Mengenal Apa itu Keywords: Jenis dan Fungsinya

Mengenal Apa itu Keywords: Jenis dan Fungsinya

Apa itu keywords? Keywords adalah rangkaian kata yang ditentukan oleh Penulis sebagai acuan untuk kemungkinan dicari pengguna di mesin pencari.

Keywords juga bisa disebut sebagai kata-kata utama yang ditekan pada halaman website.

Selain berperan penting dalam menulis artikel, keywords juga bisa menjadi penunjang SEO di Media Sosial, biasanya menggunakan hashtag.

Fungsi Keywords

Keywords berfungsi saat Anda membangun website atau blog. Sebagia penunjang SEO dalam konten-konten tulisan, gambar, atau video.

Sangat penting bagi penulis untuk memahami keywords dalam artikelnya. Keywords memiliki tiga fungsi sebagai berikut:

1. Bagi Mesin

Menggunakan keywords, dapat menunjang kinerja mesin pencari agar menggiring pengguna internet untuk masuk ke konten website Anda.

Mesin pencari akan lebih mudah dan cepat untuk menemukan dan mencari informasi yang relevan dengan keinginan pengguna.

2. Bagi Blogger

Kata kunci yang tepat dapat mempengaruhi perkembangan website, penulis harus cermat untuk memilih keywords.

Sebab dengan keywords tersebut, popularitas sebuah website dapat meningkat pesat, dibuktikan dari peringkat yang naik.

Halaman website akan berada di posisi teratas dalam SERP, setelahnya blogger atau penulis akan merasa puas dengan kinerjanya.

3. Bagi Website

Jika website dikelola oleh tenaga professional dan berpengalaman, maka website akan terus berada di tingkat pertama.

Saat website selalu berada di tingkat pertama, maka audiens akan lebih mengenal brand perusahaan, semakin banyak pula calon pelanggan atas brand Anda.

Mengenal Jenis-jenis Keywords

Keywords memiliki jenis-jenisnya yang sudah dikelompokkan. Berikutini jenis-jenis keywords berdasarkan peruntukannya, sebagai berikut:

1. Short Tail Keyword

Short tail keyword merupakan kata kunci terpendek, atau yang paling pendek hanya terdiri atas satu atau dua kata saja.

Jenis bisa memiliki tingkat tersulit karena harus bersaing dengan tim ahli SEO dari perusahaan lain yang mungkin lebih besar.

Contoh kata kunci pendek:

  1. Baju murah
  2. Tips kurus
  3. Resep masak
  4. Rumah minimalis

Kelebihan:

  1. Tingkat persaingan berat
  2. Jarang muncul di halaman pertama
  3. Hasil yang dicari pengguna kurang tepat

Itulah pengertian dari short tail keyword, maka dari itu sangat penting bagi Anda mengenal pengertian short tail keyword.

2. Long Tail Keyword

Lawan atas kata kunci pendek, maka long tail keyword merupakan kata kunci terpanjang. Persaingan long tail keyword juga cenderung lebih rendah.

Akan tetapi, trafik yang diperoleh dari long tail keyword bisa jadi lebih sedikit daripada konten dengan short tail keyword.

Contoh long tail keywords:

  1. Cara menginstall Tik Tok dengan cepat
  2. Resep masak rendang padang
  3. Cara mengkonfigurasi cisco dan lain-lain

Kelebihan:

  1. Konten dengan long tail keyword bisa lebih mudah menempati posisi peringkat pertama
  2. Peluang memenangkan persaingan SEO mudah
  3. Lebih bermanfaat bagi pembaca
jenis-jenis keyword
jenis-jenis keyword menurut wordstream

Keywords Berdasarkan Waktu

Keywords juga bisa dikelompook berdasarkan jangka waktunya, terdapat keywords yang bisa bertahan abadi, atau musiman.

1. Keywords Abadi

Keywords abadi adalah keywords yang bertahan dari waktu ke waktu, biasanya digunakan dalam membuat artikel evergreen.

Artikel pembahasan mengenai topik yang akan selalu dicari orang. Contoh dari keywords abadi adalah download lagu mp3, resep memasak brownies, dan sebagainya.

2. Keywords Musiman

Keywords musiman digunakan saat suatu konten membahasa mengenai satu kejadian yang sedang trending, ramai dibicarakan orang-orang.

