Perbedaan Internal Link dan External Link

Perbedaan Internal Link dan External Link

Menerapkan strategi SEO, membutuhkan beberapa faktor pemicu agar konten dapat menempati peringkat pertama di SERP (Search Engine Results Page).

Salah satu faktor pemicu agar konten bisa naik, adalah memasukkan tautan ke dalam konten website Anda.

Pada dasarnya, internet memang memiliki pondasi berupa link untuk mengarahkan para pengguna masuk ke berbagai website.

Mesin pencari pun memiliki algoritma atas kecanggihan teknologinya untuk mendeteksi website berkualitas dan yang tidak berkualitas.

Berikut beberapa faktor pemicu agar konten SEO friendly dapat menempati peringkat teratas dalam SERP:

  1. Pemilihan kata kunci SEO
  2. Isi konten bermanfaat bagi pengguna dan terhindar dari duplikasi
  3. Memasukkan alternative text, meta tags, meta description, headline yang menganduk keywords
  4. Memasukkan internal link dan external link

Salah satu faktor pemicu agar search engine bisa percaya pada website Anda adalah tautan yang Anda masukkan ke dalam konten Anda.

Tautan tersebut biasa disebut sebagai internal link atau external link, yaitu tautan yang Anda selipkan dalam konten.

Meski merupakan sama-sama tautan yang diselipkan, perbedaan internal link dan external link tetap tampak.

Perbedaan Internal Link dan External Link

Perbedaan antara internal link dan external link, sebenarnya sangat mudah untuk dipahami. Pada dasarnya, keduanya persis tautan biasa.

Internal link adalah tautan (hyperlink) yang mengarahkan pembaca untuk masuk ke halaman konten lainnya dalam website Anda.

Tujuan dari internal link agar pembaca membuka konten lain di website Anda, hal ini juga yang bisa memicu meningkatnya kualitas website Anda.

External link adalah tautan yang mengarahkan pembaca untuk masuk ke halaman konten milik website lain, artinya di luar website Anda.

Tujuannya untuk apa? Ketika website Anda terhubung dengan website lain yang memiliki kualitas baik, maka website Anda juga akan ikut meningkat kualitasnya.

Sebaliknya, jika website Anda terhubung dengan website dengan ranking rendah, atau dianggap tidak berkualitas oleh Google, maka kualitas website Anda juga menurun.

Oleh karena itu, banyak website perusahaan yang mengaktifkan perintah Nofollow link pada Google untuk mencegah website lain memasukkan backlink mengarah ke website Anda.

Manfaat Memasukkan Internal Link

Tautan internal bisa membantu pembaca untuk tinggal lebih lama di website Anda. Mereka akan memperoleh pengalaman positif.

Ketika pelanggan tinggal lebih lama di website Anda, artinya dapat mendorong mereka untuk menjadi calon pelanggan atau follower.

Tautan yang mudah diakses oleh pembaca, bisa meningkatkan otoritas halaman website. Tautan internal seolah menjadi jembatan untuk ajakan mengunjungi konten lain di website Anda.

Tautan internal yang dimasukkan ke konten, biasanya berhubungan dengan topik pembahasan konten tersebut.

Saat pengguna membaca konten Anda, lalu merasa membutuhkan informasi lebih mengenai informasi tersebut, maka mereka akan mengunjungi tautan lain dengan topik yang berhubungan.

Pembaca yang merasa kurang dengan informasi yang diperoleh, dengan internal link, pengguna bisa lebih mudah memperoleh informasi lebih banyak dari website Anda.

Ini hal yang baik, artinya kualitas website Anda bisa meningkat, peringkat website pada SERP juga bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

Tautan internal juga akan membantu bot menemukan halaman web lain di website Anda. Halaman yang mudah dinavigasi untuk pengguna dan bot mesin pencari akan di indeks dengan benar.

Halaman tersebut akan ditambahkan ke kumpulan halaman website mesin pencari sehingga websiteAnda dapat ditemukan.

Manfaat Memasukkan External Link

Perbedaan internal link dan external link yang paling mendasar, adalah memasukkan external link harus lebih selektif dan cermat.

Kualitas dan kuantitas external link akan sangat mempengaruhi website Anda.

Menambahkan tautan website yang dapat dipercaya dan informatif dengan kualitas tinggi ke website Anda akan membantu meningkatkan kredibilitas website Anda.

Sedangkan menambahkan tautan spam berkualitas buruk akan merusak website Anda. Memasukkan external link mengarah ke website luar tidak akan merusak peringkat.

Akan tetapi, external link tersebut harus Anda perhatikan tetap dengan konten yang Anda buat di website milikmu.

External link akan meningkat otoritas website Anda, sekaligus memberikan referensi kepada pembaca untuk masuk ke website lainnya yang nggak kalah berkualitasnya.

External link merupakan strategi bagus untuk menjangkau audiens lebih luas. Proses digital marketing pun lebih banyak memiliki koneksi dengan website perusahaan lain karena adanya kerja sama.

Memahami NoFollow dan DoFollow Links

istilah tautan NoFollow berarti tautan dari website lain yang Anda masukkan ke halaman website Anda, tidak akan memberikan manfaat apapun untuk website Anda.

Sistem mesin pencari menganggap bahwa NoFollow link tidak cukup berkualitas, sehingga bisa menggiring website Anda dinilai tidak berkualitas juga oleh mesin pencari.

Di sisi lain, tautan DoFollow memberitahu mesin pencari untuk mengikuti tautan dari website lain yang berkualitas, menciptakan apa yang disebut sebagai “jus tautan.”

Jus tautan adalah istilah yang mengacu pada otoritas yang dimiliki halaman berdasarkan jumlah tautan, apakah mengarah kepada external link atau internal link.

DoFollow link mengarah pada website yang memiliki kualitas baik, sehingga saat ditautkan pada halaman website Anda, dapat meningkatkan kualitas website Anda juga.

Penutup

Perbedaan internal link dan external link mudah dipahami, jika internal link adalah tautan yang mengarah ke website milik sendiri dan external link mengarah ke website lain.

Penulis harus lebih cermat dan selektif untuk memilih external link, karena harus dipastikan kalau tautan website luar tersebut memiliki otoritas baik di sistem mesin pencari.

Hal lain yang membedakan internal link dan external link, adalah tujuannya.

Jika internal link membuat pengguna menjelajah lebih jauh website Anda, maka external link berfokus memperluas pasar dan koneksi.

Jasa Pembuatan Website Jogja, Matob Creative Studio, bisa membantu Anda mengembangkan website Anda.

Menyediakan berbagai jasa, mulai dari SEO, pembuatan company profilewebsite toko online, jasa penulis konten, hinga jasa Elementor pro.

Sumber foto: Photo by Austin Distel on Unsplash

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

Bagaimana cara membuat logo yang baik

Bagaimana cara membuat logo yang baik?

Beberapa pengusaha berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan logo. Namun. Ada banyak tugas penting lainnya. Anda dapat mendesain logo di generator logo Turbologo. Apa itu logo?

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Upaya mempercantik website perusahaan, pastinya adalah dengan desain website semenarik mungkin, harus memuat audiens senang scrolling website perusahaan. Banyak upaya yang bisa dilakukan web developer

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business bisa membantu banyak perusahaan  yang ingin memasarkan usahanya secara digital. Kehadian Google My Business bisa memudahkan perusahaan untuk menarik pelanggan baru.

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

SEO atau AdWords, merupakan strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan trafik website di halaman hasil pencarian Google. Setelah peringkat website naik, Anda akan memperoleh