perbedaan vektor dan raster

Vektor, Raster, Bitmap, JPG, EPS, PNG – Apa sih Perbedaannya?

Jika Anda bingung dengan perbedaan antara banyak jenis file gambar, Anda tidak sendirian. Saat memulai sebuah proyek, salah satu hal pertama yang kami minta dari klien adalah file vektor logo mereka. Namun, permintaan tersebut sering kali ditanggapi dengan tatapan kosong atau tanggapan seperti “tidak bisakah Anda menarik logonya dari situs saya?”. Sebagai pemasar, memahami pentingnya dan peran berbagai jenis file gambar sangat penting untuk memastikan merek Anda terwakili dengan benar dan untuk berkomunikasi lebih baik dengan desainer, pengembang, dan printer.

APA ITU FILE VEKTOR? APA ITU RASTER/BITMAP?

Kita dapat mulai memahami masalahnya dengan mengklarifikasi perbedaan antara raster dan vektor.

vector-vs-raster
Perbedaan Vektor dan Raster (bitmap) – modassicmarketing.com

File Raster / Bitmap

Gambar raster menggunakan banyak piksel berwarna atau blok penyusun individual untuk membentuk gambar lengkap. JPEG, GIF, dan PNG adalah jenis gambar raster yang umum. Hampir semua foto yang ditemukan di web dan di katalog cetak adalah gambar raster.

Karena gambar bitmap dibuat menggunakan piksel berwarna dalam jumlah tetap, ukurannya tidak dapat diubah secara dramatis tanpa mengorbankan resolusinya. Saat direntangkan agar sesuai dengan ruang yang tidak dirancang untuk diisi, pikselnya menjadi tampak berbintik dan gambar terdistorsi.

Inilah sebabnya mengapa foto yang diubah mungkin tampak berpiksel atau resolusi rendah. Oleh karena itu, Anda harus menyimpan file raster tepat pada dimensi yang diperlukan untuk menghilangkan kemungkinan komplikasi.

Perbedaan Vektor dan Bitmap
Perbedaan Vektor dan Bitmap

File Vektor

Gambar vektor, sebagai alternatif, memungkinkan lebih banyak fleksibilitas. Dibuat menggunakan rumus matematika daripada blok berwarna individual, jenis file vektor seperti EPS, AI, dan PDF * sangat baik untuk membuat grafik yang sering kali memerlukan pengubahan ukuran.

Logo perusahaan dan grafik merek Anda harus dibuat sebagai vektor dan disimpan sebagai file induk sehingga Anda dapat menggunakannya dengan item yang lebih kecil seperti kartu nama dan kop surat, tetapi juga pada permukaan yang lebih besar, seperti jet perusahaan Anda.

READ  Mau Menikah Di Jogja? Ini Wo Jogja Rekomended

Bila perlu, selalu buat JPG atau PNG untuk digunakan di web dari file vektor master ini. Pastikan untuk menyimpan file raster baru dalam dimensi yang dibutuhkan.

PDF umumnya merupakan file vektor. Namun, tergantung bagaimana PDF pada awalnya dibuat, itu bisa berupa vektor atau file raster. Apakah Anda memilih untuk meratakan lapisan file Anda atau memilih untuk mempertahankan setiap lapisan akan menentukan jenis gambar.

baca juga tulisan ini : cara mengecilkan ukuran file PDF

Jenis Ekstensi File Gambar Vektor dan Raster serta Bagaimana Penggunaannya yang Benar

Jenis-jenis ekstensi file gambar
Jenis-jenis ekstensi file gambar

JPG

JPG (atau JPEG) adalah gambar raster yang sering digunakan untuk foto di desain website. JPG dapat dioptimalkan, saat menyimpannya dari photoshop, untuk menemukan keseimbangan sempurna antara ukuran file kecil dan kualitas tinggi. Di web, Anda ingin file gambar Anda menjadi sekecil mungkin sehingga situs Anda memuat dengan cepat, tetapi cukup besar untuk tetap terlihat segar dan tidak tercampur. JPG tidak boleh memiliki latar belakang transparan sehingga selalu berbentuk persegi panjang atau persegi dengan latar belakang yang solid.

Penggunaan terbaik = foto dan foto persegi panjang atau persegi di situs web Anda.

PNG

PNG adalah jenis gambar raster lainnya. Untuk pemasar umum, perbedaan utama yang harus dipahami antara PNG dan JPG adalah bahwa PNG dapat memiliki latar belakang transparan dan umumnya lebih besar dan berkualitas lebih tinggi. Oleh karena itu, PNG sangat ideal untuk menyimpan file logo untuk situs web karena dapat ditempatkan di atas latar belakang berwarna.

Penggunaan terbaik = logo, ikon, dan gambar lain di mana latar belakang transparan lebih disukai.

GIF

GIF adalah jenis gambar raster lainnya. GIF terbentuk hingga 256 warna dari ruang warna RBG. Semakin sedikit warna dan bayangan yang terkandung dalam sebuah gambar, semakin kecil ukuran filenya. Oleh karena itu, GIF ideal untuk gambar yang menggunakan sedikit warna solid dan tidak memiliki gradien atau corak alami. Anda tidak ingin menggunakan GIF untuk foto.

READ  Sukses Install Hackintosh Catalina di PC AMD Ryzen 5 3500

Penggunaan terbaik = grafik web sederhana seperti tombol web, bagan, dan ikon.

TIF

TIF (atau TIFF) adalah file raster besar. Tidak ada penurunan kualitas dan oleh karena itu digunakan terutama untuk gambar yang digunakan dalam pencetakan. Di web, karena waktu buka, biasanya Anda ingin menggunakan gambar yang lebih kecil seperti JPG atau PNG.

Penggunaan terbaik = gambar dan foto untuk cetakan berkualitas tinggi.

EPS

File EPS adalah file vektor dari grafik, teks atau ilustrasi. Karena ini adalah vektor, ia dapat dengan mudah diubah ukurannya ke ukuran apa pun yang diperlukan. File EPS dapat dibuka kembali dan diedit.

Penggunaan terbaik = file logo master dan grafik dan desain cetak.

AI

File AI adalah jenis file vektor berpemilik yang dibuat oleh Adobe yang hanya dapat dibuat atau diedit dengan Adobe Illustrator. Ini paling sering digunakan untuk membuat logo, ilustrasi, dan tata letak cetak.

Penggunaan terbaik = membuat logo, grafik, ilustrasi.

 


Baca Juga :