Apa itu LInk DoFollow dan NoFollow

Menganal Apa itu Link DoFollow dan NoFollow

Mengenal apa itu link DoFollow dan NoFollow dalam dunia internet, salah satu dari banyak sekali hal yang tidak bisa Anda lihat atau pahami, kecuali “dirasakan” langsung oleh mesin.

Seperti misalnya, mesin pencarian yang dapat memahami  kualitas konten, hintta mendeteksi sejumlah tautan di internet tunduk pada sistem dan tidak tunduk pada sistem.

Terdapat beberapa nuansa teknis yang tidak terlihat oleh pengguna tetapi membuat perbedaan besar dalam cara tautan dirasakan oleh mesin pencarian.

Nuansa tersebut adalah nilai atribut link yang ditempatkan pada kode halaman di dalam tag link <a>. Secara default, tautan akan ditampilkan di SERP, kemudian user yang membukanya akan menuju website.

Memahami Backlink

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai link DoFollow dan NoFollow, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu backlink.

Secara mudah, backlink merupakan link yang diberikan oleh website lain untuk mendukung website milik Anda.

pengertian backlink

Maksudnya, ada satu link konten yang berasal dari website Anda, kemudian diselipkan dalam konten website lain.

Hal ini bisa menjadi sangat menguntungkan bagi Anda, karena dapat meningkatkan reputasi website Anda bagi sistem mesin pencari.

Website Anda bisa dinilai Google menjadi lebih kredibilitas dan dapat dipercaya. Namun, jika website yang mencantumkan link untuk website Anda kualitasnya rendah, maka Anda pun akan dinilai demikian oleh Google.

Jika Anda juga memberikan backlink kepada website lain yang kualitasnya tidak baik, maka website Anda juga akan turun kualitasnya dinilai dari Google.

Pada dasarnya, Anda harus mencantumkan tautan-tautan yang berasal dari website lain yang memilki reputasi baik, kualitas tinggi, peringkat juga tinggi di SERP.

Sehingga, website Anda juga akan mengikuti reputasi tersebut, dan meningkatkan kualitas website Anda bagi Google.

Memahami apa itu DoFollow Link dan NoFollow LInk

Apa yang disebut sebagai DoFollow link, atau NoFollow link, pada nyatanya hanyalah tautan link biasa, seperti tautan pada umumnya.

Ada beberapa  website di internet yang tidak ingin mengikuti aturan main dari sistem kerja SEO.  Salah satu cara meningkatkan SEO, adalah dengan memasukkan backlink untuk website lain.

NoFollow merupakan atribut HTML yang bertugas untuk memberikan kode kepada Google atau mesin pencari lainnya untuk mengabaikan link tertentu.

Website ibaratnya melakukan blocking terhadap website untuk mencantumkan backlink satu sama lain. Biasanya NoFollow dilakukan terhadap website yang kurang berkualitas.

Tujuannya agar reputasi website dan kualitasnya tetap terjaga, terhindar dari website lain yang bisa menunrunkan kualitas website.

Sedangkan DoFollow, merupakan kebalikan dari NoFollow. Website memberikan izin kepada Google atau mesin pencari lainnya untuk saling memberikan backlink pada website tertentu.

Website lain yang memiliki kualitas tinggi dianggap menguntungkan, bisa meningkatkan reputasi dan kualitas website juga.

Oleh karena itu, izin tersebut diberikan kepada Google agar website Anda bisa dimasukkan backlink di konten website lain.

Pengaruh NoFollow dan DoFollow Link pada Peringkat Mesin Telusur

Peringkat website merupakan esensial untuk meningkatkan kualitas, reputasi, serta nilai website di sistem mesin pencarian.

Halaman website yang memiliki peringkat tinggi selalu saja menempati posisi paling atas di SERP (Search Engine Results Page).

Saat halaman website Anda berada di atas, maka audiens yang berkunjung ke website juga jadi semakin banyak, tentu ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Banyak factor yang menjadi penentu sebuah website bisa menempati peringkat teratas, memasukkan backlink adalah salah satunya yang paling berpengaruh.

Natalia Wulfe, CMO dari Effective Spend, menjelaskan “saat website dengan peringkat lebih tinggi disambungkan dengan backlink kepada website dengan peringkat lebih rendah, maka bisa mengangkat peringkat website lebih rendah tersebut juga.”

Website dengan peringkat lebih rendah, memperoleh points dari website DoFollow dengan peringkat lebih tinggi.

Ronto, CMO dari RunRepeat menjelaskan, “DoFollow link lebih baik daripada NoFollow link.” Maksudnya, DoFollow memberikan keuntungan, sedangkan NoFollow justru krusial.

perbedaan efek dari link dofollow dan nofollow. sumber seopressor

Haruskah Masih Menggunakan NoFollow Link?

“NoFollow link masih bisa bernilai,” jelas Ronto. “Website yang tidak memiliki NoFollow link sama sekali, akan menjadi red flag bagi rayap pencarian.”

Meski tidak mempengaruhi peringkat karena tanpa NoFollow link, namun website Anda masih diperhatikan oleh rayap penelusuran.

Rayap penelusuran tersebut bisa melakukan spamming pada website Anda. Hal ini karena secara alami Anda bisa mendapatkan link NoFollow.

Jika Anda mendapatkan backlink pada website NoFollow, maka kemungkinan kecil untuk berhubungan dengan website spamming.

Keuntungan lain untuk terhubungan dengan website NoFollow adalah sponsorship.Anda harus membayar untuk memasukkan backlink tautan website Anda pada DoFollow link.

Sedangkan untuk NoFollow link, mereka yang harus membayar kepada Anda jika ingin menautkan backlink website Anda di NoFollow link tersebut.

Bagaimana Caranya Mendapatkan DoFollow Link?

Cara termudah bagi Anda untuk mendapatkan DoFollow link adalah mencari sebutan website Anda di website lain.

Saat nama brand Anda ada di website lain, maka Anda bisa memulai untuk mengontak admin dan betanya jika ingin terhubung dengan menambahkan DoFollow link.

Kesimpulan

Memasukkan tautan dari website lain memang penting untuk meningkatkan peringkat, memaksimalkan kinerja SEO.

Akan tetapi, perlu diingat pula, bahwa website dengan kualitas baik adalah yang paling konsisten membuat konten.

Mengembangkan website mengikuti pembaharuan dari mesin pencari, hingga mempelajaran terus tentang SEO.

Secara perlahan website Anda bisa berkembang sendiri terlebih dahulu, kemudian setelahnya baru bisa bekerja sama dengan website lain dengan NoFollow link maupun DoFollow link.

Jasa Pembuatan Website Jogja, Matob Creative Studio, bisa membantu Anda mengembangkan website Anda.

Menyediakan berbagai jasa, mulai dari SEO, pembuatan company profilewebsite toko online, jasa penulis konten, hinga jasa Elementor pro.

Sumber foto: Foto oleh Tranmautritam

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

Bagaimana cara membuat logo yang baik

Bagaimana cara membuat logo yang baik?

Beberapa pengusaha berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan logo. Namun. Ada banyak tugas penting lainnya. Anda dapat mendesain logo di generator logo Turbologo. Apa itu logo?

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Upaya mempercantik website perusahaan, pastinya adalah dengan desain website semenarik mungkin, harus memuat audiens senang scrolling website perusahaan. Banyak upaya yang bisa dilakukan web developer

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business bisa membantu banyak perusahaan  yang ingin memasarkan usahanya secara digital. Kehadian Google My Business bisa memudahkan perusahaan untuk menarik pelanggan baru.

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

SEO atau AdWords, merupakan strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan trafik website di halaman hasil pencarian Google. Setelah peringkat website naik, Anda akan memperoleh