Level Domain atau sTLD adalah jenis TLD yang mewakili komunitas tertentu dan dilayani oleh ekstensi domain open source. Misalnya: .site, .web, .travel, .host, .doctor atau ekstensi lainnya. sTLD lebih lanjut menjelaskan spesifikasi halaman web. Seperti menggunakan domain .travel di website perjalanan atau website yang menawarkan produk atau layanan perjalanan.

Fungsi Domain

Fungsi nama domain itu sendiri sebenarnya adalah alat untuk mengidentifikasi web hosting atau dalam arti lain, jembatan untuk membawa Anda ke website. Misalnya, Anda ingin mengunjungi Matob.web.id. Matob adalah contoh website yang ingin Anda kunjungi, sedangkan .web.id adalah bentuk domain itu sendiri.

Jadi nama domain memiliki fungsi tidak langsung untuk melacak keberadaan website di dunia Internet yang luas. Untuk mendaftarkan nama domain, Anda harus memilih nama yang unik, karena nama domain tidak boleh sama dengan nama domain website lain sehingga dapat dilacak secara akurat di Internet. Domain tersebut kemudian didaftarkan ke organisasi bernama ICANN (Internet Corporation for Designated Names and Numbers).

Perbedaan Domain dan Hosting

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya apa perbedaan antara domain dan hosting? Apakah mereka sama? Jelas, nama domain dan hosting adalah dua hal yang berbeda meskipun berada di tempat yang sama.

Demikian pula jika web hosting adalah rumah, domain adalah alamat rumah. Jelas, dua hal yang sangat berbeda. Meskipun berbeda, domain dan hosting tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling bergantung dan terkait satu sama lain. Tanpa domain, orang tidak dapat menemukan website, dan tanpa hosting, Anda tidak dapat membangun website dengan benar.

Contoh Domain

Tidak dapat disangkal bahwa .com adalah nama domain paling populer. Namun, masih ada beberapa area lain yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa contoh domain dan penjelasan singkat untuk Anda.

  • .com: nama domain digunakan untuk tujuan komersial.
  • .id: domain adalah identitas negara Indonesia.
  • .net: digunakan oleh organisasi atau perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi.
  • .edu: domain yang digunakan oleh institusi pendidikan.
  • .gov: domain yang digunakan oleh organisasi pemerintah.
  • .org: domain digunakan untuk kepentingan organisasi.
  • .info: nama domain digunakan untuk website
  • .biz: nama domain digunakan untuk tujuan komersial.
  • .name: domain umumnya digunakan untuk penggunaan pribadi.
  • .travel: domain digunakan untuk tujuan pariwisata.
  • .tv: nama domain yang digunakan untuk tujuan hiburan.

Cara Memilih Jenis Jenis Domain untuk Website

Pasti sebagian dari Anda menginginkan nama domain yang mudah diingat dan tidak rumit yang dapat dengan mudah ditemukan oleh banyak orang. Namun, perlu dicatat bahwa ada banyak nama domain yang terdaftar sekarang, jadi Anda harus membuat ide nama domain yang unik dan berbeda.

Berikut beberapa tips dari kami untuk memilih nama domain:

  • gunakan domain .com agar lebih mudah diingat
  • pastikan nama domain unik dan pendek
  • jangan gunakan angka atau tanda hubung
  • membuat nama domain yang mudah diucapkan dan dieja

Itu dia berbagai pemahaman tentang domain dan lain-lain. Pada dasarnya, domain adalah alamat website yang mengarahkan Anda ke website. Saat ini, Anda dapat membeli domain dari berbagai layanan pendaftar domain di Indonesia.

Anda dapat memilih jenis jenis domain yang tepat sesuai dengan strategi pemasaran digital Anda. Jika Anda masih penasaran dengan domain tersebut, Anda dapat menghubungi kami dan mengajukan pertanyaan terkait langsung dengan domain dan berbagai hal terkait website lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang jenis jenis domain, semoga informasi yang kami sampaikan tentang jenis jenis domain tersebut, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja