cara kejrja search engine

Pengertian dan Cara Kerja Search engine

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara kerja search engine? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang cara kerja search engine. Langsung saja mari kita mulai.

Anda mungkin sudah tahu tentang search engine Bernama Google. Google menjadi platform search engine yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Ketika seseorang mengetik keyword tertentu dan Google menampilkan hasil pencarian, mereka akan melihat hasil yang relevan.

Google search mencakup hasil search berbayar (beriklan di Google AdWords), cantuman bisnis lokal (Google Bisnisku), dan hasil search organik. Kebanyakan orang yang memiliki situs di halaman 1 telah melakukan pekerjaan optimasi SEO dengan baik. Oleh karena itu, jika Anda ingin situs web Anda berada di halaman 1 Google, pastikan untuk mengoptimalkan SEO Anda.

Apa Itu Search Engine?

Search engine adalah situs web yang mengambil teks, video, dan gambar dan mengumpulkannya dari Internet. Berkat search engine, bisnis Anda juga dapat dengan mudah dilihat oleh pengunjung dari mana saja. Penggunaannya juga sangat sederhana, Anda hanya perlu memasukkan keyword yang ingin Anda cari, sehingga search engine akan menampilkan sejumlah situs web yang terkait dengan keyword yang Anda masukkan.

Search engine hanya menyertakan Google? Tentu saja tidak, ada beberapa search engine lain yang bisa Anda gunakan. Misalnya: Bing, Mozilla Firefox, Yahoo, dan lain sebagainya. Perlu ditekankan bahwa setiap search engine memiliki algoritma yang berbeda, sehingga hasil pencarian yang ditampilkan juga akan berbeda walaupun menggunakan keyword yang sama untuk setiap search engine.

Manfaat Search Engine

Search engine atau mesin penelusuran memiliki banyak sekali keunggulan. Berikut penjelasannya:

  • Mudah mendapatkan informasi. Anda hanya cukup memasukkan istilah pencarian ke dalam search engine untuk menampilkan informasi yang relevan. Karena search engine terhubung ke berbagai situs web yang dihosting di sana.
  • Mudah mencari dokumen atau file tertentu. Search engine memudahkan untuk menemukan, menemukan, dan mendapatkan dokumen tertentu. Misalnya dokumen dalam format PDF atau Doc (Document).
  • Menghemat waktu dalam proses penelitian. Keuntungan lain dari search engine adalah kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Karena informasi dan halaman web yang ditampilkan diurutkan berdasarkan level yang paling relevan.

Cara Kerja Search Engine

Hanya sedikit orang yang mengerti cara kerja search engine ini. Pekerjaan search engine dimulai dengan crawling konten dan kemudian mengindeksnya untuk menyimpan konten dalam database. Kemudian muncul langkah pengambilan, yang melibatkan pengambilan konten yang cocok dengan apa yang dicari pengguna. Untuk lebih jelasnya, ketahui 7 hal penting ini tentang cara kerja search engine.

Crawling

Cara kerja search engine dimulai dengan proses crawling. Crawling atau perayapan adalah langkah pertama dalam alur kerja mesin telusur. Pada titik ini, detail akan dikumpulkan dari halaman di situs web.

Proses ini dilakukan oleh bot, sehingga dapat mengumpulkan banyak informasi sekaligus dari banyak halaman. Bot ini akan bekerja terus menerus untuk mendapatkan informasi yang benar-benar valid. Beberapa data dikumpulkan seperti gambar, judul, keyword hingga internal link.

Indexing

Pengindeksan terjadi dengan menempatkan data yang diperoleh dari proses crawling ke dalam database search engine. Halaman yang tidak terindeks tidak akan muncul di search engine. Kecepatan pemrosesan terkadang lambat, terutama jika ada banyak antrian data untuk diindeks.

Processing

Proses ini berlangsung setelah search engine menerima permintaan dari pengguna. Misalnya, ketika pengguna mencari informasi tentang “harga beras”, search engine akan mengaitkan keyword ini dengan halaman web yang diindeks. Proses ini sangat cepat, pengguna bisa mendapatkan hasil hanya dalam beberapa detik setelah melakukan pencarian.

Calculating Relevancy

Calculating relevancy adalah proses membandingkan halaman web yang diindeks untuk menemukan halaman yang paling relevan dengan keyword yang dicari pengguna. Semakin relevan suatu halaman, semakin besar kemungkinan halaman tersebut diambil oleh search engine untuk ditampilkan kepada pengguna. Tidak heran jika pengoperasian search engine ini begitu canggih, hampir tidak ada kesalahan dalam memberikan informasi yang akurat.

Retrieval

Retrieval adalah proses search engine yang menyediakan halaman web yang relevan dengan permintaan pengguna. Search engine seperti Google memiliki algoritme sendiri untuk menentukan halaman yang akan ditampilkan kepada pengguna. Setiap search engine memiliki algoritma yang berbeda-beda, sehingga jika Anda mencari informasi dengan keyword yang sama, hasilnya pasti akan berbeda.

Algoritma

Ketika menggunakan search engine, algoritma adalah sistem yang menyesuaikan hasil pencarian yang ditampilkan setelah pengguna memasukkan keyword di kotak pencarian. Algoritme ini sering berubah, sehingga pemilik situs web harus terus memperbarui situs web mereka agar sesuai dengan algoritme yang berlaku.

Ranking

Search engine tidak secara sewenang-wenang memberi peringkat situs web dalam hasil pencarian. Aktivitas search engine sangat erat kaitannya dengan SEO (Search engine Optimization). Semakin relevan suatu situs, semakin besar kemungkinan peringkatnya lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Cara kerja search engine pada dasarnya cukup sederhana. Pada tahap perhitungan, relevansi menjadi sangat penting, karena berkaitan dengan hasil pencarian yang akan memuaskan penggunaannya.

Setelah Anda tahu cara kerja search engine, Anda dapat menempatkan situs web Anda di pencarian teratas untuk keyword. Dengan mengambil halaman pertama, produk yang dijual di website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Fungsi Search Engine

Dalam buku 10 Jam Penguasaan Internet, Teknologi dan Aplikasinya (2008), Yuhefizar menulis bahwa fungsi utama dari search engine adalah untuk mencari dan menemukan informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna internet.

Selain itu, search engine juga berperan sebagai media pemasaran yang efektif. Salah satu caranya adalah dengan membuat konten yang menarik dan mudah dipahami agar search engine tidak kesulitan mencari dan menangkap informasi.

Sejarah Search Engine

Search engine pertama adalah program yang disebut Archie (menampilkan gambar) yang muncul pada tahun 1990. Di mana program Archie memungkinkan siapa saja untuk mengakses dan mencari nama file halaman web.

Namun Archie tidak bisa membuka website yang anda cari, melainkan langsung mendownload file yang anda cari. Seiring perkembangan teknologi, berbagai jenis search engine muncul dengan fitur yang berbeda.

Pada tahun 1998, Google muncul dan menjadi search engine yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Search engine lain yang banyak digunakan termasuk Mozilla Firefox, Bing (sebelumnya MSN), Search, Yahoo dan Baidu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara kerja search engine, semoga informasi yang kami sampaikan tentang cara kerja search engine tersebut, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja