teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online. Langsung saja mari kita mulai.

Di era digital ini, semua orang telah beralih ke metode online. Hal tersebut meliputi pemesanan, pengiriman, pembayaran hingga marketing, semuanya dilakukan secara online. Sebagai seorang pengusaha, tentunya Anda harus memiliki wawasan tentang teknik marketing online secara umum yang dapat membantu meningkatkan awareness dan pendapatan atas produk yang dijual.

Menerapkan teknik marketing online sangat menguntungkan bagi sebuah bisnis karena proses marketing dan biaya akan lebih efisien dan mudah. Ingin tahu teknik marketing online yang bisa disesuaikan dengan bisnis Anda? Berikut adalah 9 teknik marketing online, suatu keharusan bagi pengusaha. entah pengusaha pemula maupun berpengalaman.

Teknik Marketing Online

Mobile Marketing

Mobile marketing sebagai menjadi salah satu teknik marketing online yang menargetkan audiens yang menggunakan perangkat seluler seperti smartphone dan tablet. Mobile marketing adalah evolusi marketing akibat semakin banyaknya orang yang menggunakan smartphone dibandingkan dengan desktop. Hal penting yang perlu Anda ingat aspek mobile friendly website bisnis Anda, agar para konsumen agar mereka nyaman dalam menggunakan website bisnis Anda.

Content Marketing

teknik marketing online

Content marketing adalah strategi yang dilakukan oleh agen komersial dengan memberikan informasi mengenai aktivitas yang mereka lakukan. Informasi yang diberikan dapat berupa riwayat asal produk atau bahan baku produk, fakta unik, variasi, keunggulan dan saran perawatan dan maintenance produk.

Informasi yang disampaikan dengan strategi ini dapat disajikan dalam bentuk artikel berita, gambar seperti infografis dan komik, serta video instruksional dan ulasan. Informasi tersebut kemudian diunggah melalui akun media sosial resmi perusahaan atau produk. Biasanya informasi bermanfaat ini akan di-upload ulang dan di repost di berbagai media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, Pinterest dan masih banyak lagi.

Continuous Marketing

Continuous marketing adalah teknik marketing online yang berlangsung secara terus menerus atau terus menerus di berbagai kanal marketing khususnya media sosial. Untuk marketing berkelanjutan, biasanya didukung oleh platform media sosial.

Biasanya, aplikasi jejaring sosial sudah memiliki algoritma untuk target audiens dari jenis kelamin, usia, minat, dan area jangkauan. Sebagai seorang pengusaha yang akan menggunakan teknik marketing online ini, perlu diperhatikan bahwa yang terbaik adalah memiliki data dan analisis yang valid. Sehingga ketika memasukkan kriteria target audiens berdasarkan target pasar, sebenarnya mereka berpotensi untuk membeli produk yang dipasarkan.

Personalized Marketing

teknik marketing online

Teknik marketing online selanjutnya adalah personalized marketing, dimana tipe marketing ini dapat dikatakan sebagai marketing pribadi. Bentuk marketing ini mengusung produk yang ditawarkan merupakan produk yang benar-benar dibutuhkan oleh target audiens dengan menggunakan pendekatan berbasis demografis.

Proses marketing ini membuat calon pelanggan Anda merasa lebih dihargai karena pendekatan pribadi mereka. Metodenya sendiri perlu lebih memperhatikan data dan algoritma audiens target pengguna media sosial.

Untuk membuat metode ini lebih efektif, diperlukan spesialis IT untuk meneliti data yang ada, spesialis marketing yang relevan dengan target pasar yang akan dituju, dan spesialis konten yang terkait dengan informasi, dan tata letak visual dari produk yang ditawarkan.

Social Media Marketing

Social media marketing menjadi salah teknik marketing online yang paling mudah diterapkan. Karena kebanyakan orang memiliki sarana komunikasi yang berbeda-beda, dari WhatsApp, LINE, Facebook, Twitter dan yang saat ini sedang berkembang adalah Instagram dan Tiktok.

Social media marketing terutama didasarkan pada marketing konten. Jika content marketing memiliki informasi yang tepat, bisa dipastikan social media marketing akan berjalan dengan lancar. Karena mayoritas pelanggan baru diperoleh melalui teknik yang satu ini.

Search Engine Optimization

teknik marketing online

Kemudian ada teknik marketing online dengan mengoptimalkan website. Metode ini sering disebut sebagai search engine optimization (SEO). Hal ini dilakukan agar website atau produk perusahaan dapat tampil tinggi di mesin pencari seperti Google, Bing, dan lain sebagainya. Jika website berada di paling tinggi dan awal, kemungkinan audiens akan mengunjungi situs tersebut dan berpotensi membeli produk akan meningkat.

Untuk teknik marketing ini, biasanya menggunakan artikel dengan keyword tertentu dan panjang kata yang telah ditentukan. Kemudian gunakan meta tag, yaitu pemberian tag judul dengan deskripsi meta untuk memudahkan mesin pencari memahami isi halaman web. Serta penggunaan backlink yang berguna untuk mereferensikan website mereka.

Search Engine Marketing

Ketika ada search engine optimization yang sifatnya organik, ada juga search engine marketing sebagai kembaran namun berbayar. Search engine marketing (SEM) adalah teknik marketing online yang bertujuan untuk menempatkan iklan website di posisi teratas di mesin pencari. Biasanya biayanya relatif lebih tinggi daripada SEO karena ada keyword target yang akan berlaku secara global dan lokal.

Affiliate Marketing

Istilah affiliate marketing mengacu pada teknik marketing online yang dilakukan oleh dua pihak yang saling menguntungkan. Cara ini sering digunakan oleh pengusaha e-commerce, hosting, otomotif dan lain sebagainya. Misal suatu orang merekomendasikan untuk membeli barang A pada toko X, lalu terjadi pembelian barang A di toko X menggunakan referral link maka orang yang merekomendasikan akan mendapatkan komisi.

Selain dengan konsumen bisnis, pengusaha dapat berkolaborasi dengan influencer, baik itu blogger, vlogger, YouTuber bahkan selebriti, adalah salah satu bentuk affiliate marketing. Dimana para Influencer lebih mendapatkan banyak kepercayaan oleh banyak orang, sehingga lebih mudah merekomendasikan produk atau layanan di jejaring sosial mereka.

Integrated Digital Marketing

Berikutnya adalah integrated digital marketing. Dari namanya dapat dibayangkan bahwa strategi ini menggunakan semua aspek sumber daya digital untuk memasarkan produk. Sumber daya digital berupa website, blog, aplikasi, social media hingga saluran Youtube ataupun Tiktok sebagai cara untuk menjangkau market yang lebih luas.

Berbagai konten dan sumber daya digital dapat berisi review produk, tutorial, saluran pemesanan, hingga customer service. Hal ini dilakukan untuk membangkitkan minat masyarakat terhadap suatu produk, semakin lengkap sumber daya digital yang Anda miliki, maka akan semakin memberikan kesan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang terpercaya dan produknya berkualitas.

Nah, 9 teknik marketing online di atas wajib dicoba. Teknik marketing online tersebut telah terbukti efektif dalam menarik pelanggan baru dan meningkatkan awareness terhadap produk dan layanan yang dijual. Jangan lupa untuk melakukan penilaian dan evaluasi pada setiap bentuk marketing Anda. Selain itu, pastikan Anda merencanakan dengan matang dalam menganggarkan biaya marketing Anda untuk mencapai hasil yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang teknik marketing online, semoga informasi yang kami sampaikan tentang teknik marketing online tersebut, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja