video editor terbaik

Software Video Editor Terbaik 2022

Pada kesempatan kali ini Matob akan berbagi informasi mengenai software video editor yang terbaik.  Saat ini penggunaan software tersebut banyak digandrungi oleh content creator untuk membantu meningkatkan kualitas videonya.

Ingin tahu apa saja software video editor yang terbaik? Yuk simak ulasan lengkap di bawah ini.

Video Editor Terbaik #1 : Adobe Premiere Pro

video editor terbaik 1

Premiere Pro mendukung format 4K, 8K, dan VR. Alat pemangkasan dan pengeditannya memberi Anda tingkat presisi dan kontrol yang tinggi. Anda dapat mengerjakan trek video dalam jumlah tak terbatas, yang dapat diimpor dari hampir semua sumber yang dapat Anda pikirkan. Sinkronisasi otomatis memudahkan penanganan bidikan multi-sudut, dan Anda mendapatkan pintasan keyboard yang dapat disesuaikan dan fitur kolaborasi hebat.

Jika Anda berlangganan Adobe Creative Cloud , Anda mendapatkan akses ke Premiere Pro sebagai bagian dari paket, dan Anda akan dapat menggunakannya dengan mulus dengan software lain, dari alat grafik gerak After Effects hingga Adobe Stock untuk mengimpor klip video stok.

Namun, bahkan jika Anda tidak menginginkan aplikasi Adobe lainnya, Premiere Pro masih layak dipertimbangkan sebagai aplikasi mandiri. Anda dapat mengambil uji coba tujuh hari untuk memastikan Anda menyukainya sebelum melakukan.

Video Editor Terbaik #2 : Nero Video Editor

Nero Video Editor

Nero Video adalah editor video terbaik runner up. Ini memiliki titik harga terendah di antara pesaing utamanya, PowerDirector dan VideoStudio , sekaligus menawarkan rangkaian efek yang paling kuat. Itu tidak menyertakan beberapa fitur canggih dari editor yang lebih mahal seperti VEGAS Pro atau Adobe Premiere Pro, tetapi Nero dirancang untuk audiens yang sama sekali berbeda dan melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk memenuhinya. Itu mengabaikan fitur-fitur canggih ini untuk yang jauh lebih praktis seperti iklan otomatis dan deteksi musik, yang saya perkirakan bahwa pengguna Nero akan mendapatkan banyak jarak tempuh.

Video Editor Terbaik #1 Untuk Mac: Apple Final Cut Pro

Apple Final Cut Pro

Software Final Cut Pro X Apple termasuk dalam kategori “prosumer” karena menginjak garis antara produk untuk konsumen yang ingin meningkatkan permainan video-editing mereka dan satu untuk profesional yang membutuhkan alat pengeditan yang kuat. Ini tidak memiliki antarmuka timeline-track tradisional, yang cukup untuk menakut-nakuti beberapa pengguna, tetapi softwarenya tetap intuitif dan kuat.

Jika Anda seorang editor video tingkat lanjut dengan Mac, Final Cut Pro X adalah program terbaik untuk Anda. Program ini memiliki pilihan fitur cerdas dan antarmuka yang bersih dan cerdas yang memungkinkan Anda membuat video tingkat Hollywood dari desktop Anda. Membayar biaya satu kali sebesar $300 akan memberi Anda akses ke semua fiturnya selamanya.

Final Cut Pro X mencakup fitur-fitur seperti:

  • Keseimbangan warna
  • Garis waktu magnetik
  • Pilihan jangkauan efek

Video Editor Terbaik #1 untuk Windows: Movavi Video Editor Plus 

Movavi Video Editor Plus 2021

Versi terbaru Movavi Video Editor dibuat khusus untuk pemula, menawarkan fitur khusus yang membuatnya mudah dibuat. Antarmuka drag-and-drop-nya sangat berguna, karena memungkinkan Anda untuk memangkas, memotong, dan mengotak-atik klip Anda untuk menyatukannya dengan cara yang memudahkan debut karya agung Anda sendiri. Ini juga mencakup berbagai transisi, judul, dan efek khusus untuk meramaikan versi final Anda, dengan dukungan gambar-dalam-gambar, info untuk membubuhi keterangan bagian tertentu, stiker untuk ditempatkan di klip Anda, dan banyak lagi.

Punya video lama dengan kualitas di bawah standar yang ingin Anda bersihkan sedikit? Gunakan Magic Enhance. Perlu beberapa rekaman tambahan? Anda juga dapat menggunakan Movavi Video Editor untuk merekam klip baru dari dalam aplikasi. Dengan mempertimbangkan semua alat ini, Movavi menawarkan cara yang ampuh untuk mengemas dan membagikan rekaman Anda, baik Anda seorang auteur lama atau sutradara pemula.

Video Editor Budget Terbaik : Corel Pinnacle Studio 24 Ultimate

Corel Pinnacle Studio 24 Ultimate

Pinnacle Studio 24 Ultimate dari Corel memberi Anda semua yang akan Anda dapatkan dengan salinan standar Pinnacle Studio 24, ditambah sejumlah fitur yang ditingkatkan. Itu melakukan semua yang akan dilakukan versi yang lebih rendah: memberi Anda antarmuka pengeditan yang mulus, kemampuan untuk bekerja dalam HD penuh, serta serangkaian fitur hebat untuk menyusun cerita yang sempurna dengan video. Tapi, itu juga akan menawarkan Anda sejumlah efek posting yang membuat hal ini keluar dari kelas harganya.

Sebagai permulaan, ada seamless morph transitions yang luar biasa untuk membantu Anda memadukan semua bagian dari cerita visual Anda. Ada juga paintbrush filter effect yang cukup unik yang akan bekerja bersama-sama dengan video yang sudah diambil, memungkinkan Anda mengubah rekaman langsung dan raw menjadi animasi hidup. Studio 24 Ultimate tidak hanya menawarkan dukungan untuk mengunggah video 360 derajat, tetapi mereka juga menyertakan serangkaian fitur trim, edit, dan kontrol yang sangat intuitif untuk video 360 yang memungkinkan Anda memastikan pemirsa mendapatkan pengalaman imersif yang Anda inginkan.

Akhirnya, mereka memberi Anda kemampuan untuk menyertakan filter pemburaman gambar yang dilacak gerakan di atas elemen apa pun di layar, yang berarti Anda dapat melindungi identitas wajah seseorang, plat nomor mereka, atau apa pun yang tidak Anda inginkan. dalam produk akhir Anda.

Video Editor Terbaik #1 untuk YouTube: Corel VideoStudio Ultimate 2020

Corel VideoStudio Ultimate 2020

Untuk kategori software edit video terbaik untuk YouTube, hampir setiap aplikasi melakukannya dengan baik, tetapi Corel VideoStudio Ultimate 2020 melakukannya dengan lebih baik. Dengan hampir setiap fitur dan alat yang Anda butuhkan (termasuk transisi, efek, judul, template, dan lainnya), VideoStudio menghadirkan armada alat yang luar biasa.

Dukungan untuk media VR, 4K, Ultra HD, dan 3D 360 derajat membantu melengkapi peluang ekspor yang tersedia dengan VideoStudio dan, meskipun sekarang mungkin tidak semuanya didukung oleh YouTube, ada baiknya mengetahui bahwa Anda memiliki kemampuan saat itu. Antarmuka pengguna bukan untuk pemula, tetapi dalam waktu singkat, Anda akan menjadi ahli dalam capturing, editing and sharing.

Fitur seperti time remapping untuk memasukkan slow motion, high-speed effects atau freeze action dilengkapi dengan mengelompokkan atau memisahkan klip dengan mudah pada garis waktu untuk diedit secara massal atau satu per satu. Dengan lebih dari 2.000 efek, transisi, dan judul yang dapat disesuaikan, ada sesuatu untuk semua orang. Meskipun video itu sendiri adalah fokusnya, penyesuaian khusus proyek Anda dengan soundtrack ditangani dengan baik dengan audio penyesuaian khusus yang memungkinkan film Anda terlihat dan terdengar bagus.

Video Editor Terbaik #1 untuk Vlogger: Sony VEGAS Movie Studio 17

Sony VEGAS Movie Studio 17

Sony VEGAS Movie Studio 17 dibuat dengan mempertimbangkan digital filmmaker setelah Anda mengedit video sesuai keinginan, Anda dapat langsung mengunggahnya ke Facebook atau media sosial lainnya untuk berbagi dengan cepat. Anda bisa membuat video dalam format 4K (ultra HD) XAVCS, atau AVCHD yang berkualitas.

Dengan user interface yang mudah digunakan, menu yang lebih sedikit, dan Mode Edit Sederhana yang populer, Movie Studio 17 membuat video editor menjadi cepat dan mudah, sehingga Anda dapat mengikuti perkembangan viral Internet. Software ini juga dilengkapi dengan Sound Forge Audio Studio 14 untuk meningkatkan kualitas media online Anda.

Video Editor Terbaik #1 untuk Pemula: Corel VideoStudio Pro 

Software video editor Corel VideoStudio Pro 2020

Corel’s Windows-only VideoStudio Pro menawarkan banyak fitur yang sama bagusnya dengan lini produk Adobe atau CyberLink. Langsung saja, mudah untuk melihat mengapa VideoStudio Pro adalah pilihan yang bagus: Ini menawarkan dukungan untuk 4K, VR 360 derajat, pengeditan multi-kamera, serta media library yang besar berisi musik bebas royalti. Pemula akan dengan cepat mempelajari fitur seperti “checkmarks”, yang dapat memberi tahu Anda klip mana yang telah Anda gunakan atau dapat menerapkan efek ke semua klip yang saat ini ada di timeline Anda sekaligus. Selain itu, deteksi suara membantu Anda mencocokkan subtitle dengan ucapan di klip video Anda.

VideoStudio Pro memiliki banyak opsi ekstra yang akan cepat disukai pemula, termasuk dukungan multi-monitor, pembuatan judul yang lebih mudah, dan bahkan animasi stop-motion. Corel mendukung hampir semua format keluaran yang dapat dibayangkan, sehingga sangat ideal untuk berbagi secara sosial atau untuk hosting online agar dunia dapat melihatnya. Sorotan lain untuk pemula adalah dimasukkannya mode storyboard, yang akan membantu menyusun visi yang tepat yang mereka pikirkan untuk produk jadi tanpa membuang waktu berjam-jam untuk mengedit yang mungkin tidak pernah terlihat.

Apa yang Harus Diperhatikan di Software Video editor

Platform  – Jika Anda mencari paket software video editor baru, Anda perlu melihat apakah paket tersebut tersedia untuk platform Anda sebelum melanjutkan untuk menggali lebih jauh. Jika Anda memiliki PC Windows atau Mac, periksa situs web produsen software untuk melihat apakah versi tersedia untuk perangkat Anda.

Pengalaman  – Apakah Anda baru dalam mengedit video atau profesional berpengalaman? Beberapa paket software video editor dapat terasa sangat menakutkan dengan pengaturan dan panggilan yang tidak terbatas. Jika Anda baru mengenal permainan ini, pertimbangkan untuk memilih solusi awal dari perusahaan seperti Corel dan Nero.

Harga  – Paket software video editor profesional dan menghasilkan ratusan bahkan ribuan dolar. Jika Anda ingin mengedit video acara keluarga, kemungkinan besar Anda tidak memerlukan fitur di suite profesional. Jika Anda membuatnya sederhana, jangan menghabiskan lebih dari $100 untuk software pilihan Anda.