Panduan SEO On page

Panduan SEO On Page

Panduan SEO on page dapat meningkatkan peringkat halaman website milik Anda sehingga website bisa meningkatkan kredibilitas.

SEO on page adalah praktik mengoptimalkan konten dan kode sumber HTML untuk secara jelas menentukan apa halaman web Anda dan informasi yang disediakannya.

Beberapa aspek halaman website Anda yang dapat dioptimalkan termasuk judul halaman, header (tag h1 dan h2), URL, konten teks, deskripsi meta, tautan internal, dan lainnya

Cara Meningkatkan SEO On Page

Untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian Google, struktur halaman website perlu dioptimalkan baik secara teknis maupun penulisan.

Halaman yang sudah dioptimalkan akan mudah ditemukan oleh audiens di Google, kemudian puas setelah membaca, menonton, dan mengalaminya.

Pada dasarnya agar peringkat naik, harus memahami kueri pencari, yaitu kata kunci yang diketikkan di mesin pencari oleh para pengguna.

Google cukup baik untuk memahami isi dan topik konten Anda, tapi masih banyak cara untuk mengirim sinyal positif kepada Google agar memudahkan mesin pencari menemukan dan memahami konten Anda.

Di bawah ini, Matob Creative Studio paparkan daftar elemen on-page yang bisa Anda optimasi di website.

1. Title – Judul Konten

Kekuatan dari sebuah judul harus dipahami oleh Content Writer. Judul sangat penting, mampu menarik perhatian audiens dan meningkatkan CTR.

Jika judul tidak sesuai dengan yang dicari oleh pengguna, maka mereka tidak akan klik halaman Anda.

Judul bukan hanya untuk pengguna, tapi juga untuk crawler. Pastikan Anda memiliki title tags di halaman Anda.

Ketahui pula, kalau judul tidak perlu sama persis dengan H1, melainkan tetap berhubungan dan relevan satu sama lain.

2. URL

Di atas segalanya, pastikan kalau URL halaman konten Anda jelas dan detail, hindari penggunaan angka berlebihan atau kombinasi kata acak.

Sama seperti title, URL juga merupakan ruang sempurna untuk menempatkan keywords yang Anda pilih.

Satu tip: hindari memasukkan tahun pada URL Anda. Contoh: www.example.com/best-evergreen-content-2017.

Kalau konten Anda berupa konten evergreen, maka lebih baik jangan memasukkan keterangan tahun pada konten Anda.

Jika Anda ingin memasukkan konten listing, seperti Rekomendasi Smartphone Terbaik 2022, maka Anda tetap bisa menggunakan keterangan tahun di title konten Anda.

Tapi, pastikan keterangan tahun tersebut dihapus saat masuk ke URL karena URL bisa disunting secara bebas.

3. Meta Description

Meta description yang ditulis dengan baik dapat meningkatkan peringkat konten di SERP, sehingga orang-orang bisa dengan mudah mengunjungi website Anda.

Sebaliknya, meta description yang ditulis buruk bisa membuat pengguna mengabaikan konten Anda karena tidak tampak meyakinkan.

4. Keywords

Keywords membantu melakukan dua hal. Pertama, keywords menegaskan kepada pencari bahwa halaman Anda terkait dengan apa yang mereka cari.

Kedua, mengirimkan pesan positif yang sama ke Google, yang dapat membantu peringkat halaman Anda.

Membangun konten website Anda untuk meningkatkan trafik website dengan metode ini, dikenal sebagai pemasaran konten.

5. Header Tags (H1, H2, H3, etc…)

Salah satu metode termudah dalam panduan membangun SEO on page¸ adalah dengan membangun sistem heading.

Gunakan kalimat heading yang jelas untuk memecah bagian-bagian teks.

Tag header harus disusun dalam urutan menurun dari H1, H2, H3, dan seterusnya. H1 sebagai heading paling umum, dan H6 sebagai sub heading paling spesifik.

6. Internal Linking

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk research lebih dalam konten dari website lain, maka Anda bisa memanfaatkan internal link.

Internal link merupakan tautan yang mengarah pada halaman konten lainnya di website yang sama, diselipkan dalam satu halaman konten dengan topik relevan.

Internal link bisa berguna untuk Anda menggiring pembaca mengunjungi halaman konten milik Anda lainnya.

7. Duplicate Content

Sebuah studi dari tim Semrush dalam SEO Mistakes Studi, mengungkap lebih dari 45% websites memiliki halaman yang isinya berupa duplikasi.

50% website dengan judul konten yang juga duplikasi.

Google tidak akan memberikan penalti, namun dapat menurunkan kualitas konten.

8. Crawlability

Pastikan website Anda tidak blockingcrawler, jika demikian, strategi SEO Anda akan sia-sia.

Crawler memang memberikan dampak negatif pada website Anda, maka berikut ini cara mengurangi kemampuan crawler merusak website Anda:

  • Periksa dan benarkan tautan rusak
  • Maksimalkan tautan internal
  • Tidak ada sitemap.xml yang jelas
  • Tag noindex diterapkan

9.Kecepatan Loading Halaman

Jika halaman memproses konten dalam waktu lama akan membuat pengguna sangat lelah dan kesal, lalu memutuskan untuk pergi ke website lain.

Alasannya terkadang sederhana, seperti gambar dengan size terlalu besar. Masalahnya bahkan bisa lebih besar, seperti masalah pada server.

10. Mobile Friendliness

Tidak semua pengguna gadget memiliki perangkat laptop atau PC. Banyak orang menggunakan smartphone atau tab untuk browsing internet.

Desain responsive dan pengembangan mobile website memang memakan waktu, tapi percayalah ini akan bernilai.

Mobile-friendly Website sangat berarti untuk menguatkan halaman di mobile SERP sejak Google berpindah pada indeks mobile tahun 2020.

11. Panjang Konten

Pastikan konten Anda tidak terlalu panjang, sehingga melelahkan pengguna saat membacanya. Setiap konten normal dalam satu paragraf hanya berisi 1 – 2 kalimat.

Dikutip dari SEMrush.com, sebuah studi mengungkap konten yang berada di posisi teratas SERP memiliki konten dengan jumlah kata sebanyak 1400 kata.

12. Readability

Sebuah konten dapat mudah untuk dibaca (readability), dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bukan hanya tentang grammar dan gaya bahasa, tapi juga struktur teks.

Struktur teks yang dimaksud adalah serangkaian teks yang dapat mempengaruhi persepsi pembaca.

13. Konten Video dan Gambar

Video dan gambar yang Anda masukkan ke konten bisa menambah user experience yang lebih baik kepada para pengunjung.

Video dan gambar memang tidak mempengaruhi SEO, namun meningkatkan user’s experience, karena beberapa orang lebih suka belajar dengan visual daripada teks.

Jika video, Anda bisa melampirkan link yang mengarah pada video tersebut. Sedangkan gambar, pastikan memiliki size yang kecil agar tidak memperlambat proses loadingpage.

Jasa Pembuatan Website Jogja, Matob Creative Studio, bisa membantu Anda mengembangkan website Anda.

Menyediakan berbagai jasa, mulai dari SEO, pembuatan company profilewebsite toko online, jasa penulis konten, hinga jasa Elementor pro.

Sumber foto:

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

teknik marketing online

9 Teknik Marketing Online Bagi Bisnis Anda

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang teknik marketing online? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang teknik marketing online.

pengertian web browser

Pengertian Web browser dan Jenis-Jenisnya

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang pengertian web browser? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian web browser.