Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business bisa membantu banyak perusahaan  yang ingin memasarkan usahanya secara digital.

Kehadian Google My Business bisa memudahkan perusahaan untuk menarik pelanggan baru. Lewat Google My Business, calon pelanggan bisa memperoleh berbagai informasi seputar perusahaan.

Informasi tersebut meliputi nama bisnis, lokasi bisnis, alamat email. Waktu operasional, nomor telepon, foto perusahaan, website, hingga review dari pelanggan.

Untuk bisa mandaftar akun baru di Google  My Business, Anda tidak perlu biaya. Berkat bantuan Google, Anda bisa dengan memasarkan bisnis Anda secara digital.

Berikut ini Manfaat dari Google Business

1. Meningkatkan Visibilitas di Internet

Manfaat Google My Business yang pertama, Anda dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda di internet, terutama mesin pencari.

Profil bisnis Anda dapat muncul di halaman Google tanpa Anda membuat website baru Anda sendiri.

Hal ini bisa sangat menguntungkan sebab untuk mengembangkan website sendiri untuk perusahaan baru sangatlah tidak mudah dan butuh waktu lama.

Warga internet perlahan akan melirik toko Anda, dan bisa saja melakukan transaksi. Dikutip dari HootSuite, Google My Business sangat cocok untuk bisnis toko offline

Jika Anda ingin lebih jauh memasarkan bisnis secara digital, serius ingin menjalaninnya secara online, maka bisa coba tools lain dari Google seperti Google Adsense.

2. Bisnis Mudah Dijangkau Pelanggan

Manfaat Google Business selanjutnya, Anda bisa menjangkau pelanggan secara lebih luas tanpa Anda harus mencari pelanggan.

Maksudnya biarkan pelanggan yang sendirinya datang ke toko bisnis Anda di Google My Business. Anda juga bsia memberitahu keberadaan bisnis Anda kepada pelanggan.

Fitur jangkau lain dari Google, adalah Google Maps. Sayang sekali jika bisnis Anda tidak dimasukkan pada Google Maps.

Jaman sekarang, semua orang mencari informasi melalui internet, jadi biarkan orang-orang menjangkau bisnismu juga melalui internet

Terdapat 1 miliar populasi pengguna Google Maps, jadi tidak mungkin tidak ada satu pun orang yang tidak menemukan bisnis Anda.

Tak hanya secara lokal, Google My Business juga bisa mempromosikan bisnis Anda secara global sehingga bisa menjangkau pasar lebih luas lagi.

3. Promosi Bisnis

Google My Business bisa menjadi strategi pemasaran digital dengan biaya terjangkau. Anda bisa menggunakan fitur Google dengan gratis, asalkan dimaksimalkan.

Terus penuhi ruang toko online Anda dengan berbagai informasi yang meyakinkan calon pelanggan. Hal ini bisa meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pedagang.

Dengan berbagai informasi bisnis yang jelas, lokasi toko offline yang dapat ditemukan, maka pelanggan akan percaya pada bisnis Anda.

4. Mampu Bersaing di Halaman Hasil Mesin Pencari

Tidak perlu takut jika Anda akan kalah persaingan, lebih baik konsistenkan bisnis Anda untuk terus aktif di internet.

Google Business bisa membantu Anda meningkatkan peringkat di mesin pencari. Hal ini membuat calon pelanggan lebih mudah lagi menemukan halaman bisnis Anda.

Membuat profil Gooel My Business juga dapat meningkatkan SEO lokal. Hal ini bisa mempermudah persaingan.

Belum banyak bisnis lokal memanfaatkan fitur Google Business. Dengan begitu tidak banyak juga bisnis yang beredar di Google Maps.

Potensi Anda untuk dipilih pelanggan di internet lebih besar daripada bisnis lain yang tidak memiliki profil Google My Business, maupun mencatumkan bisnis di Google Maps.

Kini Anda memiliki dua channel, toko fisik (offline store) dan juga toko online.

5. Memperoleh Review Pelanggan

Manfaat Google My Business lainnya yang tidak dapat Anda peroleh secara langsung dari offline store, adalah ulasan dari pelanggan.

