apa itu bot

Apa itu Bot? Bagaimana Fungsi dan Contohnya?

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang apa itu bot? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang apa itu bot. Langsung saja mari kita mulai.

Dewasa ini, interaksi sehari-hari tidak lagi terjalin antar manusia. Terkadang juga terjalin antara manusia dan bot, atau bahkan antar bot. Kehadiran bot merupakan tanda bahwa teknologi telah berkembang sangat cepat. Bot atau singkatnya bot, diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Tapi tahukah Anda bahwa program komputer mampu meniru aktivitas manusia?

Tidak semua bot diprogram untuk membantu memenuh kebutuhan manusia, namun terdapat juga bot yang diprogram untuk melakukan kejahatan. Bot ini juga bisa digunakan dalam aktivitas sehari-hari lho. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu bot, jenisnya, fungsi atau kelebihannya, dan contoh penerapannya.

Apa Itu Bot?

Bot atau bot adalah program perangkat lunak yang dikonfigurasi secara otomatis untuk melakukan tugas tertentu. Biasanya, bot diprogram untuk meniru atau menggantikan tugas manusia. Bot yang dibangun dengan teknologi canggih dapat digunakan secara otomatis. Sehingga ia mampu mempercepat pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia.

Perlu diketahui bahwa bot yang bekerja dengan bantuan internet juga dikenal sebagai bot internet atau bot komputer. Dengan cara ini, bot dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Seperti menyediakan layanan pelanggan otomatis, meneliti konten online, membantu optimasi search engine. Namun, bot juga dapat digunakan untuk melakukan aktivitas berbahaya seperti hacking, spamming, dan pelacakan orang lain.

Jenis-Jenis Bot

Bot adalah perangkat lunak dengan banyak kegunaan. Setidaknya ada beberapa jenis bot yang menonjol berdasarkan manfaatnya, seperti berikut ini:

Chatbot

Jenis bot ini mensimulasikan percakapan manusia menggunakan respons yang telah diprogram sebelumnya. Biasanya, ini digunakan untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan atau komunikasi dasar (tingkat pertama) lainnya tentang suatu produk atau layanan.

Chatbot populer yang dapat Anda gunakan seperti Siri Apple atau Alexa Amazon. Chatbot jenis ini sering disebut sebagai knowledge chatbot yang memberikan pengetahuan dasar tentang sesuatu. Jika chatbot diretas, dapat digunakan untuk melakukan kejahatan dunia maya seperti peretasan dan pencurian data.

Social bot

Social bot adalah jenis bot yang bekerja secara eksklusif di platform media sosial. Biasanya bot ini digunakan untuk secara otomatis membuat pesan, menyarankan ide, menjadi akun palsu seperti pengguna asli.

Anda dapat menemukan social bot dalam bentuk akun palsu yang melayani kebutuhan media sosial bisnis Anda atau serupa untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Crawler bot

Crawler bot adalah jenis bot yang digunakan untuk menjelajahi internet dengan cepat untuk menemukan semua konten dan kemudian mengindeksnya. Informasi ini akan diproses dan dikirim ke penyedia search engine, seperti Google.

Untuk bisa mengindeks konten baru, proses crawling biasanya memakan waktu satu hari hingga beberapa bulan. Hal ini sangat tergantung pada kekuatan dan kedalaman desain crawler search engine.

Misalnya, saat situs web menerbitkan konten baru, diperlukan waktu beberapa jam hingga beberapa minggu bagi crawler Google untuk mengindeksnya. Tentu saja, itu tergantung pada seberapa mudah Google menemukan dan mengindeks situs tersebut.

Malicious bot

Seperti namanya, bot adalah bot jahat yang digunakan oleh penjahat dunia maya untuk mendapatkan informasi ilegal, menyebarkan spam, atau melakukan serangan seperti serangan DDoS. Jenis bot ini dirancang untuk berjalan di latar belakang. Ini dilakukan agar pengguna perangkat tidak menyadari bahwa sistem mereka telah disusupi oleh program jahat.

Fungsi Bot

Kebutuhan untuk selalu tersedia adalah inti dari semakin populernya chatbot di industri ini. Dan jika bisnis Anda ingin melibatkan pelanggan sepanjang waktu dan meningkatkan pengalaman mereka, pada titik tertentu bisnis Anda harus menggunakan bot. Bot memiliki berbagai keunggulan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Berikut adalah beberapa fungsi bot:

Menyediakan layanan selama 24/7

Menggunakan bot dalam bisnis Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna atau pengalaman pelanggan. Dengan bot, pelanggan dapat memperoleh manfaat dari layanan cepat dan efisien yang tersedia selama 24/7.

Meningkatkan User Experience

Penggunaan bot dalam suatu bisnis dapat meningkatkan user experience pelanggan bisnis tersebut. Kehadiran bot, akan membuat para pelanggan merasakan pelayanan yang cepat, efektif, dan akan selalu tersedia selama 24 jam jika tidak terjadi kendala.

Mempercepat proses kerja

Bot adalah suatu software yang dapat diprogram sesuai dengan keinginan pembuat bot tersebut. Anda dapat menentukan runtime bot, kapasitas, dan parameter lainnya. Setelah instalasi selesai, Anda dapat menggunakannya secara otomatis. Hal ini tentunya dapat mempercepat proses bekerja di sektor komersial.

Mengurangi biaya tenaga kerja

Selain mempercepat dan menghemat alur kerja, manfaat lain dari penggunaan bot adalah dapat mengurangi biaya tenaga kerja. Dengan banyaknya tugas yang dapat ditangani oleh bot, tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tenaga kerja tambahan. Namun sebaliknya, Anda perlu menyediakan biaya perawatan bot yang Anda gunakan.

Menghemat waktu

Dengan operasi otomatis, Anda tidak perlu mengatur ulang setiap kali bot digunakan. Hasilnya, bot dapat beroperasi secara efisien dan menghemat waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Dipersonalisasi

Bot dapat memberikan sentuhan yang dipersonalisasi dengan melibatkan pelanggan dalam obrolan langsung, mempertahankan nada alami, dan menjadi ahli dalam komunikasi interaktif. Tingkat personalisasi ini juga sangat berkaitan erat dengan user experience, oleh sebab itu personalisasi yang baik juga akan meningkatkan user experience pelanggan.

Konsistensi dalam jawaban

Menggunakan chatbots dapat membantu bisnis mempertahankan tingkat konsistensi yang tinggi dalam tanggapan mereka dan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan merek tersebut. Biasanya chatbot memiliki template tentang jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan oleh customer, maka pertanyaan yang relatif sama akan mendapatkan jawaban yang sama.

Omnichannel

Bot dengan teknologi AI hadir dengan dukungan pesan omnichannel yang membantu pelanggan berkomunikasi dengan bisnis melalui berbagai saluran seperti situs web, Facebook, dan lain sebagainya. Hal ini menjadikan fungsi bot sangatlah penting dalam bisnis, sebab dapat membantu pelanggan dan perusahaan untuk saling berkomunikasi lintas platform.

Contoh Penerapan Bot

Saat ini sangat banyak bot yang digunakan dalam berbagai bidang bisnis. Beberapa contoh penerapan bot tersebut antara lain yaitu:

  • Aplikasi perpesanan instan seperti Facebook Messenger, WhatsApp, dan Twitter.
  • Chatbot seperti Google Assistant, Siri, dan Alexa
  • Aplikasi e-commerce seperti Shoppe, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya.
  • Spotify, memungkinkan pengguna untuk mencari dan berbagi musik melalui Facebook Messenger

Jadi, Apa Itu Bot?

Dengan demikian, apa itu bot adalah suatu sistem yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu secara otomatis dan berulang-ulang. Bot juga memiliki keunggulan yang menguntungkan pengguna. Ada bot yang berguna, ada bot yang berbahaya. Juga, jika Anda ingin menerapkan bot dalam bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti bot mana yang perlu perawatan rutin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang apa itu bot, semoga informasi yang kami sampaikan tentang apa itu bot tersebut, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja