kekurangan hosting gratis

Kekurangan Hosting Gratis yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang kekurangan hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang kekurangan hosting gratis. Langsung saja mari kita mulai.

Apa Itu Web hosting dan Fungsi Pentingnya?

Web hosting adalah tempat semua data website Anda disimpan sehingga pengunjung Anda dapat mengaksesnya melalui internet. Data website terkait dapat berupa video, gambar, email, skrip, aplikasi, dan basis data.

Website Anda tidak dapat diakses tanpa hosting, dengan kata lain itulah tugas utama hosting. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas hosting Anda. Dari kinerja optimal dengan teknologi server yang unggul hingga sistem keamanan yang kuat untuk melindungi website dan data pengunjung Anda.

Apakah hosting gratis dapat memberikan semua manfaat ini?masih memiliki banyak keterbatasan yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya di website Anda.Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas berbagai kekurangan hosting gratis.

Kekurangan Hosting Gratis

Berikut ini adalah kekurangan menggunakan hosting gratis:

1. Tidak Terjaminnya Keamanan Data

Kelemahan hosting selanjutnya adalah keamanan data website tidak terjamin. Kebanyakan hosting gratis hanya menawarkan fitur keamanan standar. Oleh karena itu, website lebih rentan terhadap serangan hacker. Artinya data website Anda dalam keadaaan tidak aman dan sewaktu-waktu bisa hilang diretas oleh para hacker.

Peristiwa seperti ini pernah terjadi pada Hetzner, yakni sebagai salah satu penyedia layanan hosting. Seorang hacker mengekspos informasi pribadi 40.000 pengguna, dimana dinilai sangat berbahaya berbahaya. Para hacker dapat menyalahgunakan data Anda, hal ini menjadi satu kelemahan hosting gratis yaitu tidak terjaminnya keamanan data.

2. Server Cenderung Tidak Stabil

Performa website adalah prioritas utama saat membangun sebuah website. Untuk itu, server web hosting yang Anda gunakan harus stabil. Jika tidak, website sering kali tidak tersedia dan tidak dapat diakses oleh pengunjung.

Penyedia hosting gratis biasanya menyediakan server untuk beberapa website secara bersamaan. Hal ini menyebabkan kinerja server tidak menentu, dimana hal tersebut merupakan salah satu kelemahan dari hosting gratis.

Server down akan merugikan Anda sebagai pemilik website. Jadi sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih paket hosting.

3. Kapasitas Bandwidth dan Storage yang Terbatas

Data yang Anda upload ke website, akan langsung disimpan di server hosting. Untuk itu, salah satu kelemahan hosting gratis adalah kapasitas bandwidth dan keterbatasan storage.

Adanya keterbatasan storage dan bandwidth, menyebabkan Anda tidak dapat dengan bebas mengunggah file, foto, atau video ke website. Selain itu, ketika Anda melebihi batas storage yang disediakan, Anda tidak bisa menggunggah file baru lainnya.

Kabar buruk lainnya, jika kapasitas bandwidth Anda terbatas, maka server Anda mungkin akan sering down ketika diakses oleh banyak orang secara bersamaan. Hal ini dapat terjadi karena server harus menangani lebih banyak permintaan daripada seharusnya, sehingga terjadi overload.

4. Nama Domain yang Tidak Professional

Jika Anda menggunakan hosting gratis, penyedia layanan hosting Anda akan memberikan nama domain gratis untuk website Anda. Hanya saja Anda bebas memilih nama domain tingkat ketiga daripada nama domain utama.

Sebagai contoh, alamat website Anda adalah businessmakan.hetnezer.com. Alamat website yang terlalu panjang dan terkesan tidak profesional tersebut, disebabkan Anda hanya bisa memilih domain level ketiga.

Dampak lain dari pemilihan domain level ketiga yaitu  mempersulit pengunjung website Anda untuk mengingat alamat website Anda dalam waktu yang lama. Sehingga, website Anda akan kesulitan bersaing dengan pesaing Anda.

5. Minimnya Bantuan Customer Support

Hosting gratis umumnya tidak disertai dengan dukungan pelanggan khusus untuk membantu Anda ketika Anda mengalami masalah. Beberapa menjawab pertanyaan pengguna melalui forum.

Selain itu, Anda mungkin perlu membaca sendiri pemecahan masalah sesuai dengan dokumentasi yang disediakan. Ini adalah kelemahan terbesar dari hosting gratis, terutama untuk pemula.

Nah, ini hanyalah salah satu kekurangan hosting gratis yang harus Anda waspadai. Lantas apa kelebihan dari hosting gratis?

6. Sering Muncul Iklan Pada Halaman Website

Kelemahan lain dari hosting gratis adalah munculnya iklan di halaman website. Tentu membutuhkan banyak modal bagi sebuah perusahaan untuk menyediakan layanan hosting. Paket hosting gratis memungkinkan perusahaan Anda mendapatkan keuntungan secara otomatis dengan cara lain.

Salah satunya adalah tampilan iklan. Kehadiran iklan banner mengganggu pengunjung yang ingin melihat konten Anda dan membuat website terlihat berantakan. Oleh sebab itu, pikirkan kembali kenyamanan para pengunjung jika Anda ingin menggunakan web hosting yang gratis.

Kelebihan Hosting Gratis

Setelah Anda mengetahui tentang kekurangan hosting gratis, berikut adalah beberapa manfaat dari web hosting gratis yang harus diketahui oleh calon pengguna sebelum memilih web hosting gratis.

1. Pengguna Hanya Perlu Mendaftar dan Membuat Website

Pengguna kemudian dapat langsung mengunggah file, foto, dan lainnya. Sebab semua fasilitas seperti storage space dan bandwidth tersedia secara gratis.

2. Proses Pendaftaran Sangat Mudah Pengguna

Anda dapat mendaftar dengan sangat mudah. Pertama masukkan data Anda berupa username dan password, lalu masukkan nama domain Anda (tersedia subdomain gratis). Kemudian, karena website sudah online, pengguna bisa langsung masuk ke halaman dashboard website.

3 Subdomain yang Tersedia

Hosting gratis biasanya menawarkan beberapa subdomain gratis untuk dipilih pengguna. Sehingga pengguna tidak perlu repot menyediakan subdomain sendiri untuk pengalamatan website.

4. Cocok bagi Pemula yang Sedang Latihan

Hosting gratis adalah versi percobaan untuk pengguna sebelum menggunakan paket berbayar dan fitur dasar. Baik Anda mencari CMS tertentu atau ingin melakukan proyek pembuatan website, cobalah untuk daftar website hosting gratis agar membantu Anda menghemat anggaran.

Kesimpulan

Seperti yang Anda ketahui, kelemahan dari hosting gratis adalah server yang tidak stabil dan keamanan yang tidak terjamin. Selain itu, batas hosting gratis mencakup penggunaan nama domain dalam hal kapasitas bandwidth website dan ruang disk.

Semua pilihan kembali pada Anda sebagai pengguna, apakah tetap ingin menggunakan web hosting gratis ataupun berbayar. Kami sarankan jika Anda ingin serius dalam pembuatan website, maka hindari web hosting gratis. Sebaliknya, jika Anda hanya ingin belajar web hosting gratis menjadi salah satu pilihan yang masuk akal.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan yang akan Anda dapatkan saat menggunakan hosting gratis dan domain gratis. Jika Anda ingin membuat blog bisnis dan mencari hosting murah dan domain terpercaya, tersedia layanan website Jogja terbaik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kekurangan hosting gratis, semoga informasi yang kami sampaikan tentang kekurangan hosting gratis tersebut, bermanfaat bagi Anda. Bagi Anda yang masih bingung tentang pembuatan website dan SEO, segera hubungi jasa website Jogja atau jasa SEO Jogja sekarang juga.

Have A Nice Day 😊

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts

hosting gratis

9 Web Hosting Gratis yang Recommended

Apakah Anda sedang mencari informasi tentang hosting gratis? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel ini, sebab kami akan memberikan penjelasan tentang hosting gratis. Langsung saja