Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

Cara Menggunakan dan Pengertian Google Trends Adalah

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian google trends adalah? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan informasi tentang pengertian google trends adalah.

Memiliki website terkenal dan banyak dikunjungi merupakan impian para blogger, terutama jika berkaitan dengan AdSense. Nyatanya, hal tersebut sangat sulit diraih. Sering kali walau sudah membikin banyak konten pengunjung website tidak kunjung bertambah. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh ketidaktahuan akan tren terkini dan kesalahan penentuan topik atau keyword (kata kunci).

Google menyediakan layanan yang memungkinkan penggunaannya untuk mencari topik yang sedang hangat diperbincangkan. Layanan yang dimaksud adalah Google Trends, Google Trends adalah sebuah alat atau tool dengan beragam fitur dan fungsi.

Di era digital dimana website semakin berjamuran, terdapat banyak orang yang berpacu meningkatkan trafik website dengan strategi konten yang didukung oleh data pencarian Google.

Pengertian Google Trends

google trends adalah

Google Trends adalah layanan untuk melakukan riset kata kunci yang sering dipakai dan topik hangat yang sedang diperbincangkan. Layanan ini sangatlah bermanfaat terutama bagi para marketer yang ingin mencari data pencarian Google untuk membuat konten yang menarik. Karena google merupakan mesin pencari paling terkenal di dunia, Google trends adalah alat yang dapat di andalkan sebagai penyedia tren-tren keyword yang cukup akurat.

Google Trends adalah layanan yang mulai dipublikasikan pada tahun 2006 dan hingga saat ini masih terus dikembangkan. Platform ini menyediakan layanan yang cukup lengkap yakni mempunyai berbagai fungsi dan fitur menarik, menyuguhkan topik yang sedang ramai dibahas, mencari keyword yang kerap dipakai, membandingkan performa antar keyword, tampilannya simpel dan mudah digunakan. Layanan yang memberikan segala informasi tentang hal yang banyak dicari orang, dapat anda gunakan secara gratis.

Fungsi Google Trends

google trends adalah

Google Trends adalah tools dapat digunakan dengan tujuan yang macam-macam. Ada yang menggunakannya untuk keperluan SEO, pemasaran konten maupun sebagai rujukan inspirasi untuk kreativitas konten.

  1. Dengan Google Trends, anda dapat mengetahui topik-topik terpopuler dan terkini yang berguna untuk menambah kunjungan pada situs anda.
  2. Dengan Google Trends, pengguna dapat melihat pengunjung yang ditargetkan dengan cepat mendapatkan tempat dalam diskusi. Lewat layanan Google ini, pengunjung bisa menengok statistik tentang wilayah kota, wilayah bahkan bahasa yang dapat dijadikan sasaran.
  3. Dengan Google Trends, anda juga dapat melihat seberapa sering suatu topik muncul di mesin pencari atau Google News, serta area mana yang paling membutuhkan topik tersebut. Pemasar bisa menetapkan tujuan promosi produk dan layanan yang akan dipasarkan dalam satu area Lewat tingkat frekuensi ini.
  4. Dengan Google Trends, para blogger atau pun content writer khususnya yang ingin menjadikan topik blognya menduduki peringkat satu di Google bisa menentukan kata kunci (keyword) yang tepat. Karena keyword merupakan aspek fundamental yang membangun sebuah konten artikel.

Cara Menggunakan Google Trends

google trends adalah

Selepas mengetahui beberapa fungsi dasar Google Trends, anda dapat belajar tentang cara penggunaannya untuk mencari informasi kata kunci dan ide konten. Supaya tidak rumit saat menggunakan Google Trends, sebaiknya Anda memilih topik terlebih dahulu agar anda lebih fokus mencari informasi sesuai topik yang ingin dianalisis. Sesudah memilih topik, Anda bisa memanfaatkan beberapa rekomendasi di bawah yang menentukkan keyword terbaik untuk memasarkan website.

1. Membuka Google Trends Menggunakan akun Google

Apabila anda telah memiliki akun Google, Anda hanya tinggal membuka halaman Google Trends.

Pada bagian awal ini, akan menampilkan contoh peta hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Di bagian bawahnya, terdapat contoh kata kunci yang meningkat. Di halaman yang sama, Anda juga dapat melihat tombol untuk memfilter topik berdasarkan waktu, negara, kategori, dan jenis penelusuran.

Apabila anda ingin memperoleh informasi tentang keyword popular yang dicari setiap harinya, anda dapat mengunjungi Halaman Daily Search Trends. Fitur ini bisa diakses lewat “icon Sidenav (☰) » setelah itu klik Trending Searches” di bagian pojok kiri atas Google Trends.

