Ketika anda sedang akan memulai bisnis, sudah pasti anda sangat perlu banyak literasi dan referensi yang bisa membantu anda dalam penentuan anggaran marketing terhadap bisnis anda. Anggaran marketing dapat berubah bersamaan dengan berjalannya bisnis. Akan tetapi dalam bisnis sangatlah perlu untuk melakukan dan membuat Rencana Pemasaran (Marketing Plan)
Perencanaan pemasaran merupakan bentuk dari sebuah proses manajemen yang mengarah kepada sebuah strategi marketing dengan target untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga rencana pemasaran dapat dilakukan dengan beberapa proses dan koordinasi agar mendapatkan keputusan dalam rencana pemasaran.
Marketing Plan merupakan salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis. Hal ini dikarenakan sebuah skill dalam menyusun marketing plan sangatlah menentukan sebuah keberhasilan didalam bisnis yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang besar.
Sebuah perusahaan yang memiliki rencana pemsaran yang strategis dan bagus maka perusahan tersebut dapat mencapai tujuannya dan keuntungan yang efektif dan mudah. Beberapa hal yang termasuk kedalam proses perencanaan pemasaran (marketing plan process) antara lainnya adalah pengumpulan informasi, penyebarluasan informasi, strategi promosi serta koordinasi pemasaran. Komponen-komponen ini merupakan sebuah taktik yang dibentuk oleh perusahaan.
Apa itu Rencana Pemasaran
Seperti yang dibahas sebelumnya disebutkan bahwa rencana pemasaran merupakan sebuah bentuk perencanaan yang terkait dengan taktik bagaimana sebuah perusahaan akan melakukan pemasaran. Marketing plan pada umumnya digunakan untuk penentuan dan penempatan strategi marketing perusahaan secara nyata didalam praktik pasar.
Subjek didalam rencana pemasaran yaitu SDM (Sumber Daya Manusia) perusahaan. Hal ini dikarenakan rencana pemasaran memiliki peran untuk menentukan dan memastikan bagaimana Sumber Daya Manusia perusahaan bisa melakukan dan menjalankan apa yang sudah direncanakan. Sehingga, dalam membentuk pemasaran yang lebih ekfektif sangat perlu untuk menentukan tujuan yang jelas agar dapat mencapai tujuan strategis jangka panjang perusahaan.
Tujuan Rencana Pemasaran
Banyak pebisnis yang membuat perencanaan pemasaran dan kemudian hari tidak digunakan. Akan tetapi sebuah rencana pemasaran merupakan peta yang mengarahkan untuk mencapai sebuah tujuan bisnis sebuah perusahaan. Marketing plan juga harus menjadi sebuah rujukan dan harus selalu dinilai hasilnya secara berkala.
Beberapa tujuan rencana pemasaran di antaranya adalah sebagai berikut.
- Mengetahui informasi perubahan pasar dan kompetitor
- Memperluas hubungan dan jaringan kerja dengan organisasi atau perusahaan lain
- Sebagai bentuk penyesuaian bisnis.
- Meningkatkan profit secara efisien dan efektif
Manfaat Rencana Pemasaran
Dalam membuat sebuah rencana pemasaran harus sangatlah terperinci karena hal ini sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pemasaran sama halnya produk/layanan yang akan anda berikan, tanpa adanya pemasaran konsumen dan klien tidak akan mencari tahu tentang produk atau jasa anda. Jika mereka tidak tahu tentang bisnis anda, mereka tidak akan membeli apa apa dari anda.
Berikut ini merupakan manfaat dari rencana pemasaran antara lainnya:
- Menggapi koordinasi pemasaran yang baik
- Identifikasi perkembangan perusahaan
- Sebagai acuan untuk perusahaan harus berubah
- Alat menghindari konflik terhadap bagaimana perusahaan harus bergerak.
- Sumber informasi dimana kebijakan perusahaan harus dibuat atau diperbarui.
- Acuan agar manajer bergerak dan berpikir ke arah yang lebih sistematis.
Tahapan Strategi Rencana Pemasaran
Dalam menyusun sebuah rencana pemasaran membutuhkan komponen komponen yang harus ada. Rencana pemasaran biasanya mencakup beberapa elemen seperti deskripsi competitor, permintaan produk atau layanan, kekuatan dan kelemahan dari sudut pandang pasar baik secara bisnis atau kompetitor.
Rencana pemasaran merupakan sebuah garis besar yang harus digunakan setiap harinya dalam mengembangkan dan membantu perusahaan untuk menjangkau target pasar dan profit. Berikut ini merupakan sebuah tahapan dalam menyusun rencana pemasaran.
1. Menganalisis Situasi
Salah satu komponen utama dalam memulai rencana pemasaran adalah analisis SWOT. Dengan analisis SWOT, manajer pemasaran perusahaan dapat mengetahui peluang dan masalah apa saja yang mungkin muncul di pasar serta apa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan dalam mencapai tujuan pemasarannya.
2. Menetapkan Tujuan dan Sasaran
Setelah melakukan analisis SWOT, rencana pemasaran dilanjutkan dengan menetapkan tujuan atau sasaran pemasaran. Misalnya, mengidentifikasi siapa yang membutuhkan produk dan di mana produk tersebut harus dipasarkan. Mengetahui arah tujuan pemasaran dapat membantu Anda merumuskan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Penting untuk meminimalkan anggaran dan upaya periklanan Anda, tetapi dengan keuntungan maksimal.
3. Membuat Strategi dan Program
Strategi dan program dibentuk dari tujuan atau target yg sudah dipengaruhi sebelumnya. Strategi ini adalah tindakan jangka panjang dan dibentuk agar menjadi rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, jua buat mendukung taktik tadi dibentuk program atau strategi rencana jangka pendek secara berkesinambungan.
Hal Terpenting Dalam Perencanaan Pemasaran
Sebelum Anda mulai melakukan bisnis, Anda perlu membuat rencana pemasaran yang mendetail dan rinci. Berikut beberapa hal yang perlu dipikirkan.
1. Menentukan target konsumen
Jangan mendefinisikan pemasaran secara umum, karena ini adalah kesalahan. Oleh karena itu, Anda perlu menyegmentasikan pelanggan Anda sehingga Anda dapat memasarkan tepat waktu, dan Anda dapat dengan mudah membangun hubungan pribadi dengan pelanggan potensial untuk memahami karakteristik dan menjelajahi sumber potensial.
2. Membuat Tujuan
Selanjutnya yaitu membuat tujuan pemasaran produk atau jasa anda di dalam usaha atau bisnis Anda dalam jangka waktu tertentu.
3. Menentukan Saluran Pasar
Sebelum Anda memulai pemasaran, Anda perlu memutuskan saluran pasar mana yang akan digunakan. Cara terbaik adalah dengan mengidentifikasi pelanggan Anda dan menganalisis media yang paling sering digunakan konsumen Anda. Oleh karena itu, buatlah saluran dan jaringan pemasaran yang sesuai dengan karakteristik dan usia konsumen Anda
4. Membentuk Tim Marketing
Saat tim mengembangkan rencana pemasaran, Anda perlu membentuk tim yang cakap. Jika Anda tidak dapat menemukan orang ini di perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan agen konsultasi IT untuk membantu Anda merencanakan pemasaran perusahaan Anda. baca tulisan bagus dari coschedule.com tentang membangun tim marketing
5. Membuat Anggaran
Terakhir, hitung berapa anggaran pemasaran yang dibutuhkan perusahaan Anda. Anggaran pemasaran Anda harus memenuhi ekspektasi pertumbuhan bisnis Anda. Tentunya jika Anda memutuskan untuk menetapkan anggaran marketing bulanan, akan sulit untuk mengukur pertumbuhan bisnis Anda.
Pertama-tama, harap ukur bakat Anda saat ini, sasaran pemasaran, dan rencana jangka panjang (seperti investasi konten dan SEO untuk tujuan jangka panjang) untuk menyusun anggaran yang realistis. Selain itu, hanya satu tim PR yang dapat dipekerjakan dalam jangka waktu tertentu.
Nah itulah ulasan mengenai perencanaan pemasaran yang pastinya penting dan berdampak pada bisnis anda. Jika bisnis tidak dijalankan dengan baik maka akan ada kesulitan yang bergerak mengikuti perubahan pasar. Sehingga profit yang didapatkan menjadi kurang maskimal. Semoga informasi yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi anda, Terimakasih.