Google My Business menyediakan fitur satu ruang untuk para pelanggan yang ingin berbagai pengalamannya membeli produk di toko Anda.

Hal ini bisa berarti menguntungkan atau merugikan. Ulasan pelanggan yang positif tentu menambah kredibilitas bisnis Anda dan meyakinkan calon pelanggan lainnya.

Sementara ulasan yang buruk, bisa menjatuhkan nama bisnis Anda, namun juga bisa dijadikan evaluasi perusahaan.

Baik review baik maupun buruk, sebaiknya Anda tetap merespon segala komentar tersebut dengan terbuka dan hangat.

Menjalin komunikasi yang dekat dengan pelanggan selalu bisa menyelamatkan bisnis Anda.

Ulasan dari pelanggan juga bisa menjadi penunjang untuk meningkatkan brand awareness.

Membuat Profil Google My Business

Jika Anda masih belum tahu cara membuat profil Google My Business, berikut ini Matob Creative Studio akan paparkan step by step membuat profil Google My Business.

1. Sign up Akun Baru

Langkah pertama untuk bergabung dalam Google My Business, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu.

Tidak perlu biaya apapun untuk membuat akun Google My Business, jadi Anda tidak perlu khawatir menambah budget.

Anda juga bisa memperbarui profil bisnis kapan saja. Sebaiknya sekarang Anda mulai download aplikasi Google My Business lewat app store, play store, dan sebagainya.

2. Informasi Bisnis

Masukkan informasi bisnis Anda secara lengkap, jangan sampai ada yang tertinggal. Hal ini penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis.

Tentu akan sangat mencurigakan pelanggan jika informasi bisnis tidak lengkap.

Informasi tersebut terkait nama bisnis, nomor telepon usaha, waktu operasional, hingga bisa menambahkan media.

Media tersebut bisa berupa foto-foto kantor atau portfolio hasil kerja perusahaan selama ini.

3. Verifikasi Akun

Seperti saat mendaftar akun di Media Sosial lainnya, langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah verifikasi akun.

Verifikasi akun bisa dilakukan lewat email, nomor telepon, atau Google Search Console. Verifikasi ini berfungsi untuk mengkonfirmasi Anda sebagai pemilik bisnis sebenarnya.

Penutup

Akun Google My Business bisa sangat berguna bagi Anda yang baru memulai buka usaha kecil, karena strategi pemasaran yang tidak membutuhkan biaya.

Pastikan Anda aktif dalam mengelola akun online bisnis Anda, selalu respon ulasan dari pelanggan atau chat dengan pelanggan bisa menjadi upaya baik dalam mengembangkan bisnis online Anda.

Jasa Pembuatan Website Jogja, Matob Creative Studio, bisa membantu Anda mengembangkan website Anda.

Menyediakan berbagai jasa, mulai dari SEO, pembuatan company profilewebsite toko online, jasa penulis konten, hinga jasa Elementor pro.

Sumber foto: Photo by Brooke Lark on Unsplash

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

Bagaimana cara membuat logo yang baik

Bagaimana cara membuat logo yang baik?

Beberapa pengusaha berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan logo. Namun. Ada banyak tugas penting lainnya. Anda dapat mendesain logo di generator logo Turbologo. Apa itu logo?

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Tips Membuat Desain Website yang Profesional

Upaya mempercantik website perusahaan, pastinya adalah dengan desain website semenarik mungkin, harus memuat audiens senang scrolling website perusahaan. Banyak upaya yang bisa dilakukan web developer

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business

Manfaat Google My Business bisa membantu banyak perusahaan  yang ingin memasarkan usahanya secara digital. Kehadian Google My Business bisa memudahkan perusahaan untuk menarik pelanggan baru.

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

Mana yang Lebih Baik, SEO atau AdWords

SEO atau AdWords, merupakan strategi digital marketing yang digunakan untuk meningkatkan trafik website di halaman hasil pencarian Google. Setelah peringkat website naik, Anda akan memperoleh