2. Cara Mencari Keywords di Google Trends

Untuk memburu keyword-keyword lain yang berkaitan dengan topik yang dicari, Anda dapat mengetikkannya ke dalam kolom ‘Enter a Search Term or a Topic’ atau ‘Add a Search Term’.

Terkadang saran yang dihasilkan masih cukup luas. Maka, anda perlu menspesifikan keyword yang ingin Anda analisis, setidaknya menggunakan dua hingga empat kata.

3. Cara Membandingkan Keywords melalui Google Trends

Di Google Trends sangatlah mudah untuk memperoleh beberapa keyword-keyword potensial dapat diperoleh dengan mudah melalui dari Google Trends. Untuk mengetahui keyword mana yang lebih baik, Anda dapat membandingkannya melalui fitur comparison.

Fitur comparison berfungsi untuk membandingkan keyword sampai dengan lima keyword. Fitur tersebut membagikan perbandingan tingkat pencarian antar keyword yang berbentuk grafik, peta wilayah, dan kueri yang berhubungan. Anda juga bisa memfilter berdasarkan lokasi, waktu, kategori, dan tipe penelusuran. Google Trends juga menyajikan pilihan unduh, embed, dan pembagian secara langsung.

4. Cara Menggunakan Opsi Pencarian Spesifik

Google Trends adalah tempat yang tidak sekadar bisa dimanfaatkan untuk menganalisis tingkat pencarian di Google Search, tapi juga menganalisis YouTube search, Image Search, News Search, dan Google Shopping. Di antara empat tipe pencarian tersebut, Apabila Anda ingin mempusatkan pada pengunjung yang memakai video maka YouTube Search adalah fitur yang cukup populer. Anda dapat mengakses fitur ini pada halaman yang sama.

Ketika Anda menekan YouTube, Google Trends akan menampilkan grafik menjadi data pencarian dari YouTube. Walaupun memakai keyword yang sama, grafik pencarian di Google Search dan YouTube tentu jelas berbeda sebab keduanya merupakan layanan yang berbeda dan orang-orang cenderung melakukan pencarian video di YouTube daripada di Google Search.

5. Memprediksi Tren

Google Trends adalah sebuah wadah yang menyuguhkan informasi yang cukup lengkap. Informasi yang diperoleh dari platform tersebut dapat Anda gunakan untuk menciptakan konten semenarik mungkin yang sesuai dengan keyword. Namun sebelum anda terlalu optimis , anda harus tahu bahwa menempati posisi puncak hasil pencarian tidaklah segampang itu.

Anda harus sadar bahwa Google Trends adalah alat yang dapat dijadikan sebagai aplikasi analisis oleh banyak pesaing di luar sana. Hal Ini menghasilkan data yang Anda terima sama dengan data yang mereka dapatkan.

Masih banyak orang tidak dapat membaca data dengan benar. Saat semua pengguna menganalisis data yang sama, hasilnya kemungkinan besar akan berbeda-beda. Cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini yaitu lewat kebijaksanaan dalam mengelola data.

Berikut ini adalah 3 saran bijak yang dapat anda lakukan dalam mengelola data:

  • Pahami tren-tren sesuai negara atau kategori yang ditargetkan.
  • Bandingkan frasa yang mengandung arti yang sama. Contohnya, keyword “website terbaik Indonesia” volumenya berbeda dengan “website Indonesia terbaik”.
  • Lihat grafiknya. Bila grafik naik, maka bisa jadi ke depannya tren tersebut akan terus meningkat. Tapi, Anda juga harus mengetahui bahwa bisa jadi tren hanya naik dalam kurun waktu tertentu saja.

6. Menemukan Tambahan Insight di “Top Chart”

Berbeda dari kebanyakan tren lainnya, Top Chart adalah 100 konten yang sedang tren di berbagai kategori. Tapi, perlu diperhatikan bahwa hal tersebut tergantung dari konteksnya.

7. Menggunakan Siklus Tren untuk Memposisikan Produk

Sesuai pada poin ke-6 diterangkan bahwa konteks ikut mempengaruhi banyaknya pencarian. Maka melalui konteks, Anda bisa melihat terdapat kemungkinan siklus yang akan terjadi. Maksud siklus tersebut yaitu kapan seseorang akan mencari keyword pada kurun waktu tertentu saja.

Sebagai contoh, kata kunci “menu buka puasa” yang umumnya meningkat di bulan ramadhan dan menurun di hari-hari biasa. Hal tersebut dapat dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda yang terkait dengan menu buka puasa. Caranya yakni dengan membuat konten-konten yang berhubungan dengan keyword “menu buka puasa”.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang pengertian google trends adalah, semoga informasi yang kami sampaikan tentang pengertian google trends adalah, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja