Panduan Lengkap Jenis Aplikasi Perangkat Lunak / Software

Panduan Lengkap Jenis Aplikasi Perangkat Lunak / Software

Apa sajakah jenis aplikasi perangkat lunak yang populer saat ini?

Program perangkat lunak / software bagi komputer sama seperti konduktor orkestra bagi sebuah simfoni. Mereka memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya dalam harmoni yang sempurna. Sebuah komputer membutuhkan berbagai jenis perangkat lunak untuk melakukan berbagai tugas mulai dari tugas yang paling sederhana seperti menyapa kita saat kita menyalakan sistem hingga menjalankan sistem permainan kompleks yang memerlukan beberapa keterampilan pemrograman yang serius. Perangkat lunak sistem dapat membawa keuntungan bisnis termasuk, produktivitas yang meningkat, pengambilan keputusan yang tepat, data yang lebih andal, keamanan data yang ditingkatkan, analisis yang ditingkatkan, layanan pelanggan yang lebih baik, dan potensi penjualan yang meningkat.

Kita semua telah datang jauh dari komputer lama yang hanya memiliki satu perangkat lunak, yang diinstal ke mesin individu dari floppy disk dan CD ROM. Kita sekarang memiliki beberapa kategori perangkat lunak aplikasi untuk memenuhi setiap kebutuhan dan tujuan. Meskipun itu luar biasa, itu juga menempatkan di hadapan kita sederet pilihan. Anda mungkin bertanya-tanya kategori perangkat lunak mana yang memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Mari kita mulai dengan memahami definisi perangkat lunak.

Definisi Perangkat Lunak / SOftware

Perangkat lunak / software adalah program komputer apa pun yang memungkinkan Anda melakukan tugas khusus tertentu di komputer Anda. Ini mengarahkan fungsi semua perangkat periferal komputer, termasuk mouse, hard drive, monitor, dan keyboard, dll. Tanpa perangkat lunak, tidak mungkin untuk mengoperasikan perangkat keras. Perangkat lunak terdiri dari dua kategori utama: perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

Perangkat Lunak Sistem dan Jenis Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak / software sistem (OS) adalah antarmuka, atau perantara. Ini memungkinkan Anda berkomunikasi antara perangkat lunak lain dan perangkat keras. Ada lima jenis perangkat lunak sistem. Ini dimaksudkan untuk mengontrol dan mengkoordinasikan fungsi dan prosedur perangkat keras komputer dan, dengan demikian, merampingkan interaksi antara perangkat lunak, perangkat keras, dan pengguna.

Jenis perangkat lunak sistem :

  • Sistem operasi (OS) : Ini adalah kernel perangkat lunak sistem yang diinstal pertama kali di komputer untuk memungkinkan aplikasi dan perangkat diidentifikasi dan berfungsi. Menjadi lapisan pertama perangkat lunak, itu dimuat ke dalam memori setiap kali komputer dinyalakan. Beberapa jenis sistem operasi adalah OS waktu nyata, OS pengguna tunggal dan tugas tunggal, OS jaringan, dan OS seluler. contohnya Linux atau windows.
  • Driver perangkat : Ini menghidupkan perangkat komputer dan periferal. Driver perangkat menghubungkan komponen dan add-on eksternal sehingga mereka dapat melakukan tugas yang dimaksudkan. Tanpa driver, sistem operasi tidak akan memberikan tugas apa pun. Mouse, keyboard, speaker, dan printer adalah beberapa contoh perangkat yang membutuhkan driver agar berfungsi.
  • Firmware: Ini adalah perangkat lunak operasional yang tertanam di dalam ROM, flash, atau chip memori EPROM agar sistem operasi dapat mengidentifikasinya. Ini mengelola dan mengontrol semua aktivitas perangkat keras tunggal secara langsung. Firmware dapat ditingkatkan dengan mudah tanpa menukar chip semikonduktor.
  • Penerjemah bahasa pemrograman: Ini adalah program perantara yang digunakan untuk menerjemahkan kode sumber bahasa tingkat tinggi ke kode bahasa mesin. Penerjemah bahasa populer termasuk assembler, compiler, dan interpreter. Mereka dapat digunakan untuk melakukan terjemahan lengkap kode program atau mereka dapat menerjemahkan setiap instruksi satu per satu.
  • Utilitas: Ini ditujukan untuk tugas diagnostik dan pemeliharaan komputer. Tugas mereka dapat berkisar dari keamanan data penting hingga defragmentasi disk drive.

perangkat lunak sistem

Jenis Jenis Software

Software aplikasi adalah program komputer yang menjalankan fungsi tertentu, baik itu pendidikan, pribadi, atau bisnis. Ini juga dikenal sebagai program pengguna akhir atau program produktivitas. Anda dapat menganggap perangkat lunak sistem sebagai kue dan perangkat lunak aplikasi sebagai hiasan di atasnya. Ini adalah perangkat lunak aplikasi (frosting) yang Anda, sebagai pengguna, dapat lihat dimuka ketika Anda bekerja dengan perangkat lunak itu.

Setiap program perangkat lunak aplikasi komputer dikembangkan untuk membantu Anda dengan proses tertentu yang mungkin terkait dengan kreativitas, produktivitas, atau komunikasi yang lebih baik. Ini membantu Anda dalam menyelesaikan tugas Anda, baik itu mencatat, menyelesaikan penelitian online Anda, mengatur alarm, menyimpan log akun, dan bahkan bermain game. Tidak seperti perangkat lunak sistem, program perangkat lunak aplikasi komputer spesifik dalam fungsinya dan melakukan tugas yang dirancang untuk dilakukannya. Misalnya, browser adalah aplikasi yang digunakan khusus untuk menjelajah Internet. Demikian pula MS PowerPoint adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk membuat presentasi. Perangkat lunak aplikasi juga disebut sebagai perangkat lunak non-esensial. Seperti yang kita lihat dalam analogi kue dan frostingnya, persyaratannya subjektif dan ketiadaannya tidak mempengaruhi fungsi sistem. Semua aplikasi yang kami lihat di ponsel cerdas kami adalah contoh perangkat lunak aplikasi.

Mengambil aplikasi yang tepat untuk penggunaan pribadi atau bisnis dapat meningkatkan fungsi dan efisiensi. Jika Anda tidak mempelajari tentang pilihan Anda, Anda mungkin akan mendapatkan sesuatu yang tidak menguntungkan bisnis Anda, yang akan menghabiskan waktu dan sumber daya serta memengaruhi produktivitas Anda. Mengetahui jenis perangkat lunak aplikasi yang tersedia untuk Anda akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Daftar perangkat lunak aplikasi meliputi:

  • Pengolah kata
  • Perangkat lunak grafis
  • Perangkat lunak database
  • Perangkat lunak spreadsheet
  • Perangkat lunak presentasi
  • Browser web
  • Perangkat lunak perusahaan
  • Perangkat lunak pekerja informasi
  • Perangkat lunak multimedia
  • Perangkat lunak pendidikan dan referensi
  • Perangkat lunak akses konten

Kategori perangkat lunak aplikasi yang harus Anda gunakan bergantung pada kebutuhan Anda, beberapa di antaranya dirinci di bawah ini:

1. Perangkat lunak presentasi: 

Perangkat lunak presentasi memungkinkan Anda untuk mengemukakan pemikiran dan ide Anda dengan mudah dan dengan kejelasan yang baik dengan menggunakan informasi visual. Ini memungkinkan Anda menampilkan informasi dalam bentuk slide. Anda dapat membuat slide Anda lebih informatif dan lebih mengasyikkan dengan menambahkan teks, gambar, grafik, dan video. Ini memiliki tiga komponen:

  1. Editor teks untuk memasukkan dan memformat teks
  2. Sisipkan file grafik, teks, video, dan multimedia
  3. Slideshow untuk menampilkan informasi

Perangkat lunak presentasi

2. Browser web: 

Aplikasi perangkat lunak ini digunakan untuk menjelajahi Internet sehingga Anda dapat menemukan dan mengambil data di seluruh web. Yang paling populer adalah Google Chrome dan Firefox.

3. Perangkat lunak multimedia: 

Ini memungkinkan Anda membuat atau merekam gambar, dan membuat file audio atau video. Perangkat lunak ini banyak digunakan dalam animasi, grafik, gambar, dan pengeditan video. Contoh populer adalah pemutar media VLC dan pemutar media Windows.

4. Perangkat lunak pendidikan dan referensi:

Perangkat lunak aplikasi ini, juga disebut sebagai perangkat lunak akademik, dirancang khusus untuk memfasilitasi pembelajaran mata pelajaran tertentu. Berbagai macam software tutorial termasuk dalam kategori ini. Beberapa di antaranya adalah judul JumpStart, MindPlay, dan Kid Pix.

5. Perangkat lunak grafis: 

Perangkat lunak grafik memungkinkan Anda untuk mengedit atau membuat perubahan pada data atau gambar visual. Ini terdiri dari perangkat lunak ilustrasi dan editor gambar. Adobe Photoshop dan PaintShop Pro adalah beberapa contoh perangkat lunak grafis. Selain itu juga software video termasuk.

6. Perangkat lunak spreadsheet:

Perangkat lunak spreadsheet atau olah data digunakan untuk melakukan perhitungan. Dalam software ini, data disimpan dalam format tabel. Area berpotongan, yang disebut sel, dipisahkan untuk menentukan bidang seperti teks, tanggal, waktu, dan angka. Ini memungkinkan pengguna untuk menyediakan rumus dan fungsi untuk melakukan perhitungan. Microsoft Excel adalah salah satu contoh perangkat lunak spreadsheet yang bagus.

7. Perangkat lunak database: 

Software database digunakan untuk membuat dan mengelola database. Juga dikenal sebagai DBMS (Sistem Manajemen Database), ini membantu Anda mengatur data Anda. Jadi, saat Anda menjalankan aplikasi, data diambil dari database, dimodifikasi, dan disimpan kembali di database. Oracle, MySQL, Microsoft SQL Server, PostgreSQL, MongoDB, dan IBM Db2 adalah beberapa database yang populer.

8. Perangkat lunak pengolah kata:

Ini digunakan untuk memformat dan memanipulasi teks, dengan demikian, membuat memo, surat, faks, dan dokumen. Perangkat lunak pengolah kata juga digunakan untuk memformat dan mempercantik teks. Ini memberi Anda banyak fitur selain tesaurus dan sinonim dan antonim. Bersama dengan fitur Word Art, opsi font memungkinkan Anda mengubah warna font, efek, dan gaya sesuai pilihan Anda. Opsi tata bahasa dan pemeriksa ejaan juga tersedia untuk memeriksa kesalahan. contohnya microsoft word.

9. Perangkat lunak simulasi: 

Perangkat lunak simulasi digunakan di bidang teknik, pendidikan, pengujian, dan permainan video, dll. Digunakan di mana pekerjaan pada sistem yang sebenarnya tidak dapat diterima, tidak dapat diakses, atau mungkin berbahaya. Ini adalah program yang memungkinkan Anda mempelajari atau mengamati operasi, atau fenomena melalui simulasi tanpa benar-benar melakukan operasi itu. Contoh terbaik dari simulasi adalah di bidang robotika, sistem penerbangan, dan ramalan cuaca, dll.

Selain itu, ada beberapa lainnya dalam kategori perangkat lunak aplikasi yang melayani tujuan tertentu.

Kategori Software berdasarkan Gratis atau Tidaknya

Namun, perangkat lunak aplikasi juga dapat diklasifikasikan berdasarkan kemampuan berbagi dan ketersediaannya. Beberapa kategori tersebut adalah:

1. Freeware:

Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, ini tersedia gratis. Anda dapat mendownloadnya dari Internet dan menggunakannya tanpa biaya apapun. Namun, perangkat lunak ini tidak mengizinkan Anda untuk memodifikasinya atau memungut biaya untuk mendistribusikannya. Adobe Reader dan Skype adalah contoh bagus dari perangkat lunak ini.

2. Shareware:

Ini didistribusikan secara gratis kepada pengguna sebagai percobaan, biasanya dengan penawaran waktu terbatas. Pengguna diharapkan membayar jika mereka ingin terus menggunakan perangkat lunak tersebut. Beberapa contoh shareware adalah WinZip dan Adobe Acrobat.

Kategori Software berdasarkan ketersediaan source code-nya

ada 2 yaitu

1. Sumber terbuka:

Jenis perangkat lunak ini tersedia bersama dengan kode sumber yang memungkinkan Anda untuk memodifikasi perangkat lunak, dan bahkan menambahkan fitur ke perangkat lunak. Ini bisa gratis atau berbayar. Moodle dan Apache Web Server adalah beberapa contohnya.

2. Sumber tertutup:

Sebagian besar paket perangkat lunak yang Anda gunakan termasuk dalam kategori ini. Ini biasanya dikenakan biaya dan memiliki hak kekayaan intelektual atau paten atas kode sumber. Biasanya datang dengan penggunaan terbatas.

 

Fungsi Perangkat Lunak Aplikasi

Program perangkat lunak aplikasi dirancang untuk memfasilitasi sejumlah besar fungsi. Beberapa di antaranya termasuk mengelola informasi, membangun visual, memanipulasi data, mengoordinasikan sumber daya, dan menghitung angka.

Masa Depan Perangkat Lunak

Dunia menjadi semakin terkomputerisasi. Dengan pertumbuhan itu, berbagai jenis perangkat lunak aplikasi akan terus berkembang. Beberapa aplikasi perangkat lunak sedang dibuat karena merupakan pilihan finansial yang bagus bagi pengguna dan juga pembuatnya. Permintaan untuk pengembangan perangkat lunak khusus , yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis sekarang meningkat lebih dari sebelumnya.