Apakah Anda merasa seperti Anda tertinggal di belakang kompetisi? Sebagai pemilik bisnis kecil, anda mungkin mengalami perasaan tersebut. Anda bukanlah perusahaan besar yang mampu mempekerjakan agen digital marketing untuk mengikuti semua tips digital marketing terbaru.
Tapi, itu tidak berarti Anda tidak bisa menjadi lebih hebat daripada mereka. Senjata Anda adalah pengetahuan Anda. Setelah Anda membaca artikel ini, Anda akan dapat mengambil senjata dan mengalahkan pesaing Anda!
Ada banyak tips digital marketing yang dapat membawa Anda menuju kesuksesan. Tetapi sebagian besar pesaing Anda mungkin belum mengetahuinya.
Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis Anda
Artikel ini akan fokus pada tips digital marketing paling populer dan terbukti memberi efek positif. Tetapi hanya jika Anda tahu mengapa, bagaimana, dan kapan menggunakannya.
Tetapi pertama-tama, mari kita membahas cara berpikir keliru yang dimiliki banyak pemilik bisnis kecil.
1. Melakukan banyak Hal Sekaligus dalam satu waktu
Ini adalah kesalahan yang membuat banyak pemilik bisnis pemula – mencoba melakukan semuanya sekaligus dengan sedikit pengalaman sebelumnya.
Anda mengatur 10 akun media sosial. Anda mengatur kampanye PPC. Anda menyiapkan jadwal pembuatan blog yang ketat tentang topik yang belum diteliti dengan benar.
Dan yang terburuk adalah Anda bahkan tidak pernah menggunakan lebih dari setengah platform media sosial di masa lalu!
Terdengar akrab?
Jika demikian, maka berhenti. Kesalahan terbesar yang dapat dilakukan pemilik bisnis baru adalah mencoba mengelola terlalu banyak akun media sosial baru sekaligus. Kami akan mendapatkan kesalahan itu di bagian selanjutnya.
Tetapi untuk sekarang, pelajaran yang kami ingin Anda pahami adalah: kurang lebih. Ketika Anda baru memulai, fokus dan konsistensi harus menjadi tujuan utama Anda.
Fokus: jika Anda mencoba meluncurkan beberapa kampanye sekaligus, Anda tidak hanya akan kewalahan sepenuhnya, tetapi Anda juga akan kesulitan menentukan kampanye marketing mana yang berhasil.
Konsistensi: ini akan menjadi kunci untuk menyukseskan bisnis Anda dari bawah.
- Menjadi konsisten di media sosial akan membangun Anda pengikut setia.
- Menjadi konsisten dalam blog Anda akan membangun basis pelanggan setia Anda dan mengubah prospek baru dan dingin menjadi pembeli baru.
- Menjadi konsisten dalam SEO berarti Anda akan menghemat uang dalam jangka panjang daripada terlalu mengandalkan iklan berbayar.
Terlalu banyak pemilik usaha kecil mencoba melakukan semuanya sekaligus dan jatuh pingsan di wajah mereka.
Tetapi Anda tidak harus menjadi salah satu dari mereka. Dengan mengikuti tips digital marketing ini, Anda sudah lebih dulu dari permainan.
2. Temukan Tempat Anda di Media Sosial
Sebagian besar pemilik usaha kecil tahu bahwa mereka perlu berada di media sosial. Lagipula, media sosial tidak akan kemana-mana. Pada 2017, 81% orang Amerika memiliki profil media sosial!
Tetapi ketika kita menyentuh pada bagian terakhir, terlalu banyak pemula yang mengambil pesan itu terlalu banyak ke hati dan mencoba berubah dari tidak terlihat berada di mana-mana sekaligus.
Untuk sebagian besar merek, ini adalah resep untuk bencana.
Sebagai pemilik bisnis kecil baru, tujuan Anda adalah menemukan tempat Anda di media sosial. Ini berarti bahwa pada awalnya Anda harus fokus hanya pada, paling banyak, beberapa platform media sosial yang sudah Anda rasa nyaman.
Sekarang, setelah memasarkan platform ini untuk sementara waktu, perhatikan berapa banyak interaksi yang Anda dapatkan.
Misalnya, jika Instagram tidak memberi Anda keterlibatan apa pun, kemudian lanjutkan dan fokus pada platform yang melakukannya!
Tujuannya di sini adalah untuk menemukan platform media sosial yang memberi Anda tingkat interaksi tertinggi (suka, berbagi, dan komentar).
Dan pelajarannya di sini adalah: jangan repot-repot membuang-buang waktu Anda di platform jika audiens Anda tidak ada di sana!
Cari tahu di mana sebagian besar audiens Anda berada dan poskan di platform tersebut secara konsisten untuk membangun pengikut media sosial yang setia.
3. Influencer Marketing
Influencer Marketing relatif baru di dalam tips digital marketing . Bahkan, sebagian besar pesaing Anda mungkin belum pernah mendengarnya!
Dan bagi mereka yang memilikinya, mereka mungkin melakukannya dengan cara yang salah.
Tetapi influencer marketing dapat menjadi alat yang sangat kuat ketika digunakan dengan benar.
Jadi apa sebenarnya influencer marketing?
Sederhananya, itu berarti bahwa alih-alih memasarkan kepada audiens target Anda secara langsung, Anda membayar atau mengilhami orang-orang berpengaruh di niche Anda untuk menyampaikan berita tentang Anda.
Ketika datang ke pengguna media sosial, influencer pada dasarnya adalah referensi terkuat yang dapat diperoleh bisnis Anda.
Misalnya, survei oleh Collective Bias menunjukkan bahwa 30% konsumen lebih cenderung membeli produk yang direkomendasikan oleh blogger non-selebriti.
Influencer marketing sangat efektif pada generasi millennial, karena 70% dari millennial konsumen dipengaruhi oleh rekomendasi dari rekan-rekan mereka dalam membuat keputusan pembelian.
Jadi, Anda harus selalu waspada terhadap calon pemberi pengaruh masa depan di niche Anda. Anda akan ingin terlibat dengan mereka sehingga Anda dapat membangun visibilitas merek Anda.
Jadi apa yang dilakukan pemilik usaha kecil lainnya dengan influencer marketing, Anda bertanya?
Banyak pemilik bisnis kecil masih berpikir bahwa melakukan banyak blogging tamu (bentuk influencer Marketing) dan mendapatkan banyak backlink akan meningkatkan SEO dan mengarahkan lalu lintas.
Ini memang benar di masa lalu, tetapi sekarang tidak lagi. Pemilik usaha kecil hari ini harus melangkah hati-hati dengan blog tamu dan mendapatkan backlink karena Google telah menindak praktik ini beberapa kali di masa lalu. Google menghukum situs web yang menyalahgunakan praktik ini, dan itu bukan yang Anda inginkan untuk situs web baru Anda!
Nah, itu tidak berarti bahwa blogging tamu pada dasarnya merupakan praktik yang buruk. Jauh dari itu! Tetapi seharusnya tidak dilakukan dengan cara yang spam. Sebaliknya, itu harus dilakukan dengan tujuan utama dalam pikiran adalah:
- Promosi merek.
- Membangun kredibilitas dengan bersandar pada bahu raksasa industri.
- Memanfaatkan komunitas lain.
4. Jangan Meremehkan Memiliki Daftar Email
Daftar email mungkin adalah salah satu aset paling berharga dan responsif yang dapat Anda miliki.
- Berharga – perusahaan perangkat lunak CRM Hatchbuck menemukan bahwa pelanggan yang membeli produk melalui email menghabiskan 138% lebih banyak!
- Responsif – menurut QuickSprout, pelanggan email 3x lebih mungkin untuk berbagi konten di media sosial!
Dan tidak seperti pengikut dan penggemar media sosial Anda, Anda memiliki daftar pemasaran email Anda.
Tetapi percaya atau tidak, banyak pesaing Anda bahkan tidak berpikir tentang memiliki daftar email. Sebaliknya mereka membuat kesalahan dengan berpikir bahwa mereka dapat lolos hanya dengan membangun media sosial berikut.
Tentu saja memiliki pengikut media sosial yang kuat sangat penting! Tetapi ketika datang untuk mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar, pemasaran email adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya.
5. 80-20 Rule untuk Konten Marketing
Aturan 80-20 berarti 80% kesuksesan Anda akan datang dari 20% upaya Anda. Aturan ini berlaku hanya untuk segala hal, termasuk konten Anda. Konten Anda dapat dibuat dalam berbagai media berbeda.
Misalnya: video, webinar, posting blog, infografis, dll.
Jadi bagaimana aturan 80-20 berlaku?
Cukup sederhana, 80% konten Anda harus mengkomunikasikan VALUE, dan 20% dari itu harus difokuskan pada promosi. Konten yang berharga berarti konten yang unik, segar, tepat waktu, relevan, dan memecahkan masalah nyata untuk audiens target Anda.
Keberhasilan Anda akan datang dari 20% upaya Anda, tetapi 80% lainnya diperlukan untuk mengendarainya!
Terlalu banyak pemilik usaha kecil memilikinya sebaliknya. 80% konten blog mereka terlalu banyak dijual, dan hanya 20% yang berisi informasi berguna atau berharga!
Jika Anda tidak yakin tentang nilai pembuatan konten yang bermanfaat, maka luangkan waktu sejenak untuk merefleksikan fakta bahwa bisnis dengan blog menerima 67% lebih banyak prospek daripada bisnis tanpa blog.
Manfaat lain dari memiliki blog termasuk:
- Mendapatkan lebih banyak lalu lintas bertarget.
- Menambahkan elemen manusia ke merek Anda, sehingga membangun kepercayaan dan kesetiaan dengan pelanggan Anda.
- Hemat biaya dan mudah untuk setup.
6. Kapan Mengandalkan SEO
Setiap pemilik usaha kecil yang merambah ke dunia tips digital marketing telah mendengar tentang SEO.
Tapi tetap saja, banyak dari mereka menghindarinya karena mereka pikir itu rumit dan terlalu memakan waktu.
Meskipun kedua hal ini mungkin benar, SEO masih merupakan cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas gratis ke situs web Anda.
Bahkan sesuatu yang sederhana seperti nama bisnis Anda dapat mempengaruhi peringkat Anda di mesin pencari. Menurut perusahaan SEO Local SEO Guide, bisnis dengan kata kunci yang kuat dalam peringkat nama bisnis mereka 1,5 tempat lebih tinggi daripada bisnis tanpa kata kunci dalam nama bisnis mereka.
Alih-alih berfokus pada strategi SEO jangka panjang, terlalu banyak bisnis kecil meniup anggaran digital marketing mereka pada iklan PPC ketika memulai. Kami akan membicarakan lebih lanjut tentang itu di bagian selanjutnya.
Jadi apa bidang yang berbeda yang mencakup SEO?
Ada banyak. Tetapi secara umum, ini adalah yang utama:
- Pengoptimalan situs web.
- Optimasi halaman.
- Pengoptimalan perangkat.
- Bangunan tautan yang kredibel.
Ada banyak sub kategori lain dari area utama ini. Misalnya, penggunaan kata kunci adalah sub kategori pengoptimalan halaman.
Banyak yang harus dipelajari. Tetapi belajar dan menerapkan SEO akan memberikan visibilitas situs web Anda lebih baik di mesin pencari.
Dan untuk mendapatkan ide tentang seberapa pentingnya SEO untuk visibilitas situs web, Anda dapat melihat pembaruan Google di masa lalu. Satu pembaruan Google yang sangat penting membuat situs web yang tidak responsif di berbagai perangkat digital bahkan tidak muncul di hasil penelusuran sama sekali!
Untungnya, Anda tidak perlu mempelajari SEO sendiri karena Anda tahu agensi Jasa SEO Profesional.
Tetapi Anda masih harus mempelajari dasar-dasar SEO dan apa harapan dari seorang spesialis SEO akan.
Mempekerjakan seorang spesialis SEO sangat berharga. Spesialis SEO akan membantu Anda melakukan audit SEO, yang meliputi menganalisis bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web Anda dan platform media sosial Anda.
Dan akhirnya, jangan berharap lalu lintas langsung dari melakukan SEO. Itu bisa terjadi, tapi itu sangat langka. Sebaliknya, lihat iklan berbayar untuk lalu lintas cepat.
7. Kapan Harus Menggunakan Iklan Berbayar
Seperti yang kita bahas di bagian sebelumnya, banyak pemilik usaha kecil menghabiskan terlalu banyak modal kerja mereka di PPC. Mereka memiliki ide yang tepat – membelanjakan uang untuk iklan berbayar di awal untuk mendapatkan beberapa lalu lintas masuk.
Tetapi dengan tidak adanya penjualan corong dan strategi SEO jangka panjang, mereka mulai mengandalkan PPC untuk mendorong sebagian besar penjualan mereka. Ini bukan metode digital marketing yang berkelanjutan dengan sendirinya.
Kesalahan mereka adalah bahwa mereka akhirnya membingungkan “lebih banyak lalu lintas” dengan “lebih banyak penjualan.”
Tetapi yang mereka lakukan hanyalah mendapatkan lebih banyak prospek dingin dan tidak ada penjualan. Dan dalam iklan PPC di mana Anda membayar untuk setiap klik, ini bisa mahal jika Anda tidak membuat konversi dari klik Anda.
Lebih banyak lalu lintas adalah hal yang hebat, tetapi tanpa corong pemasaran, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang optimal.
Sebagai gantinya, Anda harus mengikuti 3 langkah sederhana ini:
- Buat penawaran yang relevan dan menarik. Misalnya, newsletter Anda atau e-book gratis.
- Buat konten situs web yang hebat.
- Buat iklan PPC tertarget untuk mengarahkan orang ke situs Anda.
Ingat salah satu tips digital marketing paling penting – lalu lintas bukanlah segalanya.
Kesalahan amatir adalah mengharapkan mengubah prospek dingin menjadi pembeli langsung. Bawa mereka terlebih dahulu, lalu ubah mereka menjadi pembeli nanti.
8. Tingkatkan Pengalaman Pengguna
Meningkatkan pengalaman pengguna (UX) akan menjadi perekat yang menahan setiap strategi Anda bersama-sama.
Berikut ini adalah cara umum dan populer untuk melakukan ini. Ada juga banyak metrik dan tips digital marketing untuk mengukur pengalaman pengguna.
- Konten di situs Anda.
- Saluran komunikasi yang Anda gunakan.Antarmuka pengguna yang intuitif (UI).
- Kecepatan memuat situs web Anda.
- Menu navigasi yang intuitif.
- Chatbots untuk membantu dalam komunikasi.
- Nada sederhana untuk konten Anda.
Untuk membuat pilihan optimal untuk berbagai bidang ini, Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang target pemirsa Anda.
Ada tiga tips digital marketing utama yang harus diingat untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik di tahun 2018:
- Ingat untuk menginformasikan dan menginspirasi audiens Anda dengan konten Anda. Ini akan memberi mereka kesan mendalam tentang perusahaan Anda dan membuat keterlibatan lebih mudah.
- Anda juga perlu strategi manajemen pelanggan untuk membantu Anda terhubung lebih baik dengan pelanggan. Ini akan membawa Anda melalui kueri dan manajemen keluhan. Ini juga akan mengumpulkan umpan balik pelanggan dan membuat mereka merasa seperti mereka bagian dari komunitas merek Anda.
- Hal lain yang perlu diingat pada tahun 2018 adalah efektivitas pemasaran video. Ini terus tren ke atas dalam popularitas dengan munculnya live streaming. Platform populer telah merangkul streaming langsung. Pertimbangkan Facebook Live, Instagram Stories, dan Snapchat Stories untuk terlibat dengan audiens Anda.
Kesimpulan
Seperti yang Anda lihat, cara terbaik yang bisa Anda raih dari pesaing Anda adalah menggunakan cara pemasaran digital yang benar dan teruji. Pesaing Anda akan terus membuat kesalahan yang sama, sementara Anda akan menghindari ranjau darat dan mengembangkan bisnis Anda dengan 8 tips digital marketing (pemasaran internet) ini.
Best regrads,
Matob Creative Studio
Jasa Pembuatan Website & SEO Jogja
KLIK DIBAWAH INI
atau
WA/SMS/TELP : 0821-3442-3869
Email : matobcreative@gmail.com
Main office : Jl. Jatipratama 245. Sinduadi, Mlati, Sleman – Yogyakarta.