internet marketing

Internet marketing, Buat Bisnis Anda Tampil Unik

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang internet marketing? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang internet marketing. Langsung saja mari kita mulai.

Pada era 4.0 sekarang ini, banyak orang mengakses informasi terkini melalui internet. Penggunaan Internet khususnya di Indonesia cukup besar dan sangat dinamis karena mendukung berbagai kebutuhan sehari-hari. Penggunaannya tidak hanya melayani kebutuhan tampilan informasi tetapi juga dapat digunakan untuk kegiatan komersial.

Menurut studi yang dilakukan oleh Hootsuite (We Are Social), Indonesia Digital Report 2021, pengguna internet Indonesia mencapai 202,6 juta orang atau 73,7% dari populasi Indonesia. Menurut sumber ini, waktu yang dihabiskan orang Indonesia untuk berinternet tidak signifikan, yakni 8 jam 52 menit per hari. Dari hasil penelitian tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa internet adalah salah satu tempat terbaik untuk menerapkan strategi marketing. Sebagai marketer terpercaya tentunya Anda bisa mulai memaksimalkan potensi Anda untuk memasuki pasar yang berbeda dari yang lain, mulailah membangun internet marketing sekarang juga!

Pengertian Internet Marketing

Pada titik ini, Anda harus terlebih dahulu memiliki gambaran tentang apa itu internet marketing. Internet marketing adalah strategi marketing produk melalui internet dengan tujuan untuk mempromosikan, meningkatkan penjualan, citra merek dan juga untuk mendorong konsumen membeli, baik barang maupun jasa. Internet marketing juga dikenal sebagai marketing online. Dikatakan demikian karena semua proses dilakukan secara online menggunakan teknologi digital.

Tujuan Internet Marketing

Tujuan dari internet marketing adalah untuk menjangkau dan mendapatkan konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. Bahkan tidak terbatas pada konsumen di satu wilayah, tetapi secara global. Dengan menerapkan strategi marketing dan promosi yang tepat, konsumen akan lebih sadar dan tertarik untuk menggunakan produk Anda.

Ciri-Ciri Internet Marketing

Beberapa karakteristiknya, yaitu:

  • Jangkauan pemasaran lebih luas, dapat diakses oleh siapa saja dan di mana saja.
  • Bentuk promosi yang fleksibel dan terdistribusi, misalnya melalui media sosial, artikel website, email marketing, dll.
  • Komunikasi multi arah, penjual dan pembeli memiliki peran yang sama yaitu aktif membahas produk.
  • Komunikasi juga lebih terbuka dan responsif, dan banyak pedagang e-commerce bahkan menawarkan layanan pelanggan 24/7.

Strategi Internet Marketing untuk Bisnis

Setelah Anda mengetahui pengertian dan tujuan dari internet marketing, mari kita cari tahu apa saja strateginya yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda.

1. Membuat website

Tujuan pembuatan website adalah sebagai platform untuk memberi tahu Anda tentang aktivitas dan layanan perusahaan Anda. Ada banyak sekali tutorial dan pelatihan yang dapat membantu Anda membuat dan mengembangkan website. Bagi Anda yang tidak memiliki pemahaman tentang coding, Anda dapat membangun website menggunakan WordPress. Dengan bantuan WordPress, Anda dapat memilih beberapa fitur penting seperti plugin untuk membantu Anda dalam proses pembuatan website.

2. Meningkatkan traffic dengan penggunaan SEO

internet marketing

Search Engine Optimization (SEO) memiliki konsep dasar mengoptimalkan artikel di website agar muncul di halaman pertama Google. Tujuan utama SEO adalah untuk meningkatkan traffic bisnis, serta mengoptimalkan, baik secara teknis maupun non-teknis. Penerapan SEO sendiri dipisahkan, yaitu SEO on-page dan off-page.

3. Menerapkan email marketing

Pernahkah Anda menerima email berupa artikel atau iklan yang berkaitan dengan layanan atau produk perusahaan? Ini disebut marketing email. Strategi marketing email telah terbukti cukup efektif dalam menarik konsumen untuk membeli atau menggunakan produk dan layanan Anda.

Faktanya, mayoritas calon pelanggan akan memeriksa pesan yang dikirim ke alamat email Anda. Namun, pastikan menggunakan bahasa berkualitas yang mudah dipahami agar pesan dalam email dapat tersampaikan kepada calon pelanggan.

4. Optimasi pada social media marketing

internet marketing

Contoh internet marketing yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan branding produk Anda adalah dengan menautkan akun Anda ke berbagai media sosial yang ada. Strategi marketing menggunakan bantuan social media marketing terbukti cukup efektif.

Media sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah Twitter, Instagram, dan Facebook. Dimana-mana di masing-masing platform media sosial ini terdapat fitur untuk menampilkan produk melalui iklan berbayar seperti Iklan Twitter, Iklan Instagram, dan Iklan Facebook.

5. Membuat blog

internet marketing

Jika Anda memiliki minat dan keahlian dalam menulis, Anda tidak akan pernah bisa menghasilkan bisnis darinya. Salah satunya adalah membuat blog pribadi atau blog bisnis yang saat ini dianggap sebagai salah satu strategi internet marketing yang paling efektif.

Mengapa? Karena salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan traffic adalah dengan membuat website untuk menampilkan berbagai informasi dalam bentuk artikel. Namun pastikan untuk tidak hanya membuat artikel saja, tetapi juga mengoptimalkannya untuk SEO agar artikel yang dibuat bisa masuk ke SERP (Search Engine Result Page) Google.

Kelebihan Internet marketing

Salah satu keunggulan internet marketing telah dibahas dalam pembahasan tujuan internet marketing. Namun, pada kenyataannya, ada banyak manfaat lain yang membedakan bisnis Anda. Berikut pembahasannya:

1. Mampu Tampil 24 Jam Nonstop

Sebuah strategi internet marketing yang memungkinkan bisnis Anda untuk tetap berdiri dan berjalan. Ini akan membantu meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis Anda. Anda bisa mendapatkan keuntungan ini dengan merujuk toko online, menggunakan website internet marketing.

2. Dapat menjangkau pasar global

Teknik marketing satu ini akan memberikan jangkauan yang luas kepada calon pelanggan. Miliaran orang di seluruh dunia menggunakan Internet setiap hari, hal inilah mengapa metode marketing ini sangat relevan digunakan di era 4.0. Model internet marketing dapat mencapai keterlibatan global dengan bantuan social media marketing.

3. Menjangkau lebih luas dengan biaya minimal

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mempromosikan bisnis Anda di internet jauh lebih murah dibandingkan media marketing lainnya. Hal ini memudahkan para pelaku usaha kecil menengah untuk mempromosikan produknya.

4. Penghematan waktu

Strategi internet marketing atau online marketing juga menghemat banyak waktu. Konsumen potensial bisa mendapatkan semua informasi tentang produk dan layanan melalui internet. Ini berlaku untuk penjual dan pembeli. Pembeli dapat mengakses informasi kapan saja dan dimana saja. Demikian juga, penjual juga dapat bekerja kapan saja dan di mana saja.

5. Mendapatkan feedback instan

Strategi internet marketing dapat membantu Anda mendapatkan umpan balik instan dari pelanggan Anda. Konsumen dapat memberikan feedback setelah menggunakan produk Anda. Hal ini dapat memberi tahu Anda jika produk atau layanan Anda perlu diperbaiki.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang internet marketing, semoga informasi yang kami sampaikan tentang internet marketing tersebut, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja