Mengenal E.A.T dan Fungsinya untuk SEO

Mengenal E.A.T dan Fungsinya untuk SEO

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara menguraikan algoritma Google, mengenal apa itu E.A.T, fungsinya SEO, dan sebagainya? Percayalah Anda tidak sendirian.

Google sangat misterius, bungkam atas cara kerjanya, dan apa yang berubah setiap kali ada pembaharuan sistem.

Banyak Digital Marketers mempertanyakannya sehingga banyak industri yang mempekerjakan “Detektif” untuk mencari dan menyelamatkan peringkat halaman website mereka.

Pada tahun 2015, Google merilis Search Quality Evaluator Guidelines.

Dalam panduan tersebut, Google memberi tiga kunci yang dinilai sistem atas berkualitas atau tidaknya suatu halaman website. Di antaranya adalah:

  1. Beneficial Purpose / Tujuan halaman yang bermanfaat bagi pengguna
  2. E-A-T (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness)
  3. YMYL (Your Money or Your Life)

Pedoman tersebut sangat berguna sebagai referensi untuk mengembangkan strategi pemasaran dengan SEO.

Orang-orang juga bisa menilai seberapa baik algoritma Google dalam menilai halaman website. Panduan ini juga berfungsi sebagai tambahan wawasan, menyamakan visi dengan Google.

Penjelasan E.A.T: Expertise, Authoritativeness, Trustwothiness

EAT merupakan karakteristik dari sebuah halaman yang menjadi acuan apakah sebulan halaman itu dianggap berkualitas atau tidak oleh Google.

Salah satu faktor lainnya yang membuat halaman berkualitas adalah memiliki tujuan yang bermanfaat untuk pembacanya.

Maka selanjutnya adalah E.A.T, berikut penjelasan E.A.T:

1. Expertise

Keahlian (Expertise), mengacu pada pembuat konten utama (MC) di halaman website. Apakah content writer ahli dalam topik pembahasan pada website?

Dalam pembaharuan pedoman, Google membuat pengecualian untuk keahlian yang dilakukan sehari-hari.

Berarti orang yang memiliki pengalaman hidup yang relevan dengan topic tertentu dapat dianggap sebagai ahli, tanpa perlu pelatihan atau pendidikan formal.

Akan tetapi, konten dengan keahlian sehari-hari tersebut, hanya berlaku untuk konten YMYL.

Menurut bagian ke-5 dalam Search Quality Evaluator Guidelines, dijelaskan standar keahlian bergantung pada topik halaman website.

Misalnya, seseorang yang menulis ulasan restoran yang terperinci dan bermanfaat memiliki keahlian sehari-hari jika mereka sering mengunjungi restoran dan menyukai makanan.

2. Authoritativeness

Kewenangan (Authoritativeness), mengacu pada MC, konten itu sendiri, dan website tempat konten itu muncul.

“Otoritatif” berarti memiliki otoritas yang diakui secara umum. Orang-orang mengenal Anda, mengetahui latar belakangmu, dan memandang Anda sebagai pemimpin dalam industri.

Mereka menerima Anda sebagai sumber informasi yang baik.

3. Trustworthiness

Dapat dipercaya (trustworthiness), juga mengacu pada MC, konten itu sendiri, dan website.

Menjadi ahli sumber yang dapat dipercaya, artinya para pembaca akan kembali lagi ke website Anda untuk memperoleh informasi seputar topik pembahasan yang Anda pilih.

Para pengunjung sudah percaya dengan konten yang Anda buat, tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan atau follower website Anda.

Mengenal E.A.T dan Fungsinya untuk SEO

Pertimbangan Spesial E.A.T

Pedoman Google memiliki catatan-catatan spesifik untuk beberapa topic yang mebutuhkan E.A.T tinggi.

Terutama halaman-halaman yang isinya mengikuti YMYL. Konten perlu memiliki spesialis keahlian di belakangnya:

  1. Saran medis
  2. Artikel berita jurnalistik
  3. Halaman informasi seputar sains
  4. Nasihat keuangan, hukum, dan pajak
  5. Halaman saran tentang topic berisiko tinggi, seperti renovasi rumah, pengasuhan anak, dan sebagainya.
  6. Halaman tentang hobi yang membutuhkan keahlian, misalnya fotografi dan bermain gitar.

Konten Berkualitas Tinggi: Fokus pada Konten

Untuk membuat konten berkualitas tinggi yang bisa memperoleh peringkat tinggi dari Google, maka Anda perlu memperhatikan tiga kunci utama.

Tiga kucni tersebut, termasuk konten yang memiliki tujuan yang bermanfaat bagi pembacanya, E.A.T, dan YMYL.

1. Setiap halaman harus memiliki tujuan. Pastikan tujuan tesebut bisa memecahkan masalah, memberikan solusi bagi masalah pembaca.

2. Setiap halaman butuh memilki keahlian di belakangnya. Beberapa halaman membutuhkan level lebih tinggi E.A.T daripada halaman lainnya, dilihat dari topic yang dibahas website.

Terkadang untuk konten dengan low-YMYL atau non-YMYL, bukti dari keahliannya bsia ditemukan di dalam isi konten website.

3. halaman YMYL membutuhkan E.A.T setinggi mungkin. Halaman-halaman yang dibuat bisa memberikan pengaruh besar pada kehidupan pembaca.

Pengaruh besar tersebut bisa berupa kehidupan pekerjaan, sekolah, asmara, atau kebahagiaan.

Mengenal E.A.T dan Fungsinya untuk SEO

Meningkatkan E.A.T Website Semakin Berkualitas

Setelah memahami apa itu E.A.T dan mengapa sangat penting untuk website komersial, berikut ini tips meningkatkan E.A.T website Anda agar semakin berkualitas.

1. Identifikasi Author dengan Bio

Dalam Google guidelines, Google menyarankan Anda untuk membuat artikel dengan pondasi professional journalism.

Salah satunya sebagai bukti bahwa konten kita kredibel, maka Author bisa mencantumkan mini bio pada setiap konten yang diterbitkan.

2. Cantumkan Kontak untuk Bisa Dihubungi

Website Anda harus memiliki satu halaman khusus yang berisi informasi seputar perusahaan, biasanya halaman ini disebut sebagai halaman About us atau contact us.

Halaman ini tentu akan membuat para pengunjung lebih mengetahui siapa Anda dan bagaimana cara untuk mengontak Anda.

3. Hapus atau Tingkatkan Konten Berkualitas Rendah

Jika Anda memiliki konten dengan performa buruk dan tidak lagi layak menginvestasikan sumber dayamu, maka Anda bisa menghapus konten tesebut.

Menghapus konten bisa menjadi opsi terakhir, coba terlebih dahulu untuk memperbaiki konten tersebut.

4. Buat Reputasi Brand Lebih Positif

Reputasi brand yang positif bisa meningkatkan perkembangan bisnis serta kualitas berdasar pada E.A.T.

Reputasi brand tersebut bisa Anda capai dengan thought leadership.

Thought leadership adalah bagaimana Anda memberikan jawaban terbaik mengenai pertanyaan terbesar dari pelanggan Anda, dengan gaya komunikasi yang disukai pelanggan Anda.

Lewat komunikasi tersebut, Anda bisa berbagi insight kepada pelanggan. Jika pelanggan menyukai insight yang Anda berikan, maka bisa terjadi konversi setelahnya.

Mengenal E.A.T dan Fungsinya untuk SEO
E.A.T dan YMYL. sumber moz

Penutup

Pada akhirnya, Google selalu mengubah standarnya dalam menentukan website yang berkualitas tinggi atau rendah.

Hal ini disebabkan karena harapan pengguna yang juga selalu berubah. Tiga kuncinya adalah tujuan konten, E.A.T, dan YMYL.

Terutama E.A.T yang memilki fungsi besar terhadap kualitas halaman website Anda.

Jika kualitas website Anda sudah memenuhi standar E.A.T, maka tidak sulit website Anda akan memperoleh peringkat tinggi dari Google.

Jasa Pembuatan Website Jogja, Matob Creative Studio, bisa membantu Anda mengembangkan website Anda.

Menyediakan berbagai jasa, mulai dari SEO, pembuatan company profilewebsite toko online, jasa penulis konten, hinga jasa Elementor pro.

Sumber foto: Foto oleh Format

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts