Perbedaan Antara WordPress Hosting dan Web Hosting?

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang wordpress hosting? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang wordpress hosting. Langsung saja mari kita mulai.

Biasanya, Anda tidak memerlukan WordPress hosting khusus untuk menjalankan website yang sukses dengan WordPress. Faktanya, banyak perusahaan memasarkan paket reguler mereka kepada pengguna WordPress. Namun, paket ini sering kali disertai dengan fitur berguna yang akan membantu kinerja website Anda lebih baik dalam jangka panjang.

Perbedaan antara WordPress Hosting dan Web hosting

Perbedaan utama antara WordPress hosting dan web hosting standar adalah konfigurasi server. Paket WordPress hosting sering kali menawarkan sumber daya yang dioptimalkan untuk platform. Misalnya, server Anda mungkin mengumumkan fitur, seperti PHP 7 atau peningkatan memori PHP.

Selain itu, WordPress hosting sering kali dilengkapi dengan layanan tambahan untuk membantu menjaga website Anda berjalan dengan lancar. Misalnya, paket yang menyertakan update otomatis, ketersediaan akses tema atau plugin, one click install, dan masih banyak lagi.

Web hosting standar masih cukup untuk meng-host situs WordPress Anda dan menjadikannya publik. Mungkin saja paket pembelian menyertakan fitur yang berguna, performance optimization, enchanced security, sertifikat SSL gratis, dan masih banyak lainnya. Namun, ada kemungkinan Anda akan kehilangan manfaat khusus WordPress.

Manfaat WordPress Hosting

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda harapkan saat memilih WordPress hosting:

  • Newbie Friendly. WordPress biasanya dilengkapi dengan perangkat lunak WordPress yang sudah diinstal sebelumnya, pembaruan otomatis, dan dukungan pelanggan profesional.
  • Hemat uang. Anda dapat menghemat uang dengan membuat website profil bisnis atau toko online. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyewa layanan hosting dan kemudian menginstal aplikasi CMS WordPress.
  • Konfigurasikan server khusus untuk WordPress. Server Anda akan diatur untuk kinerja WordPress yang optimal dan waktu pemuatan halaman yang lebih cepat.
  • Enchanced security. Penyedia Anda akan memberikan perhatian khusus pada ancaman khusus WordPress.
  • Mudah dipasang. Pengaturan prakonfigurasi memungkinkan koneksi yang mudah ke alat, seperti sertifikat SSL atau Jaringan Pengiriman Konten (CDN).
  • Back up secara teratur. Biasanya agar dapat menikmati layanan backup tersebut biasanya Anda harus membayar biaya tambahan, namun bagi Anda yang menggunakan WordPress disediakan secara gratis.
  • Dukungan expert team. Hal ini merupakan keunggulan utama dari WordPress, Anda hanya perlu memasukkan nama domain dan kata sandi dan dapat langsung diinstal. Anda tidak perlu login ke cpanel, lalu tambahkan domain dan install WordPress melalui Softaculous. Dengan WordPress, semuanya menjadi mudah.

Kekurangan WordPress Hosting

wordpress hosting

Berikut adalah kekurangan dari WordPress hosting:

  • Sedikit lebih mahal. Untuk harga, WordPress hosting agak lebih unggul dari shared hosting dan cloud hosting. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harga yang Anda bayarkan akan sebanding dengan fitur dan kemampuan layanan WordPress hosting.
  • Terbatas pada CMS WordPress. Sayangnya untuk WordPress hosting, ini khusus untuk CMS WordPress saja. Bagi Anda yang berencana membangun website di luar WordPress, sebaiknya pilih cloud hosting murah atau VPS murah karena gratis, tanpa batasan setting platform website.
  • Untuk menyesuaikan, Anda perlu mempelajari bahasa pemrograman seperti PHP, serta HTML, CSS, dan Javascript. Untuk membuat website WordPress, inilah yang Anda inginkan. Oleh karena itu, newcomer tidak disarankan untuk memodifikasi konten website karena jika salah, website Anda mungkin tidak dapat diakses karena kesalahan kode.
  • Keamanan WordPress. Faktor keamanan juga menjadi hal penting yang perlu Anda ingat saat menggunakan WordPress. Karena jika tidak, akan berdampak negatif pada daya tahan website Anda, membuat website Anda rentan terhadap peretas. Seperti menggunakan tema atau plugin ilegal, yang diunduh secara acak dari situs ilegal (tidak resmi) di internet.
  • Kurangnya kontrol penuh. Hal ini disebebabkan WordPress hosting sepenuhnya dikelola oleh penyedia, Anda tidak dapat memiliki kontrol penuh atas hosting yang Anda miliki atas semua aspek teknis dan non-teknis.
  • Website dimuat dengan lambat. Kecepatan loading halaman merupakan salah satu faktor penting, untuk pengalaman pengguna (User Experience), ketika user mengunjungi website Anda. Untuk itulah Anda perlu mengoptimalkan website Anda agar pengunjung tidak kabur karena website Anda lambat untuk diakses. Jadi, sebagai pemilik website Anda harus memilih layanan hosting yang baik dan terpercaya, serta plugin yang tepat untuk mengoptimalkan kecepatan situs.
  • Keseringan update. Karena seringnya pembaruan versi WordPress. Buat pengembang tema dan plugin perlu beradaptasi dengan versi terbaru WordPress. Terkadang beberapa plugin tidak berfungsi dengan versi terbaru, jadi Anda harus mencadangkan data konten situs Anda sebelum memperbarui. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

WordPress Hosting VS Web Hosting

Sebenarnya mana yang tepat untuk Anda? Tentu saja, memutuskan jenis akomodasi yang tepat akan bergantung pada kebutuhan dan tingkat pengalaman Anda. Mungkin Anda dapat meninjau spesifikasi paket hosting dan menentukan apakah fitur WordPress tambahan berguna bagi Anda. Berikut beberapa pertanyaan mendasar dalam menentukan jenis hosting yang tepat:

  1. Pertama, apakah Anda inging membangun website dengan WordPress? Jika tidak, WordPress hosting tidak akan berlaku.
  2. Berapa budget Anda? Biasanya paket standar shared lebih murah sementara WordPress biasanya lebih mahal.
  3. Apakah Anda concern dengan security? WordPress seringkali lebih aman karena peningkatan perlindungan terhadap ancaman yang masih umum.
  4. Apakah Anda lebih suka maintenance server dilakukan secara background? Jika memang demikian, Anda akan menyukai updates otomatis WordPress.
  5. Apakah Anda memiliki pengalaman dengan WordPress atau masih membutuhkan bantuan? Pengguna yang kurang berpengalaman akan mendapat manfaat dari dukungan pelanggan WordPress dari penyedia hosting.
  6. Jenis konten apa yang Anda rencanakan untuk website Anda? Misalnya, Anda ingin mengunggah galeri gambar atau video. Jika demikian, yang memudahkan akses tersebut yaitu fitur seperti caching atau CDN.
  7. Akhirnya, berapa banyak traffic yang Anda ekspektasikan? Apakah paket shared cukup untuk kebutuhan Anda? Jika Anda mengharapkan banyak pengunjung segera setelah launching, Anda mungkin harus mempertimbangkan jenis hosting yang berbeda.

Keputusan Pemilihan

Secara umum, jika Anda bisa mendapatkan jawaban yang menyenangkan untuk sebagian besar pertanyaan di atas, Anda harus memilih WordPress hosting. Ini adalah solusi yang bagus untuk pemula dan pengembang web karena dapat menghemat banyak waktu.

Meskipun WordPress hosting tidak selalu menjamin loading time halaman yang lebih cepat, tetapi WordPress hosting menjadi pilihan yang lebih baik daripada web hosting biasa. Pada sisi lainnya, web hosting standar memberi Anda kontrol lebih besar atas semua aspek website Anda sehingga sangat cocok bagi yang telah berpengalaman.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang wordpress hosting, semoga informasi yang kami sampaikan tentang wordpress hosting tersebut, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja