content marketing

Content Marketing: Pengertian, Manfaat dan Skill yang Dibutuhkan

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang content marketing? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang content marketing. Langsung saja mari kita mulai.

Pertumbuhan industri creative multimedia kreatif kini telah meluas ke penggunaan content marketing. Di mana desainer tidak hanya fokus membuat konten grafis, tetapi juga harus memikirkan bagaimana menarik minat target konsumen. Content marketing dinilai sebagai strategi yang efektif untuk menarik konsumen.

Menurut penelitian oleh Demand Gen Report (2020), metode ini menghasilkan prospek 3 kali lebih efektif daripada pemasaran konvensional. 48% pembeli mengatakan mereka melihat tiga hingga lima konten sebelum terhubung dengan penjual, 30% mengatakan mereka melihat lima konten atau lebih sebelum berinteraksi dengan penjual, dan 22% sisanya hanya melihat kurang dari 3 item. konten sebelum akhirnya membeli. Jadi, sebagai marketer, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang apa itu content marketing dan keterampilan yang diperlukan untuk menarik pemirsa komersial potensial.

Menangkap perhatian calon penonton tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi bagi Anda yang baru memulai, menerapkan content marketing seperti copywriting, keterampilan mengedit, keterampilan SEO, data, dan analitik dapat membantu meningkatkan lalu lintas konten. Lantas langkah apa yang harus dilakukan? Yuk simak informasinya berikut ini!

Pengertian Content marketing

Content marketing merupakan bagian dari digital marketing khususnya membuat konten sebagai jembatan untuk memperkenalkan produk kepada target audience. Konten memainkan peran penting dalam membentuk brand awareness dan meningkatkan engagement. Menggunakan konten di media digital dapat dilihat sebagai langkah yang tepat dalam memasarkan barang atau jasa secara online.

Manfaat Content marketing

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian content marketing, selanjutnya mari kita simak manfaatnya:

1. Membentuk brand awareness

Hal ini bermanfaat unuk membuat merek terkenal di pasar. Beberapa strategi dapat dirancang untuk membangun brand awareness. Pertama, Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui target pasar dan audiens Anda.

Hal tersebut membantu menghindari pembuatan konten yang tidak tepat dengan minat audiens Anda, yang dapat membuang-buang waktu dan tenaga. Sangat penting untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar dari produk atau layanan Anda sehingga Anda dapat mengetahui apa yang diinginkan audiens Anda. Tujuan utama membangun brand awareness yaitu untuk menjelaskan kepada audiens bahwa produk yang Anda hasilkan adalah yang mereka butuhkan.

2. Mendapatkan kepercayaan audiens

content marketing

Tanpa membangun kepercayaan publik, akan sulit untuk meyakinkan mereka tentang produk atau layanan Anda. Untuk membuat konten yang dapat memperoleh kepercayaan audiens Anda, temukan titik kesulitan mereka dan jelaskan bagaimana produk atau layanan Anda mengatasinya.

Jenis konten tersebut membantu mereka memikirkan merek Anda dan mencari saran dari konten Anda. Konten eksklusif juga harus memberikan nilai, yang dapat dilakukan dengan mensurvei audiens. Pelajari tentang tantangan yang mereka hadapi dan bagaimana Anda dapat mengatasinya.

3. Mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization)

Pertimbangan untuk optimasi SEO bisa menggunakan kata kunci, judul atau gambar yang relevan dengan topik. Dengan strategi yang baik, Anda akan mendapatkan peringkat tinggi dalam pemasaran produk atau layanan Anda. Visibilitas SEO juga merupakan ukuran yang baik tentang seberapa relevan konten bagi pengguna dan kueri penelusuran mereka.

4. Menghasilkan social media traffic

Salah satu manfaat content marketing adalah dapat membantu mengarahkan lalu lintas media sosial karena jangkauan media sosial terus berkembang. Setelah Anda memiliki daya tarik yang cukup di media sosial, ini semua tentang membuat audiens Anda tetap ter-engage.

5. Meningkatkan engagement

Dengan secara konsisten meningkatkan konten Anda dan menggabungkannya dengan keterampilan content marketing, Anda bisa mendapatkan umpan balik yang baik dari audiens Anda dan pada akhirnya dapat terlibat dengan baik untuk meningkatkan keterlibatan secara tidak langsung.

6. Menghasilkan pembelian

Pada tahap akhir ini, masyarakat akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Dalam content marketing, tujuan utamanya adalah membagi siklus pembelian menjadi dua, kesadaran dan pembelian.

Marketer ingin mengharapkan audiens untuk langsung ke tahap pembelian tanpa keraguan tentang produk. Dengan kata lain, strategi pemasaran ini penting untuk mempercepat pembelian atau penggunaan produk oleh masyarakat dan mengembangkan rasa ketergantungan terhadap merek.

Skill Content marketing

Berikut ini adalah 4 skill yang harus dikuasai dalam content marketing:

1. SEO skills

Mungkin skill yang paling sulit untuk dikuasai, memastikan peringkat konten Anda secara online dan menjangkau audiens yang tepat masih sangat penting. Sebagai content marketer, ini bukan hanya tentang membuat konten berkualitas tinggi, penting untuk dicatat bahwa setelah konten dibuat, itu dapat mengubah pembaca atau pendengar menjadi pelanggan. Ini membutuhkan pemahaman dasar tentang SEO, yaitu tentang memastikan konten yang Anda buat disajikan kepada audiens Anda pada waktu yang tepat.

2. Copywriting

Content marketing memerlukan skill menulis yang berbeda atau unik, tulisan yang baik dan jelas bisa cukup ampuh untuk meyakinkan calon pembeli yang ragu untuk membeli, jadi hindari tulisan yang berantakan.

3. Data & Analisis skills

Skill terakhir yang tidak kalah pentingnya dari lainnya karena seiring waktu, tidak peduli seberapa kreatif atau unik kontennya, tetapi jika Anda tidak menganalisis data audiens, itu tidak berguna. Untuk alasan ini, penting untuk memperhatikan data audiens karena penting untuk memastikan strategi konten yang solid dan efektif.

4. Editing skills

Skill ini tidak kalah pentingnya dengan menulis, karena menulis yang baik dan jelas tidak cukup untuk menarik perhatian calon pemirsa, harus diimbangi dengan keterampilan editorial. Kemas konten yang menarik dan berkualitas tinggi dan pada akhirnya tingkatkan audiens Anda.

Contoh content marketing

1. Website

Dengan menerapkan keterampilan copywriting dan SEO, Anda dapat dengan mudah menerapkan situs web sebagai langkah pertama dalam content marketing.

2. Membuat podcast dan video

content marketing

Baru-baru ini ada tren lain yang disebut podcast. Melihat peluang dan peluang yang tentunya seimbang dengan kemampuan editorial, podcast dan video adalah pilihan yang baik dalam content marketing.

3. Desain infografik menarik

content marketing

Dengan disajikan semenarik mungkin disertai dengan data dan kemampuan analisis yang baik, calon pelanggan dapat dengan mudah memahami maksud dari infografis tersebut.

4. Bekerja sama dengan influencer

content marketing

Jika Anda memiliki target pasar yaitu anak muda, memilih bekerja dengan influencer bisa menjadi langkah yang tepat karena di era digital banyak anak muda yang menggunakan media sosial sebagai sumber informasi, berita dan follow influencer.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang content marketing, semoga informasi yang kami sampaikan tentang content marketing tersebut, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja