Di era modern ini, jika kita ingin mengembangkan bisnis kita hingga sukses, maka perlu dimaksimalkan strategi digital marketing, seperti SEO atau PPC.
Strategi mana pun yang diterapkan digital marketer, baik SEO atau PPC, keduanya memiliki tujuan sama, yaitu meningkat trafik dan konversi.
Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya, serta memiliki metodologi yang berbeda antara SEO atau PPC.
Mungkin beberapa orang tidak begitu, paham apa itu SEo atau PPC maka dari itu, berikut ini penjelasan antara strategi marketing SEO atau strategi marketing PPC.
Penjelasan SEO (Search Engine Optimization)
Seperti namanya, yaitu optimasi mesin pencari, SEO menargetkan konten website untuk bisa meraih peringkat teratas pada laman hasil pencarian.
SEO sangat berguna untuk memperoleh trafik organik dari mesin pencarian, artinya orang-orang bisa berkunjung ke website Anda lewat strategi SEO.
Akan tetapi, untuk memaksimalkan konten SEO, Anda juga harus tepat dalam memilih keyword, membuat headline, memasukkan tautan, dan sebagainya.
Semua yang disebutkan di atas adalah beberapa hal yang mempengaruhi jika SEO bisa bekerja maksimal atau tidak
Beberapa kelebihan dan kekurangan SEO:
1. Lebih murah
Untuk menulis konten organic pada website, Anda hanya perlu tenaga kerja yang konsisten dalam membuat konten.
Selain itu, penulis dan digital marketer juga harus bekerja sama dalam mengembangkan strategi SEO ini.
Selain biaya untuk tenaga kerja, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lainnya saat menerapkan strategi SEO.
2. Bertahan Lebih Lama
Untuk memperoleh kepercayaan pengunjung, serta mesin pencari terhadap website kita, butuh waktu lama dan konsistensi yang kuat.
Jika berhasil, hasilnya akan sangat memuaskan dibandingkan strategi marketing berbayar. Hal ini dikarenakan strategi marketing SEO memperoleh pengunjung secara organik.
Jika orang-orang sudah mempercayai situs web milik Anda, maka website tersebut akan terus-menerus berada di peringkat atas laman hasil mesin pencari.
3. Meningkatkan Brand Awareness
Secara logika, jika website milikmu berada di peringkat atas pada halaman hasil pencarian, maka semakin banyak orang mengetahui tentang perusahaan.
Hal ini semakin memperkuat kepercayaan pengunjung pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan juga.
Sayangnya algoritma mesin pencari sering berubah-ubah, oleh karena itu pembaharuan optimasi pada website harus selalu diperhatikan.
Penjelasan PPC (Pay Per Click)
Tak hanya SEO, marketer juga menyadari bahwa PPC juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sehingga memiliki tantangannya tersendiri.
PPC merupakan bentuk dari strategi marketingSearch Engine Marketing (SEM), di mana pengiklan membayar penerbit iklan.
Penerbit iklan tersebut, seperti Google atau Facebook, maka setiap kali audiens click pada iklan tersebut, pengiklan perlu membayar.
Meski berbayar, namun strategi ini cukup efektif bagi website untuk memperoleh trafik yang tinggi dalam waktu singkat.
Berikut kelebihan dan kekurangan PPC:
1. Tampil Peringkat Teratas pada Laman Mesin Pencarian
Setiap konten yang dibuat website dengan PPC, akan selalu muncul di peringkat teratas mesin pencarian.
Di atas konten organik, konten PPC akan selalu berada di atasnya. Hal ini memungkinan pengguna untuk berkunjung ke website dengan PPC.
2. Hasil yang Lebih Cepat
Dibandingkan dengan SEO, yang membutuhkan waktu lama untuk meningkatkan trafik, maka dengan PPC trafik website akan meningkat lebih cepat.
Sayangnya, konten dari website dengan PPC tidak selalu memberikan solusi pada masalah yang sedang dicari pengguna.
Hal ini dikarenakan algoritma Google, yang tidak begitu nyambung antara masalah yang dicari pengguna dengan konten PPC.
PPC hanya menekankan pada keyword, tapi tidak memahami masalah pengguna, sehingga pengguna seringkali tidak menemukan solusi dari konten website dengan PPC.
3. Lebih Mudah Menentukan Audiens
Mesk audiens yang akan diperoleh akan banyak, hal ini dapat membantu Marketer dalam mengetahui audiensnya.
Sayangnya, hal ini tidak berlangsung lama, karena iklan PPC memiliki jangka waktu tertentu. Jika iklan dilepas, maka website akan kembali hanya menggiring pengguna organic.
Saat itu terjadi, margin keuntungan bisa lebih rendah daripada biaya yang dikeluarkan. Yang cenderung tidak murah.
Mempertimbangkan Antara SEO atau PPC: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis Anda?
Perhatikan terlebih dahulu situasi spesifik dari bisnismu. Pertimbangkan pula mengenai budget yang dimiliki perusahaan.
Berikut ini beberapa skenario yang bisa menjadi gambaran untuk Anda, dalam memilih antara SEo atau PPC:
- Jika Anda perlu mendorong hasil yang cepat, berapapun biayanya, pilih PPC.
- Jika Anda sudah mendorong penjualan dari strategi pemasaran lain, dan butuh mengembangkan bisnis jangka panjang, pilih SEO.
- Jika Anda ingin menguji produk atau membuat penawaran baru, pilih PPC. Secara cepat dan lebih mudah, trafik akan pergi ke website perusahaan.
- Jika Anda ingin meningkatkan brand awareness, pilih SEO. Dengan SEO, trafi akan berkembang dan dipercaya public dalam jangka waktu panjang
Penutup: Integrasi SEO dan PPC untuk Kesuksesan Pencarian di Internet
Kenyataannya saat berbisnis, adalah hampi semua perusahaan tidak bisa memilih antara SEO atau PPC, mana yang lebih baik.
Keduanya saling berintegrasi, mungkin itulah alasan paling tepat untuk bisa diutarakan. Keduanya saling mendukung untuk mensukseskan pencarian website di internet.
SEO atau PPC, kedua saluran dapat saling melengkapi jika diaplikasikan pada situasi dan kondisi website tertentu sesuai dengan objektif marketing.
Jika Digital Marketer memiliki anggaran yang cukup, maka dipastikan Anda harus menggunakan keduanya dengan sangat baik.
Jasa Pembuatan Website Jogja, Matob Creative Studio, bisa membantu Anda mengembangkan website Anda.
Menyediakan berbagai jasa, mulai dari SEO, pembuatan company profile, website toko online, jasa penulis konten, hinga jasa Elementor pro.
—