Saat terjadi suatu berita baru di masyarakat, maka Anda bisa menulis mengenai berita tersebut, karena kemungkinan banyak orang akan mencarinya di mesin pencari.

Contoh keywords musiman:

  • Info seputar erupsi semeru
  • Info pertandingan MotoGP Mandalika
  • Jadwal rilis Drama Korea

Keywords Berdasarkan Pemirsa

Kata kunci berdasarkan pemirsa adalah keywords yang dikelompokkan berdasar manfaat dan kebutuhan pengguna internet.

1. Keywords Umum

Keywords umum banyak diketikkan orang di mesin pencarian, sehingga dapat menjangkau semua audiens.

Contoh: cara mengikat tali sepatu

2. Keywords Khusus

Keywords khusus adalah kata kunci yang memiliki target khusus dan spesifik.

Contoh: chords gitar lagu

Tips Menentukan Keywords yang Tepat

Penunjang agar konten website bisa menempati posisi teratas di SERP, Anda perlu menentukan keywords yang tepat.

Persaingan yang tinggi sangat sulit untuk menangkan, kecuali penulis bisa kreatif menentukan strategi menentukan keywords yang tepat.

Berikut ini tips menentukan keywords yang tepat untuk konten website Anda.

1. Think Like A Customer / Berpikir Seperti Pelanggan

Coba identifikasi diri Anda sebagai pelanggan, posisikan diri Anda memakai sepatu milik pelanggan, apa yang ada di pikiran para pelanggan?

Tanyakan diri Anda, “jika saya ingin membeli produk/jasa ini, maka frasa atau kata kunci apa yang akan saya ketikkan di mesin pencari?”

Anda juga bisa konsultasikan hal ini ke teman, anggota keluarga, atau pelanggan sebelumnya. Anda bisa bertanya opini mereka kata kunci dan frasa apa yang biasa mereka ketikkan di mesin pencari.

2. Study The Competition / Pelajari Kompetisinya

Persaingan SEO memang sangat berat. Coba buat daftar website perusahaan yang menjadi kompetitor website Anda.

Biasanya website kompetitor memilki topik pembahasan yang sama dengan website Anda, atau memiliki target yang sama juga.

Baca konten website kompetitor, lihat meta tags milik mereka untuk mengidentifikasi target dari website kompetitor.

Melihat keywords yang digunakan kompetitor bukan hanya mengingatkan hal detail yang terlupakan, tetapi juga memperluas daftar ide.

3. Understand Long Tail Keywords / Pahami Long Tail Keywords

Long tail keywords merupakan kombinasi dari tiga kata atau lebih dalam satu frasa. Long tail keywords lebih rendah tingkat kompetisinya.

Rendahnya kompetisi dapat menarik trafik yang lebih relevan. Dengan begitu lebih mudah pula halaman website untuk menempati peringkat atas.

 

simak penjelasan tentang keyword dari didikarwinsyah berikut ini

Penutup

Upayakan terus strategi marketing SEO, sehingga secara organik dapat menarik audiens. Menentukan keywords yang tepat adalah kunci keberhasilan SEO.

SEO bukan hanya diterapkan untuk konten website, melainkan juga untuk Media Sosial. Terus kembangkan ide dan pembendaharaan kata, agar bisnis bisa berkembang

Jasa Pembuatan Website Jogja, Matob Creative Studio, bisa membantu Anda mengembangkan website Anda.

Menyediakan berbagai jasa, mulai dari SEO, pembuatan company profilewebsite toko online, jasa penulis konten, hinga jasa Elementor pro.

Sumber foto:

Foto oleh Lisa Fotios

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

Bagaimana cara membuat logo yang baik

Bagaimana cara membuat logo yang baik?

Beberapa pengusaha berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan logo. Namun. Ada banyak tugas penting lainnya. Anda dapat mendesain logo di generator logo Turbologo. Apa itu logo?

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Upaya mempercantik website perusahaan, pastinya adalah dengan desain website semenarik mungkin, harus memuat audiens senang scrolling website perusahaan. Banyak upaya yang bisa dilakukan web developer

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business bisa membantu banyak perusahaan  yang ingin memasarkan usahanya secara digital. Kehadian Google My Business bisa memudahkan perusahaan untuk menarik pelanggan baru.

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

SEO atau AdWords, merupakan strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan trafik website di halaman hasil pencarian Google. Setelah peringkat website naik, Anda akan memperoleh